IG Live "Drakor, Saranghae...": Cinta Keluarga dalam Drakor Navillera

Drakor Saranghae Navillera

Annyeong Chingudeul!

Tahukah kamu tanggal 29 Mei itu diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Dan tahukah kamu, kalau bulan Mei diperingati sebagai Bulan Keluarga di Korea Selatan? Sesungguhnya saya juga baru tahu. Dengan dua fakta tersebut, Drakor Class akan mengadakan IG Live “Drakor, Saranghae…” dengan tema “Cinta Keluarga dalam Drakor Navillera”.

Oh ya, catat dulu nih biar tidak ketinggalan 

IG Live Drakor Class  akan diadakan pada 

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 29 Mei 2021
  • Waktu: 19.30 WIB
  • Saya, Rhin sebagai host akan ngobrol bareng dengan 2 classmates: Cho Sweeney dan VIP_AhIn_JiSung

Buat yang sudah menonton drakor Navillera, pasti langsung bisa mengerti kenapa tema IG Live Drakor Class di hari Lanjut Usia Nasional dan Bulan Keluarga di Korea Selatan adalah “Cinta Keluarga dalam Drakor Navillera”.

Buat yang belum nonton dan mulai penasaran baca dulu tulisan ini sampai tuntas.

Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional

Tanggal 29 Mei ini awalnya dicetuskan tahun 1945, saat Dr. KRT Radjiman Widiodiningrat yang berumur 66 tahun (peserta tertua saat itu) didaulat sebagai pimpinan sidang Pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan indonesia (BPUPKI).

Lalu tahun 1966, tanggal tersebut dicanangkan lagi oleh Presiden RI, Soekarno menjadi hari Lanjut Usia Nasional (HLUN. Tanggal tersebut ditetapkan untuk menghormati jasa, pemikiran dan kebijakan dari Dr. KRT Radjiman Widiodiningrat.

Bulan Mei menjadi Bulan Keluarga di Korea Selatan. Setidaknya ada 3 hal yang diperingati di bulan Mei, yaitu: Hari Anak (5 Mei), Hari Orang tua (8 Mei), dan Hari Guru (15 Mei).

Setiap Bulan Mei menjadi bulan yang penuh dengan penghargaan untuk setiap anggota keluarga dan juga guru. Berbagai kegiatan diadakan untuk saling mengapresiasi semua generasi dan umur, mulai dari anak kecil sampai dengan orang lanjut usia.

Drakor Navillera, Lansia Bahagia Bersama Keluarga

Tema Hari Lanjut Usia Nasional 2021

Hari Lanjut Usia  Nasional tahun 2021 ini mengangkat tema “Lansia Bahagia Bersama Keluarga”. Tentu saja saya langsung teringat dengan 2 hal: mama saya yang sudah memasuki lansia nun jauh di sana, dan drama Korea Navillera, yang menarik sejak episode pertama.

Sebenarnya ada banyak drama Korea yang mengupas tentang seputar Lansia di Korea Selatan. Tapi, pilihan jatuh pada drakor Navillera karena idenya yang bukan hanya tentang lansia tapi juga tentang keluarga dan mengejar cita-cita.

Akhir dari drama ini juga sangat berkesan buat saya, karena mengingatkan untuk jangan menunggu sempurna untuk memulai sesuatu. Selain itu, dinamika hubungan dalam keluarga tokoh utama di drakor Navillera ini sangat berkesan buat saya. 

Hubungan antara pemuda 23 tahun dengan kakek 70 tahun yang saling mendukung untuk mencapai cita-citanya juga sungguh membuat saya merasa haru dan campur aduk menontonnya.

Baca di sini kalau mau tahu cerita drakor Navillera

Mungkin ada yang belum tahu, apa sih cerita Navillera ini? Atau merasa aneh melihat pria kok malah jadi penari balet? Atau gak suka menonton karena tidak ada kisah cintanya?

Wah, salah besar kalau bilang tidak ada kisah cinta dalam drama ini. Justru ya, drama ini tuh sangat dalam menyentuh hati dengan kisah cinta dalam keluarga.

Cinta Keluarga dalam Navillera

Drama Navillera ini, bukan drama cinta romantis antara sepasang muda-mudi. Cinta di sini adalah cinta dalam keluarga. 

Keluarga dalam Navillera
Keluarga Shim Deok Chul


Tokoh utama yang berusia 70 tahun, mempunyai 3 anak dan 1 cucu. Dinamika hubungan si kakek Shim Deok Chul dan istrinya, atau dengan masing-masing anaknya. Bagaimana sang ibu sering kesal karena anak-anaknya tidak ada yang angkat telepon ketika dibutuhkan. 

Drama ini menggambarkan kalau orang tua tidak ingin anaknya ikut mengetahui kesusahannya, sehingga terkadang mereka merahasiakan penyakitnya. Lalu ketika anaknya mengetahui, mereka merasa bersalah. Campur aduk antara sedih tapi juga pura-pura tidak tahu dan menunggu orang tuanya memberitahu sendiri.

Ada juga kisah kekecewaan seorang anak yang merasa diabaikan orangtuanya, tapi juga tetap merindukan perhatian dari orangtuanya tersebut untuk pencapaian apapun dalam hidupnya.

Yang tidak kalah menarik adalah, bagaimana seorang muda yang berumur 23 tahun menjadi berteman baik dengan orang lanjut usia yang berumur 70 tahun. Mereka bahkan jadi sangat dekat seperti keluarga. Sudah seperti kakek dan cucu kandung saja.

Chae Rok dan Kakek Shim
Chae Rok, serasa menemukan kakek kandung

Kisah-kisah cinta dalam Navillera ini tentunya tidak selalu mulus. Ada perbedaan pendapat dan cara pandang antar sesama anggota keluarga, itu sangat biasa terjadi dalam setiap keluarga.

Tapi pada akhirnya, keluarga adalah keluarga. Perbedaan pendapat yang ada, diselesaikan dengan rasa cinta untuk kebahagiaan bersama.

Penutup

Udah deh jangan dibahas di tulisan ini semua. Langsung saja bergabung tanggal 29 Mei 2021, pukul 19.30 WIB di Instagramnya Drakorclass untuk mengikuti obrolan IG Live kami tentang Cinta Keluarga dalam Drakor Navillera ini. 

Selesai dengerin obrolan, dijamin kangen sama keluarga besar.

Sampai ketemu!

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: