unlock my boss

Review Unlock My Boss: Underrated tapi Nagih! (Spoiler Warning)

Annyeonghaseyo chingu! 

Pernah ngalamin gak di saat lagi terpuruk, lagi putus asa, eh, ketiban durian runtuh, tiba-tiba keajaiban terjadi mengubah keadaan? Yang tadinya lagi sedih meratapi nasib, eh, jadi hepi banget. Itu yang dialami Park In Sung (Chae Jong Hyeop) dalam drama Unlock my boss. Pengangguran putus asa yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan tetap. Drama underrated yang ratingnya bahkan tidak mencapai 2% ini ternyata seru juga, loh. 

Park In Sung ditolak kerja karena minim pengalaman. Padahal mendaftar pekerjaan, kan, agar mendapatkan pengalaman. Kalau ditolak lagi, ya, gak bakal punya pengalaman dan berujung ditolak terus dengan alasan yang sama. Hadeuh, dunia terkadang memang tak adil. Aku kalau jadi Park In Sung juga bakalan kebingungan banget dan frustasi. 

Park In Sung pulang ke rumah orang tuanya untuk menjenguk mereka sekaligus menenangkan diri. Bukannya ketenangan yang didapat malah ia jadi bertengkar dengan ayahnya. Ia pun pergi keluar ke bukit belakang dekat rumahnya. Tak sadar didekatnya ada ular, ia tergigit. Ia lalu terjatuh karena kaget. Hal mengejutkan terjadi, ia menemukan ada ponsel pintar yang bisa berbicara tepat di sebelahnya. Ternyata, yang berbicara itu adalah seorang CEO yang rohnya terjebak dalam sebuah ponsel. 

Chae Jong Hyeop sebagai Park In Sung di Unlock My Boss

Unlock My Boss

Drama ini bergenre komedi, fantasi, misteri dan thriller. Setiap akhir episodenya menampilkan misteri yang bikin penonton menebak-nebak apa yang terjadi sebenarnya? Siapa mengkhianati siapa? Siapa pelakunya? 

Eh, ternyata plot twist di episode berikutnya. Diakhir episode tegang lagi, dibikin penasaran lagi, tapi lagi-lagi jadi plot twist di episode selanjutnya. Gitu terus, mengaduk-aduk jiwa penasaran penonton, siapakah dalang yang sebenarnya? Fyuh… 

Alur cerita pas—tidak cepat, tidak lambat. Kisah pelengkap dari cerita para tokoh pendukung juga tidak kalah menarik. Cerita utamanya memang fantasi: menyelamatkan seseorang yang terjebak dalam ponsel. Namun, cerita pendukung dalam drama ini menggambarkan realitas. Beberapa adegan dan dialog cukup relevan bagi penonton, manis-manis getir dalam drama Unlock My Boss menjadi mengesankan. 

Ada beberapa poin yang bisa diambil hikmahnya dari drama Unlock My Boss ini, seperti: 

Artificial Intelligence (AI) dan relasi personal manusia

Di satu sisi, AI telah membantu mempermudah banyak aspek dalam kehidupan manusia, seperti meningkatkan efisiensi dan mempermudah tugas-tugas rumit. Hal ini membuat manusia memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi satu sama lain dan membangun hubungan yang lebih kuat.

Namun, di sisi lain, ada beberapa masalah yang timbul dengan menggunakan AI dalam relasi personal. Beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman dengan interaksi manusia dengan mesin dan merindukan interaksi dengan orang diinginkan. Ada juga risiko bahwa AI akan menggantikan peran manusia dalam beberapa aspek hubungan personal, seperti dalam adegan Min A yang menginginkan ayahnya (Kim Seon Jo) membacakan buku untuknya. Namun, sang ayah menyuruh robot AI menggantikannya membacakan buku. Min A sangat kecewa dalam hal ini.

AI memiliki potensi untuk membantu atau membahayakan relasi personal manusia tergantung pada bagaimana teknologi ini digunakan. Penting untuk memastikan bahwa AI digunakan sebagai alat untuk membantu manusia, bukan untuk menggantikan peran mereka dalam hubungan personal. Contoh penggunaan bijak adalah seperti adegan orang tua Park In Sung yang menggunakan robot AI pemberian anaknya untuk menjawab kebingungan dan ketidaktahuan mereka akan sesuatu. 

Don’t judge a book by its cover

Diawal-awal episode penonton akan mengira tokoh Ma pi adalah seorang antagonis. Wajahnya sangar tanpa ekspresi, anti-sosial, dan selalu menggunakan kekerasan. Bukan tanpa alasan karakter Ma pi ditampilkan seperti itu, cuplikan masa lalunya yang menjelaskan kenapa ia menjadi begitu. Ma pi memang kurang bisa bersosialisasi dengan sesama orang dewasa tapi ia mampu berteman dekat dengan Min A (putri Kim Seon Jo). Ia juga bertanggung jawab dalam pekerjaannya atau misi. Tipikal pekerja yang satsetsatset beres tanpa banyak omong. 

Menuai apa yang ditabur

Kim Seon Jo mengomeli sikap ikut campur Park In Sung hingga memberikannya peringatan. Seringkali Park In Sung mengambil tindakan yang menurut Kim Seon Jo tidak perlu dilakukan. Misi mereka pernah gagal karena hal ini. Nyatanya, sikap ikut campur dan memperhatikan kepentingan orang lain ini yang membawa dirinya (Park In Sung) menjabat posisi CEO. 

Unlock My Boss (ENA)
Unlock My Boss (ENA)

Ending Drama

Drama ini berakhir dengan menyisakan pertanyaan: Kim Seon Jo tetap hidup atau mati? Siapa yang memegang kendali Silver Lining?  

Walau dua hal itu tidak terjawab, tapi akhir drama Unlock My Boss memang realistis. Tidak semua kisah heroik harus berakhir indah saat itu juga tepat setelah kejahatan berakhir, Kim Seon Jo tidak segera terbangun dari koma. Tidak penting siapa yang menjabat posisi CEO Silver Lining selanjutnya, toh, kebenaran sudah terungkap. Park In Sung menjalani kehidupan sesuai keinginannya dulu. Misi membantu Kim Seon Jo selesai, jabatan CEO-nya pun berakhir. Lalu, siapa yang menjadi CEO? Ya, bisa siapa saja, tidak harus Park In Sung selaku tokoh utama. 

*P.S: ada Im Chul Soo yang tampil sebagai cameo di episode ke 12.

Profil Drama

Unlock My Boss (ENA)
Unlock My Boss (ENA)
  • Judul: 사장님을 잠금해제 (Unlock the Boss , Sajangnimeul Jamgeumhaeje) 
  • Direktur: Lee Chul Ha
  • Naskah: Kim Hyung Min
  • Genre: Thriller, Mystery, Comedy, Fantasy
  • Episode: 12

Pemain: 

  • Chae Jong Hyeop sebagai Park In Sung
  • Park Sung Woong sebagai Kim Seon Joo
  • Seo Eun Soo sebagai Jung Se Yeon
  • Kim Sung Oh sebagai Ma Pi
  • Gi So Yoo sebagai Kim Min A

Comments

Satu tanggapan untuk “Review Unlock My Boss: Underrated tapi Nagih! (Spoiler Warning)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park