poster our blues

9 Kisah Haru Biru di Our Blues (2022)

Sejak menuliskan drama Our Blues sebagai drama yang tayang di bulan April 2022, saya sudah memastikan kalau drama ini harus saya tonton. Tetapi ternyata saya baru menyelesaikannya bulan Agustus 2022 karena cerita dalam drama ini begitu mengharu biru dan saya merasa ga kuat nerusinnya waktu itu. Apalagi waktu itu sepertinya 4 drama yang keluar di Netflix yang temanya berat semua.

Setelah menyelesaikan menontonnya, saya langsung ajak Manda Chingu buat ngobrolin drama ini. Kesimpulan saya tentu saya drama ini bagus banget, pemainnya juga bagus-bagus banget aktingnya. Cerita kehidupan para tokoh utama yang merupakan penduduk di sebuah desa di pulau Jeju diceritakan dengan apik dalam 20 episode yang memberikan banyak perenungan.

Yang jelas drama ini bukan drama healing, tetapi bisa membuat trigger warning. Butuh kondisi emosi yang stabil supaya tidak malah ikutan feeling blue alias mengharu biru abis menontonnya. Buat yang sudah pernah menonton Worlds Within, That Winter, the Wind Blows, It’s Okay, That’s Love, kemungkinan tak asing lagi dengan gaya bercerita dari penulis Noh Hee-kyung yang sudah dikenal membuat cerita dengan penggambarannya yang realistis dan mendalam tentang kehidupan dan hubungan orang-orang biasa. Drama Our Blues ini juga seperti itu, ada banyak cerita yang intinya adalah tentang hubungan antar manusia dan permasalahannya.

Kalau tak sabar membaca ada permasalahan apa saja dalam drama Our Blues, bisa dengarkan podcastnya dulu. Tetapi supaya lebih jelas, bisa juga mendengarkan sambil membaca. Yang jelas kisah yang terjadi di Our Blues ini sungguh mengharu biru, sebiru pantai di pulau Jeju.

Yuk didengarkan podcastnya dulu sambil baca sampai habis.

Para Pemain Our Blues

poster our blues
Ayo, berapa wajah yang langsung kalian kenali dan sudah lihat dramanya sebelumnya?

Kalau ditanya siapa pemeran utama di drama Our Blues, jawabannya adalah semua 14 orang ini adalah pemeran utama. Drama ini memang istimewa, ada banyak cerita di dalamnya yang mana setiap cerita diselesaikan sesuai perkembangan karakter masing-masing tokoh.

Cara berceritanya juga ada yang langsung diselesaikan dalam 2 atau 3 episode, ada juga yang diberikan sedikit demi sedikit sepanjang beberapa episode. Setiap judul episode adalah nama dari tokoh utama yang sedang diceritakan.

Setidaknya ada 9 kisah haru biru dalam 20 episode drama OurBlues ini.

1| Kisah Eun Hui dan Han Su

  • Cha Seung Won dan  Lee Jung Eun
  • Kim Jae Won sebagai Choi Han Su remaja
  • Shim Dal-Gi sebagai Jung Eun Hui remaja

Drama Our Blues dibuka dengan kisah Eun Hui (diperankan Lee Jung Eun) dan Han Su (diperankan Cha Seung Won) yang bertemu kembali di pulau Jeju karena kepindahan Han su. Mereka berdua pernah memiliki rasa suka dan ya… cinta monyet kali ya.

Kisah cinta masa remaja berakhir dengan Han Su pindah ke Seoul dan berkeluarga. Lalu beberapa tahun kemudian, dia mendapat penugasan kembali ke Jeju, saat itu Istri dan anaknya saat ini tinggal di luar negeri, dia bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup anak dan istrinya yang tidak sedikit. Gaji sebagai pegawai bank tidak seberapa, dan dia jadi terpikir untuk meminjam dari Eun Hui yang baru bertemu lagi di Jeju. Oh ya, mereka tetap berteman walau kisah cinta tidak berlanjut.

Eun Hui merupakan wanita pekerja keras. Dia belum pernah menikah karena hidupnya selalu didedikasikan mencari uang untuk keluarganya. Pertemuan dengan Han Su seperti membuatnya sempat berharap, siapa tau takdir mempertemukan karena ada jalan untuk CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali).

Saat menonton 3 episode yang mengisahkan cerita mereka, saya cemas luar biasa. Bukan apa-apa, sudah banyak cerita yang saya ketahui tentang rumah tangga yang rusak karena CLBK. Tonton sendiri kalau penasaran dengan kelanjutan kisah mereka.

2| Kisah Yeong Ok dan Jeong Jun

Lee Yeong Ok (Han Ji Min) dan Park Jeong Jun (Kim Woo Bin)

Yeong Ok (diperankan oleh Han Ji Min) adalah seorang hanyeo yang bukan asli dari pulau Jeju. Jeong Jun (diperankan oleh Kim Woo Bin) adalah kapten kapal yang membawa hanyeo untuk menyelam mencari kerang. Walaupun di drama ini akan ada Shin Min Ah, jangan harap mereka dijadikan pasangan ya hehe.

Baca juga: Mengenal Haenyeo Dalam Drama Our Blues

Yeong Ok sebagai hanyeo digambarkan suka terlalu rakus. Ada aturan setiap mengambil 1 kerang, mereka harus naik dulu mengambil udara ke atas sebelum menyelam lagi. Tetapi Yeon Ok terkadang berusaha mengambil beberapa sekaligus supaya bisa mendapat lebih banyak. Awalnya banyak yang merasa Yeong Ok ini bukan wanita baik-baik, karena mereka sering melihat sepertinya Yeong Ok perlu mengirim banyak uang dan sering menerima telepon secara sembunyi-sembunyi. Pada saat yang sama Yeong Ok juga terlihat agak genit dan sering main mata dengan Jeong Jun.

Berbagai rumor buruk tentang Yeong Ok tidak membuat Jeong Jun mundur. Dia tetap mendekati Yeong Ok walau dengan jelas Yeong Ok masih menyimpan rahasia dan tidak mau menjalin hubungan serius.

Cerita Yeong Ok dan Jeong Jun ini agak tersebar di berbagai episode, mereka juga ada dari awal sampai akhir cerita. Walaupun hubungannya ga selalu mulus karena rahasia Yeong Ok, saya melihat contoh yang baik dari mereka tentang mengkomunikasikan perasaan masing-masing. Mereka berdua cukup to the point the ekspektasi masing-masing terhadap hubungan mereka.

Setahap demi setahap Yeong Ok pun akhirnya berani menceritakan rahasianya kepada Jeong Jun. Jeong Jun juga cukup supportif dan membuat Yeong Ok merasa nyaman untuk menceritakan keresahan yang dia rahasiakan selama ini. Sepanjang melihat pasangan ini, saya mikir: bagaimana perasaan Shin Min Ah melihat mereka syuting ya, hehehe.

3| Kisah Yeong Ok dan Yeong Hui

Yeong Ok (Han Ji Min) dan Yeong Hui (Jung Eun Hye)

Bagian ini jadi agak spoiler. Rahasia Yeong Ok ternyata bukan karena dia punya pria lain atau wanita nakal. Yeong Ok punya saudara kembar bernama Yeong Hui, mereka sudah kehilangan orang tua sejak kecil. Otomatis Yeong Ok yang harus mendukung saudari kembarnya yang juga memiliki kebutuhan khusus.

Yeong Ok berusaha menyembunyikan keberadaan Yeong Hui dari semua orang bukan karena dia malu. Walaupun dia pernah terpikir untuk meninggalkan Yeong Hui begitu saja, tetapi dia juga sebenarnya sangat sayang dengan saudari kembarnya ini. Dia takut orang lain tidak bisa menerima keberadaan saudarinya. Pengalamannya semua pria yang dekat dengannya mundur teratur ketika mengetahui dia punya saudari yang berkebutuhan khusus.

Di drama Our Blues ini ditunjukkan juga bagaimana seharusnya kita menerima bukan saja orang yang berkebutuhan khusus, tetapi juga keluarga yang merawat orang yang berkebutuhan khusus. Kita juga perlu melatih orang berkebutuhan khusus untuk bisa hidup mandiri. Mereka juga perlu bekerja untuk menghasilkan uang juga layaknya semua orang. Tetapi tentu saja mereka memang masih butuh dilatih dan dimengerti kalau tidak seperti yang normal.

Buat yang mencari drama Han Ji Min lainnya baca tulisan berikut:

4| Kisah Yeong Ju dan Hyeon

Jung Hyeon (Bae Hyun Sung) dan Bang Yeong Ju (Roh Yoon Seo)

Drama Our Blues juga dilengkapi dengan kisah cinta remaja SMA. Masalah yang sepertinya klise dan sering  jadi topik drama remaja. Bagaimana yang wanita sebenernya siswi berprestasi lalu mengalami hamil di luar nikah.

Karena orang tua mereka bukan orang tua kaya, tentu saja mereka harus memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya adalah tanggung jawab berdua. Solusi dari kasus begini memang standar ya, antara digugurkan atau dilanjutkan kehamilannya, tetapi bagaimana dengan mencukupi kebutuhan si bayi nantinya?  Di mana mereka akan tinggal, bagaimana berbagi tugas dalam rumah tangga?

Bagian ini tidak akan saya ceritakan secara detil, karena solusi dalam drama ini mungkin tidak bisa diaplikasi di semua kasus. Walaupun menurut saya ya semoga semua drama remaja tentang hamil di luar nikah ini membuat para remaja sadar untuk tidak menambah masalah dalam hidupnya karena urusan hamil di luar nikah ini.

Masalah hidup akan bertambah seiring usia, ngapain juga dimulai dari usia dini? Masih mending pas remaja itu ya berusaha mengukir prestasi, belajar yang benar supaya bisa bekerja dan masa depan yang lebih cerah.

5| Kisah Ho Sik dan In Gwon

  • Choi-Young-Joon-sebagai-Bang-Ho-Sik
  • Park-Ji-Hwan-sebagai-Jung-In-Gwon
  • Ho-sik-dan-Yeong-Ju
  • Hyeon-dan-In-Gwon

Ho sik dan In Gwon dulunya bersahabat di masa muda. Ironisnya mereka jadi bermusuhan ketika dewasa. Mereka punya kemiripan nasib, sama-sama ditinggal istri dan harus membesarkan anaknya sebagai ayah tunggal. Rumah mereka beda 1 lantai di gedung yang sama. Bisa ditebak sih, anak mereka adalah Yeong Ju dan Hyeon yang akan memiliki bayi bersama.

Tiba-tiba drama ini jadi seperti sinema India, yang mana ada kisah cinta yang ditentang  karena orangtua yang bermusuhan. Bagaimana ceritanya nih dari pernah bersahabat, lalu jadi musuh bebuyutan, eh tau-tau harus jadi keluarga karena akan memiliki cucu bersama.

Akankah mereka kembali jadi dua sahabat karib? Kenapa sih bisa dari sahabata kental jadi musuh bebuyutan?

6| Kisah Seon A dan Dong Seok

  • shin min ah jadi ibu depresi di our blues

Seon Ah (diperankan oleh Shin Min Ah) adalah seorang ibu yang mengalami depresi. Karena masalah depresinya, dia sering melalaikan tugasnya sebagai ibu. Akhirnya suaminya menceraikannya karena dianggap tidak becus jadi ibu dan istri. Sebenarnya Seon A sudah berusaha mengkonsultasikan masalah depresinya ini, dia berusaha untuk sembuh supaya bisa dipercaya mengurus anaknya. Dalam kegalauannya dia pergi ke Jeju dan bahkan terpikir bunuh diri untuk melepaskan diri dari perasaaan depresinya.

Dong Seok (diperankan oleh Lee Byung Hyun) seorang yang menyukai Seon Ah sejak remaja dan tinggal di pulau Jeju. Ketika melihat Seon Ah di Jeju dan usaha bunuh diri, dia tidak tinggal diam. Seon Ah yang saat itu masih tenggelam dengan masalah depresinya tidak bisa menerima perasaan Dong Seok, tetapi mereka lambat laun seperti saling membantu satu sama lain.

Dong Seok sendiri punya masalah dengan keluarganya terutama ibunya. Bagian ini diceritakan kemudian. Kisah mereka berdua ini juga tersebar di beberapa episode yang disimpulkannya menjelang akhir episode. Jadi kalau mau tau bagaimana kisah Seon A dan Dong Seok, penonton harus sabar menonton sam;ai habis.

Hubungan mereka berdua bukan kisah romantis semata, tetapi ada banyak pelajaran menerima orang lain dan menerima diri sendiri. Lambat laun, Dong Seok membantu Seon Ah melepaskan diri dari jerat depresi.

7| Kisah Eun Hui dan Mi Ran

Eun Hui (Lee Jung Eun) punya sahabat bernama Mi Ran (diperankan oleh Uhm Jung Hwa). Mi ran ini sudah bercerai dan anaknya tinggal di luar negeri. Di mata banyak pria, Mi Ran adalah primadona. Dia juga selalu disukai banyak orang di manapun berada. Persahabatan Eun Hui dan Mi Ran sudah sejak remaja ketika mereka masih sama-sama tinggal di Jeju.

Ternyata, persahabatan antara Eun Hui dan Mi Ran ini agak berat sebelah karena Mi Ran selalu bersikap agak seenaknya. Eun Hui menyimpan perasaan ga enaknya dalam diarynya yang ternyata tak sengaja malah kebaca oleh Mi Ran. Mi Ran yang tadinya berpikir tidak ada rahasia di antara mereka, jadi kaget dan tentu saja konflik harus ada supaya ada penyelesaian.

Kalau mau tahu bagaimana menyelesaikan konfliknya dan apakah mereka bisa tetap bersahabat setelahnya, pastinya tonton sendiri ya.

8| Kisah Chun Hui dan Eun Gi

  • Chun Hui dan Eun Gi
  • Chun Hui dan Eun Gi

Chun Hui (Go Do Shim) adalah salah seorang hanyeo yang hidup seorang diri. Dia berteman baik dengan Ok Dong, ibu dari Dong Seok. Anaknya Man Su tinggal di mainland dan dia berharap suatu saat Man Su dan keluarganya akan tinggal bersamanya di Jeju.

Suatu hari dia kedatangan menantu perempuannya dan Eun Gi cucunya. Dengan alasan sibuk dengan pekerjaan, Eun Gi dititipi ke Chun Hui. Satu hal yang tidak diberitahukan kepada Chun Hui adalah, anaknya mengalami kecelakaan dan koma. Ibu Eun Gi harus menjagai Man Su, makanya Eun Gi dia titipkan ke neneknya. Eun Gi memang sudah sering mendapatkan cerita dari ayahnya tentang neneknya seorang Hanyeo Dia juga menunjukkan keinginan belajar berenang walaupun tidak beneran berenang dengan alasan airnya dingin

Hubungan nenek dan cucu ini tidak selalu mulus. Eun Gi yang tidak biasa dengan makanan ala desa, dan Chun Hui yang tidak tau apa saja kesukaan cucunya ini membuat dia agak kewalahan juga. Belum lagi omongan tetangga yang tidak enak didengarkan tentang anaknya dan bahwa Eun Gi itu ditelantarkan oleh ibunya dan tidak akan dijemput lagi.

Eun Gi tidak memberitahukan neneknya tentang keadaan ayahnya yang sesungguhnya. Sampai kemudian karena Man Su yang juga sudah lama tidak menelponnya , Chun Hui memutuskan menemui anaknya ke mainland. Akhirnya dia tahu kalau ternyata anaknya terbaring di rumah sakit dan menantunya berhenti kerja karena harus menjaga di rumah sakit.

Apakah ayah Eun Gi akan kembali sadar? Dan berapa lama Eun Gi akan dititipi ke neneknya? Pastinya kisah ini menggambarkan dinamika hubungan nenek dan cucunya.

9| Kisah Dong Seok dan Ok Dong

Dong Seok adalah seorang penjual kelontong di pasar. Ibunya Ok Dong berjualan juga di pasar. Akan tetapi sejak awal episode digambarkan kalau hubungan ibu dan anak ini tidak baik-baik saja. Mereka tidak pernah bertegur sapa walau berpapasan.

Sampai dengan beberapa episode terakhir, saya tuh gemes bin kesal dengan kelakuan Dong Seok. Kok bisa dia berbaik hati ke Seon A tetapi jadi anak durhaka ke ibu sendiri. Akan tetapi setelah duduk perkara permasalahan mereka semakin dijelaskan, saya pun jadi ikut mempersalahkan Ok Dong sang ibu. Kok ya tega amat sama anaknya. Walaupun ya, ternyata dia bukan tega, tapi gak ada komunikasi aja.

Sang ibu yang sudah tua, sudah sakit-sakitan dan umurnya ga panjang lagi. Sebagai penonton jadi ikut diema antara apakah ikut kesal dengan Dong Seok, atau memaafkan saja karena ibunya juga sudah menjelang ajal. Jangan sampai ada penyesalan kan. Namanya ibu dan anak, tetap saja ibu dan anak, mana bisa sih hubungan itu diputuskan begitu saja.

Nonton sendiri juga kalau mau tau bagaimana kelanjutan hubungan ibu dan anak ini. Karena hubungan mereka menjadi hubungan penutup dalam berbagai kisah mengharu biru di Kdrama Our Blues ini.

Rekomendasi

Walaupun drama ini bukan drama baru di 2023, drama ini tetap menarik untuk ditonton. Untuk yang sedang mencari hiburan tontonan dengan pesan yang mendalam mengenai berbagai relationship, jangan sampai ketinggalan. Drama Our Blues yang berjumlah total 20 episode ini bisa ditonton di Netflix.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park