red sky

Novel vs Drama

Pertanyaan di judul ini mungkin membuat bingung, memang apa bedanya antara lovers dengan secret? Bukankah judul K-Drama yang sedang tayang saat ini adalah Lovers of the Red Sky (LoTRS)

Iya, betul, chingudeul… 

Seperti yang kita tahu, drama yang dibintangi oleh Ahn Hyo Seop dan Kim Yoo Jung ini memang diadaptasi dari novel karangan Jung Eun Gwol berjudul The Secret of Red Sky (2018). Bukunya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebanyak dua jilid dan diterbitkan oleh Penerbit Haru. 

Jung Eun Gwol ini juga yang menelurkan novel yang diangkat jadi sageuk populer seperti Sungkyungkwan Scandal (2007), dan Moon Embracing the Sun (2005). Nah, chingudeul juga wajib nonton kedua drama ini, lho, seru banget.

Dalam podcast Drakor Class kali ini, Rani Noona akan mengulas bagaimana perbedaan cerita dalam novel versus dalam drama. Termasuk bagaimana misteriusnya Ha Ram digambarkan dalam novel yang disebut punya ketampanan surgawi itu. Tapi tentu saja menyembunyikan visual Ahn Hyo Seop sepanjang durasi adalah sebuah penyia-nyiaan ketampanan, bukan?

Sementara itu, dalam dramanya kita juga bisa melihat pengembangan tokoh-tokoh tambahan seperti Pangeran Yangmyung dan Pangeran Joohyang yang tidak banyak disebut-sebut dalam novel. Untuk kepentingan tayangan hiburan, dramatisasi dan konflik biasanya memang dipertajam supaya makin seru dan penonton ketagihan.

Scene Ala Drakor

Ada yang menarik dari drama Lovers of the Red Sky ini, yaitu beberapa scene yang udah standar banget dalam formula drama Korea. Sebut saja anu, anu, dan anu. Chingudeul harus dengar sendiri di podcast, apa saja scene-scene berulang yang sudah bisa ketebak ini, tapi tetap saja kita menontonnya.

Kalau sudah dengar dan setuju dengan pendapat kami, bisa ketik di kolom komentar, ya!

Anak Kecil kok Gitu, Sih?

Ada yang sepakat juga kah bahwa scene antara Ha Ram dan Cheon Gi kecil agak berlebihan? Ini juga jadi perhatian kami bertiga dalam obrolan podcast, “seriously, why?“. Jika Cheon Gi dan Ha Ram diceritakan saat itu berumur 9 tahun, bukankah adegannya harusnya lebih bersifat anak-anak ketimbang baru kenal terus jalan berduaan di kebun persik sama orang baru kenal.

Eomma bilang, “don’t talk to strangers”. Tapi rasanya petuah ini tidak pernah berlaku di drama Korea, ya 🙂

Ada Apa dengan Kupu-Kupu?

Satu lagi yang sering muncul di drama Korea, muncul juga di LoTRS, yaitu penampakan kupu-kupu alias na bi. Jika Jae On dalam Nevertheless punya tato kupu-kupu di tengkuknya, maka Ha Ram juga punya!

Tapi tato-nya Ha Ram bisa muncul menghilang, dan ini ada sebabnya. Ha Ram juga bisa berubah wujud, meski bukan jadi kupu-kupu. Lantas, ada apa sih dengan kupu-kupu di drakor? Lagi-lagi, Rani Noona akan menjawabnya.

Prediksi 10 Episode ke Depan

Rijo memprediksi kisah cinta antara Ha Ram dengan Cheon Gi akan berakhir manis, meskipun ada hambatan yang melintang di antara energi keduanya. Rani Noona punya bocoran sedikit berdasarkan ending novel yang belum tentu juga sama dengan ending dramanya, as usual.

Saya sih menduga usai kemenangan Cheon Gi di kontes lukis Maejukheon, ini akan semakin mendekati takdirnya sebagai pelukis terberkati sesuai dugaan gurunya. Mungkin saja kelak dia punya tempat di gohwawon, dan akan diminta membuat lukisan raja untuk mengunci arwah, seperti ayahnya dahulu.

Langsung saja dengarkan podcast kita di Spotify atau Anchor ya!

Re Ra

Blogger.
Drakorians since 2018. Menulis review dan knowledge Korean drama-based. Meet me at www.dailyrella.com. Tidak fanatik aktor, genre, rating, lawas, atau baru.

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] Yoo Jung, si aktris imut yang sekarang sedang membintangi drama “Lovers of the Red Sky” (2021), pernah menjadi seorang penjaga toko dalam drama berjudul “Backstreet […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: