Thirty but Seventeen

Review Drama “Still 17”

Yang Se Jong dan Shin Hye Sun adalah aktor dan aktris yang membuat saya jatuh cinta sejak pertama kali melihat dramanya. Saya pertama kali menyaksikan akting Yang Se Jong saat dia memerankan Lee Gyeom muda dalam drama Saimdang, Memoir of Colors (2017) sedangkan Shin Hye Sun saya kenal dari drama Angel’s Last Mission (2019), saat dia berperan menjadi mantan balerina yang buta. Setelah itu saya jadi tertarik menonton drama mereka yang lainnya dan bertemulah saya dengan drama berjudul “Still 17” (2018)

Drama yang tayang pada tahun 2018 ini memang tidak begitu terkenal saat itu. Jadi, meskipun saya sudah tahu drama ini sejak tahun 2018, namun saya baru menontonnya tahun ini. Ternyata dramanya cukup menarik. Lucu sekaligus manis. Membuat saya akhirnya menamatkan drama ini hanya dalam 6 hari.

Lalu apa yang membuat drama ini menarik ditonton hingga akhir? Yuk, simak ulasannya sampai habis.

Profil Drama “Still 17” (2018)

Poster Drama Still 17
Poster Drama Still 17

Judul: Still 17

Judul Alternatif: 30 But 17

Genre: Komedi Percintaan

Sutradara: Joo Soo Won

Pengarang: Joo Sung Hee

Pemeran:

Shin Hye Sun sebagai Woo Seo Ri

Yang Se Jong sebagai Gong Woo Jin

Ahn Hyo Seop sebagai Yoo Chan

Ye Ji Won Jennifer

Jaringan penyiar: SBS TV

Tanggal tayang: 23 Juli hingga 19 September 2018

Jumlah episode: 32 (Durasi 35 menit per episode)

Bahasa: Korea

Negara: Korea Selatan

Sinopsis Drama “Still 17” (2018)

Woo Seo Ri (Shin Hye Sun) adalah seorang pemain biola yang berbakat sejak muda, namun karena kecelakaan yang dialaminya saat berumur 17 tahun, semua mimpinya sirna begitu saja. Apalagi kecelakaan itu membuat Seo Ri koma selama 13 tahun, dan baru terbangun dari tidur panjangnya saat dia berusia 30 tahun. Tentu saja hal itu membuat Seo Ri kebingungan dengan usia barunya. Dalam hati dan otaknya, dia masih merasa bahwa dirinya masih berumur 17 tahun.

Setelah menjalani terapi dan kondisinya mulai pulih, Seo Ri kabur dari rumah sakit dan pergi ke rumahnya untuk mencari paman dan bibinya. Namun ternyata rumah masa kecilnya telah berganti kepemilikan. Rumah tersebut saat ini ditinggali oleh Gong Woo Jin (Yang Se Jong) dan keponakannya yang bernama Yoo Chan (Ahn Hyo Seop) serta asisten rumah tangga barunya yang dipanggil Jennifer (Ye Ji Won).

Gong Woo Jin adalah seorang desainer panggung. Dia memiliki trauma masa lalu yang berkaitan dengan kecelakaan Woo Seo Ri. Trauma itu membuat dia menjadi pribadi yang tertutup. Apalagi dia memiliki hobi mengukur benda apapun dimanapun yang menarik perhatiannya. Hal itu membuatnya semakin dianggap aneh.

Singkat cerita, atas desakan Yoo Chan yang kasihan melihat Seo Ri tidak memiliki tempat tinggal, keluarga dan kenalan, akhirnya Woo Jin mengizinkan Seo Ri tinggal di rumah mereka selama 1 bulan karena setelah 1 bulan rumah itu akan dijual. Namun semakin lama hubungan keempatnya menjadi semakin dekat layaknya keluarga, sehingga penjualan rumah pun dipertimbangkan kembali.

Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Apakah Seo Ri berhasil menemukan paman dan bibinya? Apakah  Seo Ri bisa kembali bermain biola? Apakah Woo Jin bisa mengatasi trauma masa lalunya? Tonton sendiri ya dramanya.

Kesan dari Drama “Still 17” (2018)

Awal menonton drama ini saya tertarik dengan ide cerita dimana Seo Ri baru sadar setelah 13 tahun koma. Tidak terbayang saja bagaimana rasanya ketika kita tertidur di usia 17 tahun dan terbangun saat sudah berumur 30 tahun. Pasti merasa aneh dan bingung, ya.

Selain itu saya juga tidak sadar bahwa Yoo Chan, keponakan Woo Jin, diperankan oleh Ahn Hyo Seop. Menurut saya penampilannya berbeda jauh dengan sekarang saat bermain dalam drama “Business Proposal” (2022). Mungkin selain saat itu dia masih lebih muda, dia juga berperan sebagai siswa SMA yang penuh semangat. Berbeda jauh dengan perannya sebagai seorang CEO.

Dari segi akting, para pemainnya terasa begitu totalitas. Shin Hye Sun berhasil memerankan wanita 30 tahun yang masih kekanak-kanakan. Yang Se Jong pun cukup baik memainkan karakter yang awalnya tertutup menjadi ceria. Ahn Hyo Seop yang berperan sebagai siswa SMA sekaligus atlet dayung juga memainkan perannya dengan apik. Saya suka sekali ketika dia bertingkah lucu atau bersemangat.

Kehadiran Jennifer dan dua sahabat Yoo Chan pun semakin menambah keseruan drama yang satu ini. Kedua teman Yoo Chan itu diperankan oleh Lee Do Hyun dan Joo Hyun Sik. Siapa sangka di tahun 2021 Lee Do Hyun sudah masuk dalam jajaran aktor muda berbakat yang sudah mendapatkan beberapa peran utama.

Pelajaran dari Drama “Still 17” (2018)

Dari drama 16 episode ini saya belajar banyak hal. Salah satunya adalah mimpi bisa dikejar tanpa mengenal usia. Seo Ri yang kehilangan 13 tahun hidupnya dan bangun saat berusia 30 tahun tetap tidak menyerah mengejar mimpinya untuk terus bermain biola. Meskipun tidak bisa menjadi pemain biola profesional, akhirnya dia bisa menemukan jalan untuk tetap bermusik dengan cara yang bisa dia lakukan.

Selain itu, dari kehidupan Seo Ri saya juga belajar bahwa seberat apapun masalah hidup, semuanya harus dihadapi dengan semangat dan bahagia. Meskipun berat Seo Ri memilih untuk terus maju tanpa harus terus menerus meratapi nasibnya. Dengan begitu masalah demi masalah akhirnya bisa ditemukan jalan keluarnya.

Dari pengalaman hidup Woo Jin juga bisa diambil pelajaran bahwa manusia seharusnya tidak terus menerus hidup di bawah bayang-bayang kesalahan masa lalu. Memang memaafkan diri sendiri itu sulit, namun tidak seharusnya menyiksa diri dan terjebak di dalamnya.

Saya setuju dengan cara Woo Jin meminta bantuan profesional untuk mengatasi traumanya. Meskipun tidak 100% bisa sembuh, namun setidaknya Woo Jin tidak berjuang seorang diri melawan traumanya.

Penutup

Sekian ulasan saya tentang drama “Still 17”. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang belum menonton drama yang satu ini.

Bagi yang sudah menonton bagaimana pendapat kalian tentang drama ini?


Posted

in

by

Tags:


Comments

2 tanggapan untuk “Review Drama “Still 17””

  1. […] ulasan lain yang lebih lengkap di Review Drama “Still 17”, […]

  2. […] Saya pribadi terkesan dengan akting Shin Hye Sun yang sukses banget memerankan orang lawas. Ia bisa dengan baik lepas dari karakter di drama-dramanya yang lain, misalnya Mr. Queen atau Still 17. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park