Oh My Venus (2015), Tentang ‘Venus of Daegu’

poster oh my venus

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Di saat semua orang sedang sibuk menonton dan membicarakan “Hometown Cha-Cha-Cha” yang saat ini sedang happening banget, saya malah melipir untuk menonton (ulang) drama lawas aktris kesayangan saya, Shin Min Ah. Ngerasa rugi gitu kalau cuma nonton satu-dua episode, lol.

Anyway, mulanya saya berniat untuk menonton (lagi dan lagi) My Girlfriend is A Gumiho. Tapi, melihat ada “Oh My Venus” di Netflix akhirnya saya memutuskan untuk mendaratkan pilihan pada drama tahun 2015 ini.

Sebelum jadi primadona di Gongjin, Shin Min Ah pernah menyandang gelar sebagai ‘Venus of Daegu’ dalam drama Oh My Venus. Sayangnya, kepopulerannya sebagai wanita cantik standar Korea perlahan-lahan meredup karena ia memiliki masalah dengan berat badannya.

Shin Min Ah obesitas, bagaimana bentukannya?

shin min ah oh my venus
Dimple-nya ngumpet deh! (KBS2)

Profil K-Drama “Oh My Venus”

poster oh my venus
Main Poster “Oh My Venus”

Judul : Oh My Venus / O Mai Bineoseu / 오 마이 비너스

Sutradara : Kim Hyung Suk, Lee Na Jeong

Penulis Naskah : Kim Eun Ji

Dapat ditonton di : KBS2, Netflix

Jumlah Episode : 16

Cast :

Shin Min Ah sebagai Kang Joo Eun

So Ji Sub sebagai Kim Young Ho

Jung Gyu Won sebagai Im Woo Shik

Yoo In Young sebagai Oh Soo Jin

Sung Hoon sebagai Jang Joon Sung

Henry Law sebagai Kim Ji Woong

Sinopsis K-Drama “Oh My Venus”

venus of Daegu oh my venus
Saat masih menjadi ‘Venus of Daegu’

Kang Joo Eun (Shin Min Ah) adalah gadis paling rupawan semasa sekolahnya. Ia dijuluki sebagai ‘Venus of Daegu’. Tidak ada satu laki-laki pun yang tidak mengenalnya, dirinya sendiri pun sadar bahwa ia cantik dan populer. Dari sekian banyak laki-laki yang mendekati, pilihan Joo Eun jatuh pada seorang atlet renang bernama Im Woo Shik (Jung Gyu Won).

15 tahun mereka berpacaran, banyak hal yang telah berubah termasuk fisik Joo Eun. Ia yang dulu terkenal dengan body goals-nya, berubah menjadi wanita yang memiliki berat badan berlebih. Perasaan Woo Shik pada Joo Eun pun berubah, pada akhirnya tepat di hari ke-15 tahun mereka jadian, Woo Shik memutuskan Joo Eun.

Baca tentang : Nostalgia Drama Lama Shin Min Ah

Joo Eun yang patah hati kembali mendapati dirinya kembali tertimpa tangga saat mengetahui bahwa Woo Shik telah berselingkuh dengan Oh Soo Jin (Yoo In Young), sahabat Joo Eun semasa kuliah yang mana menjadi atasannya di kantor pengacara saat itu.

Suatu hari Joo Eun ditugaskan untuk dinas ke luar negeri, dalam perjalanan pulang kembali ke Korea Selatan, Joo Eun mendapat masalah kesehatan di pesawat dan ditolong oleh seorang trainer bernama Kim Young Ho (So Ji Sub). Singkat cerita, Joo Eun mengetahui bahwa Young Ho merupakan seorang trainer ternama yang menggunakan nama samaran sebagai John Kim.

Joo Eun pun bertekad untuk berubah kembali menjadi ‘Venus of Daegu’ dengan bantuan Young Ho, bersama dengan dua orang rekannya yaitu Jang Joon Sung (Sung Hoon) dan Kim Ji Woong (Henry Law). Bukan hanya karena ingin kembali tampil cantik, upaya Joo Eun untuk menjadi langsing adalah karena masalah kesehatan yang ia alami.

Hal Menarik dari K-Drama “Oh My Venus”

Drama ini sebenarnya klise, tidak memiliki konflik yang berat dan ketebak lah alurnya mau dibawa ke mana. Akan tetapi, ada banyak hal menarik yang bisa kita temukan ketika menonton drama ini. Saya sendiri menyukai drama ini karena :

Sehat itu Cantik

young ho joo eun oh my venus
trainer and trainee (KBS2)

Don’t get sick, I think you are very beautiful when you’re healthy

– Kim Young Ho, Oh My Venus

Sweet banget kan yang dikatakan Kim Young Ho pada Kang Joo Eun. Sejak awal pertemuan mereka, Young Ho berpesan pada Joo Eun untuk lebih memerhatikan dirinya sendiri. Lifestyle Joo Eun yang kurang baik akhirnya menyebabkan Joo Eun menderita hipotiroid dan obesitas.

Ketika Joo Eun akhirnya berhasil menurunkan beberapa belas kilo berat badannya, dengan bangga ia pamer dong pada Young Ho dan trainer sekaligus kekasihnya tersebut berkata bahwa yang terpenting bukanlah seberapa banyak berat badannya yang berkurang tapi tubuhnya yang sehat. Uhuy!

Secara tersirat drama ini mengajarkan tentang self-love juga. Banyak yang berpikiran untuk menurunkan berat badannya dengan cara apapun, yang penting turun banyak dan bisa langsing! Padahal, pola diet yang salah justru dapat menimbulkan masalah kesehatan lain di lain hari.

Persahabatan yang Manis

Saya suka sekali dengan drama romcom yang disisipi dengan cerita persahabatan. Seperti halnya dalam drama ini yang banyak menampilkan kisah Joo Eun bersama Young Ho serta kedua teman serumahnya yaitu Jang Joon Sung dan Kim Ji Woong.

friendship in oh my venus
Joo Eun bersama sahabat-sahabatnya (KBS2)

Mereka semua memiliki kepribadian yang berbeda tapi hal inilah yang membuat ceritanya menarik dan lucu. Joon Sung merupakan atlet bela diri memiliki kepribadian yang kaku dan tertutup, sementara Ji Woong adalah seseorang yang sering mendampingi Joon Sung layaknya seorang manager yang memiliki karakter ceria dan menghibur.

Masing-masing memiliki kisahnya sendiri hingga pada akhirnya dipersatukan dalam satu atap di rumah Young Ho.

Another Love Story

Biasanya yang menarik lainnya adalah mengenai kisah cinta second lead-nya, tapi dalam drama ini saya justru tertarik dengan kisah romance antara Joon Sung dengan Jang Yi Jin (Jung Hye Sung).

jang yi jin joon sung oh my venus
Third lead couple (KBS2)

Yi Jin merupakan seorang artis terkenal yang banyak sekali membintangi iklan, di saat semua aktor berebut ingin membintangi iklan bersamanya, Joon Sung justru menolak permintaan Yi Jin untuk satu frame bersama. Yi Jin yang notabene nge-fans banget sama Joon Sung dari dulu akhirnya mengambil langkah untuk memepet teruus Joon Sung.

Cerita couple ini bikin ketawa-ketiwi sendiri sih, melihat Joon Sung yang kaku dan males-males gitu saat didekati oleh Yi Jin yang ekspresif.

Rekomendasi

Sebagai pecinta drama-drama Shin Min Ah dan drama romance dibumbui komedi, saya jelas suka dengan drama sejenis Oh My Venus ini. Nontonnya nggak sambil mikir yang berat-berat, cukup duduk manis sambil senyum-senyum gemes aja menonton drama ini.

Bagi kalian yang baru ngeh sama pesona Shin Min Ah setelah menonton Hometown Cha-Cha-Cha, harus dong nonton drama eonni yang lainnya juga, salah satunya Oh My Venus ini. Semoga terinspirasi!

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: