lee kyu hyung

Lee Kyu Hyung, Si Mas 290

Drama “May It Please The Court” yang tayang perdana tanggal 21 September 2022 di layanan streaming Disney+ menampilkan oppa, eonni, dan ahjussi senior yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar drama Korea. Dalam drama ini, Lee Kyu Hyung, Jung Ryeo Won, dan Jung Jin Young berperan sebagai pengacara, yang masing-masing memiliki karakter yang kuat.

Poster drama "May It Please The Court" (sumber: HanCinema)
Poster drama “May It Please The Court” (sumber: HanCinema)

Drama yang diangkat dari sebuah buku berjudul “Let Me Start The Argument” karya Jeong Hye Jin ini mengisahkan ketidakadilan yang sering terjadi dalam dunia peradilan. Ironis.  Cerita punya cerita, ketiga pengacara yang menjadi karakter utama terkait dalam sebuah kasus pembunuhan berantai yang mengambil korban para pejabat dan orang penting di Korea Selatan. 

Lee Kyu Hyung berperan sebagai Jwa Si Baek. Ia adalah seorang pengacara publik yang  terkenal sedikit nekat dan eksentrik. 

Jwa Si Baek bukan pengacara sembarangan. Ia adalah lulusan terbaik dari kampusnya. Namun ia memilih menjadi pengacara publik daripada menjadi hakim, jaksa, atau pengacara di firma hukum bergengsi dengan bayaran 45.000 won per 6 menit. Tidak heran, Jwa Si Baek selalu mendapatkan penghargaan sebagai pengacara publik terbaik. 

Jwa Si Baek selalu tampil hangat ketika berhadapan dengan para klien. Namun ketika ia tampil di persidangan untuk membela klien dan bekerja menyelidiki kasus mereka, Jwa Si Baek tampil dingin, misterius, dengan pandangan mata dan garis senyum yang sulit untuk ditebak. Apalagi ketika ia berhadapan dengan Noh Chak Hee, hmm… hmm… dan penonton pun berharap. Writernim, berbaik hatilah pada kami yang menantikan romansa dalam kisah Jwa Si Baek dan Noh Chak Hee.

Noh Chak Hee dan Jwa Si Baek, hm... (sumber: sindonews.com)
Noh Chak Hee dan Jwa Si Baek, hm… (sumber: sindonews.com)

Baiklah… Sebelum halu berkelanjutan, yuk kita kenalan dengan Lee Kyu Hyung, yang sukses memerankan Jwa Si Baek, si pengacara misterius yang baek

PROFIL

Lee Hyu Kyung (sumber: Hancinema)
Lee Hyu Kyung (sumber: Hancinema)

Sejak kecil Lee Kyu Hyung sudah tertarik dengan bidang akting. Sejak melihat Han Syu Kyu berakting dalam film Korea berjudul “Shiri” (1999), Lee kecil pun terinspirasi dan bercita-cita menjadi seorang bintang panggung. 

Ketika mengenyam pendidikan di SMA Joongdong di Seoul Lee yang lahir di Seoul, 29 November 1983 ini ikut dalam klub teater di sekolah. Awalnya Lee melanjutkan pendidikan ke Universitas Kyung Hee jurusan film dan teater, namun tidak menyelesaikan pendidikannya di sana. Kemudian Lee pindah ke Universitas Dongguk jurusan ‘theater studies’ (kajian teater), karena Choi Min Sik, aktor panutannya, adalah alumni universitas tersebut. 

Sebagaimana aktor-aktor panutannya, seperti Han Syu Kyu, Choi Min Sik, Seol Gyung Kyu, Lee mengawali karier di panggung layar lebar dan drama musikal, dan mengembangkan karier di panggung drama televisi. 

Dalam sebuah wawancara, Lee mengatakan bahwa lewat drama, ia bertemu dengan banyak orang yang mendukung karier aktingnya. Ketika muncul sebagai cameo dalam drama “Goblin: The Lonely and Great God”, Lee berkesempatan berlaga akting dengan Gong Yoo. Ketika bermain dalam drama “Stranger”, ia mendapat banyak dukungan dari Cho Seung Woo dan Bae Doona

Lee Kyu Hyung dalam drama “Stranger”
(sumber: kapanlagi.com)

PERJALANAN KARIER

Debut Lee ditandai dengan penampilannya dalam film “Kick the Moon” tahun 2001. Dalam film ini, Lee mendapatkan peran minor. Sejak penampilan perdananya itu, Lee tampil dalam berbagai lakon dan drama musikal. 

Salah satu penampilannya yang paling berkesan adalah ketika ia bermain dalam drama musikal “Laundry”. Selama penampilan drama teater “Laundry”, yaitu pada tahun 2009, 2010, 2011, dan 2013, Lee tampil sebagai karakter Sol Rong Go. Selain “Laundry”, Lee juga langganan tampil dalam sejumlah drama musikal seperti “Fan Letter” dan “Gloomy Day”. 

Tahun 2013, secara tidak sengaja Lee mendapatkan peran dalam film “The Face Reader”. Ketika itu aktor yang seharusnya tampil tidak bisa datang ke lokasi syuting karena kena musibah ban bocor. Seorang temannya menelepon Lee untuk datang ke lokasi dan menggantikan si aktor tadi. Wah, ternyata musibah (bagi orang lain) berujung berkah. 

Tahun 2017, Lee berperan sebagai Yoon Se Won dalam drama “Stranger”. Penampilannya dalam drama ini membuat Lee semakin dikenal di dunia akting. 

Pada tahun yang sama, Lee mendapatkan peran sebagai Yoo Han Yang dalam drama “Prison Playbook.” Yoo Han Yang adalah anak seorang raja minyak yang mendekam dipenjara karena memakai narkoba. 

Sutradara Shin Won Ho dan penulis skenario Lee Woo Jung terkesan dengan penampilan Lee dalam lakon “Come See Me” dan drama musikal “Fan Letter”. Karena itu, mereka pun meminta Lee untuk mengikuti audisi drama “Prison Playbook” untuk peran Yoo Han Yang. 

Lee Kyu Hyung dan para pemain drama "Prison Playbook" (sumber: Pinterest)
Lee Kyu Hyung dan para pemain drama “Prison Playbook” (sumber: Pinterest)

Ternyata pilihan mereka tidak salah. Penonton drama ini sangat terkesan dengan karakter Yoo Han Yang yang cute namun serius yang ditampilkan Lee. Karier dan popularitas Lee pun semakin melejit dan mendunia.  

Tahun 2019, Lee tampil dalam drama musikal “Cyrano” bersama aktor musikal lain seperti Ryu Jung Han, Choi Jae Woong, dan Jo Hyung Gyun. Dalam drama ini Lee berperan sebagai Cyrano. Drama ini meraih sukses besar. Produksi tahun 2019 dipandang jauh lebih baik daripada produksi sebelumnya di tahun 2017. 

Menyusul penampilannya sebagai Cyrano, pada tahun yang sama Lee bermain dalam drama musikal yang cukup legendaris “Hedwig and the Angry Inch”. Penampilannya dalam drama musikal ini menuai banyak pujian, dimana Lee berhasil menunjukkan tidak hanya kekuatan akting, namun juga kemampuan olah vokalnya. 

Lee Kyu Hyung sebagai Hedwig (sumber: allkpop.com)
Lee Kyu Hyung sebagai Hedwig (sumber: allkpop.com)

Dua tahun terakhir tampaknya menjadi tahun yang sibuk dan penuh karya bagi Lee Kyu Hyung. Ia tampil dalam sejumlah film dan drama, seperti film “Juror8” bersama Park Hyung Sik dan “Diva” bersama Shin Min A, dan drama “Hi Bye, Mama!” bersama Kim Tae Hee. 

Lee Kyu Hyung dalam drama "Hi Bye, Mama!" (sumber: Pinterest)
Lee Kyu Hyung dalam drama “Hi Bye, Mama!” (sumber: Pinterest)

Tahun 2022 ini, Lee kembali tampil dalam sejumlah drama dan film. Ia bermain dalam sebuah film produksi Netflix “Seoul Vibe” bersama Yoo Ah In dan Go Kyung Pyo. Ia juga bermain dalam “Stellar”, sebuah film bergenre fantasi yang disutradarai oleh Kwon Soo Kyung, yang juga menjadi sutradara film “My Annoying Brother”(2016). 

Lee juga tampil dalam sejumlah drama, antara lain “Voice”, “Happiness”, “All of Us Are Dead”, dan tentu saja drama yang sedang kita nanti-nantikan endingnya minggu ini, “May It Please The Court”. 

PRESTASI

Hasil tidak menghianati usaha. Kemampuan akting dan olah vokal Lee mendapatkan pengakuan dalam berbagai ajang bergengsi di dunia panggung Korea Selatan. 

Tahun 2018 Lee dinominasikan sebagai Best New Actor – Television atas perannya dalam drama “Stranger”. 

Tahun 2019, Lee memenangkan penghargaan “Excellence Award – Actor” dalam ajang Korea Drama Awards dan dinominasikan untuk penghargaan “Excellence Award in Miniseries – Actor” dalam ajang SBS Drama Awards atas perannya dalam drama “Doctor John”.  

Masih pada tahun yang sama, Lee dinominasikan sebagai Best Supporting Actor dalam ajang Korean Musical Awards atas perannya sebagai D’Ysquith dalam drama musikal “A Gentleman’s Guide to Love and Murder”. 

Lee Kyu Hyung dalam drama musikal "A Gentleman's Guide to Love and Murder" 
(sumber: YouTube)
Lee Kyu Hyung dalam drama musikal “A Gentleman’s Guide to Love and Murder”
(sumber: YouTube)

Apa istimewanya peran Lee dalam drama musikal ini? Ternyata dalam drama itu, Lee memerankan sembilan (iya… sembilan!) karakter yang berbeda, yang adalah anggota keluarga D’Ysquith. Hal ini menuntut Lee mampu berganti kostum dan karakter dengan cepat. Daebak!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park