K-Drama “L.U.C.A.: The Beginning” – Monster Atau Super Hero?

Poster Drama LUCA

Tak terasa kita sudah berada di bulan Februari lagi nih. Dari semua daftar drakor yang paling dinanti di tahun 2021. Manakah yang paling sahabat drakorclass nanti? Kalau saya sendiri sangat menanti untuk menonton drama LUCA. Alasan terbesar sudah pasti karena Kim Rae Won oppa yang berperan di drama tersebut. Meskipun genre drama ini bukan genre favorit saya, tapi saya menjadi penasaran untuk melihatnya.

“Semua spesies berasal dari nenek moyang bersama dan berkembang dari waktu ke waktu”.

Charles Robert Darwin

Kutipan diatas dikemukakan oleh Charles Darwin yang dikenal sebagai Bapak Evolusi. Karena teori evolusi yang disampaikannya menjadi perdebatan panjang bahkan hingga saat ini. Kutipan tersebut merupakan inspirasi yang mendasari cerita dalam drama L.U.C.A. (Last Universal Common Ancestor). Drama LUCA sendiri bercerita tentang seorang laki-laki yang lahir ke dunia dengan kondisi genetika yang misterius. Semua hal tentang lelaki itu sangatlah misterius, dari mulai kekuatannya, identitasnya bahkan kehidupannya. Sebenarnya siapakah dirinya? Apakah dia seorang super hero atau monster?

Poster Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi
Poster Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi

Identitas Drama LUCA

Judul: L.U.C.A: The Beginning / LUCA
(루카: 더 비기닝 / Ruka: Deo Bigining)
Genre: Crime, Mystery Fiction, Suspense
Sutradara: Kim Hong Sun
Penulis: Chun Sung Il
Produksi: Studio Dragon tvN Production Plan
Perusahaan Produksi: Take One Company, H House
Jaringan Siaran: tvN (Korea) / Viu, iQiyi (Internasional)
Jadwal Tayang: Senin & Selasa pukul 21.00
Periode Tayang: 01 Februari – 09 Maret 2021
Jumlah Episode: 12

Pemeran Utama LUCA

  • Kim Rae Won sebagai Z-0 / Ji O, lelaki yang dikejar oleh orang-orang misterius, yang menyembunyikan kekuatan yang akan mengubah dunia.
  • Lee Da Hee sebagai Ha Neul Ae (Goo Reum), satu-satunya wanita yang tersisa dalam ingatan Ji O.
  • Kim Sung Oh sebagai Yi Son, seorang mata-mata yang dulunya bekerja dalam pasukan khusus. Ia memburu Ji O dengan naluri seperti binatang.
Hubungan setiap karakter dalam drama LUCA
Sumber gambar: TvN
Hubungan setiap karakter dalam drama LUCA
Sumber gambar: TvN

Pemeran Pendukung LUCA

  • Jung Da Eun sebagai Yoo Na, anggota Tim Yi Son
  • Kim Min Gwi sebagai Tae O, anggota Tim Yi Son
  • Lee Joong Ok sebagai Hwang Sik, anggota Tim Yi Son
  • Park Hyuk Kwon sebagai Kim Cheol Soo, Kepala National Intelligence Service (L.U.C.A. Project)
  • Jin Kyung sebagai Hwang Jung A, Pendiri Laboratorium Human Tech (L.U.C.A. Project)
  • Ahn Nae Sang sebagai Ryu Joong Kwon, Direktur Laboratorium Human Tech
  • Bae Ho Geun sebagai Kepala Peneliti Laboratorium Human Tech
  • Park Gyung Soon sebagai peneliti Laboratorium Human Tech
  • Kim Sang Ho sebagai Choi Jin Hwan, Kepala Unit Tim 1 Kejahatan dan Kekerasan
  • Hwang Jae Yeol sebagai Kim Yoo Cheol, anggota Unit Tim 1 Kejahatan dan Kekerasan
  • Han Kyu Won sebagai Kim Jin Soo, anggota Unit Tim 1 Kejahatan dan Kekerasan
  • Go Jin Soo sebagai detektif
  • Moon Jung Dae sebagai detektif
  • Ahn Chang Hwan sebagai Won Yi, teman Ji O
  • Lee Hae Young sebagai Oh Jong Hwan, professor di National Forensic Service

Sinopsis LUCA

Seorang lelaki terlihat tak sadarkan diri. Ia kemudian terbangun dan melihat kondisi sekitarnya. Ia tidak ingat apa yang sebenarnya telah terjadi. Memori dipikirannya kabur dan samar. Kejadian seperti ini tidak hanya sekali, tetapi sering terjadi. Lelaki tersebut sering terbangun di tempat asing yang tidak ia ketahui. Ia terbangun dengan banyak luka dan bahkan pernah membawa senjata. Lelaki itu adalah Ji O / Z-0 (Kim Rae Won).

Ji O / Z-0 (Kim Rae Won) berusaha menjalani hidupnya dengan berbaur ke masyarakat. Ia memiliki kekuatan super yang ia rahasiakan. Ia tak memahami kekuatan yang dimilikinya itu. Bahkan ia tidak mengetahui siapa dirinya sebenarnya. Ia menjalani kehidupan seorang diri. Ia pun selalu dikejar-kejar oleh sekelompok orang misterius. Apa yang sebenarnya mereka inginkan darinya? Ji O (Kim Rae Won) berusaha untuk mencari jawaban atas berbagai pertanyaan tentang dirinya dan apa yang terjadi pada hidupnya.

Pertemuan Ji O dan Goo Reum

Poster Pasangan Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi
Poster Pasangan Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi

Setelah berusaha bersembunyi dan menjalani kehidupan selama 1 tahun, Ji O (Kim Rae Won) menunjukkan kekuatannya pada dunia dengan memakainya untuk menyelamatkan nyawa seorang perempuan, Ha Neul Ae Goo Reum (Lee Dae Hee). Perempuan itu adalah seorang polisi wanita yang memilki tekad kuat. Jika Goo Reum (Lee Dae Hee) sudah memutuskan untuk beraksi, dia tidak akan merubah keputusannya apapun penyebabnya. Hal itulah yang menyebabkan ia dipindahkan dari Unit Investigasi Kejahatan ke Unit Kejahatan dan Kekerasan, karena ia berusaha untuk menyelidiki atasannya yang korupsi.

Goo Reum (Lee Dae Hee) memiliki rahasia tersembunyi sebagai seorang polisi. Selama ini ia memiliki misi pribadi untuk mencari kebenaran dibalik misteri kedua orang tuanya yang hilang. Ia kehilangan mereka sejak masih kecil. Pertemuannya dengan Ji O memberikan sedikit titik terang akan kasus yang selama ini ia cari. Goo Reum (Lee Dae Hee) mengingat bahwa ia pernah bertemu dengan Ji O saat mereka masih kecil. Kejadian tersebut terjadi sebelum kedua orang tuanya menghilang.

Pengejaran Oleh Yi Son

Aksi penyelamatan Ji O (Kim Rae Won) kepada Goo Reum (Lee Dae Hee) akhirnya diketahui juga oleh orang-orang yang ada di Laboratorium Human Tech (L.U.C.A Project). Yi Son (Kim Sung Oh) bersama dengan timnya diperintahkan kembali untuk memburu Ji O (Kim Rae Won). Sebelumnya Yi Son (Kim Sung Oh) sudah pernah mendapatkan misi untuk membawa Ji O (Kim Rae Won). Akan tetapi misi itu gagal, ia tidak berhasil menangkap Ji O (Kim Rae Won). Justru kejadian itu membuatnya kehilangan salah satu tangannya. Di misi kali ini, Yi Son (Kim Sung Oh) sangat berambisi untuk memburu Ji O (Kim Rae Won) yang telah melukai salah satu tangannya.

 Ji O dan Yi Son
Sumber gambar: Soompi
Ji O dan Yi Son
Sumber gambar: Soompi

Akankah Ji O (Kim Rae Won) tertangkap oleh Yi Son (Kim Sung Oh)? Siapa saja orang-orang dibalik Laboratorium Human Tech (L.U.C.A Project)? Apa yang mereka inginkan dari Ji O (Kim Rae Won)? Kemudian apakah Goo Reum (Lee Dae Hee) akan menemukan jawaban atas hilangnya kedua orang tuanya dari Ji O (Kim Rae Won)? Bagaimana hubungan Ji O (Kim Rae Won) dan Goo Reum (Lee Dae Hee) selanjutnya?

Trailer LUCA

Trailer Drama LUCA: The Beginning
Sumber: Youtube Viu Indonesia

Kesan Pertama K-Drama LUCA

Tim produksi drama LUCA mengatakan bahwa, aksi pengejaran yang melampaui batas manusia akan disuguhkan di layar. Para aktor sangat total memberikan segalanya untuk peran mereka, membantu menyempurnakan untuk mewujudkan drama dengan genre impian. Silahkan nikmati pengejaran dan aksi spektakuler dalam drama LUCA yang pasti akan menimbulkan sensasi.

Konferensi Pres Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi
Konferensi Pres Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi

Setelah menonton dua episode awal, saya menjadi semakin tertarik dan penasaran dengan drama ini. Saya pun tak sabar untuk menanti episode-episode selanjutnya. Berikut ini saya akan berbagi beberapa alasan mengapa sahabat drakorclass patut mencoba untuk menonton drama ini.

Cerita Menarik dan Membuat Penasaran

Setelah menonton dua episode awal drama LUCA, saya memiliki banyak sekali pertanyaan dibenak saya. Siapa sebenarnya Ji O (Kim Rae Won)? Bagaimana ia bisa memiliki kekuatan? Siapa saja orang-orang yang terlibat di Laboratorium Human Tech? Apa yang mereka kerjakan di Laboratorium tersebut? Mengapa banyak wanita hamil di gereja? Ada hubungan apa antara Laboratorium dengan sebuah ‘kultus’? Serta masih banyak pertanyaan lainnya. Episode awal drama ini berhasil membuat saya semakin penasaran dengan cerita selanjutnya.

Karakter dalam drama LUCA 
Sumber gambar: Soompi
Karakter dalam drama LUCA
Sumber gambar: Soompi

Apalagi tim produksi drama ini mengatakan bahwa penonton dapat melihat lahirnya genre baru yang inovatif dan berbeda dari drama LUCA. Penonton akan melihat sebuah drama hebat yang dihasilkan dari beberapa aktor hebat dan juga produser terbaik yang bekerja sama dalam memproduksi drama ini.

Drama Aksi 12 Episode

Sutradara LUCA adalah Kim Hong Sun yang ahli dalam genre seperti drama ‘Voice’ dan ‘The Guest’. Sang sutradara mengatakan bahwa drama ini adalah drama aksi yang keren dan menyenangkan. Elemen fantastis akan muncul ketika rahasia karakter Ji O (Kim Rae Won) terungkap. Sedangkan penulis drama ini adalah Chun Sung Il yang lebih sering bekerja dalam pembuatan film seperti ‘The Pirates’.

Drama LUCA dibuat berdasarkan konsep modifikasi genetik dan evolusi manusia. Penulis memulai dengan pertanyaan bahwa manusia selalu mencoba untuk merubah sesuatu, kecuali diri mereka sendiri. Jadi kenapa manusia berhenti pada manusia lain? Penulis kemudian berpikir tentang sebuah cerita yang mengangkat tentang akhir dari rasa kesepian. Sang penulis mengatakan bahwa ia berusaha untuk tidak mengambil alur cerita yang biasa dan ia berusaha menghindari ending yang dapat diprediksi. Bagaimana sahabat drakorclass, semakin penasaran bukan? Drama LUCA juga hanya berjumlah 12 episode loh. Drama yang cukup singkat dan padat untuk dinikmati.

Sinematografi Seperti Film

Sutradara Kim Hong Sun mengatakan bahwa pengambilan gambar drama LUCA dilakukan dengan arahan seperti membuat film bukan seperti pembuatan drama televisi. Setelah melihat dua episode awal, saya dapat melihat bahwa drama LUCA diproduksi dengan sangat baik. Pengambilan gambar dalam drama ini sangat artistik. Pemberian warna gelap, terang, merah dan kuning menambah kekayaan suasana cerita.

Penggunaan efek CGI dalam drama ini pun sangat sesuai. Pada episode pertama, saya berhasil dibuat kaget dengan kemunculan gorila di Laboratorium. Kemudian efek CGI yang diberikan ketika kekuatan karakter Ji O (Kim Rae Won) muncul sangatlah keren. Untuk episode kedua, saya sangat terkesan dengan adegan perkelahian yang terjadi didalam lift. Bayangkan saya bahwa ruangan lift itu cukup kecil, akan tetapi drama ini berhasil menunjukkan situasi perkelahian yang natural dan intens. Adegan-adegan aksi dalam drama ini sungguh menegangkan dan menarik.

Adegan aksi drama LUCA
Sumber gambar: daheeverse
Adegan aksi drama LUCA
Sumber gambar: daheeverse

Karakter Unik dalam LUCA

Dari identitas drama ini terlihat bahwa ada banyak tokoh yang terlibat didalam ceritanya. Dari dua episode awal saja, drama ini berhasil untuk memperkenalkan setiap tokoh dengan karakternya masing-masing. Kemudian kita pun dibuat penasaran dengan banyak hal tentang semua tokoh dan jalan cerita selanjutnya.

Ji O (Kim Rae Won) adalah orang unik yang memilki kekuatan spesial yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dengan memikirkan ‘hanya kamu orang yang seperti itu’ tentunya jika kita berada dalam posisnya kita akan merasa sangat kesepian. Ketika kita diminta untuk menggambarkan langit, biasanya kita akan menambahkan gambar awan. Berdasarkan hal itu nama karakter Goo Reum (Lee Da Hee) dalam bahasa Korea memiliki arti awan. Goo Reum adalah satu-satunya perempuan yang dapat melengkapi dunia kesepian Ji O. Layaknya langit yang membutuhkan awan untuk menjadi komplit. Goo Reum adalah satu-satunya orang yang dapat menerima Ji O apa adanya dan yang melengkapi dunianya. Itu adalah penjelasan yang diberikan penulis tentang dua karakter utama dalam drama LUCA.

Ji O dan Goo Reum
Sumber gambar: Soompi
Ji O dan Goo Reum
Sumber gambar: Soompi

Akting Yang Total

Akting Kim Rae Won dalam drama ini berhasil menampilkan seseorang yang kesepian dan putus asa untuk mengetahui siapakah dirinya. Kemudian tatapan mata yang dingin dan memburu dari akting Kim Sung Oh sangat sesuai dalam memerankan karakter jahat Yi Son. Aksi keduanya dalam adegan perkelahian dan kejar-kejaran sangat bagus dan natural. Begitu pun akting Lee Da Hee yang dapat memerankan karakter Goo Reum sebagai perempuan yang kuat.

Yi Son dan Yoo Na
Sumber gambar: daheeverse
Yi Son dan Yoo Na
Sumber gambar: daheeverse

Dari dua episode awal, karakter lain yang mencuri perhatian saya adalah Yoo Na yang diperankan oleh aktris Jung Da Eun. Di drama Mystic Pop Up Bar, Jung Da Eun memerankan karakter wanita kuat. Aktingnya di drama itu cukup menarik perhatian saya. Melihat kemunculannya di drama LUCA membuat saya semakin penasaran dengan karakter yang ia mainkan disini. Apalagi karakter Yoo Na ditampilkan dengan warna rambut merah yang sangat mencolok.

Romansa Yang Berbeda

Tim produksi drama LUCA mengatakan bahwa Ji O (Kim Rae Won) yang terlahir dengan kekuatan unik hanya dapat merasakan keamanan dan keselamatan dari Goo Reum (Lee Da Hee). Namun keduanya terhubung dalam takdir yang menyedihkan. Poin kunci dari drama ini ada pada bagaimana hubungan kedua tokoh utama berubah terutama saat karakter Ji O diburu dengan kejam. Penonton dapat melihat bagaimana emosi yang diciptakan oleh kedua tokoh utama ditengah adegan aksi yang dahsyat.

Dalam konferensi pers drama LUCA, Lee Dae Hee mengatakan bahwa drama ini memiliki romansa yang matang. Romansa dalam drama ini menampilkan kedekatan antara kedua tokoh utama yang tidak menyentuh. Dimana ada banyak perasaan putus asa diantara mereka, namun mereka tidak dapat bertemu. Bagian tersebut terasa menyebalkan juga sedih untuk dilihat.

Dari dua episode awal, kita dapat melihat bagaimana kedua tokoh utama ini sebenarnya sudah bertemu sejak mereka kecil. Kita pun perlahan-lahan dapat melihat bagaimana takdir keduanya saling terkait. Ji O (Kim Rae Won) berhasil menyelamatkan Goo Reum (Lee Dae Hee) sebanyak dua kali dari bahaya. Saya penasaran bagaimana romansa mereka akan disajikan dalam drama ini. Semoga memiliki akhir yang baik. Karena lihat saja foto dibawah ini, chemistry mereka berdua terlihat manis.

Behind The Scene Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi
Behind The Scene Drama LUCA
Sumber gambar: Soompi

Bagaimana sahabat drakorclass? Saya sudah tidak sabar menanti episode berikutnya. Untuk sahabat drakorclass jangan lupa untuk mencoba menonton drama ini ya.

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

4 Komentar

  1. […] Untuk yang ingin membaca lebih detail tentang drama ini, bisa membaca tulisan teman sekelas di tulisan K-Drama L.U.C.A.: The Beginning – Monster atau Super Hero? […]

  2. […] maniis banget. Di sini, Kim Rae Won yang garang sewaktu berakting di drama terbarunya yang berjudul L.U.C.A, tapi pernah melewati masa-masa so sweet dengan lawan mainnya kala itu, Moon Geun […]

  3. […] nih yang masih setia untuk menonton drama L.U.C.A: The Beginning setiap minggunya? Di minggu ini, drama LUCA akan tamat dengan 12 episode […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: