Review Film Crazy Romance (2019)

Poster Couple Crazy Romance

Kutipan di bawah ini diucapkan oleh Kim Rae Won dalam karakternya di film Crazy Romance (2019). Nah, menurut Sahabat Drakor Class, kebahagiaan di dunia itu seperti apa? Setuju kah dengan ucapan Kim Rae Won?

Meeting someone i sincerly love, dating, then married, together forever until we’re old. Isn’t that happiness in life?

(Lee Jae Hoon in Crazy Romance Movie)

Di tulisan kali ini, saya ingin membahas film Crazy Romance yang dibintangi oleh Kim Rae Won dan Kong Hyo Jin. Mereka berdua merupakan salah satu aktor dan aktris favorit saya. Karena itu saya sangat bersemangat ketika mengetahui mereka memiliki project bersama.

Reunite setelah drama Snowman (2003)

Sebelumnya Kim Rae Won dan Kong Hyo Jin pernah bermain dalam drama Snowman (2003). Sayangnya di drama tersebut cinta Kim Rae Won bertepuk sebelah tangan. Sejak saat itu, saya sebagai penggemar ingin sekali melihat mereka bisa berkerja bareng lagi. Tentunya dengan harapan ending bahagia untuk Kim Rae Won. hehe….

Poster Film Crazy Romance
Sumber gambar: mydramalist
Poster Film Crazy Romance
Sumber gambar: mydramalist

Kim Rae Won sendiri sudah beberapa kali menyatakan dalam interviewnya, jika ia ingin kembali beradu akting dengan Kong Hyo Jin. Akhirnya setelah 15 tahun, mereka dipertemukan kembali dalam proyek bersama. Sejujurnya saya berharap mereka bertemu dalam proyek drama daripada film. Tapi proyek film ini pun bagus. Apalagi Kim Rae Won terakhir berperan di film romcom itu, di tahun 2004 dengan film My Little Bride.

Lantas bagaimana kisah Kim Rae Won dan Kong Hyo Jin di film Crazy Romance (2019)? Bagaimana chemistry mereka berdua? Penasaran? Yuk kita ulas lebih lanjut.

Filmografi

Judul: Crazy Romance / The Most Ordinary Romance
(가장 보통의 연애 / Kajang Botongui Yeonae)
Genre: Romantic Comedy
Director/Writer: Kim Han Gyul
Produser: Oh Hyo Jin
Perusahaan Produksi: Zip Cinema
Distributor: Next Entertainment World
Rilis: 2 Oktober 2019
Durasi: 109 menit

Script Reading Film Crazy Romance
Sumber gambar: mydramalist
Script Reading Film Crazy Romance
Sumber gambar: mydramalist

Pemeran dan Karakter dalam Film Crazy Romance

– Kim Rae Won sebagai Lee Jae Hoon, manager (team leader) di kantor iklan
– Kong Hyo Jin sebagai Oh Sun Young, pegawai baru dari planning team di kantor iklan
– Kang Ki Young sebagai Byung Chul, pegawai di kantor iklan dan sahabat Lee Jae Hoon
– Jung Woong In sebagai Kwon Soo, manager utama di kantor iklan
– Jang So Yeon sebagai Mi Young, pegawai di kantor iklan
– Ji Il Joo sebagai Dong Hwa, mantan pacar Sun Young
– Son Yeo Eun sebagai Soo Jung, mantan pacar Jae Hoon
– Yoon Kyung Hoo sebagai Jung Soo, teman lama Jae Hoon

Rating: 7,5 (dari skala 1-10)

Trailer Film Crazy Romance (2019)

sumber: Eontalk

Sinopsis Film Crazy Romance

Kong Hyo Jin (Oh Sun Young) mengikuti acara makan-makan yang diadakan kantor barunya. Acara tersebut merupakan acara perkenalan sekaligus penyambutan Oh Sun Young sebagai pegawai baru di kantor iklan. Ketika Sun Young ditanya oleh Kang Ki Young (Byung Chul), “Apakah sudah memiliki pacar?” Ia mengatakan, “Tidak untuk saat ini”. Namun tiba-tiba mantan pacarnya Ji Il Joo (Dong Hwa) datang dan langsung melamarnya dihadapan rekan-rekan kantornya.

Di luar restoran, Oh Sun Young berdebat dengan Dong Hwa. Perdebatan itu disaksikan oleh Byung Chul dan Kim Rae Won (Lee Jae Hoon). Lee Jae Hoon sendiri terlihat menatap terus layar ponselnya. Ternyata pesan-pesan yang ia kirim untuk mantan tunangannya tidak pernah mendapatkan balasan.

Oh Sun Young dan mantan pacarnya
Sumber gambar: mydramalist
Oh Sun Young dan mantan pacarnya
Sumber gambar: mydramalist

Lee Jae Hoon pun tidak beruntung dalam hubungan percintaannya. Rencananya menikah dengan Soo Jung harus dibatalkan. Padahal selama ini ia bekerja dengan keras hanya untuk mengumpulkan uang sebagai bekal menikah dan hidup berkeluarga. Lee Jae Hoon belum bisa melupakan mantan tunangannya. Akibatnya ia menjadi sering mabuk-mabukan. Di saat mabuk itulah, ia sering melakukan hal-hal yang tidak diingatnya ketika bangun. Ia nampak sangat kacau.

Keesokan harinya, Lee Jae Hoon kembali melihat perdebatan Oh Sun Young dengan Dong Hwa di depan kantor iklan. Sun Young sendiri mantap untuk putus dari Dong Hwa yang telah berselingkuh. Namun Dong Hwa sendiri tidak terima, ia justru menuduh bahwa Sun Young yang terlebih dahulu berselingkuh. Karena percakapan yang didengar Lee Jae Hoon itu lah, membuat ia memandang Sun Young sebagai sosok perempuan yang mudah sekali berganti pasangan.

Hari itu di kantor iklan, Oh Sun Young diminta bergabung dengan tim Lee Jae Hoon. Dengan terang-terangan dihadapan Sun Young, Lee Jae Hoon mengatakan bahwa Sun Young bukan gadis tipenya. Sun Young pun tidak diam, ia membalas dengan berbicara informal pada Jae Hoon. Sejak saat itu, mereka terlihat sering berdebat karena perbedaan sudut pandang.

Keesokan harinya, Jae Hoon kembali mabuk. Ia tidak mengingat apa yang terjadi pada dirinya. Namun ketika ia memeriksa ponselnya, ia telah menghubungi seseorang selama dua jam. Siapakah yang ia hubungi? Apakah itu Sun Young, gadis yang bukan tipenya? Apakah mereka berdua memang akan selalu bertengkar dan tidak cocok? Bagaimana kelanjutan hubungan keduanya? Bagiamana masa lalu Sun Young dan Jae Hoon? Akan kah mereka sembuh dari luka yang didapatkan dari hubungan percintaan sebelumnya?

Kelebihan Film Crazy Romance

Film Crazy Romance menggambarkan kisah romansa yang jarang diangkat kedalam film. Karena melibatkan karakter tokoh yang telah matang, berusia 30 tahunan. Dimana pada usia itu, seseorang dianggap saatnya untuk melanjutkan kisah percintaan ke jenjang berikutnya (menikah). Film ini akan menyajikan berbagai sudut pandang dalam menjalani hubungan, yang semuanya nampak nyata seperti yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari.

Press Conference Crazy Romance (Kang Ki Young, Kong Hyo Jin, Director Kim Han Gyul dan Kim Rae Won)
Sumber gambar: NEWS
Press Conference Crazy Romance (Kang Ki Young, Kong Hyo Jin, Director Kim Han Gyul dan Kim Rae Won)
Sumber gambar: NEWS

1. Kekhawatiran orang tua ketika anak belum menikah

Sebagai orang tua tentunya akan ada rasa khawatir atau ada juga yang malu, jika anaknya sudah memasuki usia untuk cukup menikah namun belum juga menikah. Bahkan untuk dibeberapa daerah di Indonesia saja, masih banyak anak yang berusia muda diminta untuk segera menikah. Dari film Crazy Romance ini, kita akan melihat bagaimana karakter Sun Young tidak merasa bahwa dirinya yang belum menikah itu sebagai sebuah masalah.

Mom, i can have a man when i want a men.
Why you must feel ashame?
I have no problem at all.

(Oh Sun Young)

2. Perbedaan pandangan orang yang belum menikah dengan yang sudah menikah

“Being single is not a sin”

(Jung Soo)

Kutipan diatas adalah perkataan yang diucapkan oleh teman Jae Hoon yang sudah menikah. Ketika ia mengetahui bahwa Jae Hoon tidak jadi menikah, ia malah memberikan selamat. Dari sudut pandang Jung Soo yang sudah menikah, ia merasa kehidupan Jae Hoon yang masih single itu lebih baik. Sedangkan dari sisi Jae Hoon sendiri, ia sudah lama ingin memiliki keluarga. Apalagi ketika Jung Soo menunjukkan foto anak-anaknya.

Perbedaan pandangan pun ditampilkan saat Oh Sun Young berkunjung ke rumah temannya yang sudah menikah. Temannya mengeluh bahwa rumahnya selalu berantakan oleh anaknya. Temannya pun mengatakan bahwa suaminya tidak selalu membantunya mengerjakan pekerjaan rumah. Jika membantu pun, suaminya hanya memilih melakukan pekerjaan rumah yang mudah. Tapi di mata Sun Young, kehidupan temannya itu bahagia karena memiliki anak yang cantik dan keluarga.

3. Perbedaan karakter dalam menjalani hubungan serta perselingkuhan

Pada film ini kita akan melihat bagaimana kedua karakter utama digambarkan sangat berbeda ketika menjalani sebuah hubungan. Karakter Jae Hoon digambarkan sebagai seorang lelaki yang selalu serius menjalani hubungan. Ketika ia mencintai seseorang, ia akan bersungguh-sungguh menjalani hubungan. Bahkan ia menjadikan pernikahan sebagai tujuan dalam hubungan yang ia jalani.

Lee Jae Hoon & Oh Sun Young
Sumber gambar: mydramalist
Lee Jae Hoon & Oh Sun Young
Sumber gambar: mydramalist

Berbeda dengan Oh Sun Young yang digambarkan sebagai perempuan yang sangat mudah memiliki pasangan baru setelah putus. Namun seiring jalannya cerita, kita akan tahu bahwa ada hal yang menyebabkan Sun Young seperti itu. Jauh didalam dirinya, ia pun masih berharap untuk benar-benar mencintai seseorang, percaya dan dapat membangun keluarga.

Dari karakter Jae Hoon dan Sun Young, kita akan melihat bagaimana mereka berdua memiliki luka yang disebabkan kegagalan dalam percintaan. Adanya perselingkuhan pun menorehkan luka yang mendalam. Luka itu mampu merubah diri mereka masing-masing bahkan mempengaruhi sikap mereka dalam memandang cinta.

Film Crazy Romance tidak membahas hanya tentang hubungan percintaan saja. Tapi juga menggambarkan bagaimana kehidupan di sebuah kantor. Bagaimana relasi antara rekan kerja? Jika seseorang di kantor diterpa gosip, maka gosip itu akan cepat menyebar ke seisi kantor. Kemudian kebanyakan dari mereka akan termakan dengan mudah dengan gosip tersebut. Tanpa mencoba untuk memeriksa kebenaran gosip tersebut terlebih dahulu. Padahal setiap orang tentunya memiliki masa lalu masing-masing.

Kekurangan Film Crazy Romance

“The Most Ordinary Romance” adalah judul lain dari film ini. Judul tersebut sangat sesuai dengan cerita yang disajikan dalam film, yaitu cerita cinta biasa. Saat menonton, kita dapat memprediksi dengan mudah bagaimana akhirnya cerita film ini. Hal itu yang membuat film ini terasa biasa dan kurang greget.

Kemudian film ini bergenre romance, tapi film ini tidak menyajikan kisah romantis fantasi seperti pada umumnya. Sehingga sebagai penggemar Kim Rae Won dan Kong Hyo Jin, saya sangat menyayangkan chemistry keduanya yang kurang ditunjukkan dalam film ini. Meskipun begitu, film ini menghibur dan harus ditonton karena ada Kim Rae Won dan Kong Hyo Jin.

 Lee Jae Hoon & Oh Sun Young
Sumber gambar: mydramalist
Lee Jae Hoon & Oh Sun Young
Sumber gambar: mydramalist

Pelajaran dari Film Crazy Romance

Dari film Crazy Romance, kita bisa mempelajari banyak hal tentang bagaimana membangun sebuah hubungan percintaan dengan pasangan. Misalnya seperti beberapa kutipan menarik berikut ini:

“Just because you have dating for a long time, doesn’t guarantee you know the person”

(Oh Sun Young)

“For me, over is over. No more feeling”

(Byung Chul)

“People say, if we sincerely letting go of something. One day it will return to us”

(Oh Sun Young)

Film Crazy Romance juga memiliki pelajaran dan pesan bagi mereka yang pernah terluka dalam menjalani hubungan percintaan. Untuk mereka yang pernah terluka, jangan takut untuk memulai hubungan kembali. Kalahkan trauma yang dirasakan, karena masih ada banyak hal baik tentang cinta dan romansanya.

Kong Hyo Jin & Kim Rae Won
Sumber gambar: mydramalist
Kong Hyo Jin & Kim Rae Won
Sumber gambar: mydramalist

Bagaimana sahabat Drakor Class? Menarik bukan? Yuk ditonton film Crazy Romance. Jika sahabat penasaran dengan proyek lain dari Kim Rae Won bisa baca tentang L.U.C.A. Sedangkan untuk Kong Hyo Jin, sahabat bisa membaca tentang Jealousy Incarnate. Selamat menonton.

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

2 Komentar

  1. […] yang lalu, saya sudah membahas film Crazy Romance (2019) yang dibintangi oleh Kim Rae Won dan Kong Hyo Jin. Kali ini, saya akan kembali mengulas satu film […]

  2. […] Peringkat 1: Shin Hye Sun yang Cadas dalam K-Movie “Innocence” (2.584 views). Review Film Crazy Romance (2019) Peringkat 2: Review Film Crazy Romance (2019) (1.903 views). Come and Hug Me: Menjadi Baik Itu […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: