drakorclass 2023

Penonton Drakor Tidak Hanya Halu

Anyeonghaseyo chingudeul!

Seringkali drakor disalahkan sebagai penyebab penontonnya jadi halu maksimal. Terlepas dari seringnya disalahkan, drakor juga sudah menjadi salah satu yang dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk.

Sebut saja berbagai produk kecantikan menggunakan aktor dan aktris Korea untuk menjadi modelnya. Produk keuangan juga tidak mau kalah mengiklankan dengan mengaitkan drama Squid Game yang sempat menjadi perbincangan banyak orang. Sebentar lagi mudah-mudahan tempat kursus matematika juga menjadi ramai dikunjungi anak sekolah dengan adanya drakor tentang pak guru matematika yang bisa membuat murid-muridnya lebih gampang mengerti pelajaran matematika.

Kenalan Yuk dengan Drakor Class

Classmates di Drakor Class memilih menjadi penonton drakor yang tidak halu semata. Kegiatan yang memang dimulai oleh orang-orang yang menyukai dunia literasi selain menonton drakor akhirnya menjadi komunitas yang produktif menulis dan membuat berbagai konten yang terinspirasi dari drakor dan hallyu lainnya.

Baca juga: Drakor Class, 2 Tahun Berliterasi

Welcome New Classmates

welcome new classmates drakorclass

Drakor Class yang sejak awal mengusung drakor dan literasi tahun 2023 ini mendapatkan 31 orang new classmates untuk semakin produktif ngonten dengan tema kekoreaan. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun awal dimulainya perjalanan Drakor Class yang hanya 20 orang.

Hari Rabu tanggal 1 Februari 2023, untuk memulai perjalanan belajar bersama, para classmates sudah bertemu bersama melalui Video Call di Telegram Grup. Kalau 2 tahun lalu, di awal terbentuknya kegiatan banyak dilakukan di WAG, saat ini rasanya menggunakan Telegram lebih menjadi pilihan karena ada berbagai fasilitas yang mempermudah untuk kegiatan ngebucin belajar bersama.

Ngonten Asyik Bareng Drakor Class

Kegiatan belajar bersama nantinya juga akan dilakukan melalui Telegram Grup. Akan ada beberapa materi ngonten asyik, yang sebenarnya kalau melihat blog dari new classmates, materinya bakal sebentar selesai dan bisa langsung lanjut nonton drakor ngonten aja, hehehe.

Dari pengalaman sih, saya yang dulu tidak terlalu banyak tahu tentang seluk beluk optimasi blog, ataupun podcast jadi tergerak untuk mencoba dan belajar lebih banyak untuk menghasilkan konten mengisi Drakor Class. Bahkan saya yang dulu merasa tidak bisa mengedit video, jadi bisa melakukannya dengan bertanya ke teman-teman yang sudah lebih dulu belajar.

Belajar itu menyenangkan kalau dilakukan bersama-sama dengan bahan pelajaran yang juga menyenangkan. Dan bahan berasal dari drama Korea memang banyak memacu semangat belajar membuat konten.

Jadwal belajar ngonten asyik bareng Drakor Class selama Februari 2023

Bucin Produktif

Kata bucin mungkin terkesan negatif. Seperti halnya kata halu juga sering bermakna negatif. Padahal kalau saja menggunakan kehaluan yang ada menjadi karya, tentunya lebih positif. Penulis fiksi atau nonfiksi bisa menuliskan berdasarkan tontonan apa saja termasuk drakor. Penulis fiksi bisa mendapat inspirasi dari drakor yang misalnya endingnya kurang sesuai. Tentunya harus menghindari plagiasi. Inspirasi itu beda dengan plagiasi!

Bucin produktif itu memanfaatkan apa yang sudah didapatkan ketika menonton drakor menjadi konten. Bukan demi konten maka bela-belain maraton nonton ya. Selain itu, kami juga selalu mengajak penonton drakor untuk mendukung industri drakor dengan menonton di jalur yang legal.

Seperti apa yang disebutkan salah satu classmate saat mengikuti pertemuan Komunitas Hallyu secara daring: “Stigma penonton drakor yang selama ini dianggap negatif, harus dibalikkan dengan karya yang membuktikan bahwa ada banyak sudut pandang yang bisa dibahas dari sebuah tayangan drakor. Kami tidak hanya menulis reviu, tapi juga menulis wawasan dan hal-hal lain yang bisa diambil dari drakor. Kami juga boleh bangga dengan keunikan bahwa semua yang dilakukan di Drakor Class pure dikordinasikan secara online dan bukan region-based community, melainkan multiregion dan meliputi multi-multi lainnya seperti genre, oppa idola, dan kpop idol.”

Siapa tahu, tulisan di Drakor Class bisa menginspirasi para pekerja kreatif tanah air untuk menghasilkan drama lokal yang juga tak kalah kualitasnya dan cerita yang menarik tak kalah dari drakor.


Comments

Satu tanggapan untuk “Penonton Drakor Tidak Hanya Halu”

  1. […] aplikasi untuk menyunting audio dan video seperti yang pernah saya lakukan bersama teman-teman di Drakor Class menjadi bucin produktif. Karena sebenarnya elemen mata pelajaran Informatika itu bukan hanya bikin […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 drama 2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park

%d blogger menyukai ini: