alasan kecewa ending drakor

3 Alasan Penonton Kecewa atau Suka dengan Ending Drakor

3 Alasan Penonton Kecewa atau Suka dengan Ending Drakor

alasan suka ending drakor

 

Annyeong…! Tulisan VIP_JJ kali ini berbentuk curhat (curahan hati), ya. Ide menulis ini dikarenakan di grup whatsapp drakorclass (DC), sering mengungkap rasa tentang ending drama Korea (drakor).

Biasanya kalau belum puas via whatsapp, berlanjut dipodkesin deh, pendapat soal ending drakor. Pembicaraan pun pasti seputar mengapa suka atau kecewa terhadap sebuah ending cerita. Makanya kali ini VIP_JJ mau kasih pendapat soal hal-hal apa saja sih, biasanya yang membuat kecewa atau suka dengan ending drakor.

Tulisan ini bersifat subjektif, ya. Oleh sebab itu, dimohon kebesaran hati sahabat dalam menerima pandangan atau pendapat saya, ya. Buat yang mau nerusin apa sih, alasan penulis kecewa atau suka dengan ending drakor, saya persilakan baca di sini.

Alasan VIP_JJ menonton sebuah drakor

alasan menonton drakor

Sebelum membahas soal ending drakor, kita ketahui dulu apa sih, alasan saya memilih menonton sebuah cerita dari Negeri Gingseng ini. Inilah alasannya,

  1. Mudah diakses

Perkembangan zaman membuat kita bisa menikmati banyak tontonan. Banyak platform yang menyediakan film-film, sinetron-sinetron, dan drama-drama. Begitu pun dengan drama Korea. Cerita dari Negeri Gingseng ini bisa diakses dari berbagai macam platform.

Teman-teman DC mayoritas menggunakan platform legal dalam menikmati drama Korea ini. Beberapa platform legal yang biasa digunakan di DC adalah Netflix, VIU, Iqiyi, dan Disney Hotstar. Sebenarnya masih ada lagi yang bisa digunakan seperti Vidio, We TV, dan lain sebagainya.

Jadi mencari soal drama Korea itu mudah. Itulah mengapa saya memilih menonton drakor.

 

  1. Ceritanya beragam

Yang saya kagum dari cerita Korea Selatan ini adalah ceritanya beragam. Mereka berani mengangkat berbagai macam profesi. Drakor yang sempat trending topic di twitter terakhir kali adalah mengangkat profesi orang yang bekerja sebagai prakirawan cuaca, yaitu drama Forecasting Love and Weather.

Sebelum itu, ada drama Start Up yang mengangkat soal pebisnis start up. Dikarenakan hal itu, saya merasa terhibur dan suka mendapatkan pengetahuan baru tentang sebuah profesi. Soalnya penulis naskah drakor mengharuskan penulisnya untuk riset dahulu, sebelum menulis naskah drama.

Hal tersebut perlu dilakukan agar meminimalisir kesalahan atau tidak sesuai dengan aslinya. Walaupun drama adalah cerita bohongan, tapi profesi yang diambil ada di kehidupan nyata, karena itu kalau tidak disesuaikan dengan data yang benar, takut menyebarkan sebuah kebohongan publik.

Hal-hal itu cukup diperhatikan di Korea Selatan, itulah mengapa cerita drakor selalu menarik untuk disimak.

 

  1. Tontonan hiburan

Menonton drama Korea itu seperti hobi bagi saya. Jadilah drakor itu tontonan hiburan atau untuk sekedar melepas penat. Lalu kenapa sampai harus ditulis, sih? Hal ini dimaksudkan agar hobi kita yang sederhana ini tidak sia-sia.

Bagaimana itu maksudnya? Ya, harapannya dari tontonan pun ada kebaikan yang bisa dibagikan walau sedikit. Itulah alasan mengapa hobi menonton ini ditulis kedalam bentuk tulisan. Itulah mengapa, tontonan hiburan ini bukanlah prioritas, tapi hal pendukung yang dikerjakan bila prioritas sudah selesai dilakukan.

Itulah beberapa alasan mengapa VIP_JJ memilih drakor menjadi hiburan pelepas penat.

 

Alasan VIP_JJ kecewa atau suka dengan ending drakor

alasan kecewa ending drakor

Sudah ada beberapa hasil podkes DC yang ngobrolin soal ending drakor, apakah sahabat DC sudah mendengarkan? Kalau belum ayo mampir ke podkesnya drakorclass ya. Cuma yang bisa VIP_JJ bocorin di tulisan ini hanyalah yang pernah saya ikutan bahas, ya.

Ending drakor Nine Tailed yang dibintangi Lee Dong Wook, Jo Bo Ah, dan Kim Bum ini sempat membuat beberapa classmate DC kecewa, termasuk saya. Waktu itu saya merasa plot twist di bagian akhirlah yang membuat saya kaget dan agak kecewa.

Kecewa karena sudah ada sebuah pengorbanan yang dilakukan, tapi ternyata hasil akhir ceritanya sama saja seperti awal. Terus kenapa pengorbanan itu harus terjadi. Kalau sahabat penasaran, silakan mampir ke podkes DC atau klik tulisan yang ditebelin di atas, ya.

Lain cerita dengan Ghost Doctor. Drakor yang dibintangi Rain, Kim Bum, Uee, dan Song Na Eun ini walaupun endingnya tidak begitu wow, tapi masih bisa diterima serta dimengerti ending drakornya.

Memang apa saja sih, yang VIP_JJ kecewa atau suka dengan ending drakor? Inilah beberapa alasannya,

  1. Alur ceritanya masih masuk akal

Seperti ketika classmate DC kecewa dengan ending Nine Tailed, karena merasa alur cerita tidak masuk akal. Sebuah adegan kejutan di akhir cerita Nine Tailed, malah menjadikan sebuah tanda tanya dan kekecewaan.

Padahal sejak awal cerita ada sebuah tujuan yang ingin dituju, bahkan sudah sampai dilakukan sebuah pengorbanan. Saat melihat ending drakor Nine Tailed, malah seakan-akan tujuan tidak tercapai dan pengorbanan yang sudah dilakukan jadi sia-sia.

Kalau ada kesan seperti itu, wajar kan, kalau penonton drakor jadi kecewa sama endingnya?

Sementara Ghost Doctor, walauoun ending drakornya masih dirasa kurang, tapi masih bisa diterima atau dinikmati akhir ceritanya, karena alurnya masuk akal. Ending drakornya berakhir bahagia untuk semua.

 

  1. Sesuai dengan ekspektasi

Bila sahabat DC sudah sering mampir ke blog dan podcast kami, sobat dapat mengerti apa maksud dari poin kedua yang saya tulis ini. Classmate DC memiliki gaya menonton yang beragam. Ada yang suka menebak ending cerita, ada yang tipe harus klik dengan cerita baru mau lanjut nonton hingga akhir, ada yang suka dapat bocoran dulu baru ikutan nonton dan memberikan pandangannya.

Dari sekian banyak gaya menonton di DC, VIP_JJ termasuk yang mempunyai ekspektasi sendiri terhadap ending drakor. Yang mana ekspektasi ini kayak mempunyai prediksi atau tebakan untuk sebuah akhir cerita.

Kalau tebakan ending drakornya tepat, VIP_JJ akan merasa senang dan puas. Cuma kalau tidak tepat, tapia lur cerita masih masuk akal ending drakornya masih bisa dimaafkan serta diterima. Namun kalau ekspektasi tidak sama dan alur cerita tak masuk akal, VIP_JJ biasanya akan kecewa dengan ending drakornya.

 

  1. Akhir bahagia atau sedih bisa diterima asal masuk akal

Apakah akhir bahagia selalu membuat penonton drakor, khususnya VIP_JJ suka dengan ending drakor? Kalau saya jawabannya belum tentu. Kalau semisal ending drakor bahagia tapi ceritanya dipaksakan sehingga tak masuk akal, saya biasanya kecewa.

Walaupun ending drakor sedih, seperti pemeran utama tidak bersatu seperti ending drakor Record of Youth, yang dibintangi Park Bo Gum dan Park So Dam, akhir cerita dari drama ini bisa diterima dan justru cukup membahagiakan.

Kok, bisa membahagiakan padahal ending drakor sedih? Sebab, alur cerita masuk akal. Konflik yang diambil di drakor Record of Youth adalah masa muda di usia 20-an. Masa dimana umur untuk meraih mimpi. Kalau pemeran utama tidak bersatu karena berusaha mengejar mimpi mereka, ending drakornya masuk akal, kan?

Daripada dipaksakan Bersatu tapi mereka tidak bisa mewujudkan mimpi atau tidak bahagia menjalani hubungan karena mengalah demi mimpi lainnya. Jadilah ending drakor bahagia tapi alur cerita dipaksakan.

Begitulah mengapa akhir bahagia atau sedih bisa diterima asal masuk akal.

Demikianlah alasan-alasan penonton, khususnya VIP_JJ kecewa atau suka dengan ending drakor. Kalau sahabat DC punya pendapat lain, silakan berikan komentarnya di kolom komentar, ya. Terima kasih.


Posted

in

, ,

by


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park