5 Cerita Klise dalam “Business Proposal” yang Drakor Banget

Lucu dan menghibur. Itu adalah kesan pertama saya setelah menonton episode awal dari drama Korea terbaru, “Business Proposal”. Drama yang diangkat dari webtoon berjudul “The Office Blind Date” ini tayang perdana 28 Februari 2022 yang lalu.

Dibintangi oleh Ahn Hyo Seop dan Kim Sejeong, 4 episode awal drama ini sukses membuat saya tertarik untuk meneruskan nonton episode-episode berikutnya. Padahal, ide ceritanya sederhana, very drakor dan ngembat semua cerita klise khas drama Korea.

Seperti apa ceritanya dan apa yang bikin drakor banget ini menarik untuk ditonton? Baca ulasannya di tulisan ini ya 🙂

Baca tentang : 5 Alasan Drakor “RomCom” Selalu Evergreen

Profil K-Drama “Business Proposal”

poster business proposal
Business Proposal

Judul : Business Proposal

Hangeul : 사내맞선

Sutradara : Park Sun Ho

Penulis Naskah : Hae Hwa (Web Novel), Han Sul Hee, Hong Bo Hee

Ditayangkan di : SBS, Netflix

Jumlah Episode : 12

Pemeran :

Ahn Hyo Seop sebagai Kang Tae Moo

Kim Sejeong sebagai Shin Ha Ri

Kim Min Kyu sebagai Cha Sung Hun

Seol In Ah sebagai Jin Yeong Seo

Sinopsis K-Drama “Business Proposal”

Bercerita tentang Shin Ha Ri (Kim Sejeong), seorang gadis dari keluarga sederhana yang bekerja di sebuah perusahaan besar di bawah pimpinan Kang Tae Moo (Ahn Hyo Seop).

Baca juga : Lovers of the Red Sky, Yes or No?

Suatu hari, Jin Yeong Seo (Seol In Ah), meminta Shin Ha Ri untuk menggantikan dirinya hadir dalam kencan buta yang diatur oleh ayahnya. Ha Ri pernah beberapa kali menggantikan Yeong Seo datang ke kencan buta untuk menggagalkan perjodohan sahabatnya tersebut.

Singkat cerita, ternyata Kang Tae Moo adalah orang yang ditemui Ha Ri pada kencan buta tersebut. Malang tak dapat ditolak, Kang Tae Moo mengetahui bahwa perempuan yang ditemuinya bukanlah Jin Yeong Seo.

Karena takut dituntut dan ketahuan kalau Ha Ri adalah bawahan yang bekerja di perusahaan Tae Moo, Ha Ri menyetujui rencana Tae Moo untuk berpura-pura menjadi kekasihnya di hadapan kakek Tae Moo.

Cerita Klise dalam K-Drama “Business Proposal”

Chingudeul kalau nonton drama ini nggak usah banyak mikir, cukup duduk manis dan nikmati aja semua cerita klise dan kekocakan adegan-adegannya. Berikut adalah 5 cerita klise dalam “Business Proposal” yang ngikutin banget pakemnya drama Korea :

Hubungan Berdasarkan Kontrak

Dalam drama ini, Kang Tae Moo mengikat Shin Ha Ri dalam sebuah kontrak perjanjian untuk menjadi sepasang kekasih. Alasannya, Tae Moo sudah gerah mendengarkan ceramah kakeknya yang ingin melihat Tae Moo menikah dan membina rumah tangga.

business proposal kdrama

Ha Ri pun mau nggak mau menuruti Tae Moo karena takut identitas aslinya diketahui dan ia dikeluarkan dari perusahaan. Ha Ri yang menggunakan nama samaran Shin Geum Hui pun berpura-pura menjadi kekasih Kang Tae Moo di depan kakek Tae Moo.

Cinderella Story

Shin Ha Ri memang bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang cukup, akan tetapi seluruh penghasilannya digunakan untuk melunasi hutang-hutang kedua orang tuanya yang terus bertambah. Sebagai pemilik kedai ayam goreng, kedua orang tua Ha Ri menggantungkan hidupnya untuk membayar hutang pada putri sulungnya tersebut.

business proposal kim sejeong ahn hyo seop
(Ceritanya) Pertemuan Pertama

Sandwich generation ini pun bertemu dengan Kang Tae Moo, seorang pria tampan, chaebol dan menjanjikan sejumlah uang dalam jumlah besar jika Ha Ri mau bekerja sama dengannya. Meskipun baru 4 episode, nggak usah ditebak lagi ending kisah mereka seperti apa.

Office Romance

kang tae moo shin ha ri
Bekerja di Perusahaan yang Sama

Biar kedua tokoh utama makin sering ketemu, dibuatlah keduanya menjadi atasan dan bawahan di sebuah perusahaan yang sama. Shin Ha Ri bekerja di departemen pengembangan produk sementara Kang Tae Moo menjadi CEO di perusahaan tempat Ha Ri bekerja.

Baca juga : 5 Drama Korea Bertema Office Romance

Ha Ri yang mengubah namanya menjadi Geum Hui saat menjadi kekasih (bohongan) Kang Tae Moo, selalu ketakutan dan menghindar saat harus berpapasan dengan bosnya di kantor. Takut ketauan ngibulnya! Kalau beneran udah ketauan, kira-kira gimana nasib Ha Ri di kantor ya?

Bertetangga dengan Si Dia

Selain cerita Ha Ri dan Tae Moo, ada juga kisah cinta second lead yang nggak kalah menarik yaitu antara Cha Sung Hun (Kim Min Kyu) dan Jin Yeong Seo (Seol In Ah).

Dalam drama ini, Kim Min Kyu berperan sebagai Cha Sung Hun, sekertaris Kang Tae Moo yang nggak kalah kharismatik. Seol In Ah berperan sebagai Jin Yeong Seo, sahabat ngebodor-nya Shin Ha Ri.

seol in a kim min kyu
Second lead couple

Jin Yeong Seo yang menolak perjodohan dengan Kang Tae Moo ternyata jatuh hati pada pandangan pertama pada Cha Sung Hun. Ia pun rela meninggalkan rumah untuk menghindari perjodohan yang selalu diatur oleh ayahnya demi menemukan cinta sejatinya sendiri.

Yeong Seo pun menyewa apartemen dan hidup dengan mencoba untuk tidak lagi bergantung pada ayahnya, mau mandiri ceritanya. Ternyata eh ternyata, pujaan hatinya tinggal di apartemen sebelah tempat ia tinggal. Persis! Eciyeee~ apakah artinya takdir yang mempertemukan mereka kembali? Kkk …

Benci Jadi Cinta

Balik lagi ke Shin Ha Ri dan Kang Tae Moo. Mulanya Ha Ri sangat terganggu dan tidak nyaman dengan keberadaan serta sikap Tae Moo yang judes dan dingin. Tae Moo pun kesal karena Ha Ri membohonginya di kencan buta hingga menjadi wanita yang hampir dia nikahi.

business proposal

Dari cerita ini, sebelum menonton episode-episode berikutnya penonton udah tau lah yaa mau dibawa ke mana arah hubungan mereka ini nantinya. Haha..

Rekomendasi

Yak! Itu tadi 5 cerita klise dalam drama Korea “Business Proposal” yang drakor banget. Penonton drakor dari bertahun-tahun lalu pasti sudah hafal dengan jalan cerita seperti ini. Akan tetapi, meskipun ceritanya receh, ringan dan konyol lebay gitu, drama ini cocok banget jadi tontonan hiburan.

kim sejeong seol in ah
Bestie~

Baca juga : Review K-Drama “So I Married the Anti-fan”

Salah satu yang menjadi daya tarik drama ini selain taburan visual dari pemainnya yaitu akting kocak dari Kim Sejeong serta Seol In Ah. Dua aktris cantik ini nggak segan menunjukkan kemampuan aktingnya yang membuat mereka terlihat bodoh, konyol dan hiperbola. Daebak lah!

Sekian dulu ulasan “Business Proposal” kali ini. Selamat menonton, chingudeul!

4 pemikiran pada “5 Cerita Klise dalam “Business Proposal” yang Drakor Banget”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: