That Winter The Wind Blows (2013) : Suara Lonceng di Musim Dingin

that winter the wind blows

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Beberapa hari lagi kita akan melihat drama comeback dari Song Hye Kyo eonni yakni “Now We Are Breaking Up“. Siapa yang sudah menantikannya seperti saya? Apalagi lawan mainnya adalah aktor yang saat ini sedang dirindukan penggemarnya karena sedang bertugas di wajib militer, Jang Ki Yong. Siap-siap untuk terKiyong-Kiyong lagi, guys!

Ngomongin Song Hye Kyo, beliau merupakan aktris yang membawa saya terjerumus sebagai drakorian. Setelah menonton Autumn in My Heart / Endless Love tahun 2000 silam, saya jadi berpaling dari Rosalinda dan Esperanza ke oppa dan eonni Korea. Saya pun terus mengikuti drama-drama Song Hye Kyo lainnya. Bukan hanya melihat beliau berakting, tapi juga memantau kapan Mbak-nya terlihat aging? Haha.

Salah satu drama Song Hye Kyo yang menjadi favorit saya adalah “That Winter The Wind Blows” (2013). Pada masanya (dan menurut saya sampai sekarang), drama ini dibintangi oleh visual couple yang sulit tertandingi karena Jo In Sung adalah lawan mainnya dalam drama tersebut.

Baca juga : 5 Drama Song Hye Kyo dari Masa ke Masa

Sebelum kembali menyaksikan akting melankolis Song Hye Kyo dalam “Now We Are Breaking Up”, nostalgia sedikit yuk dengan “That Winter The Wind Blows”!

Sinopsis K-Drama “That Winter The Wind Blows”

Tragedi Keluarga Oh Young

Drama yang tayang di tahun 2013 ini, disutradarai oleh Kim Kyu Tae dan ditulis oleh No Hee Kyung. Bercerita tentang Oh Young (Song Hye Kyo) yang tidak dapat melihat karena sakit sejak ia berusia 6 tahun. Ia hidup dalam kemewahan bersama dengan ayah dan sekertaris ayahnya. Meskipun demikian, Oh Young tidak pernah merasa bahagia.

Suatu ketika, Oh Young mendapati bahwa selama ini kakak kandungnya yang sudah terpisah belasan tahun ternyata mengiriminya surat tapi tidak pernah ia terima. Oh Young pun berusaha sendiri untuk pergi ke alamat rumah kakaknya dan bertemu dengan Oh Soo (Jo In Sung), laki-laki yang tinggal serumah dengan kakaknya dan memiliki nama yang sama.

Belum sempat bertemu dengan kakaknya, kejadian mengenaskan menimpa Oh Young. Ia mendapat kabar bahwa ayahnya meninggal dunia dan di saat yang bersamaan, Oh Soo, kakak laki-lakinya tewas tertabrak mobil di hadapannya sendiri tanpa ia ketahui. Ya gimana kan Oh Young nggak bisa melihat.

Sementara itu, Oh Soo satunya harus kabur karena menjadi buronan polisi. Duh! Episode awal sudah disuguhi cerita tragis.

Oh Soo dan Oh Young Bertemu Kembali

Setahun berlalu, pengacara keluarga Oh Young berusaha mencari keberadaan Oh Soo. Saat itulah ia bertemu dengan Oh Soo – Jo In Sung dan salah sangka bahwa yang ditemuinya adalah benar anak laki-laki tertua dari pemilik PL Company. Hiyaa..

Oh Soo yang selama ini hidup luntang-lantung sebagai tukang judi akhirnya memutuskan untuk berpura-pura menjadi kakak laki-laki Oh Young demi mendapatkan sejumlah uang dan membayar hutang dalam jumlah yang besar. Dibantu oleh Park Jin Sung (Kim Beom) dan Moon Hee Sun (Jung Eun Ji), Oh Soo mempersiapkan penyamarannya dengan sangat matang.

Oh Soo berpura-pura menjadi kakak Oh Young yang bekerja sebagai koki di Italia dan hanya memiliki waktu selama musim dingin untuk mengunjungi adiknya. Tanpa niatan mengambil posisi di perusahaan, ia berjanji akan segera pergi meninggalkan rumah dalam waktu 3 bulan.

that winter the wind blows oh soo
Oh Soo mencoba meyakinkan Oh Young (SBS)

Saat Oh Young dan Oh Soo bertemu kembali, Oh Young tidak langsung percaya begitu saja bahwa Oh Soo memang benar kakak laki-lakinya. Oh Young merasa semua orang yang berada di dekatnya hanya mengincar harta keluarganya, termasuk sekertaris pribadi ayahnya, Wang Hye Ji (Bae Jong Ok) dan tunangannya, Lee Myung Ho (Kim Young Hoon).

Akankah Oh Young percaya bahwa Oh Soo adalah kakak kandungnya? Gimana kelanjutan rencana Oh Soo untuk mendapatkan banyak uang demi menyelamatkan nyawanya dari para lintah darat?

Baca juga : Worlds Within : KDrama Tentang Dunia KDrama

Sisi Menarik dari K-Drama “That Winter The Wind Blows”

Jujur dari awal yang membuat saya tertarik untuk menonton drama ini adalah karena cast-nya yang tampak uwow semua. Mulai dari Song Hye Kyo dan Jo In Sung, ditambah Kim Beom dan Jung Eun Ji. Ada pula Lim Se Mi, yang kita kenal sebagai kakak perempuan Lim Ju Kyung dalam True Beauty, menjadi pemeran Son Mi Ra, sahabat baik Oh Young dalam drama ini.

Tapi, setelah ditonton ternyata dramanya memang menarik dan maniiss syekali. Makanya bisa sanggup menonton ulang. Hehe. Sepertinya hal berikut yang membuat saya suka dengan drama “That Winter The Wind Blows” :

Akting Song Hye Kyo sebagai Gadis Buta

Semua penggemar Song Hye Kyo pasti penasaran bagaimana eonni satu ini memerankan seseorang yang tidak bisa melihat. Awkward kah atau mahir kah? Ternyata Song Hye Kyo bisa memainkan perannya dengan sangat baik. Salut banget melihat gesture tubuhnya dan ekspresi wajahnya yang meyakinkan sebagai gadis buta.

that winter the wind blows oh young
Song Hye Kyo sebagai Oh Young (imdb)

Emosi yang dibawakannya juga ngena banget ke saya sebagai penonton. Bagaimana selama ini ia menderita dengan penyakitnya, dikelilingi oleh orang-orang yang mengincar harta dan tahta dari apa yang diwariskan oleh ayahnya sementara ia harus bertahan dengan ketidakpercayaannya pada semua orang tersebut.

Karakter Oh Young yang (Tampak) Kuat

Saya juga suka dengan karakter Oh Young yang dengan keterbatasan fisiknya, masih berusaha sebaik mungkin untuk bisa hidup mandiri tanpa selalu mendapat bantuan dari orang lain. Ia bisa melakukan presentasi untuk perusahaan ayahnya, makan sendiri, berani bepergian tanpa ditemani bahkan bisa berenang sendiri di rumahnya.

Meskipun dalam hatinya rapuh dan hancur, dipenuhi kekhawatiran akan banyak hal, Oh Young tidak menunjukkannya di depan semua orang. Ia tidak ingin terlihat lemah sehingga semakin memudahkan banyak orang untuk memanfaatkan kekurangannya.

Oh Soo dengan Niat Jahatnya

Oh Soo datang dengan niat awal mengeruk uang dari keluarga Oh Young untuk membayar hutangnya kemudian kabur. Kalau ia tidak punya niat licik seperti ini dari awal, ya nggak akan berlanjut dramanya. Haha. Tampak brengsek tapi sebenarnya Oh Soo memiliki hati yang baik dan lembut.

Saat mencoba meyakinkan Oh Young kalau dirinya memang benar kakaknya, Oh Soo berusaha untuk mencari benda yang dijanjikan oleh Oh Soo untuk menghibur Oh Young di waktu kecil. Oh Soo kemudian memasang lonceng di jendela kamar Oh Young sehingga ketika angin berhembus, lonceng tersebut akan berbunyi.

that winter the wind blows siblings
Oh Soo dan Oh Young (SBS)

After I leave, even if you lose your chimes when the winter wind blows they will always make the sound here. Just like this…

Oh Soo, That Winter The Wind Blows

Setelah mengenal Oh Young, perlahan niatnya untuk memanfaatkan Oh Young berubah jadi keinginan untuk melindungi adek-adekannya itu. Kyaa~ Sweet banget! Bahkan setelah ia sudah merasa jatuh cinta pada Oh Young, Oh Soo menahan perasaannya dan tetap memperlakukan Oh Young layaknya adik yang ia sayangi. Repot yaa pake boong segala sih. Hihi.

Akhir Cerita yang Dinantikan

Saya menunggu-nunggu akhir cerita drama ini sejak awal karena penasaran apakah semua penderitaan Oh Young dan Oh Soo akan terlewati dan menemukan ending yang bahagia atau sebaliknya? Apakah penonton akan menangis penuh kesedihan atau menangis terharu bahagia?

Dan ternyata akhir ceritanya bikin penonton senyum-senyum sendiri. Semua masalah terselesaikan dengan caranya masing-masing dan semua karakter memiliki akhir cerita yang bahagia.

Rekomendasi

Setiap drama pasti ada kelebihan dan kekurangannya ya, demikian juga dengan “That Winter The Wind Blows” ini. Sebetulnya saya nggak mudeng dengan masalah Oh Soo bersama teman-teman gambler-nya. Kenapa Moo Cheol (Kim Tae Woo) yang ngotot banget ingin membunuh Oh Soo, malah ditangisi dan disesali kematiannya?

Peran Sekertaris Wang dan Lee Myung Ho juga setengah-setengah. Jahat banget enggak, baik juga nggak jelas. Kenapa Sekertaris Wang membiarkan mata Oh Young tetap tidak bisa melihat dengan tidak membawanya berobat? Kenapa Lee Myung Ho tetap mendapat posisi penting di PL Company?

Ada juga Moon Hee Sun, adik dari Moon Hee Joo, mantan kekasih Oh Soo yang sudah meninggal dunia. Ini bocah sering banget ngomel-ngomel dan kekeuh Oh Soo tidak boleh melupakan kakak perempuannya demi perempuan lain, eh ternyata dia juga demen sama Oh Soo. Lha gimana?

ending that winter the wind blows
Happy and sweet ending (dramabeans)

Pertanyaan-pertanyaan tersebut terlupakan dengan kisah manis Oh Soo dan Oh Young, lah! Haha. Walaupun banyak komentar ini itu, saya tetap suka dengan kisah (romance) dari drama “That Winter The Wind Blows” ini. Manis syekali seperti dua pemain utamanya.

i_maesha

Full-time mom and wife, half-time writer. Menonton dan mereview drakor sebagai salah satu wujud me time dari rumah ;)

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] karakter Ha Young Eun di “Now, We Are Breaking Up” dengan karakter Oh Young di “That Winter, The Wind Blows” (2013) dan Cha Soo Hyun di “Encounter” (2018). Ketiganya memerankan karakter […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: