Daily Dose of Sunshine : Mental Health : Dari Hati ke Hati

Annyeonghaseyo chingudeul

Siapa yang sudah nonton drama Daily Dose of Sunshine? Beberapa hari lalu, saya, mbak Ima, Manchin, dan Kak Risna ngobrolin drama terbaru Park Bo Young ini. 

Saking serunya, podcast kali ini sampai jadi dua episode, lho! Penasaran apa saja yang kami obrolin? Yuk, dengarkan podcast di bawah ini. 

Nah, sambil dengerin podcast nya, boleh yuk baca artikel ini sampai habis. 

Profil Drama Daily Dose of Sunshine

Judul : Daily Dose of Sunshine / Morning Comes to Psychiatric Wards Too

(Jungshinbyungdongedo Achimyi Wayo/ 정신병동에도 아침이 와요)

Pemeran Utama : Park Bo Young, Yeon Woo Jin, Jang Dong Yoon, Lee Jung Eun

Tanggal Rilis : November 3, 2023

Tayang Setiap : Completed

Genre : Slice of life, Medical, Psychological

Episode : 12

Network : Netflix

Sinopsis Drama Daily Dose of Sunshine

Drama Daily Dose of Sunshine

Drama ini menceritakan kehidupan sehari-hari Jung Da Eun (Park Bo Young) yang bekerja sebagai perawat di bangsal neuropsikiatri. Sebelumnya, Da Eun bekerja di poli penyakit dalam. 

Meski sedikit kesulitan, Da Eun akhirnya bisa menyesuaikan diri dengan tugasnya merawat pasien-pasien dengan gangguan mental. 

Beruntung, ada kepala perawat Song Hyo Jin (Lee Jung Eun) yang dengan sabar dan telaten membimbingnya. Rekan sejawatnya juga baik dan tak segan membantu Da Eun. 

Setiap episode dari drama ini membahas berbagai jenis penyakit mental. Semuanya disajikan dalam cerita yang ringan, sehingga penonton bisa menikmatinya. Maklum saja, drama ini diangkat dari kisah nyata perawat bangsal neuropsikiatri. 

Baca Juga : Catatan dari IOTNBO: Kesehatan Mental, Parenting, dan Ending

Ya, drama Daily Dose of Sunshine ini diangkat dari webtoon yang ditulis oleh karya Lee Ra-ha. Sang penulis merupakan mantan perawat yang membingkai pengalamannya menghadapi pasien ke dalam webtoon tersebut.

Da Eun memiliki sahabat bernama Song Yu Chan (Jang Dong Yoon). Yu Chan selalu menemani Da Eun. Siapa sangka, dibalik keceriaannya, Yu Chan memiliki gangguan kecemasan. Dan, ternyata Yu Chan juga memendam rasa pada Da Eun. Dia jatuh cinta pada sahabatnya sendiri. 

Di satu sisi, Da Eun bertemu dengan dokter  Dong Go Geun (Yeon Woo Jin). Do Go Geun adalah dokter spesialis proktologi. Go Geun ini menderita OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Di pun menemui dokter psikiatri untuk meminta bantuan menghilangkan kebiasaannya membunyikan jari-jari tangannya.

Sering bertemu dan melihat Da Eun tersenyum membuat Go Geun tiba-tiba sembuh. Dia tak lagi memiliki kebiasaan membunyikan jari-jarinya. 

Dia merasa, Da Eun adalah penyembuhnya. Perasaanya pada Da Eun terus tumbuh. Hingga akhirnya menyatakan cinta. 

Kesan Pertama

Saat tahu ada drama ini, tanpa banyak pertimbangan, saya pun nonton. Maklum, saya salah satu penggemar Park Bo Young. Selain itu, isu kesehatan mental itu menarik. Saya ingin tahu banyak. 

Episode pertama, saya merasa langsung tertampar. Bagaimana tidak, episode pertama yang membahas bipolar ini menjadi pengingat bagi saya. 

Bahwa, meskipun saya punya cinta yang besar pada anak-anak saya, saya tidak boleh overprotective. Jangan sampai anak-anak kehilangan jati diri hingga akhirnya terkena bipolar. 

Konflik

Konflik yang dihadirkan dalam drama ini sangat menarik. Tak hanya menceritakan perjuangan para pasien dalam mengobati sakit mentalnya, tetapi juga bagaimana kehidupan para perawat di bangsal neuropsikiatri. 

Baca Juga : Drama Daily Dose of Sunshine, Siapapun Bisa Sakit Mental

Dalam drama ini, ditunjukkan bahwa siapa saja bisa menjadi pasien di bangsal neuropsikiatri. Mulai dari laki-laki maupun perempuan. Dari berbagai usia dan latar belakang sosial ekonomi. 

“Apakah harta berlimpah bisa melindungi dari penyakit mental, dan kekurangan menyebabkan penyakit mental?” – Hwang Yeo Hwan

Drama ini menunjukkan bahwa perjuangan untuk sembuh dari penyakit mental itu tidak mudah. Belum lagi, ketika sembuh dan kembali ke masyarakat, masih harus menghadapi stigma. 

Kisah Cinta

Kisah cinta pemeran utama dalam drama ini tipis banget. Meski ada cinta segitiga antara Da Eun, Go Geun, dan Yu Chan, tidak dibahas dalam porsi besar. 

Drama Daily Dose of Sunshine

Bahkan, lebih banyak scene kisah cinta dokter Hwang Yeo Hwan (Chang Ryul) dan perawat Min Deul Re (Lee E Dam). 

Meski begitu, kisah cinta Da Eun ini membuat banyak penonton yang terkena second lead syndrome. Banyak yang ingin Da Eun bersama Yu Chan saja. Sahabat jadi cinta gitu. Hehehe. Tapi, kalau saya sih tetap memilih dokter Go Geun saja. Biarkan Da Eun berlabuh sama pak dokter. 

Mental Health : Dari Hati ke Hati

Drama Daily Dose of Sunshine ini mengajak penonton untuk memahami kesehatan mental dari hati ke hati. Bagaimana penonton diajak mengenal berbagai penyakit mental. 

Baca Juga : Kesehatan Mental dan Drama Mad for Each Other

Lalu, diedukasi bahwa jika kita merasa memiliki gangguan mental, jangan segan untuk menghubungi para ahli. Berobatlah ke bangsal neuropsikiatri. Jangan lakukan self diagnose sendiri. 

Drama Daily Dose of Sunshine

Drama Daily Dose of Sunshine juga mengingatkan penonton untuk mencintai diri sendiri. Tak perlu selalu menyenangkan orang lain. 

Kesan Ending

Meski beberapa penonton sempat terkejut dengan plot twist , Daily Dose of Sunshine berakhir dengan baik. 

Endingnya mampu menyelesaikan semua konflik yang ada. Semua orang bahagia, karena berhasil menghadapi kesulitannya masing-masing. 

Drama Daily Dose of Sunshine

Perjuangan menghadapi penyakit mental memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin. Semua orang bisa menjadi pasien dan semua pasien pasti sembuh. 

“Kata orang, sebelum fajar datang, ada subuh yang tergelap. Tetapi, satu hal yang pasti. Tak ada yang jadi pasien sejak lahir, dan tak ada yang jadi pasien sampai akhir. Tak mungkin langit gelap selamanya,fajar pasti segera tiba.” – Song Hyo Jin

Penutup

Secara keseluruhan cerita drama Daily Dose of Sunshine ini sangat menarik. Penuh insight dalam memahami kesehatan mental. 

Drama ini sangat recommended untuk ditonton. Oh ya, pastikan saat menonton sobat Drakor Class jangan terhanyut, ya! Jangan sampai kurang tidur karena maraton, hehe. 


Posted

in

,

by


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park

%d