doctor slump

Doctor Slump, Ketika Siswa Terpintar Terpuruk Karirnya

Kdrama Doctor Slump mengisahkan 2 siswa terpintar di SMA selalu bersaing, lalu setelah lulus dan menjadi dokter ternama, mereka mengalami titik terendah dalam karirnya sebagai dokter. Di masa keterpurukannya, tak sengaja mereka bertemu kembali. Awalnya mereka masih seperti anjing dan kucing, tetapi lambat laun perasaan senasib dan gak ada kerjaan, mereka menjadi saling mendukung dan tentu saja karena ini genre romcom, mereka saling jatuh cinta.

Ada yang pernah mengalami masa terpuruk seperti mereka? Mungkin drama ini bisa jadi hiburan dan siapa tau bisa menambah semangat untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Drama yang menunjukkan roda kehidupan memang berputar dan kita tidak bisa selalu berada di atas dan ketika kita berada di bawah, dengan usaha yang tekun kita bisa kembali ke atas.

Karakter dan Pemain

Nam Ha Neul (Park Shin Hye)

Park Shin Hye menjadi pemeran utama wanita, memerankan tokoh bernama Nam Ha Neul. Sebagai dokter anestesi yang bercita-cita jadi profesor dan hobinya membaca berbagai jurnal kedokteran, tiba-tiba dia mendapati dirinya seperti kehilangan semangat hidup dan nyaris membiarkan dirinya ditabrak truk. Tentu saja dia tidak sampai jadi ditabrak truk, kalau sampe tertabrak, malah bingung mau cerita apa lagi di drama ini.

Nam Ha Neul merupakan siswa terpintar di kotanya di masa SMA, mereka ke Seoul karena ibunya mendukung keinginan putrinya untuk menjadi dokter. Seperti halnya semua orang pintar di sekolah, biasanya diharapkan jadi dokter. Ibunya selalu bangga dengan putrinya yang dari kecil selalu rajin belajar.

Yeo Jeong Woo (Park Hyung Sik)

Park Hyung Sik memerankan tokoh bernama Yeo Jeong Woo. Seorang dokter bedah plastik kaya raya berasal dari orang tua kaya raya dengan antrian pasien yang selalu panjang tiba-tiba harus menjual semua asetnya karena kasus meninggalnya seorang pasiennya di meja operasi. Padahal bedah kecantikan itu biasanya bukanlah operasi yang mengancam nyawa. Kejadian ini mengakibatkan dia dituntut karena pasiennya adalah seorang dari keluarga kaya dari luar Korea.

Karena kasus meninggalnya pasiennya, semua asetnya harus dijual dan dia pindah ke atap rumah biasa yang biayanya tidak terlalu mahal. Bukan hanya bangkrut secara materi, dia juga mengalami PTSD karena walaupun kasus pasiennya selesai, dia tetap sulit untuk kembali ke ruang operasi.

Bin Dae Yeong (Yoon Park) dan Lee Hong-ran (Gong Seong-ha)

Dokter Bin Dae Yeong, seorang dokter bedah kecantikan juga yang diperankan oleh Yoon Park, merupakan senior dari Yeo Jeong Woo yang nantinya akan berperan dalam membantu Yeo Jeong Woo kembali dari keterpurukannya. Selain itu ada dokter Lee Hong-ran yang juga merupakan dokter anestesi, sahabat Nam Ha-neul yang juga membantu Nam Ha-neul untuk bangkit kembali.

5 Hal Menarik dari Drama Doctor Slump

Sebelum saya melanjutkan apa yang membuat saya tertarik dan merekomendasikan drama ini, bisa juga dengarkan obrolan saya dengan classmate di podcast drakorclass beberapa waktu lalu.

Cara bercerita maju mundur

Drama ini dimulai dengan waktu di masa sekarang, sambil sedikit demi sedikit menceritakan masa lalu dari 2 tokoh utamanya di masa remaja sampai SMA. Kilas balik diberikan seperlunya dan tidak diulang terlalu banyak, tidak seperti banyak drama yang mengulang scene yang sama berulang-ulang untuk menambah durasi.

Penjelasan masa lalu yang sedikit demi sedikit seperti di drama ini tentu lebih menarik buat saya, daripada cerita terlalu banyak di masa lalu sebelum maju ke masa sekarang. Porsi kilas baliknya juga hampir selalu di awal episode atau di bagian epilog.

Isu Kesehatan Mental

Salah satu isu yang diangkat dalam drama ini adalah isu kesehatan mental. Bagaimana Nam Ha Neul yang tidak bisa mengatakan apa yang dia rasakan dan menerima saja perlakuan dari seniornya membuatnya kelelahan dan tidak disadari jadi depresi.

Walaupun tidak seberat cerita Kdrama Daily Dose of Sunshine, drama Dr. Slump ini juga mengingatkan penonton kalau penyakit mental itu tidak ada bedanya dengan penyakit fisik lainnya yang perlu diobati. Seperti halnya kalau kita luka perlu diberi obat merah, maka ketika kita kesehatan mental kita terganggu, kita juga perlu mengobatinya.

Selain depresi, drama ini juga mengenalkan penyakit Post Traumatic Stress-Disorder (PTSD) yang dialami oleh Yeo Jeong Woo yang sempat membuatnya takut untuk melakukan operasinya lagi karena pengalaman pasiennya meninggal di meja operasinya. Kalau dia tidak mengatasi PTSD nya, tidak mungkin dia bisa kembali ke ruang operasi.

Perkembangan Karakter

Perkembangan karakter Nam Ha Neul dan Yeo Jeong Woo juga membuat drama ini semakin menarik buat saya. Penggambaran bagaimana mereka di masa remaja, yang sepertinya bersaing tapi ternyata cukup saling memperhatikan. Lalu bagaimana ketika mereka bertemu lagi, mereka masih seperti anjing dan kucing, tetapi ketika mengetahui kalau mereka sama-sama sedang terpuruk dan kebetulan sering bertemu, lambat laun mereka jadi saling terbuka satu sama lain.

Namanya juga drama, tentu saja drama ini akan menunjukkan proses mereka akhirnya menyadari kalau mereka saling suka. Bukan cuma suka sih, mereka seperti mengobati satu sama lain. Mereka menjadi support system satu sama lain.

Apalagi kemudian ternyata penyebab keterpurukan mereka itu adalah orang yang sama-sama mereka kenal.

Kisah Para Pendukung

Ada banyak isu lain yang berusaha diangkat dalam drama ini. Selain isu kesehatan mental, ada juga isu orang tua tunggal. Cerita dari dokter Bin Dae Yong dan Lee Hong Ran yang sama-sama orang tua tunggal, menjadi bumbu cerita yang manis dan menambah kesan komedi dalam drama ini. Kalau menurut saya, andai dibuat cerita mereka berdua saja juga akan cukup menarik untuk disimak.

Dinamika keluarga Nam Ha Neul juga menambah kehangatan cerita drama ini. Bagaimana ibunya yang berusaha menyediakaan makanan yang cocok untuk orang depresi, atau adik Nam Ha Neul yang awalnya digambarkan hidupnya tidak punya cita-cita atau rencana, yang sampai akhirnya menemukan apa yang bisa dia kerjakan. Lengkap juga dengan cerita paman Ha Neul yang membuka restoran.

Cerita keluarga Nam Ha neul secara keseluruhan menarik, karena mereka pindah ke Seoul untuk mendukung Nam Ha neul yang akan menjadi dokter. Jadi bisa dibayangkan reaksi mereka awalnya ketika Ha neul tidak bisa bekerja karena penyakit depresinya, akan tetapi ya tentu saja semua berakhir dengan bahagia.

Semua Bahagia

Penonton drama romcom tidak suka dengan ending yang tidak bahagia. Nah, drama ini sudah pasti berakhir bahagia. Saya tidak akan sebutkan satu demi satu kebahagiaannya, tonton saja sendiri drama yang sudah lengkap 16 episode yang bisa ditonton di Netflix ini ya!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park