drama korea time travel

Drama Korea Bertema Time Travel 2023

Apakah di tahun 2023 kemarin, kamu menjadi penonton yang semangat binti geregetan menyaksikan drama korea bertema time travel? Adakah judul drakor di bawah ini sudah kamu tonton? Apa sih kesan-kesanmu sepanjang menyaksikannya?

Dengan demikian … yuk kita cerita, Chingudeul! Sudah siap?

Ciri Khas dari Drama Bertema Time Travel

Nampaknya memang di tahun 2023 menjadi tahun yang cukup diwarnai oleh drama soal perpindahan waktu. Sedari dulu, memang ada saja orang yang terobsesi dengan hal seperti ini. Bayangkan saja, ketika seseorang punya kesempatan untuk menjelajah waktu, apa yang akan terjadi dalam perjalanan hidupnya?

Maka dari itu, inti alias premis utama yang akan selalu hadir pada berbagai kisah tentang time travel. Entah menggunakan mesin waktu maupun sihir, si tokoh utama akan dibuat beradaptasi dulu di waktu tempat dirinya tiba-tiba saja berpindah.

banyak drama korea bertema time travel

Kemudian … si tokoh utama alias hero – istilah kata ‘hero’ merujuk pada tokoh utama yang menjadi pusat pemantik jalannya drama ya, Chingu —  akan mulai menggerakkan cerita lewat pertemuannya dengan banyak tokoh yang sedikit banyak ia kenali di masa seharusnya ia berada. Biar tenang jiwa.

Seringnya sih, di masa depan ya. Kalau pun si hero ini dari masa lalu, ia akan menemukan reinkarnasi dari orang yang ia ketahui hidup pula di jaman tempat ia menjalani hidup. Biar masa adaptasi si tokoh utama akan berlangsung dengan sedikit grundulan saja, nggak bikin dia benar-benar sesak napas karena kebingungan mengenali waktu yang berbeda.

Ciri khas selanjutnya dari drama bertema time travel adalah sesuatu yang berubah pada masa lalu, akan dengan serta-merta memberikan dampak pada masa depan. Demikian pula sebaliknya.

Selanjutnya nih Chingudeul, ciri lainnya dari drama perjalanan waktu pastinya soal batas waktu dari perjalanan waktu tadi. Ya nggak bisa selamanya juga kan? Biar seru kejar-kejaran sama ujung waktunya.

Si tokoh utama memiliki limit untuk terus hidup di masa yang ia singgahi. Kalau kelamaan, entah dia akan mati dan terhapus dari jejak kehidupan, entah terjadi kekacauan dan segala yang ia usahakan berakhir sia-sia, atau malah perasaan nggak tenang karena kebutuhan dirinya untuk mengusaikan si momen time travel demi kewarasannya si tokoh utama.

Jika kamu pernah membaca salah satu novel lokal bertema time travel, Winter Tea Time, kamu akan lekas memahami, bagaimana menyiksanya bila terjebak pada suatu waktu tanpa bisa kembali. Tokoh utamanya saja sampai setengah depresi menghadapi perjalanan waktunya sendiri.

Serangkaian masalah yang carut-marut akan menciptakan banyak sekali kejutan bagi penonton setelah diurai satu per satu. Persis seperti kamu tengah diajak menyusun puzzle dari si hero yang mendadak pindah ke waktu berbeda. Kamu merasakan sensasi begini juga nggak sih sepanjang nontonin drama korea bertema time travel 2023 kemarin?

Alasan Time Travel Sering Jadi Tema Drama Korea yang Memikat

Bukan hanya di tahun kemarin saja sih, drakor tema time travel begini bermunculan. Kalau dirunut daftarnya pun sedari dulu sudah cukup panjang. Namun daya tarik dari drakor tema begini seolah nggak pernah lekang.

Singkat saja ya, Chingu. Alasan dari tema time travel sering dimunculkan oleh para writer-nim sana bisa jadi karena time travel adalah fiksi yang imajinatif. Banyak sekali genre yang bisa ikut bergandengan dengan napas time travel begini dalam sebuah cerita. Misalnya saja fiksi sejarah, politik, misteri, thriller, romcom pun bisa banget dibikin seiring sejalan.

drama korea time travel a time called you

Mengulik soal perantara perjalanan waktu sehingga mendadak mengubah keseharian hidup tokoh utamanya pun bisa bermacam-macam. Bermain-main dengan sci-fi atau kekuatan sihir, tentu bakalan bikin drama jadi makin seru.

Dari drakor bertema begini pun, alur yang akan disajikan nggak jarang bikin penonton tercengang lalu berujar “lho, kok,” atau “oh, ternyata dia yaa,” sepanjang menonton. Alurnya terat alias campuran. Maju dan mundur sesuai kebutuhan jalannya drama.

Tantangan tersendiri bagi para writer-nim dan sutradara untuk menghadirkan kisah drama time travel yang bikin penonton jangan sampai tersesat dengan perbedaan waktu yang dialami si tokoh utama juga jadi keseruan lainnya. Seringnya sih perubahan teknologi, juga kehidupan sosial budaya yang berkembang pada dua masa yang dihinggapi si tokoh utama menjadi kuncinya.

Drama Korea Bertema Time Travel 2023 yang Ditonton Classmate Drakor Class

Dari sekian banyak drama korea bertema time travel, mungkin kamu juga ikut menyaksikan beberapa drama korea berikut ini :

A Time Called You

Bercerita tentang Han Jun Hee yang belum sanggup melupakan sang mantan kekasih yang tewas dalam sebuah kecelakaan penerbangan. Lewat sebuah walkman dan kaset dari seseorang yang nggak dikenalnya, ia tertarik oleh waktu paralel dari tahun 2023 ke tahun 1998.

Nah, di tahun tersebut, sosok Han Jun Hee berganti menjadi Kwon Min Ju. Perjalanan waktu membawanya menjadi ‘orang lain’ yang hidup pada 1998 tersebut. Maalah apa sih yang diurai oleh perjalanan waktu ala Han Jun Hee?

Pssttt … Chingu, sudah nonton drama time travel A Time Called You? Kalau sudah, ceritain kesanmu dong.

My Perfect Stranger

Bermula dari Yoon Hae Joon di tahun 2021 yang menemukan sebuah mesin waktu dalam rupa sebuah mobil, pada suatu malam. Mobil tersebut bisa mengajaknya mampir baik ke masa depan maupun ke masa lalu.

Hingga pada percobaan ke sekian yang Yoon Hae Joon lakukan, ia menemukan bahwa dirinya tewas terbunuh di tahun 2022. Kejadian yang menimpanya tersebut, mirip sekali dengan kasus serupa yang terjadi di tahun 1987. Dimana sang pembunuh selalu meninggalkan kotak korek api dengan nama sebuah kedai yang mahsyur pada tahun 1987 di Woojong-ri, setting lokasi dari cerita ini akan banyak terjadi.

drakor tema time travel my perfect stranger

Payahnya, pada perjalanan ke sekian sebelum mobil mesin waktunya mengalami kerusakan, Yoon Hae Joon tanpa sengaja membawa serta Baek Yoon Young yang kebetulan lewat saat Yoon Hae Joon akan berpindah waktu dengan mobilnya tersebut. Nah, rupanya, Baek Yoon Young punya hubungan dengan orang-orang yang ada di tahun 1987.

Bagaimana ya pergerakan ala cerita time travel yang disajikan oleh writer-nim dan sutradara My Perfect Stranger? Classmate Drakor Class juga pernah menceritakannya lewat podcast lho.

Twinkling Watermelon

Sempat hype dan menjadi salah satu drama korea bertema time travel 2023 yang banyak menggaet penonton. Tentu saja, sebab salah satu tokoh utamanya yaitu Ha Yi Chan, sempat dapat julukan cowok tantrum, pun dianugerahi sebutan cowok green flag … oh bukan, green forest.

Twinkling Watermelon sebenarnya menceritakan tokoh Ha Eun Gyeol, setelah perseteruan dengan sang ayah yang menolak keras bila dirinya menjadi anak band, mendadak terbawa ke tahun 1995 setelah menjual gitarnya pada sebuah toko musik misterius. Rupanya, di tahun 1995, Ha Eun Gyeol dipertemukan oleh sosok ayahnya yang masih remaja, Ha Yi Chan. Kenyataan lainnya, ayahnya ini seorang pelopor pendirian sebuah band sekolah.

Kejutan lainnya bagi Ha Eun Gyeol yang tengah melakukan perjalanan waktu adalah fakta bahwa ayahnya di usia remaja bukanlah seorang tuna rungu, seperti yang sedari kecil ia ketahui. Maka, muncullah teka-teki penyebab ayahnya menyandang tuli.

time travel korean drama twinkling watermelon

Di sisi lain, Ha Eun Gyeol pun berjumpa dengan sosok ibunya yang masih remaja. Hey hey … apakah misi Ha Eun Gyeol untuk menemukan arah hidupnya melalui perjalanan waktu di masa kedua orangtuanya masih remaja berakhir manis? Pssttt … sudah ada podcast-nya juga dari Classmate Drakor Class nih, dengerin deh.

The Tale of Nine Tailed 1938

Biasanya kalau menonton drama korea season 2, suka khawatir nggak sih karena merasa belum mengikuti season pertamanya? Tapi drama korea The Tale of Nine Tailed 1938 ini aman saja – menurut Classmate Drakor Class – untuk disaksikan tanpa kepikiran buat re-watch season pertamanya.

Berkisah tentang Lee Yeon yang melakukan perjalanan waktu ke tahun 1938 demi menuntaskan kehampaan hatinya karena kehilangan adiknya, Lee Rang. Maka Lee Yeon kembali ke tahun 1938 dari tahun 2023 untuk memburu pencuri batu perisai.

Padahal nih, di season pertamanya yang tayang pada 2020, banyak menampilkan kisah romansa dimana Lee Yeon ingin selalu bisa bersama dengan Ji Ah. Hmm … kamu sudah ikutan nonton season 2 dari The Tale of Nine Tailed 1938 yang penuh sekali perpaduan time travel dan fantasinya?

The Story of Park’s Marriage Contract

Merupakan sebuah drama yang diadaptasi dari webtoon nih, Chingu. Sebuah drama korea bertema time travel 2023 yang hadir di penghujung tahun.

Menceritakan tentang Park Yeon Woo yang time travel dari masa Josseon ke masa modern di tahun 2023. Sebelumnya, Park Yeon Woo sudah menikah dengan Kang Tae Ha di masa lampau.

Namun malang nggak bisa dihadang, sang suami yang belum sehari menikahinya, harus mati muda. Pada malam pertama pernikahan mereka pula. Belum juga sayang-sayangan lho, Chingu, huhu ….

the story of park marriage contract a time travel drama in 2023

Lewat kejadian yang membuat Park Yeon Woo tercebur ke sebuah sumur di samping pohon Bungur, ia mendadak muncul di kolam renang. Nah, rupanya, ia dipertemukan oleh takdir untuk berjumpa lagi dengan Kang Tae Ha versi reinkarnasinya yang mirip luar dalam sama sang mantan suami yang mendadak mati muda. Bagaimana kelanjutan kisahnya Park Yeon Woo di ‘Josseon baru’?

Nah … demikianlah deretan drama korea bertema time travel 2023 yang menjadi bahan tontonan para Classmate Drakor Class nih. Kalau kamu, punya rekomendasi lain buat Classmate nggak sih?


Comments

3 tanggapan untuk “Drama Korea Bertema Time Travel 2023”

  1. Avatar rhin

    2024 juga udah dibuka dengan drama time travel: marry my husband, Hero nya pindah ke 10 tahun sebelumnya. Emang ga habis-habis ya tema time travel ini.

  2. […] Baca juga: Drama Korea Bertema Time Travel 2023 […]

  3. […] ganti PD-nim segala. Eh tapi kalau bukan PD-nim yang sekarang, apakah Lovely Runner akan jadi drama tema time travel yang meledak di semester awal […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park