Little Forest : Saatnya Anak-anak Kembali Ke Alam

My Little Forest

Annyeong haseyo~

Hari libur panjang begini, asiknya menonton acara seru di rumah bersama keluarga niih.. Biasanya suka was-was kalau nonton drama Korea bareng anak-anak, tapi jangan khawatir. Korea punya banyak pilihan ragam acara. Seperti ragam acara kali ini, sebuah variety show yang menghadirkan perasaan hangat, karena kita melihat sisi lain dari para aktor.

Variety Show Little Forest : Lee Seung Gi, Jung So Min, Park Na Rae, Lee Seo Jin

Former Little Forest :

Lee Seung Gi
Jung So Min
Lee Seo Jin
Park Na Rae

Profil Lee Seung Gi

Bermula dari impian seorang anak yang memimpikan bermain di sebuah hutan. Lalu scene berlanjut ke Lee Seung Gi, yang ditawari untuk bergabung sebagai team variety show Little Forest. Ia langsung menyetujuinya, karena Lee Seung Gi memang pernah tinggal di daerah Jecheon (daerah yang luas dan semuanya hanya tanah peternakan).

Lee Seung Gi kecil sempat merasakan tumbuh dan berkembang di lingkungan alam dengan hamparan rumput yang luas dan berlarian dengan bebasnya ke sana kemari. Setelah ditawari program Little Forest ini, Seung Gi merasakan excited karena akan bermain bersama anak-anak. Seperti membawanya ke memori saat ia kecil dulu.

Profil Jung So Min

Aktris yang lembut ini memang terbiasa dengan anak-anak. Maka, begitu diajak bergabung ke variety show Little Forest, ia tanpa pikir panjang mengiyakan.

Dan amazingly, saat rapat untuk program ragam ini dilakukan di rumah Jung So Min doonk… Rumahnya super keren karena memiliki rooftop garden yang berisi sayuran dan buah-buahan. Jung So Min juga memiliki keponakan bayi yang dekat dengannya. Gak salah Little Forest mengundang Jung So Min sebagai former acara ini.

Variety Show Little Forest : Lee Seung Gi
Seung Gi oppa dan keponakan Jung So Min di rooftop garden

Profil Lee Seo Jin

Oppa yang satu ini bisa dibilang uda megang banget kalau masalah akting dan populer kembali di drama Marriage Contract. Awalnya Seo Jin oppa mengaku ragu dengan kemampuannya membersamai anak-anak selama 24 jam. Tapi sedari awal, oppa sudah tertarik dengan konsepnya, karena yang menjadi bintang utama adalah anak-anak, bukannya dirinya dan mengajak anak-anak untuk kembali ke alam.

Dan pengalaman Seo Jin oppa di variety show, sudah gak diragukan lagi. Ia pernah bergabung di Three Meals a Day, Grandpa Over Flowers, dan Youn’s Kitchen yang kemudian membawa Seo Jin oppa mendapatkan lisensi koki.

Profil Park Na Rae

Aku rasa gak ada yang kenal Park Na Rae di Korea. Karena wajahnya bak Ratu Entertainment. Dimana ada variety show, di sanalah ada Na Rae eonni. Buah kerja kerasnya inilah yang menghantarkan Na Rae mendapatkan banyak penghargaan sebagai Best Entertainment Awards dari berbagai ajang penghargaan, seperti Baeksang Arts Awards, KBS, SBS & MBC Entertainment Awards.

Saat diajukan diajukan dalam acara Little Forest ini, Na Rae pun bingung. “Apa yang bisa ia lakukan saat menjaga anak-anak?

Tapi karena ia adalah seorang entertainer sejati, tentu menanyakan konsep dan siapa saja partner dalam reality show ini. Ketika tahu ada Jung So Min dan Lee Seung Gi juga Lee Seo Jin oppa, ia pun menyetujuinya dengan riang.

Beginilah mereka memulai perjalanan sebagai pengasuh anak-anak di Hutan Jjigbaggol yang terletak di Inje, Provinsi Gangwon di atas tanah lapang seluas 33.000 m persegi.

Konsep Variety Show Little Forest

Keempat former di atas, Lee Seung Gi, Jung So Min, Lee Seo Jin dan Park Na Rae saling bahu membahu mengasuh 5 anak dari beragam usia selama 2 hari 1 malam di Hutan Jjigbaggol yang cantik.

Pembagian tugas dari mulai menyiapkan makanan, mengajak anak-anak bermain di alam, mengekspor segalanya yang terjadi di alam, menjelaskan satu per-satu hingga menemani ketika anak tertidur. Ini tentu tidaklah perkerjaan yang mudah. Terlebih mereka belum menikah apalagi memiliki anak.

Nama anak yang mengikuti Variety Show Little Forest :

Ma Yi-Hyeon (anak laki, 4 tahun)
Brooke (anak perempuan, 5 tahun)
Grace (anak perempuan, saudari Brooke, 5 tahun)
Kang Yi-Han (anak laki, 7 tahun)
Yoo Jin (anak perempuan, 4 tahun)

Persiapan Variety Show Little Forest

Lee Seung Gi secara khusus membuatkan perabot kayu untuk menyambut tamu-tamu kecilnya. Sedangkan Ibu Peri Jung So Min membuat area permainan menjadi aman, seperti menaruh pengaman untuk sudut-sudut perabot. Sedangkan Lee Seo Jin oppa dan Park Na Rae membuat persiapan makanan yang bisa disimpan untuk anak-anak.

Variety Show Little Forest : Lee Seung Gi

Yang bikin salut yaa, Seo Jin oppa bikin saus tomat dari tangannya sendiri. Dari mulai mencuci tomat mentah, mengupas tomat matang, di blender dan diberi bumbu. Terasa kesegarannya dan pasti anak-anak suka.

Lesson Learn Variety Show Little Forest :

Karena anak-anak selalu meniru orang dewasa, maka Lee Seung Gi mengusulkan untuk berbicara formal (honorifics) ke sesama former. Sehingga anak-anak akan belajar basic komunikasi yang baik.

Tidak mengatakan hal yang buruk di hadapan anak-anak.

Tidak boleh mencemooh, meremehkan, dan mencibir.

Tidak membanding-bandingkan anak meski mereka bersaudara (kembar), hanya perlakukan mereka seperti sesama teman.

Kenali setiap karakter dan kepribadian sang anak, karena mereka istimewa.

Jadi saat menitipkan anak-anak di Hutan Jjigbaggol bersama keempat former Little Forest, orangtua menyerahkan data profil sang anak. Dari mulai kebiasaan makan, bermain hingga kesukaan dan ktidaksukaan. Tentu juga riwayat penyakit dan lain-lain. Jadi orangtua mereka juga konsen sekali untuk menitipkan anak agar bisa belajar dan berbaur dengan alam.

Mengajarkan anak-anak kemandirian.

Ini acara contoh banget siih..bagaimana para orangtua di Korea mengajarkan anak-anak mereka kemandirian, gak nempel banget sama orangtua. Meski usia yang terkecil adalah 4 tahun, anak yang bernama Ma Yi-Hyeon sudah bisa ditinggal Ibunya dan berani mengikuti acara Little Forest ini.

Lee Seung Gi : Variety Show Little Forest
Lee Seung Gi bersama Yi-Hyeon menjelajah kebun sayur di Little Forest

Berikan pujian yang tulus ketika anak-anak membantu pekerjaan orang dewasa.

Momen saat anak yang paling besar, Yi-han membantu menjaga adik-adik barunya di Hutan Jjigbaggol, Lee Seung Gi memberikan pujian yang tulus.

Yi-Hana…kerja yang bagus.
Sudah menjaga adikmu dengan baik
.”

Jarang menggunakan kalimat larangan.

Selama nonton acara Variety Show Little Forest, aku jarang banget melihat para former berkata “Jangan..” pada anak. Mereka membimbing anak-anak dan membiarkan anak bermain dengan bebas. Yang mereka tekankan kata-kata-kata, “Pelan-pelan…” dan “Hati-hati yaa..”

Manis banget yaa…^^

Brooke yang suka banget bermain dengan Lee Seo Jin samchoon

Mendengar semua perkataan anak dan menanggapinya.

Namanya anak-anak pasti suka berkomentar, bahkan ketika ada lalat yang menempel di dinding sekalipun. Dan ke empat former ini selalu menanggapi perkataan anak-anak dengan manis, “Mana lalatnya? Wah…iya, ada lalat“. Uniknya, menanggapinya tidak dengan candaan loo… Mereka bener-bener berkomunikasi secara logis.

Ada scene ketika anak-anak ingin makan buah blueberry lagi dan lagi. Lalu Lee Seung Gi tahu, jika tidak diperhatikan, maka anak yang lebih besar tentu makan lebih banyak. Maka ia membuat aturan bahwa setiap anak harus berhitung ketika memakan blueberry. Setiap anak hanya boleh memakan 10 blueberry.

Orangtua pun bisa salah dan tidak memahami anak.

Ketika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan?
Iya banget, orangtua ketika bersalah, jangan ragu untuk meminta maaf kepada anak dengan mengucapkan,”Maafkan, aku tadi tidak memahami perasaanmu.”

Menciptakan permainan sederhana.

Ternyata dari barang-barang yang ada di sekitar kita, anak-anak bisa dengan mudah berimajinasi dan bermain.

Pada eps. 4 Little Forest, So Min imoo menggelar tikar. Dan anak-anak langsung bercerita bahwa tikar itu adalah rumah masin-masing anak. Dan ada pula yang menjadikan tikar tersebut sebagai mobil-mobilan.

See..?
Ketika orangtua membersamai anak saat bermain, maka anak tidak memerlukan hiburan lain. Kebersamaan inilah yang sangat mereka butuhkan.

Tidak membenci hujan.

Ini salah satu kesan yang mendalam siih… Ketika hujan, biasanya kita sering mengucapkan apa sama anak-anak?

“Ayo…masuk ke rumah, jangan main hujan-hujanan.
Nanti sakit.”

Ya kaan…?
Tapi So Min dan Seo Jin oppa ketika hujan turun berkata,”Oww, hujan… Kalian sangat suka hujan? Ayo masuk… Biarkan blueberry menyerap air agar ia kembali berbuah.”

Sambil tetap melihat hujan dari dalam rumah, So Min mendampingi anak-anak melihat bunga yang bermekaran sambil mendengar suara hujan yang menenangkan.

Jung So Min : Variety Show Little Forest

Kesimpulan

Penting banget mendidik anak kembali ke alam dan tidak bersentuhan sama sekali dengan gadget. Kita bisa merasakan bunyi serangga di kebun, melihat semut yang berarak, kumbang yang berbunyi, ayam yang bertelur, anjing yang menggonggong, bunga yang bergoyang dan kupu-kupu yang asik mengisap sari bunga. Membiasakan anak-anak menginjak bumi tanpa alas dan memetik buah yang ditanam sendiri untuk langsung dinikmati.

Semua itu tidak bisa didapatkan ketika kita berada di kota dan tinggal di apartemen.

Variety Show Little Forest ini wajib banget di tonton. Buat orangtua, tentu akan menyadarkan kita bagaimana berkomunikasi yang baik terhadap anak. Bukan sekedar memberi perintah, tapi juga memberi contoh. Bukan hanya menjadi orang yang merasa melahirkan mereka, tapi juga menjadi teman yang bisa diajak melakukan banyak hal bersama.

Penuh haru siih…
**laah.. nonton variety show kok jadi mewek? hehehe, kebiasaan ini mah..merasa belum baik terhadap pengasuhan terhadap anak-anak, jadi ketika nonton variety show yang ada kaitannya dengan anak, selalu merasa belajar parenting.

Oh, iya..
Yang menarik di Variety Show Little Forest ini adalah keempat former keshayangan kita bekerjasama dengan sangat baik loo.. Dan mereka bahkan saling berjanji untuk menyampaikan apa yang gak disukai di tempat yang mereka beri kode “Titik Temu”. Agar tidak ada kata-kata kasar yang keluar di hadapan anak-anak. Sungguh so sweet yaa… kalau hal ini juga di praktekkan kepada para pasangan yang sudah menikah.

Jadi, tertarik menonton Variety Show Little Forest?
((PS. Hati-hati ngeshipperin Lee Seung Gi sama Jung So Min, hehhee))

새해 복 많이 받고 건강해요.
Happy Seollal Day and keep healthy.

lendyagasshi

Content writer, menulis aktif di blog https://www.lendyagasshi.com.
K-drama addict and book lovers.

Baca Juga

1 Komentar

  1. Mau nonton ini versi lengkapnya belum jadi aja. Rumahnya keren banget ya mbaaak. Bikin mupeng..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: