5 Alasan Mencari Spoiler dan Prediksi Ending KDrama

prediction

Setelah menonton banyak drama Korea, rasanya semakin cepat melihat pola sebuah drama dan menebak ending dari cerita. Kalau dulu, saya langsung dengan cepat memutuskan untuk tidak menonton drama yang saya sudah tau akhirnya, sekarang saya malah memilih menonton drama tersebut untuk melihat apakah prediksi saya benar.

Ada beberapa cara memprediksi jalan cerita ataupun akhir dari sebuah drama, misalnya dari obrolan teman-teman, atau melihat kebiasaan dari si penulis tersebut mengakhiri dramanya.

Seorang penulis fiksi punya kecenderungan memiliki formula yang sama dalam mengakhiri cerita yang dituisnya. Beberapa alasan lain sudah pernah saya tuliskan juga di tulisan antara prediksi dan spoiler.

Tentunya, jika sudah memprediksi bagaimana cerita berakhir akan ada beberapa faktor lain yang akan membuat saya betah menonton sebuah drama sampai akhirnya. Biasanya yang terutama ya akting dan chemistry dari pemeran utama dan juga apakah jalan ceritanya berjalan dengan cepat dan tidak dilambat-lambatkan.

Berhubung belakangan ini kebanyakan drama yang sedang tayang tidak ada yang cocok untuk saya, akhirnya saya kembali mencari-cari drama lama rekomendasi Netflix. Salah satunya ya Beauty Inside.

Cerita Beauty Inside itu ternyata ada versi layar lebarnya juga, tapi saya malah belum menontonnya. Saya juga sudah tahu sedikit banyak ceritanya dari teman-teman saya, tapi tetap saja saya menontonnya. Walaupun sudah tahu ceritanya dan terpapar spoiler, saya masih bisa mendapatkan hal-hal yang menarik dari drama Beauty Inside.

Belakangan ini saya perhatikan, tulisan di drakor class yang banyak dikunjungi itu juga tentang ending sebuah drama ataupun prediksi ending drama. Walaupun tidak semua prediksi benar, tapi menarik melihat banyak yang suka mencari prediksi ending bahkan setelah drama beberapa bulan berakhir.

tulisan di drakroclass.com
beberapa tulisan prediksi ending di drakorclass

Drama yang sudah berakhir beberapa bulan lalu, masih ada saja yang mencari tulisan tentang endingnya. Saya jadi bertanya-tanya, kenapa orang mencari spoiler dan prediksi?

Kepikiran ada beberapa alasan, setidaknya ini alasan saya ketika memutuskan untuk menonton drama lama.

  1. Supaya dapat gambaran endingnya sebelum memutuskan untuk menonton
  2. Penasaran sama endingnya tapi belum sempat nonton
  3. Malas meneruskan menonton dan cuma pingin tahu endingnya saja
  4. Memang tidak menonton secara penuh, tapi pingin tahu ceritanya biar bisa nimbrung kalau ada teman yang ngobrolin
  5. Terpapar spoiler di sosial media, jadi sekalian saja cari tau cerita lengkapnya

1. Ending Menentukan Drama Ditonton atau Tidak

Sebagian orang yang tidak punya waktu untuk menonton semua drama dan tidak suka mengikuti drama yang ongoing, suka mencari spoiler dan mencari tau ending dari sebuah drama. Ini ibaratnya seperti kita ketika membeli buku di toko buku, ada orang yang suka membaca halaman terakhirnya dulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Saya dulunya tidak suka mencari tahu ending dari sebuah drama. Saya bahkan tidak suka menonton drama yang endingnya sangat bisa ditebak. Tapi ternyata ada hal lain yang bisa dinikmati setelah mengetahui ending dari ceritanya. 

Jadi orang mencari spoiler dan prediksi ini supaya mendapat gambaran endingnya sebelum memutuskan untuk menonton dramanya. Banyak loh ternyata tim suka dispoilerin sebelum menonton.

Mending tahu endingnya terlebih dahulu, daripada kesal dengan ending menggantung.

2. Penonton OnGoing yang Sibuk

Saya pernah juga loh nonton ongoing tapi ketika menjelang episode terakhir gak sempat nonton. Karena penasaran, saya mencari tahu akhirnya seperti apa. Setelah punya waktu, baru deh saya menonton episode terakhir secara utuh.

Apakah mengetahui ending bisa membuat kesenangan menonton berkurang? Tidak selalu sih, malah ada kepuasan tersendiri kalau misalnya endingnya sesuai dengan harapan.

Jadi untuk penonton ongoing yang sibuk, mencari spoiler dan prediksi ini diperlukan karena penasaran sama endingnya tapi belum sempat nonton.

3. Ketika mengikuti OnGoing lalu jadi Hambar

Ada nih drama yang ceritanya muter-muter aja gitu. Sampai-sampai saya bisa bilang nontonnya cukup episode pertama dan terakhir saja. 

Untuk tipe drama seperti ini, sudah pasti saya akan membaca endingnya saja dan bahkan tidak menontonnya.

Jadi kalau kamu udah memulai nonton sebuah drama dan malas meneruskan menonton dan cuma pingin tahu endingnya saja, bisa deh cari tulisan tentang prediksi ending drama tersebut.

4. Supaya Tidak Ketinggalan Obrolan

Beberapa drama populer tetap tidak saya tonton, karena saya tahu tidak bisa menikmatinya. Biasanya untuk kategori drama seperti ini saya akan membaca tulisan tentang akhir dari dramanya saja.

Kenapa saya baca? Ya biar gak ketinggalan obrolanlah. Misalnya drama Sky Castle dan Penthouse, 2 drama yang katanya seru banget ceritanya dan bisa bikin emosi jiwa. Daripada saya emosi menontonnya, mending saya membacanya saja dan bisa mengerti obrolan kenapa teman-teman saya pada emosi misalnya, hehehe.

Saat ini, untuk drama-drama rasa Hollywood, sudah pasti saya tidak menonton secara penuh, tapi kalau saya pingin tahu ceritanya biar bisa nimbrung kalau ada teman yang ngobrolin saya akan mencari tulisan tentang prediksi ataupun ending dari drama tersebut.

5. Melengkapi Puzzle Spoiler menjadi Cerita Utuh

Daripada dapat potongan spoiler di sana sini, mending baca tulisannya biar dapat cerita utuhnya. Untungnya tulisan prediksi teman-teman di drakorclass sejauh ini cukup akurat. Memang ya ketauan banget kalau jam terbang menonton membuat kita bisa menebak jalan cerita dari sebuah cerita fiksi.

Ada loh teman saya yang bilang, dari terpapar spoiler di sosial media, dia hampir tau ceritanya. Dengan membaca tulisan tentang ending drama dia jadi sekalian saja cari tau cerita lengkapnya.

Penutup

Ada banyak forum yang anggotanya suka menebak-nebak ending dari sebuah drama. Seru saja rasanya memikirkan berbagai kemungkinan yang terjadi dari cerita yang berjalan.

Salah satu drama yang baru berakhir sungguh tidak diduga ternyata bersambung ke season ke-2. Dulunya drama Korea jarang sekali lebih dari 1 season, tapi sepertinya Netflix berhasil mempengaruhi industri drama di Korea untuk membuat drama yang berpanjang-panjang tau ending menggantung dan kalau buat saya mengesalkan.

Baca juga: Balada Menonton Ongoing Korean Drama

Saya termasuk yang urung menonton ketika mengetahui sebuah drama ada season ke-2 nya. Vagabond merupakan salah satu drama yang endingnya mengesalkan buat saya karena seharusnya butuh season ke-2, tapi menurut pembuat filmnya sih tidak akan ada season ke-2.

Kira-kira ada alasan lain yang mau ditambahkan? Kalau pembaca masih tim pencari no spoiler dan prediksi atau spoiler tipis-tipis is okay nih?

Ada yang suka dengan drama Korea yang berkepanjangan tanpa akhir beberapa season seperti sekarang? atau malah jadi enggan menontonnya seperti saya?

Yuk tinggalkan komentar ya.

Rhin

Blogger, Wife, Mom of 2 boys, Homeschoolers, Crafters,
Nonton drakor (terutama romcom) untuk hiburan dan mencari ide untuk dituliskan. https://blog.compactbyte.com

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] sih, kita bisa suka atau tidak dengan drama Korea itu bisa dilihat dari 4 episode pertamanya. Kalau tentang prediksi ending sih, setelah menonton banyak drama sejenis, endingnya drama makin mudah diprediksi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: