See You in My 19th Life Cover

Mengingat Kehidupan Selama 1000 Tahun: See You in My 19th Life

Annyeonghaseyo!

Drama Korea See You in My 19th Life baru saja tamat pekan lalu. Siapa yang sudah nonton? Gimana kesan terhadap keseluruhan cerita dan endingnya? Ada yang merasa kalau 12 episode saja masih kurang? Sama dong seperti teman-teman Drakor Class yang berharap ada kelanjutan cerita dari drama ini.

Dalam podcast terbaru Drakor Class, Rani Noona, Chika, Desy dan Nanik membahas drama adaptasi webtoon ini. Seperti apa sudut pandang classmates untuk drama bergenre romance-fantasy ini? Simak dalam podcast berikut:

Episode terbaru podcast Drakor Class

Selain podcast, baca juga ulasan drama yang diperankan oleh Shin Hye Sun dan Ahn Bo Hyun ini dalam artikel berikut!

Profil K-drama See You in My 19th Life

See You in My 19th Life

Judul: See You in My 19th Life

Hangul: 이번 생도 잘 부탁해

Sutradara: Lee Na Jeong

Penulis naskah: Lee Hye (webcomic), Choi Young Rin

Jaringan siaran: tvN

Jumlah episode: 12

Pemain:

Shin Hye Sun sebagai Ban Ji Eum

Ahn Bo Hyun sebagai Mun Seo Ha

Ha Yoon Kyung sebagai Yoon Cho Won

Ahn Dong Goo sebagai Ha Do Yun

Cha Chung Hwa sebagai Kim Ae Gyeong

Lee Chae Min sebagai Kang Min Gi

Sinopsis See You in My 19th Life

Drama ini bercerita tentang Ban Ji Eum, seorang wanita muda yang sudah mengalami reinkarnasi sebanyak 19 kali. Selama hidupnya yang sampai 19 kali tersebut, ia mengingat setiap detail kehidupan yang pernah ia jalani, kecuali kehidupan pertamanya.

Tak heran, sikapnya jauh lebih dewasa dibandingkan dengan usianya. Di kehidupannya yang ke-19 ini, ia berusaha untuk menemukan seseorang yang berharga dari kehidupannya yang ke-18.

Sinopsis See You in My 19th Life

Orang tersebut adalah Mun Seo Ha, yang ternyata menyimpan luka sejak kecil akibat kecelakaan yang menewaskan Yoon Ju Won. Ju Won merupakan teman kecil Seo Ha yang juga cinta pertamanya. Seo Ha tidak mengetahui bahwa Ban Ji Eum, adalah reinkarnasi dari Ju Won yang sangat ia rindukan.

Di kehidupan ke-19 ini, Ji Eum juga dihadapkan dengan pilihan untuk bisa melanjutkan hidupnya tanpa bisa mengingat seluruh perjalanan hidupnya dari setiap zaman. Bagaimana caranya dan apakah Ji Eum akan mengambil pilihan tersebut?

Drama Bertema Reinkarnasi yang Tak Biasa

Mungkin drama bertema reinkarnasi bukanlah tema yang baru dalam sebuah drama Korea. Akan tetapi, cerita yang disajikan See You in My 19th Life ini terbilang unik. Ban Ji Eum, yang sudah reinkarnasi sebanyak 19 kali bisa mengingat kehidupan masa lalunya.

Hidup selama 1000 tahun membuat Ban Ji Eum berbeda dalam memandang kehidupan sejak kecil. Dalam setiap kehidupannya, ia sering dianggap aneh karena terlihat jauh lebih dewasa dibandingkan usianya.

Di kehidupannya yang ke-19, Ban Ji Eum kecil hidup bersama keluarga yang tidak harmonis. Ayahnya sering mabuk-mabukan dan ibunya kabur dari rumah. Berbekal pengalaman hidupnya di masa lampau, Ji Eum kecil mencari uang dengan ikut ajang pencarian bakat anak-anak.

Drama Bertema Reinkarnasi yang Tak Biasa

Sayangnya, semua uang yang ia kumpulkan dirampas oleh ayahnya. Ji Eum pun akhirnya melarikan diri dan hidup bersama Kim Ae Gyeong, yang merupakan keponakannya di kehidupannya yang ke-18.

Ji Eum sendiri tidak paham kalau ternyata hal yang ia alami itu merupakan sebuah kutukan. Kehidupan pertamanya menjadi kunci awal mula dari kutukan tersebut. Akan tetapi, Ji Eum tidak bisa mengingat kehidupan pertamanya sampai ia menemukan lonceng yang dibawa oleh Kim Min Gi.

Drama Ringan yang Penuh Plot Twist Tipis-tipis

Untuk saya, drama ini merupakan drama ringan, manis dan menggemaskan di awal-awal episode. Saya senang dengan pendekatan yang dilakukan oleh Ji Eum pada Mun Seo Ha hingga akhirnya Seo Ha galau dan jadi bucin. Wkwk!

Meski demikian, drama ini menyelipkan beberapa twist yang membuat penonton tidak menyangka kalau, “Oh ternyata pamannya begini, ayahnya tidak begini, Kim Min Gi adalah ini…” Nonton ya kalau penasaran!

Drama Ringan yang Penuh Plot Twist Tipis-tipis

Tapi menurut saya, 12 episode terasa sangat singkat dan kurang menjelaskan secara detail mengenai banyak kejadian baik di kehidupan Ji Eum yang pertama, maupun kehidupannya yang ke-19.

Endingnya manis namun terkesan terburu-buru. Kesannya, Ji Eum dengan mudah membuka hatinya untuk Seo Ha, setelah melupakan kehidupan masa lampaunya *spoiler! Padahal di awal, susah lho Ji Eum mendekati Seo Ha meski sudah gas pol mbaknya. lol 😀

Selain itu, saya dan classmates yang lain sepakat kalau kisah Cho Won dan Ha Do Yun kuraaaang, padahal mereka nggak kalah menggemaskan dengan lead couple-nya. Heu!

Rekomendasi

Dari podcast Drakor Class episode terbaru, bisa disimpulkan bahwa classmates merekomendasikan drama ini untuk kalian tonton. 12 episode memang dirasa kurang untuk menuntaskan berbagai rasa penasaran penonton terhadap ceritanya, namun tidak mengurangi kelebihan yang ada di drama See You in My 19th Life ini.

Saya pribadi terkesan dengan akting Shin Hye Sun yang sukses banget memerankan orang lawas. Ia bisa dengan baik lepas dari karakter di drama-dramanya yang lain, misalnya Mr. Queen atau Still 17.

Untuk chingudeul yang sedang mencari rekomendasi tontonan ringan, manis namun tetap bikin penasaran, langsung buka Netflix dan tonton See You in My 19th Life!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: