Cara Nonton Drakor Gratis dan Tetap Legal

Layanan streaming

Annyeong Chingudeul, selamat mempersiapkan diri menyambut hari Lebaran.

Buat yang di rumah saja dan tidak ada kegiatan, mungkin lagi nyari-nyari drakor baru untuk ditonton. Sudah tau belum, kalau kita bisa menonton drakor secara gratis dan tetap legal, di tempat-tempat yang legal tentunya.

Di tulisan ini saya akan menceritakan tentang bagaimana caranya, tetapi untuk yang tidak sempat membaca, bisa dengerin obrolan saya dengan Lendy Chingu berikut ini.

Dengerin obrolan di podcast ini juga ya

Disclaimer: Walaupun tulisan ini akan banyak menyebut tempat streaming berbayar, semua opini murni berdasarkan pengalaman dan kami tidak dibayar untuk ini.

Kenapa menonton di tempat yang legal?

Mungkin akan ada yang merasa tidak mau menonton di tempat yang legal karena mahal, atau tidak mau mengunduh aplikasinya. Tapi sebenarnya, tempat streaming resmi itu pada umumnya bisa ditonton dari browser di komputer. Sebagian dari koleksi filmnya juga bisa ditonton dengan gratis.

Ada beberapa alasan kenapa sebaiknya menonton di tempat yang legal. Baca sampai habis untuk mengetahui bagaimana caranya menonton drakor gratis dan tetap legal.

Kualitas yang legal jelas lebih baik

Setiap layanan streaming memberikan fasilitas yang berbeda, tapi kesamaan dari semua layanan streaming resmi tentunya kualitas gambarnya dan terjemahannya lebih baik karena ada tim yang bekerja khusus untuk itu.

Terkadang bukan masalah kualitas resolusi gambar saja yang bisa jadi masalah dengan jalur tidak resmi, bisa jadi kita mendapatkan versi yang antara gambar dan suara tidak sinkron, atau terlalu gelap dan kadang malah masih ada iklannya di tengah-tengah film. Hal ini tentunya tidak didapati dengan aplikasi yang resmi.

Alasan lain kenapa nonton di tempat yang legal (dan bahkan kalau saya pilih berbayar) tentu saja untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih tinggi (Full HD) dan kalau perlu bisa diunduh untuk ditonton secara offline.

Masalah keamanan dan kenyamanan

Dengan menonton di tempat legal, sudah jelas keamanan dan privasi terjaga. Untuk tempat yang tidak resmi, tidak ada jaminan file yang kita unduh tidak disusupi virus ataupun malware. Maksud hati mau mencari hiburan gratisan, bisa-bisa berujung jadi masalah yang lebih besar.

Kalau kita streaming dari situs tidak jelas, lebih banyak lagi masalah yang mungkin timbul. Belum lagi ada banyak iklan yang muncul dan terkadang iklannya tidak enak dipandang mata.

Situs yang jelas resmi, memberikan akses gratis dengan sedikit iklan, tapi iklannya tentunya memang aman dan gak aneh-aneh, sama saja seperti iklan yang muncul di halaman sosial media kita.

Gratis di tempat legal masih lebih baik dari jalur tidak resmi

Namanya gratisan, pasti akan ada batasannya dan kekurangan dibandingkan yang berbayar ya. Tapi, masih tetap jauh lebih baik nonton jalur legal daripada yang tidak resmi.

Kekurangan dari nonton gratis ini ya kita harus sabar. Kita tidak selalu bisa mengikuti drama yang sedang ongoing. Terkadang, tempat legal akan memberikan gratis beberapa episode di awal, lalu menutup akses terhadap beberapa episode. Tapi kalau kita sabar, kita bisa menonton secara lengkap setelah semua selesai.

Beberapa drama yang tayang di tahun 2021 dan cukup populer dan ratingnya tinggi seperti Mr. Queen misalnya, bisa diakses secara gratis di Viu loh.

drakor Mr. Queen gratis di VIU
Drakor Mr. Queen bisa ditonton gratis di VIU

Menonton drama Korea Gratis dan Legal

Jadi di mana nonton drama Korea yang resmi dan tetap gratis? Sebelum jawaban di mana, harus diingat juga kalau namanya gratis ada batasannya. Misalnya tidak bisa selalu menonton ongoing, atau bisa mengikuti beberapa episode, lalu harus menunggu. Lalu kekurangan lainnya tentunya terkadang ada iklannya.

Kalau kamu bukan penonton yang harus nonton duluan, ada banyak sekali loh tempat nonton drakor gratis dan legal. Beberapa sebenarnya sudah pernah saya tulisan di blog pribadi saya. Tapi baiklah akan saya tulis sesuai dengan kondisi terbaru di sini.

Netflix

Netflix merupakan layanan streaming yang paling banyak filmnya dan isinya bukan hanya drama Korea saja. Harganya juga paling mahal dibandingkan dengan layanan streaming lainnya.

Di Indonesia, ada paket di mana kita bisa menonton hanya di ponsel atau tablet saja dengan harga kurang dari 50 ribu rupiah. Berbeda dengan layanan streaming lainnya, Netflix tidak bisa digunakan kalau kita tidak login.

Untuk bisa menonton gratis di Netflix, kita bisa mencoba gratis selama 30 hari. Untuk fitur ini, tentu saja kita perlu langsung memasukkan metode pembayaran kita, dan kalau kita terlambat membatalkan berlangganan, ya pastinya bulan berikut kita harus mulai membayar.

Banyak yang berusaha mengakali sistem ini dengan selalu membatalkan berlangganan menjelang akhir masa 30 hari, dan membuat login yang baru. Tapi, saya tidak menyarankan cara ini. Kalau kamu memang menonton banyak film dalam 30 hari masa gratis, lebih baik mulailah membayar.

Di Netflix (dan umumnya di semua aplikasi streaming resmi), kita punya sejarah tontonan. Netflix juga akan memberi saran tontonan sesuai dengan film yang pernah ditonton sebelumnya. Kalau kita bergonta ganti login, sejarah tontonan tidak akan terbawa.

Saya tidak akan cerita banyak tentang Netflix, tapi kalau suka cuma drakor, mungkin bisa nonton di tempat lain, kecuali yang dikejar adalah drakor original Netflix.

WeTV Iflix

Dulu namanya hanya Iflix, akan tetapi sekarang bergabung dengan WeTV menjadi WeTV Iflix. Selain drama Korea, tentunya ada film dari Indonesia, Thailand dan Cina. Iflix juga mempunyai banyak koleksi film dan serial TV Amerika seperti Netflix.

Terus terang, Iflix agak kurang sering saya lihat karena dulunya drama Korea yang baru tidak banyak di sana. Tapi jangan salah, waktu drama The World of the Married yang sangat populer itu belum masuk ke Netflix, di Iflix sudah ada loh (walau saya tetap tidak menontonnya).

Untuk drakor yang sekarang sedang ongoing, pelanggan Iflix premium bisa mengikuti drakor Mouse dan Dark Hole. Drakor lainnya yang tayang 2021 juga sudah ada yang bisa ditonton gratis di Iflix.

Berikut ini contoh drakor yang bisa ditonton gratis di WeTV Iflix.

Beberapa drakor yang dibahas di Drakor Class bisa ditonton gratis di Iflix, misalnya saja Sky Castle, Master’s Sun, Flower of Evil dan Because This is My First Love. Beberapa judul lain walau tidak ditulis secara khusus pasti sudah sering didengar juga di dunia drakor, misalnya Secret Garden nya Hyun Bin, ataupun Kill Me Heal Me nya Ji Sung.

sinetron indonesia di WeTV Iflix
Sinetron Indonesia juga ada di WeTV Iflix

Atau kalau ingat dengan sinetron Indonesia yang ala-ala drama Korea dengan judul My Lecturer My Husband, nah sinetron itu pun bisa ditonton gratis loh di WeTV IFLIX.

Seperti halnya Netflix, WeTv Iflix memberikan masa trial 30 hari menjadi VIP, bedanya kita tidak perlu memasukkan langsung informasi metode pembayaran. Jika kita selanjutnya memutuskan untuk berhenti berlangganan, kita tetap bisa mengakses berbagai konten yang tersedia gratisnya juga di ponsel, tablet atau melalui browser komputer.

VIU

Layanan VIU memberikan masa trial 7 hari atau 30 hari. Layanan ini yang paling sering memberikan promo untuk harga bulan pertama atau tahun pertama. Tapi untuk harga tidak diskon pun, sebenarnya berlangganan di ViU cukup murah dibandingkan Netflix.

Kalau tidak berlangganan pun, ada banyak drama Korea yang bisa diakses secara gratis. Beberapa drama baru bisa ditonton gratis bagian awalnya, lalu mereka akan menguncinya dan ada kemungkinan membukanya kemudian. Tapi beberapa tetap terkunci dan hanya bisa dilihat ketika kita berlangganan (premium).

VIU bisa diakses melalui aplikasi ataupun browser di komputer. Dengan berlangganan, kita bisa membuka di lebih dari 1 tempat pada saat yang bersamaan. Kalau tidak berlangganan, kita bisa mengakses beberapa koleksinya secara gratis.

Berikut ini contohnya drama Korea yang bisa ditonton gratis di VIU. Drama ini masih baru loh, sebagian besar bahkan drama tahun 2021.

drama tahun 2021 yang bisa ditonton gratis di VIU
Drakor tahun 2021 yang bisa ditonton gratis di VIU

Nah kalau di sini bisa dilihat beberapa drama yang masih ongoing seperti Mouse, Taxi Driver dan Sell Your Haunted House diberikan akses gratis untuk beberapa episode pertama.

Tapi ya siapa tahu, setelah seminggu kemudian, semuanya bisa ditonton secara gratis. Kita hanya perlu bersabar. Sambil menunggu aksesnya dibuka, kita bisa menonton drama yang sudah dibuka aksesnya secara gratis.

Kekurangan VIU ini adalah, terkadang drakor yang tayang di Korea baru tayang di VIU keesokan harinya. Tapi untuk drakor yang orisinil VIU seperti Doom at Your Service, dan River Where the Moon Rises langsung tayang di hari yang sama dengan hari tayang di Korea.

IQIYI

Layanan IQIYI ini relatif baru saya ketahui. Tapi koleksi drama baru dan lama nya cukup banyak. Berikut ini drama 2021 yang bisa ditonton secara gratis di IQIYI.

Drakor 2021 yang bisa ditonton gratis di IQIYI

Seperti halnya VIU, kita bisa menonton drama Korea di IQIYI secara gratis dan bahkan tanpa perlu login. Tapi tentu saja kalau kita tidak login, kita tidak akan punya sejarah tontonan.

Di IQIYI, kita juga bisa login tanpa membayar dan menonton beberapa drama secara gratis. Ini contoh drama Korea tahun 2020 yang bisa ditonton secara gratis di IQIYI.

drakor gratis di iqiyi
Drakor populer yang bisa ditonton gratis di IQIYI

Beberapa drama ongoing yang tayang di VIU juga ada di IQIYI, tapi ada juga beberapa drama yang hanya ada di IQIYI seperti drama So I Married the Anti-fan, eh tapi drama ini masih diberikan beberapa episode pertama gratis loh.

Sistem berlangganan IQIYI juga ada 2 jenis seperti Netflix. Perbedaannya pada berapa banyak layar yang bisa menonton secara bersamaan. Jadi misal kita serumah punya selera tontonan yang berbeda dan ingin menonton di saat yang sama, kita bisa pilih deh mau langganan yang mana.

Rakuten VIKI

Rakuten VIKI sudah cukup lama ada, tapi saya baru saya coba lihat lagi. Saya tidak melihat film ongoing yang super baru di sini. Tapi beberapa drama lama yang tidak ada di Netflix, VIU, IQIYI, atau WeTV Iflix malah ada di sini.

Koleksi filmnya selain dari Korea Selatan ada dari Jepang, Taiwan, dan Cina. Jadi kalau mau mencari drama lama dan tidak ketemu di tempat lain, bisa juga coba cari di Rakuten VIKI.

Rakuten VIKI, seperti halnya dengan layanan yang lain mempunyai terjemahan bahasa Indonesia. Dibandingkan Netflix, VIU atau IQIYI, saya masih jarang buka VIKI, jadi tidak bisa cerita banyak juga.

Kenapa bayar kalau ada yang gratis?

Mungkin ada yang punya prinsip, kalau ada yang gratis ngapain bayar. Prinsip seperti ini sepertinya benar, tapi sebenarnya tidak seratus persen benar. Seperti saya sebutkan, ada keterbatasan dari semua layanan yang gratis dibandingkan layanan berbayar.

1. Ada harga ada rupa

Buat saya pribadi, menonton di jalur legal dan berlangganan tentu saja karena sesungguhnya biaya berlangganan itu tidak mahal. Coba saja bandingkan dengan pesan kopi di Starbuck atau pergi ke bioskop, atau bandingkan dengan bayar jalan tol di Jakarta, rata-rata biaya berlangganan streaming perbulannya masih sangat terjangkau.

Saya perhatikan, satu-satunya yang paling mahal itu Netflix, tapi Netflix pun memberikan pilihan harga murah yang bisa ditonton hanya di ponsel. Untuk yang masih pelajar, mungkin merasa tetap saja mahal.

Buat yang beralasan begini, saya suruh mendingan waktunya dipakai belajar yang benar, dan tonton yang gratisan dan legal saja. Daftar film gratis yang bisa ditonton secara legal lebih dari cukup dan akan bertambah setiap waktu seiring dengan bertambahnya produksi drama Korea.

Saya tidak menyarankan untuk berlangganan semua layanan. Tapi setidaknya, pilihlah 1 tempat di mana yang Anda rasa drama barunya yang paling sering dinanti-nantikan. Untuk drama lainnya, bisa menunggu digratiskan atau ya langganan setelah complete dan bisa ditonton dalam masa berlangganan.

2. Mendukung pekerja kreatif di industri film

Membayar berlangganan tontonan itu cara lain mendukung para pekerja di industri perfilman yang sudah bekerja keras untuk menyajikan tayangan hiburan untuk kita. Bukan cuma untuk aktor dan aktris saja, tapi untuk keseluruhan tim yang mewujudkan sebuah drama atau film diselesaikan.

Proses pembuatan sebuah film dan drama bukan sebentar, biayanya pun tidak sedikit. Jadi, mari kita berikan apa yang menjadi hak para pekerja kreatif supaya mereka bisa tetap berkarya.

Setiap layanan streaming juga biasanya memiliki koleksi orisinil yang tidak bisa ditonton di layanan lain, tapi ada banyak juga film yang bisa di tonton di lebih dari 1 tempat. Ada begitu banyak pilihan gratis yang legal, kenapa masih memilih nonton illegal?

Penutup

Buat teman-teman yang suka menonton drama Korea tapi tidak harus nonton yang sedang ongoing. Bisa dicoba mencari tontonan di jalur legal yang sudah disebutkan di atas. Jadi, gak bingung lagi kan di rumah saja mau nonton apa.

Oh ya, selain Netflix, beberapa layanan hanya tersedia di Asia seperti Indonesia dan Thailand. Jadi coba saja dilihat apakah layanannya tersedia di wilayah kamu berada ya.

Untuk yang suka nonton drama Korea dan juga suka menulis. Saya mengajak teman-teman menjadi penulis tamu di drakorclass. Kita bisa mengupas tuntas apa sih yang kita dapatkan dari sebuah drama dan membagikannya pada teman-teman yang lain. Supaya nonton drama Korea jadi semakin berasa manfaatnya. Ditunggu ya…

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

3 Komentar

  1. Wah…bener banget.
    Nonton yang paling nyaman kalau di tempat yang legal. Jadi ga merusak image si drama atau filmnya Itu sendiri.

  2. Nonton di jalur legal selain lebih bagus kualitas gambarnya, aman dari malware, juga membiasakan diri taat hukum… selain soal apresiasi para pekerja drama atau film

    1. iyes, dan kalau ga ngejar nonton drama ongoing, ada banyak banget tersedia drama yang bisa ditonton secara gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: