welcome to samdal-ri poster

Review Kdrama “Welcome to Samdalri” (2023)

Annyeong chingudeul, siapa nih yang lagi mencari tontonan romcom yang menarik tapi belum full spoiler. Sini saya ceritakan drama yang dibintangi Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun yang menjadi pasangan tantrum dari Samdalri, sebuah kota kecil di pulau Jeju.

Drama ini berjumlah 16 episode dan saat ini baru ditayangkan 10 episode. Jadi buat yang ga suka spoiler ending, bisa juga mulai nonton sekarang dan nonton endingnya bareng-bareng. Drakor ini bisa ditonton di Netflix setiap Sabtu dan Minggu. Pas banget kan buat menemani akhir pekan.

Sahabat sejak lahir Cho Yong Pil dan Cho Sam Dal

Ceritanya tentang Cho Sam Dal (Shin Hye-sun), seorang fotografer sukses dan Cho Yong Pil (Ji Chang Wook) seorang ahli cuaca khususnya cuaca pulau Jeju. Mereka lahir pada hari yang sama, rumah mereka berhadapan jalan, mamanya sahabat akrab dan sama-sama bucin terhadap penyanyi ‘King of Singers’ Cho Yong Pil. Mereka dibesarkan seakan punya 2 mama bersama-sama seperti anak sendiri. Bisa dibilang mereka seperti ditakdirkan bersama dari lahir.

Cho Sam Dal dan Cho Yong Pil ini akrab dari lahir sampai besar, bahkan sampai lulus kuliah. Kalau formulanya begini, sudah pasti dong ada rasa cinta di antara keduanya. Mereka seakan tak terpisahkan sampai kemudian mereka putus dan terpisah selama 8 tahun.

Cho Yong Pil tidak mau naik pangkat dan pindah ke Seoul karena dia memutuskan untuk menjaga orang-orang yang dia kasihi di pulau Jeju dengan meramal cuaca yang tepat. Alasan lainnya tentu saja karena dia ga pengen ketemu Cho Sam Dal. Demikian juga sebaliknya Cho Sam Dal sukses jadi potografer selama 8 tahun tidak mau pulang ke Jeju karena tidak mau ketemu Cho Yong Pil. Cho Samdal terkena kasus difitnah oleh asistennya sendiri dan mau tak mau dia bersama kakak dan adiknya harus pulang kampung.

Di drama ini kita bisa melihat contoh kasus bagaimana mulut berbisa menghancurkan karir dalam sekejap mata, dan sungguh sulit untuk membuat orang-orang mendengarkan penjelasan dari sisi yang diomongin. Serba salah deh pokoknya.

Dengerin obrolan saya dengan manda chingu soal mulut berbisa di kdrama Welcome to Samdalri ini.

Dari awal tentu saja tidak diceritakan apa alasan Cho Sam Dal dan Cho Yong Pil putus. Karena ketika bertemu kembali, masing-masing seperti masih menyimpan rasa suka walaupun mereka berusaha menyembunyikannya. Satu kampung bener-bener ngurusin banget tuh ketika melihat mereka bersama kembali. Sepertinya satu kampung sebenarnya merestui hubungan mereka berdua, jadi karena heran kenapa mereka putus makanya tuh jadi ambil pihak masing-masing siapa yang perlu disalahkan putusnya hubungan mereka.

Totalitas akting pasangan tantrum

Perang rumput laut antara Cho Sam Dal dan Cho Yong Pil

Cerita ini menarik bukan karena masalah cinta pertama yang akan ada kemungkinan bersemi kembali, tetapi karena di drama ini baik Shin Hye-sun dan Ji Chang wook merupakan pasangan tantrum yang mau tak mau harus mengerahkan kemampuan aktingnya untuk memperlihatkan emosinya. Mau itu emosi marah, sedih, malu ataupun ketika menahan peraasaan emosi. Kalau perasaan unyu-unyu penuh cinta gimana? Ah ini sih mereka ga butuh akting!

Pokoknya, dari beberapa drama yang mereka perankan di tahun 2023 ini, saya merasa di Welcome to Samdalri inilah mereka berasa totalitas aktingnya. Kali ini Ji Chang Wook nggak salah pilih drama. Setelah kesuksesannya bermain di drama aksi yang banyak dilema The Worst of Evil, kali ini Ji Chang Wook membuktikan aktingnya juga keren di drama romcom. Kalau Shin Hye sun sih nggak usah diragukan lagi ya, banyak yang bilang aura nya di See You in my 19th Life masih mirip dengan Mr. Queen. Tetapi kalau di Welcome to Sam Dal ri ini, saya sih merasa Shin Hye Sun sukses menampilkan Cho Sam Dal yang di luar keliatan kuat tapi ya sebenernya dia hanya berusaha kuat.

Eh tapi, itu sih menurut saya yah, bisa jadi ini hanya perasaan saya saja. Di drama ini Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun menjadi mereka sejak usia remaja sampai usia jelang 40 tahun dengan baik. Walaupun kalau dipikir-pikir, aneh juga ya kalau sudah jelang 40 tahun tapi persoalan cinta yang sudah bubar selama 8 tahun sebelumnya pun masih tetap jadi urusan satu kampung. Apa iya bisa menyimpan perasaan bertahun-tahun? Kalau seandainya mereka tetap memaksakan hubungan saat itu, apa mereka masih bersama atau jangan-jangan sudah bubar? Eeeeh kok jadi kemana-mana sih mikirnya.

Karena drama ini belum berakhir, saya nggak bisa spoiler ending. Sekarang ini seperti biasa ada second lead yang cukup ideal nih buat Cho Sam Dal, tapi juga Cho Yong pil inipun nggak ada jelek-jeleknya kecuali bapaknya yang nggak setuju dengan hubungan mereka. Eh kok jadi semi spoiler, dah lah ditonton sendiri aja. Yang jelas sih saya tim Cho Yong Pil walau tetep kasian sama Sang Do yang menyimpan rasa lebih lama dari Yong Pil dan seakan tak pernah mendapat kesempatan mengungkapkan rasa.

Banyak isu tentang kehidupan di pulau Jeju

Alasan Cho Yong Pil tetap di Jeju salah satunya untuk menjaga keselamatan Hanyeo ini dengan memberikan prakiraan cuaca yang akurat.

Selain karena totalitas akting para pemainnya, drama ini juga semakin menarik karena ada cerita-cerita tambahan tentang kakak dan adiknya Cho Sam Dal. Ada sedikit isu tentang pembangunan di daerah pantai oleh perusahaan besar dan kemungkinan efeknya untuk penduduk setempat. Drama ini juga memberikan sedikit pengetahuan tentang kehidupan lumba-lumba.

Pengetahuan yang tak kalah penting dan menjadi bagian utama adalah kenapa Cho Yong Pil bekerja di BMKG. Setelah kehilangan ibunya, dia menyadari pentingnya prakiraan cuaca yang tepat untuk para hanyeo yang menyelam di laut. Laut itu bisa saja terlihat tenang, tetapi dengan adanya perubahan cuaca, laut bisa berubah seketika dan membahayakan untuk hanyeo yang menyelam. Dan dia tidak ingin kehilangan ibu Cho Sam Dal yang juga membesarkannya seperti ibu sendiri.

Baca juga:

Bucinnya “King of Singers” Cho Yong Pil

Di awal saya sebutkan kalau ibu Cho Yong Pil dan Cho Sam Dal adalah sahabat, di episode 9 baru diceritakan kalau ternyata ibu Cho Sam Dal itu bukan orang asli Jeju dan awalnya nggak bisa nyelam sama sekali. Kebetulan aja namanya sama dengan ibunya Cho Yong Pil yang lebih jago nyelam dan asli Jeju.

Setelah kedua ibu ini menyadari kalau mereka sama-sama ngefans dengan Cho Yong Pil, penyanyi Korea Selatan yang mempunyai julukan King of Singers, mereka jadi tambah akrab. Lucu melihat bagian ini, bagaimana perasaan bucin bisa bikin yang tadinya nggak akrab bahkan sedikit bermusuhan jadi tiba-tiba akrab banget serasa udah kenal lama. Jadi jelas juga kenapa nama yang diperankan Ji Chang Wook itu Cho Yong Pil ya.

Oh iya, saya juga tadinya nggak gitu tahu siapa itu Cho Yong Pil yang disebut di awal drama ini, sampai akhirnya penasaran dan membaca berita. Ternyata Cho Yong Pil ini penyanyi Korea Selatan pertama yang terkenal secara internasional dan Tahun 2024 ini Cho Yong Pil ini akan comeback lagi setelah sekian lama vakum. Wow banget, apakah dia comeback karena ada drama ini, atau emang drama ini bagian dari kembalinya Cho Yong Pil yang saat ini sudah berusia 73 tahun?

Iseng googling, lagu yang ini lumayan enak didengar.

Kenapa Welcome to Samdalri?

Sejak drama ini diumumkan, saya bertanya-tanya kenapa judulnya Welcome to Samdalri? Saya pikir ceritanya bakal mirip dengan Hometown Cha Cha Cha, apalagi premis awalnya karena ada yang dari kota besar memulai lagi kehidupan di pedesaan. Ternyata ceritanya berbeda. Welcome to Samdalri ini selain menghibur tapi juga bisa bikin mikir dan bahkan ada bagian bikin nangis bombay.

Welcome to Samdalri menjadi drakor romcom yang terbaik di 2023 buat saya. Alasannya mirip kenapa saya menobatkan Hometown Cha Cha Cha sebagai drakor romcom terbaik 2021. Totatiltas akting semua pemain, suguhan visual, konflik-konflik dan penyelesaian yang berjalan cukup cepat. Kemasan cerita dengan alur maju mundur tapi nggak membosankan, setiap episode saya merasa semakin mengerti alasan-alasan pengambilan keputusan dari setiap karakternya.

Jadi kenapa judulnya Welcome to Samdalri? Karena ceritanya mengisahkan bagaimanapun seorang terbang tinggi di kota besar, kota kecil seperti Samdalri ini selalu menerima mereka kembali dengan tangan terbuka. Di kota kecil ini mereka bisa menata diri lagi dan mungkin menemukan lagi dirinya yang sempat terhilang dengan kesibukan kota besar.

Memang judul cerita ini lebih mengarah kepada Cho Sam Dal yang pulang kembali ke Samdalri karena masalah di kota besar dan membuatnya mau tak mau bertemu lagi dengan mantan cinta pertama dan menghadapi omongan orang kampung. Omongan orang kampung masih lebih bisa dihadapi daripada omongan media dan komen di internet ya. Bagaimana dia mengingat kembali pengalaman awalnya berlatih memotret dengan kamera sekali pakai, sehingga dia selalu memperhitungkan segala sesuatu sebelum menjepretkan kameranya dan tidak ada hasil jepretan yang terbuang begitu saja.

Sahabat sejak kecil dari Cho Sam Dal di Samdalri

Bagian yang juga membuat Cho Sam Dal merasa diterima kembali di Samdalri adalah kehadiran 4 sahabatnya yang merupakan sahabat sejak kecil, sampai remaja, pernah sama-sama berjuang di Seoul dan kemudian ternyata semua sudah kembali ke Samdalri lagi. Para sahabat ini selalu mendukungnya dan menerimanya walau mereka sempat tidak ada kontak bertahun-tahun lamanya.

Bagaimana Ending Welcome to Samdalri?

Sebenarnya saya nggak mau prediksi ending nih. Kalau mau menyenangkan penonton, sudah pasti kisah cinta harus berakhir bahagia. Cho Sam Dal dan Cho Yong Pil harus bersama selamanya. Masalah restu bapaknya Cho Yong Pil bagaimana? Ya rebel dong, masa udah mau 40 masih ngeyel? Nggak semudah itu sih, nanti kalau begini jadinya nggak bahagia semua namanya ya.

Kalau menurut saya, ending cerita cinta Cho Yong Pil dan Cho Sam Dal bukan yang utama di sini. Karena nantinya kembali lagi dengan dilema apakah mereka harus pindah ke Seoul atau sama-sama di Samdalri saja. Kalau dari judul sih kemungkinan mereka bakal tinggal bahagia bersama di Samdalri. Cho Sam Dal bisa saja membuka agensi foto landscape Jeju di Samdalri, atau dia bisa buka layanan foto prewedding, hehehe.

Konon akan ada kehadiran Kim Tae Hee di drama Welcome to Samdalri ini. Entah akan jadi apa, mungkin saja akan menjadi awal kembalinya karir Cho Sam Dal sebagai fotografer. Kita nantikan saja.

Buat yang mulai penasaran, bisa mulai menonton drakor ini di Netflix ya chingu!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park