Jung Ryeo Won

Jung Ryeo Won: 5 Cerita Mbak Pengacara

Hai, Chingudeul para pembaca Drakor Class sekalian… Pada tahun 2022 yang lumayan didominasi oleh drama hukum ini, ada satu drama yang sejak awal sudah ‘nyangkut’ di hati. 

Sejak episode pertama, kasus yang diangkat cukup nyeleneh dan membuat hati miris. Belum lagi tingkah para penguasa yang bikin gemas rasanya pengin melempar mouse, handphone, remote, atau apapun yang ada di sekitar kita. “May It Please The Court”, begitulah judulnya. 

Review Drama “May It Please The Court”

Drama  ini dibintangi oleh aktor dan aktris yang sudah malang melintang di panggung hiburan Korea Selatan, yaitu Lee Kyu Hyung dan Jung Ryeo Won. Selain akting mereka yang kuat ketika memerankan karakter pengacara, chemistry oppa dan eonni ini pun membuat hati berharap akan ada romansa yang lebih nyata #harapansiromancejunkie

Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang Lee Kyu Hyung, si Mas 290 pemeran Jwa Si Baek, kali ini kita mau membahas Jung Ryeo Won, pemeran Mbak Pengacara Noh Chak Hee. Apa sih kisah si kakak baik dan cantik ini?

Buat Chingudeul yang belum menonton drama “May It Please The Court” ini, boleh juga dengerin review drama ini di podcast Drakor Class. Jangan lupa dengarkan episode-episode lainnya ya…

Tumbuh besar di Australia

Jung Ryeo Won (sumber: Instagram @yoanaloves)
Jung Ryeo Won (sumber: Instagram @yoanaloves)

Jung Ryeo Won lahir di Seoul, Korea Selatan, pada tanggal 21 Januari 1981. Bersama ayah, ibu, kakak, dan adiknya, Jung pindah ke Brisbane, Australia pada tahun 1992. 

Tentunya tidak mudah bagi seorang anak memulai kehidupan baru di negeri yang asing. Jung remaja sempat mengalami diskriminasi karena kendala bahasa, sehingga Jung bertekad untuk menguasai bahasa Inggris. Tidak makan waktu lama, ketika Jung duduk di bangku SMP, Jung telah beradaptasi dengan gaya hidup di sana. 

Setelah menyelesaikan pendidikannya di MacGregor State High School, Jung melanjutkan dan merampungkan pendidikannya dari Griffith University jurusan bisnis internasional.     

Pernah menjadi member girlband Korea Selatan

Pada tahun 2000 ketika mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Korea Selatan, Jung ‘ditemukan’ oleh Lee Sang Min, seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman Korea Selatan. Sejak saat itu, kehidupan Jung berubah seratus delapan puluh derajat. 

Jung mengawali kariernya di dunia entertainment Korea Selatan sebagai penyanyi. Pada masa itu, Jung tergabung dalam sebuah girlband bernama Chakra bersama 3 member lain. Chakra merilis album pertama mereka pada tahun 2000. Sayangnya, band ini bubar pada tahun 2004.

Girlband Chakra (sumber: channel-korea.com)
Girlband Chakra (sumber: channel-korea.com)

Simak penampilan Jung bersama girlband Chakra dalam video berikut ini.

Salah satu penampilan panggung Jung Ryeo Won (sumber: YouTube)

Sempat meragukan pilihan karier sebagai aktris

Jung mulai merambah ke dunia akting pada tahun 2002. Ia berperan sebagai Park Ja Nam, supporting role dalam drama “Saxophone”. 

Bubarnya Chakra membuat Jung lebih fokus mengejar karier aktingnya. Walaupun tampil dalam beberapa drama, namun Jung sempat meragukan pilihan kariernya ini. Ketika itu ia mengikuti 11 audisi dan tidak berhasil mendapatkan satu peranpun. 

Pada tahun 2005, Jung mulai dikenal setelah tampil dalam sitcom “Hello Franceska”. Namun yang menjadi tonggak karier aktingnya adalah ketika Jung bermain dalam drama “My Name is Kim Sam Soon”. 

Kesuksesan drama yang mencapai rating 37% ini turut mengangkat nama Jung yang berperan sebagai Yoo Hee Jin. Dalam drama ini, Jung berlaga akting dengan sejumlah nama besar, seperti Kim Sun A, Hyun Bin, dan Daniel Henney. 

Simak penampilan Jung dalam drama “My Name is Kim Sam Soon” dalam cuplikan video berikut ini. 

Cuplikan adegan drama “My Name is Kim San Soon” (sumber: YouTube)

Prestasi dalam film dan drama

Sejak penampilannya dalam drama “My Name is Kim Sam Soon”, karier Jung terus menanjak. Tahun 2007, untuk pertama kalinya Jung tampil dalam layar lebar. Ia bermain dalam film “Two Faces of My Girlfriend” sebagai gadis berkepribadian ganda, Hani dan Yuri. 

Jung Ryeo Won dalam "Two Faces of My Girlfriend" (sumber: Han Cinema)
Jung Ryeo Won dalam “Two Faces of My Girlfriend” (sumber: Han Cinema)

Dalam sebuah wawancara, Jung menyampaikan bahwa tadinya ia sempat hendak menolak peran ini karena pastinya cukup berat untuk memerankan dua karakter sekaligus. Tapi Jung sadar, apabila ia mau mengembangkan kemampuan dan kariernya dalam bidang akting, maka ia harus berani mengambil tantangan tersebut. 

Lebih jauh lagi, Jung mengatakan bahwa memang tidak mudah memerankan Hani dan Yuri. Ia harus mampu berganti karakter dalam sekejap mata. Kata Jung, “Apabila kau memfokuskan pikiran pada satu hal, maka kau akan takjub melihat apa yang sanggup kau lakukan.” 

Kemampuan aktingnya dalam film ini pun mendapatkan pengakuan. Jung memenangkan penghargaan sebagai “Best New Actress” dalam ajang Blue Dragon Film Awards ke-28 tahun 2007, dan mendapatkan nominasi sebagai “Best New Actress (Film)” dalam ajang 44th Baeksang Arts Awards tahun 2008. 

Tahun 2012, Jung bermain dalam drama “History of a Salaryman”. Dalam drama ini ia memerankan karakter yang unik. Jung berperan sebagai Baek Yeo Chi, gadis kaya yang egois, kerap berkata kasar dan mengumpat. 

Poster drama "History of A Salaryman" (sumber: https://kdramaheidi.wordpress.com/)
Poster drama “History of A Salaryman”
(sumber: https://kdramaheidi.wordpress.com/)

Penampilannya dalam drama ini sangat mengesankan para kritikus dan penonton drama. Kemampuan aktingnya dalam drama ini menghantarkan Jung pada penghargaan Top Excellence Award dalam ajang SBS Drama Awards. 

Selanjutnya Jung tampil dalam sejumlah film dan drama. Antara lain drama Medical Top Team (2013), film “Pained” (2011) dan drama “Bubble Gum” (2015), dimana Jung berpasangan dengan Lee Dong Wook. 

Poster Drama "Bubblegum" (sumber: Pinterest)
Poster Drama “Bubble Gum” (sumber: Pinterest)

Tahun 2017 ia bermain dalam drama “Witch at Court”, dimana Jung berperan sebagai jaksa Ma Yi Deum. Ma Yi Deum digambarkan sebagai sosok yang egois dan temperamental, seorang jaksa yang ambisius dan menghalalkan segala cara untuk memenangkan perkara. 

Jung kembali menunjukkan kemampuan akting yang tidak biasa. Penampilannya sebagai Ma Yi Deum mengantarkan Jung meraih penghargaan Top Excellence Award, Actress dan Best Couple Award bersama Yoon Hyun Min dalam ajang KBS Drama Awards tahun 2017. 

Poster Drama "Witch At Court" (sumber: Han Cinema)
Poster Drama “Witch At Court” (sumber: Han Cinema)

Tahun 2022 Jung tampil sebagai Do Gyoung dalam film “The Woman in a White Car”. Film ini ditayangkan secara perdana dalam ajang 26th BIFAN di Bucheon, Korea Selatan, dimana Jung memenangkan penghargaan sebagai Korean Fantastic: Features, Fantastic Actor. 

Simak penampilannya dalam cuplikan video berikut ini.

Cuplikan film “The Woman in A White Car” (sumber: YouTube)

Bukan cuma bisa akting

Tahun 2007, Jung mempublikasikan bukunya yang bertajuk “Ryeo-won’s Sketchbook”. Buku ini berisi sketsa dan tulisan karya Jung tentang imannya sebagai seorang kristiani. Walaupun tidak pernah mendapatkan pendidikan formal di bidang seni, namun Jung suka mengekspresikan dirinya melalui sketsa. 

Beberapa sketsa Jung Ryeo Won dalam buku "Ryeo-won's Sketchbook" 
(sumber: chosun.com)
Beberapa sketsa Jung Ryeo Won dalam buku “Ryeo-won’s Sketchbook”
(sumber: chosun.com)

Pada Maret 2014, Jung menjadi pembawa acara Art Star Korea, sebuah reality show tentang kompetisi artis kontemporer. Selain menjadi pembawa acara, Jung pun turut berpartisipasi dalam kompetisi ini. 

Reality show ini mendapatkan banyak kritik bahkan sebelum ditayangkan. Banyak yang berpendapat bahwa para seniman tidak bisa dipaksa untuk menghasilkan suatu karya seni dalam waktu tertentu. Namun menurut Ban Yi Jeong, seorang kritikus seni yang menjadi mentor dalam acara tersebut, acara ini lebih ditujukan untuk memperkenalkan seni kontemporer itu sendiri, dan bukan untuk menghasilkan seorang artis seperti halnya pada kompetisi-kompetisi serupa. 

Ternyata di balik penampilannya yang cantik dan modis, Jung Ryeo Won adalah seorang pekerja keras dan pantang menyerah. Ia selalu fokus pada impiannya, berani mengambil tantangan, dan terus mengembangkan kemampuan dan kariernya.

(disarikan dari berbagai sumber)


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park