Ghost Doctor

Ending Ghost Doctor: Akhir Bahagia Bagi Semuanya

Drama “Ghost Doctor” (2022) yang dibintangi Rain dan Kim Bum sudah tamat sejak 22 Februari 2022 yang lalu. Sudah pada nonton belum? Kalau sudah bagaimana pendapat kalian tentang endingnya? Suka atau tidak? Kalau saya pribadi puas dengan eksekusi 16 episode drama bergenre medis ini. Apalagi semua bahagia di akhir cerita. Lega rasanya.

Sebelumnya sudah ada dua tulisan dari teman-teman Drakor Class tentang drama “Ghost Doctor” ini. Tulisan pertama berjudul “Ghost Doctor: Mengungkap Kasus dan Menjunjung Integritas” sedangkan tulisan kedua mengambil judul “3 Alasan Ghost Doctor Menarik Ditonton”. Karena banyak hal telah dibahas dalam tulisan sebelumnya, di tulisan kali ini saya akan mengulas tentang akhir cerita saja. Jadi bagi yang belum menonton, sebelum membaca tulisan saya silahkan mampir ke dua tulisan tersebut untuk tau sinopsis dan cerita sebelumnya, ya.

Saya peringatkan terlebih dahulu bahwa tulisan kali ini akan penuh dengan spoiler. Bagi yang belum menonton dan tidak suka mendapatkan spoiler sebaiknya berhenti sampai di sini.

Bagi yang sudah menonton, sebelum membaca tulisan saya silahkan mampir ke podcast terbaru kami yang membahas tentang ending drama “Ghost Doctor” ini. Dijamin seru deh obrolannya.

Akhir Kisah Cha Young Min dan Go Seung Tak

Seperti telah dibahas dalam tulisan sebelumnya, Cha Young Min (Rain) adalah seorang dokter bedah kardiotoraks yang amat kompeten di bidangnya. Pada suatu hari dia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dirinya koma. Lalu saat menjadi hantu koma tersebut, Cha Young Min bekerjasama dengan Go Seung Tak (Kim Bum) untuk menyelamatkan para pasien dengan cara merasuki tubuhnya.

Nah, pada akhir episode diceritakan bahwa Cha Young Min akhirnya menjalani operasi yang menentukan kelangsungan hidupnya. Sekali lagi dia merasuki tubuh Go Seung Tak dan mengoperasi dirinya sendiri. Meskipun di tengah operasi Cha Young Min tersentak keluar dari tubuh Go Seung Tak, namun operasi itu tetap berjalan lancar karena Go Seung Tak akhirnya berani melakukan operasi setelah menjalani pelatihan dari dokter Cha dan terus menerus diyakinkan bahwa dia bisa melakukannya.

Akhirnya setelah operasinya berhasil, Cha Young Min pun bangun dari koma tanpa melupakan hal-hal yang terjadi saat dia masih menjadi hantu gentayangan. Ini bisa dibilang kasus khusus karena menurut salah satu hantu senior, seharusnya orang yang terbangun dari koma tidak mengingat apapun yang dialami oleh roh atau jiwanya.

Saya merasa senang sekali dengan ending yang membahagiakan ini karena sebelumnya saya sempat mengira bahwa drama ini akan berakhir dengan kematian dokter Cha. Syukurlah penulis berbaik hati memberikan akhir yang bahagia.

Akhir kisah Cha Young Min dan Jang Se Jin

Cha Young Min dan Jang Se Jin (Uee) adalah sepasang kekasih yang terpisah 12 tahun yang lalu akibat keadaan. Young Min yang tidak tahu alasan Se Jin pergi meninggalkannya menyimpan kebencian dalam hatinya selama bertahun-tahun. Namun akhirnya mereka bertemu kembali saat ayah Se Jin sakit dan meminta operasi kepada dokter Cha.

Ketika dokter Cha koma, Se Jin yang sudah menjadi dokter bedah syaraf mengajukan diri merawatnya. Saat itulah Young Min menyadari dan memahami apa yang sebenarnya terjadi di antara mereka berdua.

Di akhir cerita saat Young Min akhirnya terbangun dari koma dia sempat berpura-pura di depan Se Jin bahwa dia lupa apa yang terjadi ketika dia menjadi hantu. Saya sempat berpikir bahwa kisah cinta mereka akan kembali kandas di tengah jalan. Tapi sekali lagi saya bersyukur karena penulis sekali lagi berbaik hati memberikan akhir yang bahagia bagi mereka berdua. Se Jin ternyata tahu bahwa Young Min berpura-pura. Mereka pun berbaikan dan memulai kembali kisah asmara yang pernah terputus.

Akhir Kisah Go Seung Tak dan Oh Soo Jeong

Go Seung Tak dan Oh Soo Jeong (Son Na Eun) adalah teman yang berasal dari kampus yang sama. Hubungan mereka tampak akrab meskipun kadang Soo Jeong bersikap kasar kepada Seung Tak.

Ternyata mereka berdua memiliki sejarah panjang yang saling berkaitan. Kakek Soo Jeong adalah dokter yang menyelamatkan nyawa Seung Tak ketika dia mengalami kecelakaan saat masih kecil. Namun saat itu kakek Soo Jeong menyelamatkannya bukan dalam wujud manusia. Melainkan sebagai hantu yang merasuki dokter lain.

Saya sebetulnya masih ragu apakah terjadi kisah romantis di akhir cerita antara Seung Tak dan Soo Jeong. Yang jelas Soo Jeong sudah menyatakan perasaannya dan Seung Tak tampak senang dengan pengakuan tersebut. Pasangan ini memang menggemaskan.

Akhir Kisah Para Hantu

Sebagai pelengkap kisah, ada 6 hantu yang muncul dalam drama ini selain hantu Cha Young Min.

Hantu pertama adalah hantu yang dikenal dengan nama Tes. Namanya semasa hidup adalah Oh Joo Myung. Dia adalah kakek dari Oh Soo Jeong yang menyelamatkan Go Seung Tak saat kecil. Dia juga dokter yang merasuki Cha Young Min saat dia masih menjadi mahasiswa magang. Di akhir cerita akhirnya dia kembali ke akhirat setelah tertahan selama 20 tahun di dunia. 

Hantu kedua dan ketiga adalah hantu gadis yang sedang menempuh program doktoral dan seorang aktor. Mereka menjadi dekat saat menjadi hantu. Akhirnya setelah diketahui apa yang menyebabkan mereka belum sadarkan diri, mereka berdua berhasil bangun dari koma. Sayangnya mereka lupa apa yang terjadi kepada rohnya selama ini. Meskipun begitu dia seperti memiliki firasat yang membuat keduanya akhirnya kembali bertemu.

Hantu keempat adalah hantu Ketua Jang atau ayah Jang Se Jin. Dia akhirnya meninggal setelah percobaan pembunuhan yang terjadi kepadanya setelah operasi. Meskipun begitu dia pergi dengan tenang setelah mengirim pesan kepada Se Jin melalui Go Seung Tak.

Hantu kelima adalah hantu penjual kue kenari. Sayangnya sampai akhir dia belum berhasil sadar dari komanya dan memilih dipindahkan ke rumah sakit dekat rumahnya. Meskipun begitu dia bersyukur karena bisa memberikan resep kue kenari buatannya kepada sang istri lewat bantuan Go Seung Tak. Berkat resep itu tokonya yang sempat bangkrut kembali ramai pengunjung.

Hantu keenam adalah hantu pengendara motor yang menyebabkan kecelakaan dokter Cha. Ketika menjadi hantu dia bercerita bahwa dia diperintahkan untuk menghambat dokter Cha kembali ke rumah sakit setelah operasi Ketua Jang. Saat itulah terjadi kecelakaan yang menyebabkan dokter Cha dan sang pengendara koma. Dia sempat minta maaf dan berjanji akan membongkar semuanya jika bisa sadar lagi. Sayangnya saat sadar dia tidak ingat apa yang dia ucapkan.

Akhir Bahagia Meski Tak Sempurna

Ending drama ini cukup membuat saya merasa lega setelah menontonnya. Meskipun tidak semua tokoh bisa kembali hidup dan sehat, namun semuanya mendapatkan akhir yang bahagia sesuai dengan porsinya.

Bagi kalian yang belum menonton drama ini saya merekomendasikan untuk segera menonton. Meskipun di beberapa bagian tampak serius, namun drama ini cukup menghibur bagi saya. Tidak percaya? Tonton sendiri saja.


Posted

in

by

Tags:


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park