Kenapa Rating Drakor Mr. Queen Bisa Tinggi Banget?

cover cerita podcast drakorclass

Drakor Mr. Queen sudah tamat hari Minggu yang lalu, menyisakan kesan buat para penontonnya. Ya iya, ini masih hari Selasa (saat saya menuliskan tulisan ini), butuh waktu untuk memproses akhir yang bahagia dari jalan cerita Mr. Queen yang absurd tapi lucu dan menghibur ini.

Saya sempat nonton beberapa episode di awal sebelum berhenti menonton karena kuatir akhir ceritanya bernasib sama dengan Moon Lovers. Tapi sebenarnya ada rasa penasaran juga dengan drama yang satu ini. Sesekali saya melihat klip yang beredar di sosial media. Harus diakui memang akting para pemainnya mulai dari tokoh utama sampai para dayang, patut mendapat pujian. 

Karena penasaran dengan endingnya, dan ga yakin akan meneruskan nonton atau tidak, saya mengintip episode 16. Curang ya! Tapi, setelah melihat endingnya saya malah tambah bertanya-tanya dengan cerita-cerita ditengahnya.

Untuk menjawab pertanyaan dan rasa penasaran, akhirnya saya mengajak 2 teman sekelas di drakor class untuk ngobrolin drama Mr. Queen ini. Obrolan kami tentunya penuh dengan spoiler, namanya juga saya penasaran, hehehe. Dengarkan obrolan kami kalau memang sedang mencari spoiler, hehehe.

Dengarkan obrolan tentang ini di podcast drakorclass ya

Kalau tidak sempat membaca tulisan saya, langsung saja dengerin obrolan kami di podcast drakorclass. Obrolan singkat padat dan cuma 25 menit! Prestasi nih, biasanya kalau ngobrolin drakor mana bisa sih kurang dari 40 menit, hehehe.

Sebenarnya ini karena udah lama tidak podcast-an nih. Sejak 2021, ini podcast pertama kami. Jadi harap maklum kalau saya hampir lupa caranya podcast (dasar amatir ya).

7 Alasan rating drakor Mr. Queen tinggi banget

Oke, langsung saja, hasil obrolan hari ini menyimpulkan ada beberapa hal yang membuat drakor Mr. Queen ini bagus ratingnya, yaitu:

1. Totalitas Shin Hye Sun yang ingin pakai Hanbok

Alasan pertama tentunya akting dari pemainnya menentukan diterima atau tidaknya sebuah drama. Drakor ini merupakan drakor sageuk pertama Shin Hye Sun. Dia memang sudah berkeinginan mengenakan hanbok dalam dramanya. Tidak tanggung-tanggung, drama yang dia perankan ini menuntut dia berperan sebagai 2 karakter sekaligus.

shin hye sun dan choi jin hyuk dalam mr.queen
Ekspresi Choi Jin Hyuk di wajah Shin Hye Sun, mirip ya (sumber: Line Today)

Buat yang belum tau, cerita Mr Queen ini berawal dari berpindahnya jiwa seorang Chef pria (yang diperankan oleh Choi Jin Hyuk) dari masa modern ke tubuh Ratu Choerin dari masa Joseon. Shin Hye Sun berhasil menggambarkan karakter pria yang kebingungan di tubuh wanita, dan beradaptasi dengan lingkungan masa lalu.

Penggambaran dari kebingungannya ini membuat para penonton juga ikut  berpikir mungkin akan seperti itu juga kalau tiba-tiba kita terlempar ke masa lalu (belum lagi kalau masuk ke tubuh yang berbeda dengan kita).

Shin Hye Sun si Ratu Badass
Shin Hye Sun memerankan Ratu yang jagoan memanah (Sumber: tvN)

Akting Shin Hye Sun sebagai ratu badass juga membuat penonton cukup terhibur. Ekspresi wajah dan gesture seluruh tubuhnya bisa membuat kita melihat  seolah dia itu adalah si Chef yang diperankan Choi Jin Hyuk.

2. Kemasan Sageuk yang unik

Mr. Queen ini memang genre sageuk, tapi sageuknya beda dengan sageuk yang biasa. Benar-benar sageuk yang luar biasa. Mungkin karena ada bagian tokohnya berasa dari masa depan yang membuat dia jadi berkelakukan tidak seperti karakter sageuk pada umumnya.

Biasanya sageuk itu digambarkan selalu serius, apalagi dibumbui perebutan kekuasaan yang kadang-kadang bikin cerita jadi muter-muter dan terasa lambat. Nah, dari awal, si Mr.Queen ini cukup cepat jalan ceritanya, walaupun tetap ada juga bagian perebutan kekuasaan. 

Di setiap episodenya ada banyak bagian yang lucu dan kocak, penonton cukup bisa terhibur dan mengabaikan plot absurd ataupun bagian perebutan kekuasaan itu.

3. Musik pendukung yang jenaka

Berbeda dengan musik pendukung sageuk pada umumnya, musik pembuka dan musik latar dari Mr.Queen ini terkesan ceria dan jenaka. 

Musik pendukung ini berhasil mengantarkan mood dari penonton untuk menikmati hiburan yang disajikan dan melupakan keanehan plot utama ceritanya.

Coba deh bandingkan mendengarkan musik Mr.Queen dengan musik Moon Lovers, beda banget nuansa yang dibawakannya pastinya. Tapi memang itu bagian dari keunikan bungkus sageuk si Mr. Queen.

4. Chemistry Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun yang bikin penonton teruwu-uwu

Beberapa interaksi on screen dari dua pemeran utama drama Mr.Queen ini cukup membuat penonton terbawa dan ingin melihat Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun untuk main bareng lagi. Chemistry-nya katanya bikin banyak yang berharap mereka melanjutkan hubungan off screen juga. 

shin hye sun dan kim jung hyun dalam mr.queen
Ayo siapa yang jadi shipper Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun?

Tapi, sebenarnya, kalau dilihat dari behind the scene nya, mereka berdua cukup profesional memisahkan off screen dan on screen. Tapi, namanya shipper ya sah-sah aja kok mau nge-ship, hehehe.

Kira-kira pembaca termasuk shipper dari Queen Cheorin dan King Cheoljong ini nggak?

5. Bikin penonton mencari tahu sejarah Korea

Mulai dari ditayangkan drama ini, banyak yang jadi bertanya-tanya siapa sebenarnya Raja Cheoljong dari Joseon dan Ratu Cheorin ini. Walaupun ceritanya bukan murni sejarah, tapi tokohnya benar-benar ada.

Drama ini sedikit demi sedikit juga memberikan informasi tentang sejarah Korea termasuk pemakaian pakaian tradisional dan juga upacara pernikahan masa Joseon.

Masalah politik di masa itu juga ada diangkat sedikit, walaupun sekali lagi, penonton harus mencari tahu sendiri mana yang benar-benar bagian sejarah dan mana yang hanya fiksi belaka. 

6. Penyajian makanan modern dengan perangkat masa lalu

Salah satu bagian yang menarik dari drama ini adalah ada beberapa bagian menunjukkan keahlian si Ratu a.k.a Chef yang memang bekerja di dapur Blue House Korea memasak makanan modern dengan  bahan pangan dan kearifan lokal di masa Joseon. Mereka berusaha menunjukkan bagaimana seorang Chef berimprovisasi dalam membuat makanannya.

Siap-siap saja merasa lapar ketika melihat hidangan masakan yang disajikan oleh Ratu Choerin. 

shin hye sun di dapur kerajaan Mr.Queen
Aksi Ratu Choerin di dapur kerajaan

Akting Shin Hye Sun ketika beraksi di dapur kerajaan juga cukup kocak dan sangat menghibur. Knifing skill-nya menarik. Saya pernah sih melihat sedikit bagian ini, memang auto-lapar melihatnya.

7. Ending yang bahagia

Nah ini spoiler abis. Walaupun ada cinta bersegi banyak dalam drama ini, tetap saja ada 2 pasangan berbahagia di akhir cerita. Jadi kalau kamu ragu-ragu menonton karena biasanya sageuk berakhir nggak bahagia, gak usah khawatir, endingnya bahagia kok.

Semua persoalan juga tuntas diselesaikan Bahkan si Chef juga kembali ke masa modern dan dijelaskan bagaimana kembalinya dan diberi akhir yang bahagia.

Hal yang bisa dipelajari dari drakor Mr. Queen

Terlepas dari plot absurd dan kontroversi yang ada, masih ada banyak kok hal lain yang bisa dipelajari dari drama ini, misalnya:

  •  Urutan pakaian hanbok untuk pernikahan. 
  • Tradisi pernikahan kerajaan masa Joseon
  • Mencari tau tentang silsilah Raja Cheoljong dan Ratu Cheorin
  • Mencari tahu perbedaan fakta sejarah dengan fiksi untuk hiburan

Kalau ada yang penasaran dengan Ratu Cheorin sendiri, salah satu artikel di Kimchi Network menguraikan tentang fakta sejarah Ratu Cheorin yang banyak berbeda dengan kisah dalam drama Mr. Queen. Karakternya terutama, sangat berbeda dengan penggambaran dramanya. Tapi disebutkan juga kalau beliau punya sopan santun yang baik dan memperlakukan para dayang dengan baik. 

Pesan Sebelum Menonton

Walaupun cerita drama ini lucu dan menghibur, ada hal yang perlu diingat sebelum mulai menonton drama ini. Drama ini ratingnya untuk orang dewasa yang sudah mengenal jati dirinya. Karena plot nya dimulai dengan seorang pria masuk ke tubuh wanita lalu tubuh wanita itu punya hormon wanita walau dengan jiwa pria, akan ada kesan mempromosikan yang tidak baik. Jadi, drama ini tidak untuk remaja atau yang sedang mencari jati diri. 

Jadi ingat ya, drama ini adalah hiburan dan bukan tuntunan, perlu kedewasaan berpikir untuk bisa menikmati drama ini. Bukan karena banyak adegan dewasa, tapi ada plot awal yang membuat kita mempertanyakan sebenarnya yang suka sama raja itu si Chef atau si Ratu.

Baiklah, silahkan saja dipertimbangkan kembali sebelum mulai menontonnya. Drama ini bisa ditonton di Viu, dan kita harus bisa memilih dan memilah hal-hal apa yang bisa kita pelajari.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

2 Komentar

  1. […] yang masih teringat dengan drama Mr Queen? Pasti teringat sama dayang Hong Yeon yang imut dan murah senyum […]

  2. […] drama yang tayang di tahun 2021 dan cukup populer dan ratingnya tinggi seperti Mr. Queen misalnya, bisa diakses secara gratis di Viu […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: