kdrama brain works

Brain Works: Love Hate Relationship dan Misteri Penuh Humor

Kesan saat pertama kali tahu—tak sengaja melihat poster coming soon drama korea Brain Works aku langsung tertarik, wuah menariq! Aku tidak tahu drama ini berkisah tentang apa, tapi aku langsung kepengen nonton karena ada Jung Yong Hwa-nya. Yess! Aku tuh penggemar Yong Hwa ssi *gak ada yang nanya ya🤣🤣 nah karena aku suka Jung Yong Hwa makanya tertarik gitu pengen nonton. Drama terakhir yang dibintangi Yong Hwa ssi—yang kutonton—itu Sell Your Haunted House. Berapa tahun yang lalu itu yaa? 2 tahun lalu kan yaa?.

Dan makin tertarik nonton karena ada Cha Tae Hyun. Aku juga penggemarnya *gak ada yang nanya lagi yaa 🤭🤣🤣 Walau aku lebih menyukai—dan menikmati—film-film yang dibintanginya dibanding dramanya. Entah kenapa kalau Chae Tae Hyun bermain drama (walau main role) terasa bagiku tidak makjleeb seperti film-filmnya. *Ada yang ngerasa gitu juga?? 

Sekilas tentang Brain Works 

Bercerita tentang dua orang yang memiliki kepribadian saling bertolak belakang dan harus bekerja sama dalam satu tim. Yang satu seorang Neurolog dan yang satu lagi seorang detektif polisi. Mereka berdua harus menuntaskan kasus-kasus kriminal. 

Kenapa judulnya Brain Works

Alur cerita drama ini mengusung perspektif cabang ilmu kedokteran, yaitu neurologi. Semua masalah dan kasus, ditelaah dengan melihat cara otak manusia bekerja. Banyak banget edukasi mengenai otak manusia dalam dialog. Tentu saja, gak bakal bikin ngantuk atau ngebosenin tetapi malah seru. Khas drama korea banget yang memang jago menampilkan penjelasan ilmiah tanpa bikin penonton melongo kebingungan. 

Cara otak bekerja memengaruhi kepribadian

Drama ini menampilkan 2 tokoh utama laki-laki (male lead). Shin Haru (diperankan oleh Jung Yong Hwa) memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, dan ia memiliki kecenderungan otak psikopat. Sulit baginya untuk merasakan simpati apalagi empati. Makanya, kepribadiannya cenderung kaku dan terkesan angkuh. 

Kebalikannya Shin Haru, Geum Myung Se (diperankan oleh Cha Tae Hyun) justru sangat mudah berempati dengan orang lain. Hal itu disebabkan karena ia memiliki Amigdala yang lebih besar dari Shin Haru. 

Konflik-konflik dalam drama ini adalah kasus kriminal, tetapi pembahasannya cukup relevan dengan keseharian kita —penonton yang tidak bersinggungan dengan kriminalitas. Dari drama ini setidaknya kita mendapatkan gambaran, bahwa cara kerja otak kita memengaruhi cara kita bertindak atau berperilaku dalam keseharian. 

Ada sedikit tips pengasuhan dalam drama ini. Ada pembahasan tentang otak anak usia remaja, penjelasan logis dijabarkan dalam dialog kenapa anak di usia tsb cenderung membangkang beserta cara menghadapinya. 

Tidak hanya itu, ada juga tips-tips lain berkenaan dengan cara otak kita bekerja. Ya, intinya, aku sangat menikmati edukasi-edukasi tentang otak dalam drama ini. 

Profil Drama

Poster Kdrama Brain Works (KBS2)
Poster Kdrama Brain Works (KBS2)

Drama: Brain Works

Native Title: 두뇌공조

Also Known As: Brain Cooperation , Dunoegongjo

Director: Lee Jin Seo

Screenwriter: Park Kyung Soon

Episodes: 16

Original Network: KBS2

Duration: 1 hr. 10 min.

Genres: Mystery, Comedy

PEMAIN:

  • Jung Yong Hwa  sebagai Shin Ha Ru
  • Cha Tae Hyun sebagai Geum Myung Se
  • Kwak Sun Young  sebagai Sul So Jung
  • Ye Ji Won  sebagai Kim Mo Ran

Walau Brain Works bukan termasuk drama romantis, tapi drama ini ada bumbu-bumbu romcom-nya, yaitu cinta segitiga antara Geum Myung Se dengan mantan isterinya, Kim Mo Ran dan rekan kerjanya, Sul So Jung. Sempat kukira karakter Shi Haru bakal berujung memiliki hubungan asmara juga, ternyata tidak. Yaudah, gak apa-apa juga. Drama ini juga sudah cukup enak ditonton tanpa adegan percintaan berlebih. 

Shin Haru X Geum Myung Se

Shin Haru seorang yatim piatu sejak kecil. Ia sempat mengalami trauma sehingga tidak bisa mengingat kejadian di masa lampau — yang menjadi sebab traumanya. Ia tumbuh menjadi profesor dan ahli neurologi. Ia juga memiliki kecerdasan luar biasa. Namun, Shin Haru memiliki kepribadian buruk. Ia seringkali bertindak sesuka hati tanpa memikirkan perasaan orang lain. 

Konflik pertama terjadi saat ia bertemu dengan Geum Myung Se, seorang detektif polisi yang ditugaskan untuk menemui dirinya. Pertemuan itu berakhir dengan insiden tidak menyenangkan. Rambut Geum Myung Se botak sebagian akibat tercukur oleh asisten Shin Haru. Itulah awal ketidak-akuran mereka bermula. Walau saling tidak akur, mereka berdua—mau tak mau—harus bekerja dalam satu tim dalam menangani kasus kriminal. 

Konflik utama terjadi saat Shin Haru mencoba mengingat masa lalu—kejadian traumatis baginya. Ingatan tentang kematian kedua orang tuanya memotivasinya mencari fakta yang sebenarnya terjadi.  

Kesimpulan

Drama ini cukup seru untuk dinikmati; melihat tingkah bodor Cha Tae Hyun dalam karakter Geum Myung Se; Shin Haru yang gagal terus membalas dendamnya–mempermalukan Geum Myung Se.


Posted

in

,

by


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: