Rayakan Hardiknas, Nikmati 6 Rekomendasi Drama Korea Bertema Pendidikan Berikut Ini

Annyeong haseyo sobat Drakor Clas.. 

Apa kabar? 

Kemarin, tanggal 2 Mei 2024 diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Momen yang pas untuk menikmati drama Korea bertema pendidikan. 

Drama Korea bertema pendidikan ini banyak banget, lho. Sistem pendidikan di Korea cukup sering diangkat menjadi cerita dalam sebuah drama. Bukan hanya kisah cinta di sekolah saja, tetapi juga beberapa hal yang berhubungan dengan sistem pendidikan di Korea. Mulai dari iklim pendidikan yang sangat kompetitif, perjuangan mendapatkan universitas favorit, hingga bagaimana gigihnya murid-murid di Korea dalam belajar. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar di akademi (tempat bimbel). 

Nah, memangnya ada drama Korea (drakor) apa saja sih yang akan dibahas hari ini? Baca sampai habis, ya! 

Sky Castle (2019) 

Drama Korea Sky Castle

Drakor bertema pendidikan pertama yang bisa dinikmati di momen perayaan Hardiknas ini adalah Sky Castle. Drama yang tayang pada tahun 2019 ini mencuri perhatian sejak pertama kali tayang. 

Sky Castle bercerita tentang empat keluarga yang tinggal di perumahan elit. Keempatnya punya ambisi sama. Para orang tua ingin anaknya masuk universitas terbaik di Korea. 

Ambisi orang tua ini tak main-main. Mereka bahkan menggunakan segala cara agar keinginannya tercapai. Salah satunya bersaing mendapatkan tutor terbaik untuk bisa mendampingi anaknya belajar di rumah. 

Menonton drama ini bisa menjadi refleksi orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Orang tua boleh punya impian terbaik untuk pendidikan anak-anaknya, tetapi jangan menghalalkan segala cara. 

Baca Juga : Sky Castle, Drama Keluarga Sarat Pelajaran Hidup

Meski pilihan orang tua itu pada dasarnya baik, namun tetap perhatikan kemampuan serta minat dan bakat anak. Jangan sampai anak mengalami tekanan karena harus menuruti ambisi orang tua. 

The Penthouse (2020) 

Drakor The Penthouse

The Penthouse adalah drama Korea yang sensasional. Drama ini bercerita tentang kehidupan pasangan yang tinggal di apartemen mewah. Dibalik persaingan menjadi yang nomor satu di griya tawang, drama ini juga mengangkat cerita pendidikan di Korea. 

Sebagaimana kita ketahui bersama, Korea terkenal sangat kompetitif dalam pendidikan. Persaingan memperebutkan sekolah favorit bukanlah hal baru. 

Kalau dalam drama Sky Castle berebut bisa masuk sekolah kedokteran favorit di Korea, dalam drama The Penthouse ini yang jadi perebutan adalah sekolah musik. 

Banyak siswa di Korea bersaing untuk bisa masuk sekolah musik favorit dan bisa menjadi bagian dari orkestra terkenal. Meski sering mendapatkan kritikan dari Knetz, drama Penthouse terus melaju dengan rating tinggi. 

Saking fenomenalnya, drama ini bahkan digarap hingga 3 season. Dan semua musimnya selalu mendapat rating yang baik. Walau banyak yang bilang drama The Penthouse ini termasuk drama makjang, ada banyak inspirasi pendidikan yang bisa diambil disini. 

Mulai dari perjuangan masuk sekolah musik favorit, bentuk dukungan yang dilakukan oleh orang tua, hingga bagaimana menjadi musikus di Korea termasuk karir yang bergengsi dan disegani. 

High Class (2021)

Drama Korea High Class

Drama ini mengangkat cerita SD terbaik di Korea yang ada di Pulau Jeju. Tidak semua anak bisa belajar di SD ini. Hanya anak-anak highclass saja yang bisa. Anak para sultan. Sekolahnya mahal tetapi punya fasilitas yang luar biasa. 

HSC International School adalah sekolah yang ada di drama ini. Sekolah tersebut dikatakan elit bukan hanya karena hanya menerima siswa pintar, tapi juga kaya. Pasalnya, orang tua harus merogoh kocek mencapai 100 juta won per tahun.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Masalah Pendidikan di Drama Korea: Apa Kabar Pendidikan di Indonesia? 

Tak hanya mengangkat cerita bagaimana pendidikan di sekolah elit, drama ini juga bercerita tentang kasus perundungan. Meski pahit, nampaknya perundungan masih tetap membayangi proses pendidikan. Nyatanya, sekolah elit pun tak berarti bebas bullying

Green Mother’s Club (2022) 

Drama Korea The Green Mother's Club

Kalau anak SMA bersiap menghadapi ujian masuk universitas, itu wajar. Namun, bagaimana jika anak SD sudah disiapkan untuk masuk ke universitas? 

Inilah cerita yang diangkat dalam drama Green Mother’s Club. Drama ini bercerita tentang kehidupan ibu-ibu dalam mendidik anak-anak. Ibu-ibu ini saling bersaing agar anak-anak mereka bisa masuk ke universitas terbaik di Korea, padahal anaknya baru kelas 1 SD!

Di sini, peran ibu sangat sentral. Ibu adalah penanggung jawab utama dalam kesuksesan pendidikan anak-anaknya. Tak heran, para ibu dalam drama ini saling bersaing. Mereka berlomba-lomba agar anaknya meraih nilai terbaik. 

Tak hanya mendampingi anak belajar, para ibu juga aktif mencari tempat les dan beragam perlombaan untuk meningkatkan prestasi anaknya. Bahkan, para ibu harus bisa membuat rancangan biaya pendidikan anaknya. Wah, luar biasa! 

Menonton drama ini jadi ingat sebuah pepatah. Ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya. Peran ibu sangat penting dalam proses pendidikan anak. 

Crash Course in Romance (2023) 

Drakor Crash course in romance

Drama Korea terakhir yang bisa jadi tontonan di momen perayaan Hardiknas ini adalah Crash Course in Romance. Meski drama ini menyajikan kisah romcom antara penjual warung makan dan guru bimbel, drama ini bisa merefleksikan kembali pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak. 

Crash Course in Romance ini juga menggambarkan sengitnya persaingan pendidikan di Korea. Betapa banyak siswa SMA yang ingin menembus Seoul National University. Kedokteran dan Hukum menjadi jurusan paling diincar. 

Keunikan drama ini adalah adanya akademi belajar yang memang sangat populer di Korea. Istilahnya Hagwon. 

Hagwon adalah sekolah tambahan setelah sekolah yang berfokus pada keterampilan atau mata pelajaran tertentu seperti matematika atau bahasa Inggris. Siswa semuda usia sekolah dasar menghadiri hagwon ini untuk meningkatkan kemampuan akademis mereka dan memberikan keunggulan kompetitif.

Para siswa di Korea belajar hingga tengah malam di Hagwon. Bahkan, mereka sebelumnya harus bersaing dulu untuk bisa diterima di Hagwon favorit. Hagwon favorit memiliki tutor dengan kualitas bintang, dijamin sukses mengantar masuk ke Seoul National University. 

Law School (2021) 

Drama Korea Law school

Tak hanya mengangkat proses pendidikan di sekolah, drama Korea bertema pendidikan juga ada yang mengangkat cerita pendidikan di universitas, salah satunya drama Law School. 

Drama ini bercerita tentang mahasiswa hukum di Universitas Hankuk. Pada episode pembukanya, ditayangkan bagaimana para mahasiswa ini sedang melakukan simulasi sidang. 

Setiap episodenya mengangkat kasus-kasus hukum. Beragam kasus hukum seperti plagiasi, penyuapan, penyebaran informasi pribadi, penyebaran hoax, hingga pembunuhan dikupas tuntas dalam drama ini. 

Baca Juga : Kupas Tuntas 8 Kasus Hukum dalam Drama Korea Law School

Drama ini sangat cocok untuk ditonton mahasiswa hukum. Mereka bisa belajar dari setiap kasus yang dimunculkan dalam drama. 

Nah, bagaimana? Itu tadi deretan rekomendasi drama Korea bertema pendidikan. Keenam drama ini bisa menjadi refleksi bersama. Bahwa, pendidikan itu sangat penting. Harus diusahakan mati-matian. 

Selain itu, setiap drama ini memberikan kesan bahwa kesuksesan pendidikan anak, bergantung dari dukungan yang diberikan oleh orang tua. 

Semoga keenam drama Korea bertema pendidikan ini bisa menjadi tontonan yang menghibur sekaligus menginspirasi sobat Drakor Class, ya! 

Selamat Hari Pendidikan Nasional! 


Posted

in

,

by

Tags:


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park