12 Drakor Hukum 2022, Mana yang Jadi Favoritmu?

Annyeong haseyo, sobat Drakor Class…

Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2022. Sebelum tahun berganti, boleh dong flashback sebentar. Hari ini saya mau cerita tentang drama Korea genre hukum sepanjang tahun 2022.

Tahun ini tuh spesial banget, ya! Pecinta drama Korea genre hukum pasti hepi. Gimana nggak hepi, tahun ini tuh banyak banget drakor hukum yang tayang.

Kalau dihitung, ada 12 drama Korea genre hukum yang tayang di tahun ini. Semuanya mengangkat kisah yang unik dan menarik.Nah, apa saja ya drakor hukum yang tayang di tahun 2022?

1. Bad and Crazy

Bad and Crazy
Bad and Crazy Netflix

Bad and Crazy menjadi drakor hukum pertama di tahun 2022. Drama terbaru dari Lee Dong Wook dan Wi Ha Joon ini cukup menjanjikan, lho. Drama ini bercerita tentang seorang polisi yang malas dan korup bernama Ryu Soo Yeol (Lee Dong Wook). Suatu hari, hidupnya berubah drastis ketika dia bertemu dengan seorang pria misterius bernama K (Wi Ha Joon).Kepribadian K adalah kebalikan dari Soo Yeol.

K adalah sosok yang terobsesi dengan keadilan dan impian terbesarnya adalah menjadi superhero. Ia juga sering gegabah dan tak kenal takut saat melawan penjahat untuk mencari keadilan.

Perlahan, K bisa mengubah kepribadian Soo Youl. Dari polisi korup menjadi giat berjuang untuk menyelidiki serangkaian kasus keadilan yang belum terpecahkan.

2. Military Prosecutor Doberman

Military Prosecutor Doberman
Military Prosecutor Doberman | VIU

Military Prosecutor Doberman adalah drakor hukum yang mengangkat kisah jaksa militer. Drama ini dibintangi oleh Ahn Bo Hyun dan Jo Bo Ah. Do Bae-Man (Ahn Bo-Hyun) menjadi jaksa militer untuk mendapatkan kekayaan dan ketenaran. Sementara itu, Cha Woo-In (Jo Bo-Ah) adalah putri dari keluarga chaebol yang bekerja sebagai jaksa militer pemula. Dia sangat percaya diri dan memiliki keterampilan investigasi yang luar biasa.

Keduanya pun bekerja sama menangani kasus dan berusaha melawan villain berkuasa. Berhasilkah kedua jaksa militer ini melawan kekuasaan?

3. Again My Life

Again My Life
Again My Life | VIU

Again My Life adalah drama hukum dan fantasi. Drama ini dibintangi oleh Lee Jong Gi. Lee Jong Gi berperan sebagai jaksa yang dikenal gigih. Suatu saat dia dibunuh saat menangani kasus yang berkaitan dengan pihak berkuasa.

Dia pun diberi kesempatan hidup kembali agar bisa membalas dendam atas kematiannya.Hal unik dari drama ini adalah, semua tokoh utamanya bermarga Kim! Mulai dari sang lead male, yang bernama Kim Hee Woo (Lee Jong Gi), Kim Hee Ah (Kim Ji Eun), Kim Seok Hoon (Choi Kwang II) dan Kim Kyu Ri (Hong Bi Ra).

Selain itu, drama ini juga disponsori oleh Wonderful Indonesia, tak heran jika Bali diceritakan sebagai tempat tokoh utama berbulan madu.

4. Juvenile Justice

Juvenile Justice
Juvenile Justice | Netflix

Drama ini mengangkat kisah kejahatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur. Juvenile Justice bercerita tentang Shim Eun-Seok (Kim Hye-Soo) seorang hakim elit yang memiliki sifat tidak ramah dan mengadili kejahatan anak di bawah umur. Shim Eun Seok menghukum pelanggar dengan caranya sendiri.

5. Extraordinary Attorney Woo

Extraordinary Attorney Woo
Extraordinary Attorney Woo | Netflix

Drama Extraordinary Attorney Woo ini mengangkat kisah seorang pengacara yang mengidap autisme.

Woo Young-Woo (Park Eun-Bin) adalah seorang pengacara cerdas yang mengidap autisme.Drama ini juga dibintangi oleh Kang Tae Oh, yang berperan sebagai paralegal.

Extraordinary Attorney Woo adalah drama hukum terlaris tahun ini. Drama ini mampu meraih rating tinggi dengan episode terakhirnya meraih peringkat 19,2% menurut AGB Nielsen.

6. Big Mouth

Big Mouth
Big Mouth | MBC

Big Mouth adalah drama yang dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Yoona. Lee Jong Suk berperan sebagai Park Chang Ho, pengacara dengan tingkat kemenangan hanya 1% yang kemudian dijebak sebagai Big Mouth, ketua genk sindikat narkoba terbesar di Korea.

Baca Juga : Prediksi Ending Drama “Big Mouth

Penjara mengubah Park Chang Ho menjadi sosok tangguh dan pemberani. Dia pun berusaha mengungkap dalang penjebaknya.

Saat penayangan, drama ini sukses membuat netizen penasaran dan menebak-nebak siapa sebenarnya sosok Big Mouth.

7. One Dollar Lawyer

One Dollar Lawyer
One Dollar Lawyer | Disney Hotstar

One Dollar Lawyer adalah drama hukum dengan sedikit unsur komedi. Drama ini bercerita tentang seorang jaksa yang beralih menjadi pengacara.

One Dollar Lawyer dibintangi oleh Namkoong Min dan Kim Ji-eun. Sesuai judulnya, pengacara dalam drama ini hanya menarik bayaran 1 Dollar untuk menangani setiap kasus. Drama ini berhasil meraih rating tinggi, lho. Pada episode sebelas, One Dollar Lawyer meraih rating 13,6% berdasarkan data dari Nielsen Korea. Meski demikian, drama ini mengundang kontroversi. Drama yang semula 14 episode, dipangkas menjadi 12 episode. Tak heran jika endingnya terkesan dipaksakan.

8. Doctor Lawyer

Doctor Lawyer
One Dollar Lawyer | MBC

Doctor Lawyer adalah drama comeback So Ji Sub. So Ji Sub berperan sebagai Han Yi-Han, seorang ahli bedah elit.

Baca Juga : 7 Karakter Pengacara Unik dalam K-Drama 2022, Mana yang Jadi Favoritmu?

Han Yi Han lulus dari sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan dan dia berspesialisasi dalam dua departemen, yakni bedah umum dan bedah kardiotoraks.

Kegagalan dalam sebuah operasi membuatnya kehilangan izin praktik. Dia pun beralih profesi sebagai pengacara, yang khusus menangani kasus malapraktik.

9. Why Her

Why Her
Why Her | VIU

Drama Why Her ini bercerita tentang seorang pengacara tangguh difitnah lalu dipecat dari sebuah firma hukum dan harus mengajar di universitas.Drama ini dibintangi oleh Seo Hyun Jin dan Hwang In-youp.

Seo Hyun Jin memerankan tokoh Oh Soo Jae. Oh Soo Jae adalah pengacara terbaik TK Law Firm. Tingkat kemenangan 99%. Uniknya, meski seorang pengacara sukses dan terkenal, Oh Soo Jee hanyalah lulusan SMA.

10. May It Please the Court

May It Please the Court
May It Please the Court | Disney Hotstar

Drama May It Please the Court ini diperankan oleh Lee Kyu Hyung dan Jung Ryeo Won. Keduanya berperan sebagai pengacara publik dengan kepribadian yang saling bertolak belakang.

Drama ini bercerita bagaimana kedua pengacara bisa mengungkap dan mengadili pembunuh berantai yang mengintai pria tua kaya di Korea. Sepanjang episode penonton dibawa ke alur cerita yang penuh misteri.

Penonton pun ikut pemasaran dan menebak-nebak siapa pelaku pembunuhan berantai.

11. The Law Cafe

The Law Cafe
The Law Cafe | VIU

The Law Cafe adalah drama hukum dengan bumbu romance yang sangat kental. Diperankan oleh oleh Lee Seung Gi dan Lee Se Young.

Pada episode pertamanya, drama ini meraih rating tinggi, yaitu 7, 1.

The Law Cafe menceritakan kisah cinta seorang jaksa yang bernama Kim Jung-ho (Lee Seung-gi). Jung-ho bertemu kembali dengan Kim Yoo-ri (Lee Se-young) yang berprofesi sebagai pengacara.

Baca Juga : Kesan Pertama Nonton Drama Korea “The Law Cafe” (2022)

Kim Yoo-ri membuka cafe hukum yang memberikan konsultasi hukum gratis. Setiap pengunjung cafe yang membeli segelas kopi, bisa mendapatkan konsultasi hukum gratis.

12. Bad Prosecutor

Bad Prosecutor
Bad Prosecutor | VIU

Bad Prosecutor merupakan drama Korea tentang hukum pertama D.O. EXO. Bad Prosecutor bercerita tentang Jaksa Jin Jung ( D.O. EXO), seorang jaksa yang memihak kaum lemah untuk menegakkan keadilan.

Dia bertekad menjatuhkan orang-orang yang mengandalkan kekuasaan dan melanggar hukum, dengan caranya yang tidak biasa. Tak gentar menghukum penjahat, meskipun dilakukan oleh orang yang berkuasa.

Penutup

Tahun 2022 adalah tahun spesial, rekor menayangkan drama Korea paling banyak sepanjang tahun. So, diantara 12 drama Korea hukum yang tayang di tahun 2022 ini, mana nih yang jadi favorit sobat Drakor Class? Ceritakan di kolom komentar, ya!

Satu pemikiran pada “12 Drakor Hukum 2022, Mana yang Jadi Favoritmu?”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: