Review Film Long Live The King (2019)

Adegan Kampanye di Film Long Live The King

Minggu yang lalu, saya sudah membahas film Crazy Romance (2019) yang dibintangi oleh Kim Rae Won dan Kong Hyo Jin. Kali ini, saya akan kembali mengulas satu film yang dibintangi oleh Kim Rae Won. Saya akan membahas tentang film Long Live The King (2019).

Tentang Apa sih Film Long Live The King (2019)?

Melalui film Long Live The King, Kim Rae Won berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik dari Chungju International Martial Arts and Action Film Festival (CIMAFF). Selain Kim Rae Won, director Kang Yoon Sung pun mendapatkan penghargaan sebagai director terbaik. Bagaimana, jadi penasaran ingin lebih tahu tentang film ini? Yuk, langsung saja kita ulas lebih lanjut.

Poster Film Long Live The King
Sumber gambar: KoBiz

Secara sederhana film Long Live The King bercerita tentang perjalanan seorang bos gangster yang ingin berubah menjadi orang baik. Berbicara tentang gangster, tentu bayangan umum tentang mereka itu adalah sekelompok lelaki yang bertingkah kasar, suka berkelahi seperti preman dan bahkan dapat melakukan kejahatan. Mungkinkah gangster berubah menjadi orang baik bahkan dipercaya oleh banyak orang?

Diangkat Dari Webtoon

Film Long Live The King diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Webtoon Long Live The King dibuat oleh Beodeunamusup (Willow Forest), ditulis oleh Im Gyu Bin dan digambar oleh Ryu Gyeong Seon. Webtoon tersebut dirilis tahun 2012, hingga saat ini sudah mencapai season 4.

Kim Rae Won dengan karakter Jang Se Chool di Webtoon Long Live The King
Sumber gambar: Newsen
Kim Rae Won dengan karakter Jang Se Chool di Webtoon Long Live The King
Sumber gambar: Newsen

Webtoon Long Live The King sudah cukup terkenal dan memiliki pembaca setia. Mereka pun mendukung, ketika Kim Rae Won dikabarkan akan berperan sebagai karakter utama di filmnya. Mereka mengatakan bahwa Kim Rae Won cocok untuk memerankan karakter utama seperti yang digambarkan di webtoonya.

Filmografi

Judul: Long Live The King
(롱 리브 더 킹: 목포 영웅/Long Live The King: Mokpo Yeongwoong)
Genre: Action Drama, Politic, Gangster
Director/Writer: Kang Yoon Sung
Writer: Kang Yoon Sung dan Ryu Gyeong Seon/Beodeunamusup (webtoon)
Produser: Yoo Young Chae
Perusahaan Produksi: B.A. Entertainment
Distributor: Megabox Plus M/Contents Nandakinda
Rilis: 19 Juni 2019
Durasi: 118 menit

Pemeran dan Karakter dalam Film Long Live The King

-Kim Rae Won sebagai Jang Se Chool, bos gangster di Mokpo yang ingin berubah menjadi orang baik.
-Won Jin Ah sebagai Kang So Hyun, pengacara yang membela warga yang lemah dan tak berdaya.
– Jin Sun Kyu sebagai Jo Kwang Chun, bos gangster dan musuh Jang Se Chool.
– Choi Gwi Hwa sebagai Choi Man Soo, politisi licik yang mencalonkan diri sebagai perwakilan anggota majelis nasional (kongres).
– Choi Moon Sung sebagai Hwang Bo Yoon, mantan gangster yang dipercaya oleh warga.

Director Kang Yoon Sung dan Pemain film Long Live The King
Sumber gambar: MovieHago
Director Kang Yoon Sung dan Pemain film Long Live The King
Sumber gambar: MovieHago


– Jo Jin Moo sebagai So Pal, gangster anak buah Jang Se Chool.
– Choi Jae Hwan sebagai Ho Tae, gangster anak buah Jang Se Chool.
– Cha Yub sebagai Geun Bae, gangster anak buah Jang Se Chool.
– Yoo Hee Jee sebagai Jjang Gu, gangster anak buah Jo Kwang Chun.
– Lim Hyung Joo sebagai Han Man Sub, pengikut dan tim sukses Choi Man Soo.
– Choi Ji Hoo sebagai Choon Taek, sahabat Jang Se Chool yang sudah tiada.
– Gil Hae Yoon sebagai Ibu dari Choon Taek.
– Bae Ha Sun sebagai No Gab Soon, calon perwakilan anggota majelis nasional (kongres).

Cameo dalam Film Long Live The King

– Ma Dong Seok sebagai Gwangju Brown Bear, pemimpin gangster daerah Gwangju.
– Yoon Kye Sang sebagai polisi yang memeriksa pengemudi dalam keadaan mabuk.

Sebenarnya film Long Live The King menghadirkan banyak cameo dari aktor dan aktris senior. Namun kehadiran Ma Dong Seok dan Yoon Kye Sang yang paling menonjol. Kehadiran mereka berdua di film ini tentunya sebagai dukungan pada director Kang Yoon Sung. Karena mereka berdua adalah pemeran utama pada film buatan Kang Yoon Sung sebelumnya, The Outlaws (2017).

Kehadiran Ma Dong Seok di film Long Live The King hanya sebentar saja, tapi membekas dengan memberikan sentuhan komedi pada film ini. Sedangkan Yoon Kye Sang muncul di bagian akhir film. Saya sendiri hampir tidak menyadari jika polisi di adegan terakhir diperankan oleh Yoon Kye Sang. Bagaimana dengan sahabat Drakor Class, apakah dapat mengenali para cameo di film ini?

Trailer

Sumber: KoBiz

Sinopsis Film Long Live The King

Jang Se Chool (Kim Rae Won) adalah seorang bos gangster yang menguasai wilayah Mokpo, salah satu kota di Korea Selatan. Ia mendapatkan pekerjaan untuk menyingkirkan pedagang pasar yang melakukan demonstrasi karena tidak ingin pasar tradisional mengalami konstruksi. Disaat ia akan menyingkirkan para pedangan pasar, ia bertemu dengan Kang So Hyun (Won Jin Ah), pengacara yang membantu dan mendukung pedagang agar pasar tidak mengalami konstruksi.

Tamparan Kang So Hyun di Film Long Live The King

Pertemuan pertama Jang Se Chul dan Kang So Hyun
Sumber gambar: Kofic
Pertemuan pertama Jang Se Chul dan Kang So Hyun
Sumber gambar: Kofic

Pada pertemuan tersebut, Kang So Hyun dan Jang Se Chool beradu mulut bahkan perdebatan berakhir dengan sebuah tamparan yang mendarat di pipi Jang Se Chool. Bukannya marah, tapi tamparan tersebut justru menyadarkan pikirannya. Jang Se Chool pun menjadi penasaran akan sosok Kang So Hyun dan tertarik padanya. Kang So Hyun sendiri sama sekali tidak tertarik. Ia hanya menganggap Jang Se Chool sebagai seorang preman yang jahat. Kang So Hyun pun mengatakan kepada Jang Se Chool agar ia berubah menjadi orang baik.

Belajar dari Mantan Gangster

Langkah awal yang dilakukan Jang Se Chool untuk berubah menjadi orang baik adalah dengan belajar dari mantan gangster, Hwang Boo Yoon. Masa lalu Hwang Boo Yoon memang seorang gangster, tapi sekarang ia membuka sebuah restoran yang menyediakan makanan dengan harga murah. Ia pun sering melakukan aksi sosial bahkan dipercaya oleh warga.

Adegan Hwang Boo Yeon bersama Jang Se Chul dalam film Long Live The King
Sumber gambar: Kofic
Adegan Hwang Boo Yeon bersama Jang Se Chul dalam film Long Live The King
Sumber gambar: Kofic

Bagaikan kebetulan, Kang So Hyun pun sedang berusaha untuk membujuk Hwang Boo Yoon agar bersaing dengan Choi Man Soo, politisi yang berkuasa pada proses konstruksi pasar. Meskipun Hwang Boo Yoon tidak mau terlibat dalam dunia politik, akhirnya ia pun bersedia maju untuk menjalani proses pemilihan perwakilan anggota majelis nasional (kongres) demi membantu para pedagang pasar.

Ketika Gangster menjadi Pahlawan Makpo

Hwang Boo Yoon tidak begitu saja menerima kehadiran Jang Se Chool. Ia menguji dan mengajari niatan Jang Se Chool untuk menjadi orang baik. Ia meminta Jang Se Chool tidak menggunakan insting berkelahinya dalam menghadapi masalah. Ia pun meminta Jang Se Chool mengelola restorannya.

Hingga suatu hari, gangster Jang Se Chool berubah menjadi Pahlawan dari Makpo. Julukan tersebut ia peroleh saat Jang Se Chool mengendarai bus untuk berangkat ke restoran Hwang Boo Yoon. Ternyata bus yang ia tumpangi mengalami kecelakaan. Saat itu Jang Se Chool berusaha untuk menolong semua penumpang keluar dari bus dan menyelamatkan semua orang. Kejadian itu membuat ia dianggap sebagai pahlawan dari Makpo.

Kim Rae Won saat adegan kecelakaan bus di film Long Live The King
Sumber gambar: Kofic

Pada akhirnya Hwang Boo Yoon pun meminta Jang Se Chool untuk menggantikannya menjalani pemilihan perwakilan anggota majelis nasional (kongres). Karena Hwang Boo Yoon terluka oleh Jo Kwang Chun, bos gangster yang diperintahkan oleh politisi Choi Man Soo. Mampukah Jang Se Chool mendapatkan kepercayaan dari warga dan memenangkan pemilihan? Akankah masa lalu Jang Se Chool menjadi penghalang langkahnya untuk menjadi orang baik? Apalagi ternyata gangster Jo Kwang Chun memiliki rahasia akan masa lalunya? Akankah Kang So Hyun jatuh hati pada Jang Se Chool?

Kelebihan

Karakter utama pada film Long Live The King digambarkan sebagai seorang gangster, yang tentunya memiliki kesan tidak baik. Akan tetapi seiring berjalannya cerita, kita akan melihat bagaimana karakter Jang Se Chool berkembang menjadi lebih baik. Bahkan dapat menunjukkan kelebihannya sendiri. Seperti tidak mudah menyerah, jika sudah berkomitmen akan sesuatu maka akan berusaha sampai akhir dan lain-lain.

Motif Jang Se Chool untuk berubah menjadi baik memang tentang cinta. Tapi cerita film Long Live The King justru tidak berfokus pada hal percintaannya saja. Film ini jauh lebih kompleks, dengan menyajikan keseimbangan akan politik, aksi, drama, komedi dan kisah cinta menjadi sebuah kesatuan cerita yang menarik. Meskipun tidak banyak skinship yang ditunjukkan di film ini, namun chemistry Kim Rae Won dengan Won Jin Ah dapat terasa. Romance mereka di film ini terasa manis.

Behind The Scene Ending Credit Film Long Live The King
Sumber gambar: Hancinema
Behind The Scene Ending Credit Film Long Live The King
Sumber gambar: Hancinema

Adegan penutup pada film ini sedikit unik. Dimana batasan antara karakter film dengan aktor menghilang. Kemudian seluruh pemeran di film ini muncul untuk bernyanyi. Ternyata hal ini memang sengaja dirancang oleh director. Karena ia berharap penonton dapat memiliki pemikiran bahagia setelah menonton film Long Live The King.

Kekurangan

Long Live The King memiliki alur cerita yang mudah diprediksi. Dimana penonton dapat menebak dengan mudah apa yang akan terjadi pada karakter utama. Selain itu film ini menyajikan keseimbangan dari segi politik, aksi, drama, komedi dan romance. Akan tetapi akan terasa kurang bagi penonton yang menginginkan adanya adegan aksi yang intens atau konflik politik yang menantang.

Pelajaran dari Film Long Live The King

Dari karakter Jang Se Chool kita dapat mengambil pelajaran, bahwa setiap orang memiliki masa lalu. Terkadang seseorang yang terlihat jahat, memiliki alasan atau penyebab yang melatarbelakanginya. Karakter Jang Se Chool sangat menarik, meskipun ia seorang gangster tapi ia memiliki sisi lembut. Seperti yang dikatakan No Gab Soon, bahwa Jang Se Chool seperti Robin Hood.

Meskipun gangster, Jang Se Chool sering menolong orang lain dengan caranya sendiri. Ia memilki banyak sisi positif didalam dirinya. Ia tidak takut untuk meminta maaf akan kesalahannya. Ia pun tidak mudah menyerah. Ketika ia sudah memutuskan sesuatu, ia akan berusaha dengan semaksimal mungkin. Ia pun selalu berusaha untuk menepati janji yang dibuatnya.

Won Jin Ah dan Kim Rae Won 
Sumber gambar: imdb
Won Jin Ah dan Kim Rae Won
Sumber gambar: imdb

Penutup

Film Long Live The King cukup menghibur. Saya memberikan rating 8 dari skala 1-10. Meskipun film ini bercerita tentang politik, namun ceritanya tidak terlalu berat. Karena disajikan dengan menyeimbangkan unsur aksi, drama, komedi bahkan romance. Ayo, buktikan sendiri keseruannya dengan menonton filmnya.

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: