Worlds Within: KDrama Tentang Dunia KDrama

hyun bin dan song hye kyo dalam worlds within

Annyeong Chingudeul,

Penonton drakor ongoing belakangan ini sering merasa kecewa kalau ada drama yang biasanya hadir setiap minggu, harus menunggu 2 minggu. Biasanya ada berbagai alasan, mulai dari kabarnya untuk perbaikan cerita, sampai ada pemeran yang butuh istirahat.

Apalagi jaman pandemi begini. Kalau sampai ada salah satu kru yang positif, bisa kacau jadwal produksinya. Saya kagum dengan industri hiburan di Korea Selatan yang masih saja tetap memproduksi banyak drama baru di tengah pandemi.

Drama Crash Landing on You merupakan drama pertama di mana saya harus menunggu 2 minggu untuk melihat episode terbarunya. Berikutnya drama Hospital Playlist season 2 juga mengalami hal yang sama. Katanya sih untuk perbaikan cerita.

Saya tidak tahu persis cara kerja pembuatan drama/ film. Ketika menonton drama Worlds Within atau yang dikenal dengan judul The World They Live In, saya baru memahami alasannya. Drama ini sedikit banyak tentang dunia para pekerja drama Korea tersebut.

Pekerja drama tentunya bukan hanya aktor dan aktrisnya ya. Kalau biasanya kita memilih drama berdasarkan pemerannya, sebenarnya ada banyak sekali orang terlibat dalam pembuatan sebuah drama. Mulai dari produser, sutradara, penulis cerita, para asisten dan juga tentu saja kameramen.

Di tulisan ini saya ingin menceritakan hal-hal yang membuat saya tidak lagi protes kalau ada penundaan jadwal tayang dan menunggu dengan sabar.

Tentang Drama Worlds Within/ The World They Live In (2008)

worlds within (2008)
Konferensi pers drama Worlds Within (2008)

Drama produksi KBS2 tahun 2008 berjudul Worlds Within ini bergenre melodrama romantis dan memiliki total 16 episode. Kesuksesan Hyun Bin di drakor My Lovely Kim Sam soon(2005) dan kesukesan Song Hye Kyo di drakor Full House (2004) kurang berhasil mengangkat kesuksesan drama ini. Alasannya sih karena pada saat yang bersamaan ada drama dengan cerita serupa berjudul On-Air.

Walaupun drama ini kurang sukses saya rasa drama ini sangat menarik. Sayangnya saya tidak bisa membandingkan dengan On-Air karena tidak tahu di mana bisa menontonnya.

Trailer

Sebelum saya bercerita lebih panjang tentang drama ini, yuk lihat trailernya dulu.

Trailer Worlds Within, Drama tahun 2008 dari KBS2

Sinopsis Kdrama Worlds Within (2008)

Drama ini bercerita para pekerja drama. Ceritanya mulai dari para sutradara, penulis naskah, kameramen, stuntman, pemeran utama dan juga orang-orang di stasiun TV yang berperan dalam prodkusi sebuah drama.

Walau banyak yang ingin diceritakan, 2 orang sutradara muda menjadi pusat dari cerita: Jung Ji-oh (Hyun Bin) dan Joo Joon-young (Song Hye-kyo)  yang sudah beberapa kali putus sambung dalam berpacaran.

Mereka berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda. Ji-oh orang desa yang bekerja keras untuk bisa membantu keluarganya. Sedangkan Joon young merupakan sutradara junior yang berasal dari keluarga kaya tapi ambisius. Dia berusaha keras di dunia produksi drama yang didominasi oleh laki-laki.

worlds within (2008)
Hyun Bin lagi akting jadi sutradara di Worlds Witin (KBS2)

Singkat cerita, mereka sudah sering putus nyambung dan memiliki pasangan lain diantaranya. Di antara jadwal syuting yang menangani proyek film yang berbeda, mereka berusaha untuk tetap menjaga hubungannya. Walaupun tentu saja ada banyak rasa cemburu di sana sini karena masing-masing juga punya mantan.

Selain kisah cinta dari tokoh utama, ada lagi nih sutradara yang sudah lebih senior yang diperankan Um Ki Joon. Dikisahkan dia dikejar-kejar oleh aktris rookie yang berharap diorbitkan. Dia terang-terangan mengajukan diri jadi pacar pak sutradara.

worlds within (2008)
Pasangan ke-2 dalam Worlds Within (KBS2)

Entah di dunia nyatanya bagaimana, tapi konon begitulah kisahnya. Ada saja aktris yang mencari jalan pintas untuk memulai karir. Setelah berhasil tentu saja pak sutradara ditinggalkan dan aktrisnya pacaran dengan aktor lainnya.

Eh tapi pacarannya tentu saja tidak dibuka ke umum ya. Semua dirahasiakan. Padahal, si pak sutradara udah jadi suka beneran nih dengan si aktris rookie yang mulai naik daun.

Selain 2 kisah cinta diatas, ada lagi kisah cinta antara aktris wanita dengan petinggi di stasiun TV. Beberapa berita skandal juga digambarkan dalam drama ini.

Ada beberapa hal yang berusaha digambarkan dalam proses produksi drama, antara lain:

Rating adalah segalanya

Baik untuk stasiun TV tersebut, untuk sutradara, untuk penulis, untuk para pemain juga. Semua orang yang terlibat dalam produksi bisa memiliki masa depan lebih baik ketika drama di mana mereka terlibat memiliki rating yang tinggi.

Seorang sutradara bisa saja mendapat gambaran tentang sebuah kisah dan meminta seorang penulis menuliskan kisahnya. Tentunya nanti tergantung juga apakah akan ada yang membiayai produksi drama yang diusulkan tersebut. Untuk seorang penulis dengan rating yang sukses, biasanya hal ini akan lebih memudahkan.

Mereka berusaha menekan biaya produksi sekecil mungkin, walaupun terkadang ya dibutuhkan juga syuting yang berlokasi di luar negeri untuk membuat dramanya menjadi lebih menarik dan diharapkan mendongkrak rating.

Persaingan mendapatkan rating ini terjadi untuk setiap tim berdasarkan judul drama, walaupun pada akhirnya mereka sering bertukar-tukar anggota tim.

Sistem kejar tayang itu biasa

Proses produksi dimulai sebelum cerita selesai ditulis. Penayangannya juga terkadang dimulai sebelum semua episode sudah direkam maupun diedit. Terkadang bahkan mereka sengaja menayangkan beberapa episode awal sambil menuliskan lanjutan ceritanya.

Nantinya penulis akan menyesuaikan cerita tergantung dari respon penonton. Para pekerja drama ini bisa jadi harus berada di lokasi syuting selama proses produksi dan baru akan beristirahat setelah produksi selesai.

Kalau dibutuhkan, penulis bisa jadi sampai pasang infus supaya bisa tetap bekerja menulis naskah, atau istilahnya kejar tayang.

Kecelakan dalam produksi bisa saja terjadi. Dan ini tentu saja akan membuat jadwal produksi bisa terganggu.

Skandal mendongkrak atau menghancurkan karir?

Skandal selalu ada di tengah para pekerja drama ini. Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, dalam drama ini digambarkan skandal seorang aktris dengan kepala stasiun TV. Selain itu juga ada skandal antara sutradara dengan aktris yang baru memulai karirnya.

Skandal diantara para sutradara bagaimana? Ini juga bisa jadi masalah. Kebersamaan selama masa produksi bisa saja menyebabkan ketertarikan antara sesama pekerja drama. Salah paham pun sering terjadi.

Stress tinggi untuk menghibur kita

Para pekerja drama ini mengalami tekanan yang cukup tinggi untuk menghasilkan drama yang diharapkan menghibur kita para pemirsa. Belum lagi kalau ada skandal ditengah jalan, bisa-bisa proses dihentikan.

Kerja keras mereka inilah yang harus kita hargai dengan menonton di tempat yang legal. Jangan berpikir semua pekerja yang terlibat dalam pembuatan drama yang sukses itu pasti sudah kaya raya. Ada banyak waktu dan tenaga yang mereka curahkan untuk menghasilkan tontonan yang menghibur untuk kita.

Fakta Lain tentang Drama Worlds Within

Berikut ini berapa fakta menarik tentang drama Worlds Within mulai dari para pemain pendukung, penulis dan rumor pasca produksi.

Para pemain pendukungnya aktif berkarya sampai sekarang

Poster World Within (KBS2 TV)

Para pemain pendukung di Worlds Within tetap aktif berkarya, bukan hanya pemeran utamanya saja loh. Kalau Hyun Bin dan Song Hye Kyo semakin tenar, tapi pemeran pendukung di drama ini juga masih sering terlihat lalu lalang di berbagai kdrama.

Sebut saja Um Ki Joon yang saat ini pasti dihapal oleh para penonton Penthouse. Ada lagi aktris senior yang dari dulu juga sudah memerankan aktris senior yang mendapatkan piala oscar Youn Yuh Jong.

Kim Kap soo dalam Worlds Within (KBS2)

Jangan lupa dengan Kim Kap soo, yang sekarang ini menjadi Joo Jong soo presiden rumah sakit Yulje yang selalu bersama dengan ibunya dokter Andrea di Hospital Playlist Season 1 dan Season 2.

Choi Daniel dalam Worlds Within (KBS2)

Choi Daniel yang juga ikut mendukung drama World Within ini dikabarkan ada drama barunya “Fly High Butterfly” di tahun 2021 ini. Kita tunggu saja ya.

Karya penulis drama Worlds Within yang juga sukses

Penulis drama Worlds Within ini, Noh Hee Kyung dikenal mengawali karirnya dengan drama berjudul “The Most Beautiful Goodbye in the World” (1996. Drama tersebut dia tuliskan 2 tahun setelah ibunya meninggal sebagai penghargaan kepada ibunya yang menderita sakit parah sebelum akhirnya meninggal.

Setelah Worlds Withiin, penulis Noh cukup sukses dengan drama Padam Padam (2011), That Winter, The Wind Blows (2013) dan It’s Okay That’s Love (2014).

Karya penulis Noh, selalu sarat dengan percakapan yang dekat dengan realita hidup. Salah satu yang membuat saya menyukai drama Worlds Within juga karena dialognya itu bisa membawa kita merasakan situasi yang mereka hadapi dan dilema hidup para tokohnya.

Cinta Lokasi ?

Setelah drama ini berakhir, Hyun Bin dan Song Hye Kyo mengumumkan kalau mereka pacaran. Entah apakah karena mereka pacaran maka aktingnya enak ditonton, atau karena kebawa akting mereka jadi kena cinta lokasi.

Sampai sekarang, masih ada saja yang berharap Hyun Bin kembali dengan Song Hye Kyo, tapi tentu saja sekarang ini Hyun Bin sudah crash landed di hati Son Ye Jin.

Penutup

Setelah melihat bagaimana gambaran kehidupan para pekerja drama yang menghibur kita, semoga makin sadar dan berusaha untuk menonton dengan legal saja ya chingu. Kalaupun ada penundaan tayangan, semoga kita juga bersabar menunggu.

Sambil menantikan drama terbarunya Song Hye kyo yang akan bermain dengan Jang Ki Yong yang bikin doyong “Now, We Are Breaking Up” yang akan tayang segera di tahun 2021 ini, bisalah menonton drama lawas World Within ini.

Drama Worlds Within ini masih bisa ditonton gratis dengan legal di VIU. Nonton yuk!

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://risna.info

Baca Juga

6 Komentar

  1. jadi ingat lagi sama drama ini, yang sudah dimulai tapi gak dikelarin >_<

    1. banyak pr nonton ya, hehehe.. ayo nonton sblm drama shk dan jky tayang

      1. eleuuh… HTC3 aja blum kelar2 episode 1… Untung Hosplay2 blum ada yang baru… #banyakPR

  2. Jujurnya nih mba, aku termasuk yg LBH suka Hyun bin ttp Ama Hye Kyo hahahaha. Aku sukaaaaaa liat mereka berdua pas main di world within. Sbnrnya sih awal nonton drakor ini ya Krn Hyun bin, abis nonton cloy, trus jadi pengeN liat drama dia yg lain. Awalnya memang aku bosan Ama alur cerita WW ini. Makanya lamaaaa aku tamatin. Tapi makin lama, malah seru sih memang :D. Jadi suka bangetttt, apalagi ost nya juga asik.

    1. hahaha aku juga nontonnya awalnya malah stress liat kehidupan mereka, trus lama2 jadi ngerti kalau pekerja drama itu bukan oppanya saja, ada banyak yg lain kerja keras demi rating, hehehe.

      iya ost nya juga enak ya

  3. […] Worlds Within: KDrama Tentang Dunia KDrama […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: