4 Tips Upgrade Skill dari Nonton Drama Korea

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Menonton drama Korea sering kali diidentikan dengan kegiatan yang tidak berfaedah, buang-buang waktu dan sekadar hiburan yang bikin halu. Padahal, nggak selalu demikian loh!

Dalam tulisan kali ini, saya tidak akan membahas rekomendasi drama Korea seperti biasa. Saya ingin berbagi tips bagaimana classmates Drakor Class bisa memanfaatkan drama Korea sebagai sarana untuk meningkatkan berbagai skill.

Penasaran gimana caranya? Baca sampai akhir ya!

Berkomunitas

Pertama adalah bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan dalam hal tertentu. Sebagai contoh Drakor Class, classmates Drakor Class adalah orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama yakni menonton drama Korea dan menulis.

Tanpa mengesampingkan prioritas utama kami, menulis berbagai hal yang berkaitan dengan drama Korea merupakan wujud dari kegiatan bersenang-senang. Dari kesamaan ini lah, kami akhirnya membentuk Drakor Class sebagai wadah untuk membucin tanpa melupakan prioritas.

Dalam berkomunitas, sadar tidak sadar kami mengembangkan dan meningkatkan berbagai kemampuan lain. Classmates Drakor Class terbagi ke dalam beberapa divisi yang mengkoordinir berbagai agenda di samping menulis.

Baca tentang : 5 Produktivitas dari Nonton Drama Korea

Jadi, tidak hanya sekadar menulis tapi classmates Drakor Class juga belajar bagaimana mengoptimasi sebuah website, branding diri agar lebih banyak pengunjung yang membaca blog ini hingga menjaga komunikasi dan koordinasi antara satu member dengan yang lainnya.

Menekuni Hobi

Selanjutnya, agar chingudeul bisa memanfaatkan drama Korea sebagai sarana untuk meningkatkan skill, cobalah untuk menekuni hobi. Seperti classmates Drakor Class yang menekuni hobi menulis dan membuat tulisan yang terinspirasi dari drama Korea.

Dari kegiatan menulis ini, ternyata banyak juga skill yang kami kembangkan seperti eksplorasi angle dalam menulis. Tidak hanya menulis review, classmates Drakor Class juga banyak mengambil sudut pandang lain dari sebuah drama Korea dan menjadikannya topik untuk menulis.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Menonton Drama Korea Membuat Kamu Kreatif Menulis

Bahkan beberapa classmates Drakor Class juga menjadikan drama Korea sebagai inspirasi menulis cerita pendek atau novel. Inspiring banget!

Menjalin Relasi dengan Banyak Pihak

Skill berikutnya yang dapat ditingkatkan dari menonton drama Korea adalah menjalin relasi dan bernegosiasi dengan pihak eksternal. Drakor Class mendapat banyak tawaran kerja sama dari berbagai pihak eksternal, sebut saja KCCI dalam Kompetisi Review Drama Korea “True Beauty” dan siaran radio bersama RPK.Fm.

Saya bersama classmates Drakor Class saat siaran Johayo Show bersama RPK.Fm

Di samping itu, kami juga mengajak kerja sama teman-teman dari luar untuk tampil di acara internal kami seperti IG Live. Dalam tayangan live ini, Drakor Class banyak menghadirkan narasumber-narasumber yang memiliki keahlian di bidang masing-masing.

Chingudeul tau sendiri kan, drama Korea selalu mengangkat cerita dengan profesi karakter yang berbeda-beda dan serius dalam melakukan riset. Kami pun banyak ngobrolin korelasi antara profesi narasumber dengan drama yang mengangkat profesi tersebut.

Belajar Hal Baru

Satu lagi yang bisa kita manfaatkan dari menonton drama Korea adalah dengan mempelajari hal baru. Selain belajar bahasa Korea, drama Korea menginspirasi classmates Drakor Class untuk belajar beberapa ilmu baru seperti membuat desain untuk keperluan publikasi, mempelajari public speaking untuk keperluan live maupun siaran radio hingga bagaimana memproduksi podcast yang baik.

Dengarkan juga podcast Drakor Class

Menonton drama Korea membuat classmates Drakor Class belajar membuat konten yang terkait dan terinspirasi dari drama Korea. Kayaknya bukan hanya Drakor Class yang terinspirasi untuk membuat konten terkait drama Korea, kalau diperhatikan hampir semua akun influencer baik itu parenting, finansial hingga mental health menyisipkan konten drama Korea.

Bucin Totalitas Tanpa Melupakan Prioritas

Ternyata, hobi menonton drama Korea nggak cuma membuat penontonnya halu dan begadang semalaman. Apabila kegiatan ini dilakukan dalam porsi yang pas dan dikombinasikan dengan hobi lainnya, terbukti dari menonton drama Korea akan ada banyak hal yang dapat digali dan dipelajari.

Tentunya manajemen waktu sangat penting. Jangan sampai kegiatan menonton drama Korea menggeser kegiatan lain yang menjadi prioritas utama. Apalagi nonton sampai lupa waktu dan tidak menghiraukan tugas utama, jangan sampai ya chingu..

Kira-kira skill apalagi ya yang bisa diupgrade dari menonton drama Korea? Yuk, share di kolom komentar đŸ™‚

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: