anak buah capt Ri (Cloy)

Annyeonghaseyo, Chingudeul.

Masih ingat drama Korea “Crash Landing on You” (“CLoY”) yang ditayangkan pada akhir tahun 2019 sampai dengan awal tahun 2020 silam?

Itu lho, drakor yang memasangkan aktor tampan kecintaan sejuta umat dan aktris nan cantik jelita. Ini dia fotonya:

pertemuan  pertama antara yoon se ri dan capt Ri (CLOY)
Pertemuan pertama Ri-Ri couple (tvN)

Itu adalah kali pertama pengusaha Yoon Se Ri dari Korea Selatan (Son Ye Jin) bertemu dengan tentara Kapten Ri Jeong Hyeok dari Korea Utara (Hyun Bin).

Apa? Kurang terlihat ketampanannya? Ini dia foto yang lebih close up.

Ganteng, ya? Wkwkwk. Setiap pria ganteng perlu wingmen, itu sudah hukumnya di alam drama Korea.

Kapten Ri punya satu kompi yang bernama Kompi 5 yang menjadi partner in crime-nya saat menyembunyikan Se Ri di rumah dinasnya dan menyelundupkan Se Ri keluar dari Korea Utara.

Buat kamu yang belum menonton “Crash Landing on You”, percayalah kehadiran empat orang anak buah Kapten Ri adalah salah satu dari sekian banyak daya tarik drama ini, selain kisah cintanya yang absurd, chemistry antarpemain yang tumpah-tumpah, dan setting tidak biasa di sebuah desa di Korea Utara.

Anak Buah Kapten Ri di “Crash Landing on You”

Para anggota Kompi 5 yang menjaga dan merecoki Kapten Ri on daily basis adalah:

Anak buah Capt. Ri (tvN)
Anak buah Kapten Ri (tvN)

Pyo Chi Su (paling depan) adalah anggota yang paling bawel, sok tahu, berisik, dan bagaikan Tom dan Jerry dengan Se Ri. Akan tetapi, diam-diam dia sangat memperhatikan Se Ri, lho.

Park Kwang Beom (di belakang Pyo Chi Su) adalah anggota yang paling ganteng (setelah Kapten Ri, of course), paling tahu bahwa dia ganteng, dan paling dipercaya oleh Kapten Ri.

Kim Ju Meok (berdiri tegak di belakang Park Kwang Beom) adalah anggota yang sangat menggemari drama Korea dan tidak ragu menonton sambil tugas jaga saking sukanya. I feel you, bro, sekali masuk ke drakor wonderland memang susah keluar ….

Geum Eun Dong (berdiri di sebelah Kim Ju Meok) adalah anggota yang paling muda. Di drama itu dia disebutkan berusia 15 tahun, sesuai dengan usia sebenarnya dari aktor yang memerankan karakter ini. Geum Eun Dong adalah penggambaran seorang anak kampung yang polos dan bekerja karena dia adalah tulang punggung keluarga.

Kehadiran Yoon Se Ri di desa mereka dan di dalam kehidupan sehari-hari Kapten Ri plus Kompi 5 benar-benar menimbulkan kekacauan dan kekocakan luar biasa.

Dari yang tadinya hanya berencana bersembunyi beberapa hari, Se Ri jadi harus tinggal selama berminggu-minggu gara-gara gagal diselundupkan lewat sebuah kapal. Sampai-sampai dia dianggap anggota klub ibu-ibu di desa itu.

Klub ibu-ibu Korea Utara (tvN)
Klub ibu-ibu Korea Utara (tvN)

Selain Hyun Bin dan Son Ye Jin yang memang sudah sangat terkenal dan tajir melintir, aktor-aktor pendukung di dalam drama “CLoY” berasal dari berbagai latar belakang.

Ada aktris-aktris yang memang langganan menjadi aktris pendukung, seperti para ibu rumah tangga di desa Kapten Ri. Akan tetapi, lebih banyak aktor pemula yang belum mendapatkan big break mereka, seperti para pemeran anggota Kompi 5.

Popularitas Pasca “CLoY”

Semua itu tentu berubah setelah “CLoY”. Tak dinyana para aktor pemula ini mulai difoto untuk sampul majalah, mulai diwawancarai, dan mulai mendapatkan job yang menawarkan karakter yang tidak ada sangkut pautnya dengan karakter mereka di “CLoY”.

Sebut saja Yang Kyung Won pemeran Pyo Chi Su. Begitu “CLoY” selesai ditayangkan, Yang Kyung Won membintangi iklan sampo Dr. ForHair yang juga dibintangi oleh Hyun Bin.

Wah, benar-benar kesempatan yang bagus, ya. Apalagi di iklan itu dia memparodikan karakter Pyo Chi Su yang eksentrik yang membuatnya memorable di ingatan para pengidap “CLoY Fever”.

Iklan mulai berdatangan pasca CLOY
Iklan mulai berdatangan pascadrama “CLoY”

Tak lama setelah membintangi iklan itu, Pyo Chi Su, eh salah maksudnya Yang Kyung Won and the gang pun menjadi sampul majalah High Cut.

Majalah ini selalu menampilkan aktor dan aktris ter-gres dari drama-drama terbaru. Kepopuleran anggota Kompi 5 pun mulai naik.

Parade Visual yang Memanjakan Mata

anak buah capt Ri menjadi model di majalah High Cut
Anggota Kompi 5 menjadi model di majalah High Cut (1)
Anggota Kompi 5 menjadi model di majalah High Cut (2)

Setelah menjadi sampul majalah High Cut, apa kabar para anak buah Kapten Ri ini?

Proyek-proyek apa saja yang mereka sudah atau sedang kerjakan? Kita tilik satu per satu, yuk.

1. Yang Kyung Won (Pyo Chi Su dalam “CLoY”)

Yang Kyun Won (High Cut)
Yang Kyun Won (High Cut)

Setelah membintangi iklan sampo Dr. ForHair, Yang Kyung Won didapuk menjadi salah satu aktor pendukung di drama thriller-komedi-sadis “Vincenzo”, yang mulai ditayangkan pada bulan Februari tahun 2021.

Di situ dia berperan sebagai Lee Cheol Uk, salah satu penghuni Geumga Plaza yang hendak dirobohkan oleh Perusahaan Babel, seorang pemilik pegadaian kecil bersama istrinya.

Yang Kyung Won jarang sekali tampil di dalam drama ini. Paling banter dia muncul di layar bersama seluruh gang Geumga Plaza.

Peristiwa paling dramatis yang karakternya alami adalah ketika ditusuk dengan pisau dan kehabisan darah. Untungnya pada akhir episode ke-20 karakter Lee Cheol Uk digambarkan tetap hidup.

Tebak yang mana Yang Kyung Won di antara sederetan aktor berpakaian ala mafia Italia ….

Penghuni Geumga Plaza (tvN)
Penghuni Geumga Plaza (tvN)

Meskipun perannya minor sekali, sepertinya Yang Kyung Won dekat secara personal dengan pemeran Vincenzo Cassano. Ini terbukti dengan post di instagram milik aktor Song Joong Ki.

Menurut penerawangan saya (eciyeh), di antara 34 foto yang ditampilkan di akun IG itu, hanya ada satu foto yang menampilkan Song Joong Ki Oppa dengan aktor lain. Ya, foto dengan Yang Kyung Won.

Yang Kyung Won dan Song Jong Ki (IG: @hi_songjongki)

Semoga ke depannya Yang Kyung Won mendapatkan proyek yang lebih signifikan, ya.

2. Lee Shin Young (Park Kwang Beom dalam “CLoY”)

Lee Shin Young (High Cut)
Lee Shin Young (High Cut)

Pada bulan November tahun 2020, Lee Shin Young menjadi salah satu aktor pendukung di dalam drama “Awaken” yang ditayangkan oleh platform Netflix.

Drama ini dibintangi oleh Namgoong Min dan sederetan aktor/aktris lain yang jarang saya lihat di drakor-drakor lain.

Yang saya kenali dari drama itu hanyalah Namgoong Min yang katanya berakting bagus (ini dramanya yang pertama kali saya tonton) dan Lee Shin Young yang ganteng, kata Yoon Se Ri.

Namgoong Min memerankan seorang polisi bernama Do Jung Woo yang memimpin penyelidikan serangkaian peristiwa pembunuhan yang sudah mendapat peringatan sebelumnya.

Rangkaian pembunuhan itu tersamarkan sebagai upaya bunuh diri. Do Jung Woo tentu tidak percaya dan bersama timnya, salah satunya adalah Jang Ji Wan (Lee Shin Young), ia mencoba mengungkapkan kebenaran.

Lee Shin Young tampil sangat sedikit di dalam drama ini, sampai-sampai saya hanya menemukan satu fotonya di internet sebagai bukti dia pernah berakting di “Awaken” (paling kanan).

Lee Shin Young menjadi salah satu pemain di Awaken
Lee Shin Young menjadi salah satu pemain di drakor “Awaken”

Semoga ke depannya Lee Shin Young mendapatkan peran yang lebih signifikan, ya.

3. Yoo Su Bin (Kim Ju Meok dalam “CLoY”)

Yoo Su Bin (High Cut)
Yoo Su Bin (High Cut)

Sebulan sebelum Lee Shin Young berperan dalam “Awaken”, Yoo Su Bin mendapatkan peran yang cukup besar di dalam drama “Start-Up” yang mulai ditayangkan pada bulan Oktober tahun 2020.

Poster Start-Up
Poster drakor “Start-Up”

Leads dari drama ini memang Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho, Bae Suzy, dan Kang Han Na. Akan tetapi, Yoo Su Bin mendapat peran sebagai Lee Chul San, salah seorang pendiri Samsan Tech.

Trio Samsan Tech di drakor Start-up
Trio Samsan Tech di drakor “Start-Up”

Bersama karakter Nam Do San (Nam Joo Hyuk) dan Kim Yong San (Kim Do Wan), Lee Chul San memasukkan Samsan Tech ke dalam inkubator perusahaan start-up yang bernama Sandbox. Sepak terjang Samsan Tech sebelum dan sesudah bergabung dengan Sandbox menjadi latar cerita dari drama ini.

Para pemeran Start-up
Para pemeran drakor “Start-Up”

Semoga di masa depan Yoo Su Bin mendapatkan proyek dimana dia didapuk menjadi male lead, ya.

4. Tang Joon Sang (Geum Eun Dong dalam “CLoY”)

Tang Joon Sang (High Cut)
Tang Joon Sang (High Cut)

Sama seperti aktor Song Kang yang menjadi kesayangan platform Netflix, demikian pula dengan aktor Tang Joon Sang.

Aktor berdarah Malaysia-Korea Selatan dan berusia 17 tahun ini, setelah “CLoY” langsung membintangi dua buah drama yang eksklusif ditayangkan di Netflix sebagai pemeran utama.

Ga tanggung-tanggung, ya. Aim high while he’s young.

Han Geu Ru dalam “Move to Heaven”

Drama pertamanya adalah “Move to Heaven” yang mulai ditayangkan di Netflix pada bulan Mei lalu.

Pemeran Move to Heaven (Netflix)
Para pemeran drakor “Move to Heaven” (Netflix)

Di dalam drama ini Tang Joon Sang berperan sebagai Han Geu Ru, seorang pemuda berusia 20 tahun yang mengidap Sindrom Asperger.

Poster Move to Heaven (Netflix)
Poster drakor “Move to Heaven” (Netflix)

Han Geu Ru dan ayahnya menjalankan bisnis trauma cleaning, yaitu membersihkan tempat tinggal dan barang-barang dari orang yang telah meninggal.

Klien mereka pada umumnya orang yang hidup sendirian, atau memiliki keluarga yang enggan mengurus barang-barang yang ditinggalkan oleh mendiang.

Kematian ayahnya yang tiba-tiba membuat Han Geu Ru harus diurus oleh Cho Sang Gu (Lee Je Hoon), adik laki-laki ayahnya yang satu ibu, namun berbeda ayah.

Cho Sang Gu menjadi walinya yang baru dan bekerja bersama Geu Ru untuk menjalankan bisnis trauma cleaning yang bernama “Move to Heaven”.

Sebagai Han Geu Ru, tidak ada jejak Geum Eun Dong yang ditampilkan oleh Tang Joon Sang. Geu Ru dan Eun Dong sama-sama memiliki kepolosan yang memikat, kesederhanaan yang membuat penonton merasa antara iba dan bersimpati dengan pergulatan karakternya.

Akan tetapi, karakter Geu Ru jauh lebih kuat daripada karakter Eun Dong. Ia cerdik, teliti, dan sangat berani. Ini dibuktikan oleh usahanya tetap menjalani rutinitas saat ulang tahun walaupun ayahnya telah tiada, dan usahanya membawa abu jenazah ayahnya dari Seoul ke Busan untuk dimakamkan di sebelah ibunya.

Jangan lupakan juga bagaimana dia dengan berani, logis, dan setengah nekat menghadapi orang jahat yang mengancam pamannya.

Selama menonton “Move to Heaven” saya menitikkan air mata beberapa kali saking terharunya melihat jatuh bangun yang dialami oleh Han Geu Ru.

Yoon Hae Kang dalam “Racket Boys”

Saya mengira Tang Joon Sang akan memerankan karakter serupa di dalam drama “Racket Boys”, drama berikutnya setelah “Move to Heaven” yang mulai ditayangkan pada tanggal 31 Mei lalu.

Ternyata saya salah besar.

Poster Racket Boys (SBS)
Poster drakor “Racket Boys” (SBS)

Drama yang baru memasuki minggu kedua ini berkisah tentang Yoon Hae Kang (Tang Joon Sang), mantan atlet baseball yang terpaksa pindah ke desa Haenam mengikuti ayahnya yang menjadi pelatih klub badminton di salah satu SMA di sana.

Sewaktu kecil Yoon Hae Kang adalah atlet badminton yang kemudian beralih ke baseball. Dia setuju masuk ke klub badminton yang dibina ayahnya hanya karena ayahnya berjanji akan memasang WIFI di rumah jika Hae Kang membantu timnya yang sekarat (hanya beranggotakan 3 orang, lho!) memenangkan satu saja kejuaraan.

Poster Racket Boys (SBS)
Poster drakor “Racket Boys” (SBS)

Sebagai Yoon Hae Kang, Tang Joon Sang menjadi seorang remaja yang keras kepala, arogan, blak-blakan, sangat percaya diri, tapi diam-diam berhati baik dan selalu siap membela teman.

Para pemeran Racket Boys (SBS)
Para pemeran drakor “Racket Boys” (SBS)

Sifat-sifatnya sebagai Yoon Hae Kang sangat bertolak belakang dengan sifat-sifatnya sebagai Geum Eun Dong dan Han Geu Ru. Tang Joon Sang masih muda dan sudah berani memainkan berbagai peran untuk mengasah bakatnya; saya harus angkat topi untuknya.

Semoga karir Tang Joon Sang semakin lama semakin bersinar, ya.

Demikian sekilas info kabar dari para anak buah Kapten Ri, para anggota Kompi 5 yang lucu dan menggemaskan. Kalau kamu tahu kabar lain tentang mereka, boleh share di kolom komentar, ya.

Annyeong!

Cho Rijo

Penulis novel dan cerpen dalam bahasa Inggris.

Penggemar filsafat, traveling, taekwondo, piano, buku, film, dan tentu saja drama Korea.

rijotobing.wordpress.com

Baca Juga

2 Komentar

  1. Sebagai maknae, Tang Joon Sang penuh bakat ya rupanya! Sepertinya dia punya bakat untuk menjadi superstar di masa mendatang. Tapi lebih daripada itu, semoga kelima-lima anggota kompinya Kapten Ri tetap bersinar ya!

    1. Ho oh, TJS masih paling laku sekarang. Meleset dari perkiraanku. Kirain Lee Shin Young yang bakal langsung melesat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: