Menjual Properti Berhantu di Sell Your Haunted House

sell your haunted house

Drama: Sell Your Haunted House 
Hangul: 대박부동산
Director: Park Jin-Suk
Writer: Ha Soo-Jin, Lee Young-Hwa, Jung Yeon-Seo
Network: KBS2
Episodes: 16
Release Date: April 14 – June 3, 2021
Runtime: Weds. & Thurs. 21:30
Language: Korean

Chingu, kita bertemu lagi dengan drama bernuansa gelap di tahun ini. Setelah patah hati dengan Joseon Exorcist tempo hari, kini ada pengobat lara dari drama bertema exorcism yang sama serunya (or maybe much more?) 

Sell Your Haunted House/Daebak Real Estate/Real Estate Exorcist ( 대박부동산) — judulnya banyak bener yak — tayang mulai 14 April di KBS setiap hari Rabu dan Kamis jam 21.30. Kita bisa menyaksikannya secara ekslusif di aplikasi nonton Viu dengan durasi 30 menit per episode. 

Nggak tanggung-tanggung, dalam 4 episode pertama penayangannya, drama ini meraih rating 5.3% di seluruh dunia. Cukup mengesankan untuk tayangan yang genrenya enggak semua orang suka. 

Plot Singkat

Secara garis besar, Sell Your Haunted House bercerita tentang kehidupan Hong Ji Ah (Jang Na Ra), seorang broker real estate yang juga merupakan praktisi exorcism (ritual mengusir setan). Properti yang dimakelari oleh kantor Daebak Realty pun bukanlah rumah-rumah biasa, melainkan rumah-rumah bermasalah yang dihuni arwah penasaran. 

Kantor Daebak Realty

Dalam praktik pengusiran arwah, tidak bisa dilakukan sekali datang langsung beres. Ms. Hong mesti mengenali dulu wajah dan nama arwah yang menghantui rumah tersebut. Nantinya nama si arwah akan ditulis di secarik kertas yang dimasukkan ke dalam binyeo saat ritual dijalankan. 

Ms. Hong juga tidak bisa melakukan ritual eksorsisme sendirian, diperlukan seorang cenayang sebagai perantara si arwah untuk memasuki dunia manusia. Nantinya, binyeo ini akan ditusukkan ke tubuh si cenayang yang kerasukan dalam rangka mengusir arwah selama-lamanya. Namun pada proses pengeluaran itu, memori si arwah semasa hidup akan transfer ke diri Hong Ji Ah hingga bisa mengganggu rutinitasnya sementara waktu.  

Penampakan arwah tentu saja akan menghiasi drama ini sejak episode pertama (adegan pembuka malah!). Bahkan Hong Ji Ah sendiri tinggal bersama arwah ibunya yang sering sekali tiba-tiba menampakkan diri di kamarnya. 

Sebentar …
Ini horor?


Hayo, sampai sini adakah yang menolak untuk lanjut baca atau bahkan enggak mau coba nonton dramanya? 

Tenang, beberapa review mengategorikan drama ini fantasy-comedy, alias nggak terlalu menyeramkan seperti drakor-drakor ‘horor beneran’. Penampakan hantunya menurut saya mirip dengan hantu-hantu di Hotel Del Luna, nggak jelek tapi ya transparan (apasih). Dalam satu episode mungkin akan ada 1-2 hantu yang muncul dengan latar belakang cerita masing-masing.

Apakah ada adegan-adegan jumpscare? Hm, ada, tapi nggak banyak. Aman lah.

Ada juga beberapa adegan humor dari para pemeran pendukung yang bikin kita nyengir. Jadi nonton drama ini dibawa santai saja, nggak creepy-creepy amat.  

Fabulous Cast 

Dari awal iklan drama ini muncul, saya yakin Jang Na Ra bakal sukses membawakan peran pengusir setan. Act as heroine di drama ini, udah kebayang lah karakter judes dan careless-nya. Untuk penampilan, sejauh ini dia nggak jauh-jauh dari pakaian serba gelap, cat kuku hitam, lipstik bold dan make up gothic dramatis. Sesuai lah dengan tema, perdukunan #loh

Hampir semua drama Jang Na Ra saya tonton, kecuali Last Empress, karena ceritanya kelewat absurd. Tapi dari segi akting, she’s effortlessly adorable.

Jang Na Ra
Jang Na Ra sebagai Hong Ji Ah

Selain Jang Na Ra, strong why menonton drama ini tentu saja ada Jung Yong Hwa! Ahh, dari tadi nunggu-nunggu oppa satu ini disebut akhirnya muncul juga.

Yong Hwa memerankan Oh In Bum, seorang penipu ulung yang pandai bicara. Bersama seorang partner dia mengeksploitasi para pemilik properti yang disinyalir ada ‘penghuninya’. Mereka menggunakan peralatan canggih untuk merekayasa penampakan arwah gentayangan kemudian menjual alat penangkal setan (yang tentu saja unfaedah).

Akting Yong Hwa di sini sungguh menghibur. Saya suka ekspresi wajah tengil dan oportunisnya, pas dengan karakter yang ingin dibawakan. Nontonnya bikin senyum-senyum sendiri entah karena adegannya kocak atau terpesona sama oppa, hihi. 

Jung Yong Hwa
Jung Yong Hwa sebagai Oh In Bum

Buat seseorang yang baru comeback lagi setelah wamil tahun 2019, akting Yong Hwa nggak bisa diremehkan tapi juga masih bisa ditingkatkan. Sejujurnya, bagi saya Yong Hwa tetap menawan meski faktanya dia terlihat semakin matang. Malahan di drama ini dia kayak sepantaran sama Jang Na Ra, padahal beda 8 tahun. Meski begitu, kembalinya Yong Hwa main drama sudah lama dinantikan para penggemarnya sejak terakhir berakting di The Package tahun 2017.

Kombinasi antara Jang Na Ra dengan Jung Yong Hwa sudah klop banget menurut saya. Kelihatannya sih, drama ini romance-nya bakal tipis-tipis aja. Ada bagian masa lalu mereka yang saling berkaitan yang mungkin saja membuat mereka akan saling berhadapan di kemudian hari.

What To Expect and What’s Next

Saya langsung kepincut drama ini sedari episode pertama dan memutuskan lanjut mau nonton sampai akhir. Selain alur ceritanya yang cepat, penasaran juga sama apa yang akan dihadapi mereka berdua di episode-episode selanjutnya. 

Dalam 1-2 episode pertama, sudah tersurat inti dari cerita drama ini: Ms. Hong ingin mengembalikan arwah ibunya yang bergentayangan selama 20 tahun lamanya di dunia. Namun, untuk melakukan ritual, dia tidak bisa bekerja sendirian. Hong Ji Ah harus menemukan cenayang yang cukup kuat untuk menjadi partner ritualnya. 

Ketika pada suatu waktu dia bertemu Oh In Bum, koneksi terjadi karena masa lalu mereka yang mungkin saja saling berkaitan. In Bum sendiri masih sulit menerima kenyataan bahwa dia punya kekuatan supernatural yang bisa menjadi jalan Ji Ah mengembalikan arwah ibunya. Namun, kenyataannya tentu saja tidak akan semudah itu.

Meski punya motif sendiri-sendiri, Ji Ah dan In Bum akhirnya sepakat untuk bekerja sama dalam menyelesaikan beberapa kasus pengusiran setan. 

Nah, ini juga yang menarik dari drama yang punya storyline begini. Di setiap episodenya kita akan disuguhkan pada cerita latar belakang yang berbeda dari setiap arwah yang ditangani. Bagaimana kehidupan sebelumnya si arwah tersebut dan urusan apa yang membuatnya sulit meninggalkan dunia ini.

Layaknya drama Korea yang enggak pernah kehabisan ide, kita juga enggak bakal dibuat bosan nonton Sell Your Haunted House. Semoga seterusnya begitu ya, masih ada 10 episode ke depan yang menarik untuk disaksikan. 

Apakah akhirnya Hong Ji Ah dan Oh In Bum akan saling menyerang atau justru saling melengkapi? We’ll see! 

Re Ra

Blogger.
Drakorians since 2018. Menulis review dan knowledge Korean drama-based. Meet me at www.dailyrella.com. Tidak fanatik aktor, genre, rating, lawas, atau baru.

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] seorang biksu, bisa dicari senjata yang lebih ‘oriental’, nggak perlu bawa-bawa kapak segala. Jang Na Ra aja waktu ngusir setan cuman bawa binyeo kok di rambutnya, […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: