Kesan Pertama dan Pesan dari KDrama “Law School”

Law School Kdrama

JTBC kembali menghadirkan drama bertema hukum dan pengadilan, setelah di tahun 2018 dengan Miss Hammurabi. Tayang sejak 14 April 2021, Law School bercerita tentang seorang dosen Fakultas Hukum Hankuk University yang juga mantan jaksa beserta 8 mahasiswa yang tergabung dalam 1 kelompok belajar yang tiba-tiba berada di tengah pusaran kasus kematian (pembunuhan) profesor Seo Byung-ju, yang juga adalah dosen di fakultas hukum itu.

Drama bertabur bintang

Para pemeran kdrama Law School (sumber: jtbc)

Law School ini juga termasuk salah satu drama bertabur bintang. Ada Kim Beom yang memerankan Han Joon Hwi si mahasiswa cerdas, Ryoo Hye Young memerankan Kang Sol A (Sung Bo Ra-nya Reply 1988 nih, yang sempet jadi meme: Bo Ra kuliah hukum ga kelar-kelar kkkk) yang agak-agak insekyur karena berasal dari keluarga miskin, Lee Soo Kyung mahasiswa pintar tapi dingin mampus plus sama-sama alumni Reply 1988 (cameo di ep.8), dan tentu saja Kim Myung Min yang memerankan profesor Yang Jong Hoon.

Kesan Sampai episode 6

Pada tulisan kali ini, aku mau berbagi perasaan dan kesan saat nonton 6 dari 8 episode (direncanakan total 16 episode) yang sudah tayang. Sebelum lanjut, disclaimer dulu ya bahwa apa yang tertulis adalah murni pendapat pribadi.

Namanya kesan, setiap orang pasti punya kesan yang berbeda-beda. Boleh setuju, boleh tidak. Bebas, merdeka, karena kebebasan berekspresi juga dilindungi hukum dan undang-undang (kkkk, mentang-mentang bahas drama hukum nih).

Bingung dengan banyaknya istilah hukum

Kesan Pertama, ini drama membingungkan. Sangat. Waktu nonton 2 episode awal, sempat berniat akan berhenti karena 1) aku ga paham istilah-istilah hukum, jadi agak bikin tersendat-sendat untuk memahami kasus-kasus yang diangkat di kuliah mereka; dan 2) ini sebenarnya gimana sih cerita di dalam ruangan alm. Prof. Seo, kok agaknya TKP itu sudah terlalu banyak bukti yang fabricated jadi malah terkesan berputar-putar ceritanya.

Premis drama ini sebenarnya cuma: “Siapa pembunuh Prof. Seo?”, tetapi writer-nim tentu saja tidak akan langsung spoon-feed kita dong ya. Pelan-pelan, satu demi satu dibuka. Cuma ya itu tadi, dibuka pelan-pelan jadi sungguh-sungguh sebuah perjuangan untuk menyelesaikan 2 episode pertama.

Terlalu banyak masalah ekstra

Kesan kedua, secondary problems-nya banyak pwooolll, salah satunya mungkin karena melibatkan dosen/mantan jaksa dan ada 8 mahasiswa di kelompok belajar itu.

Entah berapa dari 8 mahasiswa ini yang akan diangkat latar belakangnya, sampai episode 6 ‘baru’ 6 yang muncul ke permukaan dan yang pelan-pelan merayap naik. Kesannya jadi seolah-olah semua permasalahan di dunia dikumpulkan di satu drama.

Sampai di episode 6 ini setidaknya ada side story tentang orang tua yang toxic, hubungan/komunikasi ayah-anak, hubungan pacaran yang tidak sehat, dan aku yakin masih ada beberapa side story lain yang akan muncul di episode-episode berikutnya.

Kompleks dan bikin bertanya tanya

Kesan ketiga, drama ini kompleks dan luas banget span ceritanya. Selain pertanyaan dari premis utama cerita, ada banyak pertanyaan yang semoga terjawab dengan baik sampai selesai di episode 16 nanti, seperti:

  • di mana Kang Dan, apa yang terjadi padanya?,
  • kenapa Seo Ji Ho, saat menulis CV, mengganti kolom pekerjaan ayahnya dari CEO menjadi penjual jasa asuransi?,
  • apakah Lee Man Ho bener-bener sudah bertobat?,
  • apa intensi Seung Jae waktu otak-atik laptop dan komputer mahasiswa dan dosen?.

Pesan dari Kdrama Law School

Nonton Law School ga selamanya bikin urat tegang kok, ada scene-scene kecil nan manis, seringnya di seputar Sol A – Joon Hwi. Hawa-hawanya sih kapal ini akan berlayar pada akhirnya. Ya sudahlah, toh bukan ini inti utama cerita, buat selingan aja biar ga tegang mulu sepanjang nonton.

romance tipis tipis di kdrama Law School
Akankah ada romance diantara mereka? (sumber: jtbc)

Selain romance tipis-tipis, sampai di episode 6 ini, ada beberapa pesan yang aku dapat. Pertama, setiap orang cenderung punya rahasia yang ingin dijaga. Rahasia ini bisa soal masa lalu, hubungan dengan orang lain, motivasi untuk sekolah atau kerja tertentu, suka sama seseorang, dll.

Kedua, ada beberapa orang yang akan melakukan segala cara uutuk menjaga agar rahasia itu akan tetap menjadi rahasia, namun, akan ada waktunya rahasia itu akan terbongkar juga.

Ketiga, bagaimana sikap kita saat rahasia itu terbongkar akan menunjukkan kualitas pribadi kita yang sesungguhnya.

Keempat, jadi orang -dalam kapasitas apapun- jangan toxic. Mau pacar, teman, orang tua sekalipun, jangan toxic. Hargai pasangan, anak, orang tua, dan teman-temanmu sebagai individu yang utuh, yang punya keinginan/cita-cita pribadi.

Penutup

Kdrama Law School
Poster Kdrama Law School (sumber: jtbc)

Ada pelajaran berharga dari karakter mama Kang Sol B, yaitu bahwa anak bukanlah perwujudan cita-cita orang tua, dan ada kalanya seorang anak harus menghadapi permasalahannya sendiri agar dia bisa bertumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

“How far would you go for the sake of your child?”

(Yang Jong Hoon, Law School Eps 6)
Kutipan dari drakor LawSchool Eps 6
Kutipan dari drakor LawSchool Eps 6

Sekian tulisan kali ini. Buat chinggu-deul yang masih bingung mau nonton atau ga, boleh dicoba dulu dengan catatan bahwa memang 2 episode awal itu memang masih sangat membingungkan. Jadi mesti sabar-sabar dulu ya..

Yuk ah pamit, mau lanjut episode 7-8 dulu biar besok bisa nonton on track ^^v

Ochi

Seorang penyuka drakor angkatan Covid-19, selama di rumah saja menjadi pengumpulan kutipan dari drama Korea

Baca Juga

2 Komentar

  1. […] Korea Law School adalah dramanya ongoing yang dibintangi oleh Kim Bum. Sesuai dengan namanya, Law School bergenre hukum dan menceritakan kehidupan mahasiswa di sekolah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: