Move to Heaven : Healing Trauma

Review drama Move to Heaven

Annyeong haseyo, Drakorclass chingu.

Melihat drama yang langsung tayang 10 episode dari Netflix the series ini membuang semua rasa penasaran penonton. Drama mengenai pembersihan trauma ini berjudul Move To Heaven. Sahabat Drakorclass pasti sudah menonton drama yang satu ini yaa..

Kalau belum, aku sarankan, nonton. Karena drama ini sarat akan nilai-nilai kehidupan dimana kita bisa harus menghargai orang lain, keluarga, persahabatan dan point paling penting adalah sebuah kepercayaan.

Kepercayaan bisa dibangun bukan hanya karena waktu kebersamaan yang banyak melainkan juga karena ketulusan saat melakukan kegiatan bersama. Aah, rasanya sangat disayangkan kalau drama ini hanya berjumlah 10 episode. Yuk, kita simak dulu bagaimana sinopsis dan review drama Move To Heaven berikut.

Review dan sinopsis Drama Move to Heaven

Detail Drama

Judul : Move To Heaven
Romanization : Naneun Yoopoomjungrisaibmida
Hangul : 무브 투 헤븐: 나는 유품정리사입니다

Director : Kim Sung-Ho
Writer : Yoon Ji-Ryeon

Network : Netflix
Episodes : 10

Release Date : May 14, 2021

Language : Korean
Country : South Korea

Tang Joon-Sang as Han Geu-Ru

Tokoh utama dalam drama Move To Heaven diperankan dengan sangat baik oleh aktor Tang Joon-Sang sebagai Han Geu-Ru. Han Geu-Ru adalah remaja berusia 20 tahun yang mengidap sindrom asperger, sindrom yang menyulitkan Geu-Ru untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, karena sindrom inilah Geu-Ru memiliki kelebihan yakni anaknya tekun dan teliti jika menyangkut pekerjaan dan kesukaannya.

Tang Joon-Sang as Han Geu-Ru dalam drama Move to Heaven
Ekspresi Han Geu-Ru saat sedang menganalisis sebuah kasus kematian

Seperti saat Geu-Ru membantu sahabatnya, Yoon Na-Mu saat bekerja di sebuah tempat wisata mirip Seaworld Ancol dengan akuarium yang besar sekali. Geu-Ru dengan sabar melihat akuarium besar itu selama berjam-jam dan pada akhirnya ia bisa memberitahu pihak pengelola bahwa sedang ada beberapa ikan yang terluka dan sakit sehingga harus segera diobati agar tidak mati.

Kejadian ini pun membuat semua pihak pengelola tempat wisata tersebut kagum dan merasa terbantu sekali. Tak hanya dalam keseharian Geu-Ru bersikap teliti, ia juga sangat jeli saat meneliti pekerjaannya sebagai pembersihan barang-barang orang yang sudah meninggal di perusahaan Move To Heaven bersama Ayahnya, Han Jeong-U.

Lee Je-Hoon as Cho Sang-Gu

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, itulah kira-kira peribahasa yang tepat untuk kehidupan seorang Han Geu-Ru. Ia sangat bahagia hidup berdua saja bersama Ayahnya dan menjalankan usaha Move To Heaven. Meski semua orang tidak suka dengan usaha itu karena dianggap membawa keburukan, namun nyatanya, banyak orang yang membutuhkan karena siapa yang sudi membersihkan dengan sepenuh hati barang-barang orang yang sudah meninggal sebaik layanan Move To Heaven?

Han Geu-ru bersama Ayahnya, Han Jeong-U saat bertugas di Move To Heaven

Tak berapa lama, mendadak Ayah Geu-Ru, orang yang paling menyayangi seorang anak dengan segala kekurangan dan tak pernah sedikit pun mengeluh akan anaknya inipun meninggal.

Begitu mendadak sehingga Han Geu-Ru kebingungan. Meski bingung dan sedih, Geu-Ru tidak dapat mengekspresikan apa yang ia rasakan. Ia hanya menyetir ke rumah sakit dan dikabarkan Ayahnya meninggal lalu bersiap menaburkan abu sang Ayah dari rumah duka. Apa yang terjadi?

Han Geu-Ru tidak mau berpisah dengan sang Ayah. Ia keukeuh ingin bersama Ayahnya walau kini sang Ayah sudah berbeda dunia karena selalu memegang teguh perkataan terakhir sang Ayah.

“Ayah akan selalu berada di sisimu, nak…”

Bagaimana kehidupan Geu-Ru selanjutnya?

Sungguh ini bisa dibilang sebuah keberuntungan bagi Geu-Ru. Karena selang beberapa hari, paman Geu-Ru (adik dari Ayah Jeong-U) dibebaskan dari penjara. Dan pengacara sang Ayah menyampaikan pesan terakhir mendiang agar Paman ini merawat dan menjadi wali Han Geu-Ru.

Lee Je-Hoon as Cho Sang-Gu dalam drama Move to Heaven
Han Geu-Ru bersama pamannya, Cho Sang-Gu

Akankah semua berjalan seperti biasa bagi Han Geu-Ru bersama wali barunya?

Kesan Pertama Move To Heaven

Tentu akan banyak sekali kekhawatiran di awal episode. Dari POV penonton, semua hal buruk mungkin saja terjadi. Karena paman Geu-Ru yang bahkan belum pernah bertemu sama sekali dari Geu-Ru kecil hingga fakta bahwa ia adalah mantan narapidana.

Kira-kira, dosa apa yang sudah dilakukan sang Paman hingga harus ditebus dengan mendekam di balik jeruji besi?

Terharu banget siih…
Kalau boleh aku sedikit spoiler, sang Paman ini aslinya adalah orang yang baik sekali. Namun, masa kecil dan kehidupanlah yang menempa hingga menjadi seperti saat ini. Awalnya, saat bertemu Geu-Ru, tentu ada niatan tidak baik dari sang Paman. Seperti ingin mengambil aset Geu-Ru setelah 3 bulan masa percobaan menjadi wali.

Namun nyatanya?
Sang Paman tetap berada di sisi Han Geu-Ru dengan perlahan memahami sang anak remaja ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Begitu setianya sang Paman, aku jadi ikut meneteskan air mata ketika Paman Sang-Gu membutuhkan bantuan finansial dan ia tidak tau harus meminta tolong kepada siapa, maka ia memberanikan diri mengambil sertifikat rumah Geu-Ru untuk mendapatkan uang cash yang digunakan sebagai biaya pengobatan murid didiknya di kelas tinju.

Kesan Pertama drama Korea Move To Heaven

Kelebihan Drama Move To Heaven

Banyak sekali hikmah kehidupan yang bisa diambil ketika menonton drama penuh bawang Move To Heaven ini. Kita juga jadi belajar berempati dengan lingkungan ketika ada orang yang mungkin berbeda cara berkomunikasinya dengan kita, namun ada pesan yang ingin disampaikan.

Selalu ingat bahwa kebenaran itu bukan siapa yang menyampaikan tetapi apa yang disampaikan.

Kelebihan lain drama Move To Heaven adalah meski cuma 10 episode dan mengandung bawang, tapi bawangnya ditabur sama aktor-aktor kenamaan. Hehehe… Ada beberapa cameo yang hadir menghiasi drama ini.

Ji Jin Hee, Ayah Geu-Ru.
Drama Undercover, Designated Survivor: 60 Days, Misty.

Yang Hong Seok, polisi muda, teman Na-Mu.
Member boygroup Pentagon, drama On The Campus (2019), Anniversary Anyway (2019).

Lee Jae Wook, adik angkat sekaligus anak didik tinju Paman Cho Sang-Gu.
Drama Do Do Sol Sol La La Sol, Memories of the Alhambra, The Battle of Jangsari.

Kwon Soo Hyun, dokter di episode 4.
Drama Record of Youth, cameo Doom at Your Service.

Choi So Young, petugas sosial yang memberi informasi mengenai orang meninggal tanpa keluarga.
Drama So I Married an Anti-Fan, Run On, Tell Me What You Saw, Miss & Mrs. Cops.

Jadi,
Masih meragu nonton drama Move To Heaven?

Hempasykan, gengs.
Mari kita sama-sama menikmati keindahan alur cerita drama ini dan mengapresiasi setiap pemain yang ada di drama Move To Heaven. Drama yang mengungkap sisi-sisi kehidupan yang terjadi di sekitar kita. Sangat masuk akal, ketika seseorang meninggal dan masih ada hal yang mangganjal dan belum tersampaikan terutama untuk orang-orang yang pernah memiliki keterkaitan selama hidup.

Bahkan ketika jelang episode akhir, ada seorang tuna wisma yang meninggal seorang diri di sebuah penginapan, pasti banyak orang berpikir bahwa pesan apa yang sekiranya ingin disampaikan? Kan dia seorang imigran, tapi memang kewaranegaraannya Korea.

Ternyataa….
Ia sedang mencari Ibu kandungnya yang merupakan orang Korea. Siapa Ibu kandungnya yang tega memberikannya untuk diadopsi oleh orang Amerika, namun pada akhirnya adopsi dibatalkan karena tahu sang anak ini memiliki kelainan jantung. Jadi dari kecil hingga besar di Amerika, ia sebatang kara. Balik ke Korea dengan harapan bisa bertemu sekaliii aja dengan Ibunya.

Huhuu

Sedih banget banget yaa, gengs.
Coba deh, kalau sahabat DC ada yang sudah nonton drama Morea Move To Heaven ini, kira-kira kisah mana yang paling membuat menangis tersedu-sedu?

lendyagassi

Korea Content Writer.
Menulis aktif di blog https://www.lendyagassi.com.
K-drama addict and book lovers.

Baca Juga

4 Komentar

  1. […] pertamanya adalah “Move to Heaven” yang mulai ditayangkan di Netflix pada bulan Mei […]

  2. […] Untuk cast, saya beri nilai 9 yah, jelas karena Lee Je Hoon tampil dengan sangat bagusnya hingga pemirsa ngikutin kiprah aktingnya sampai ke Move to Heaven. […]

  3. […] Others yang mengangkat isu kesehatan mental, drama Mine yang mengajarkan menjadi classy dan drama Move to Heaven yang memberi penyembuhan untuk trauma dan ceritanya sangat menyentuh […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: