Bae Doona: The Fabulous Noona

Wajah eksotik nan unik. Kemampuan akting ciamik. Itu hanya dua dari banyak sekali keistimewaan Bae Doona, sang pemeran Song Ji An, seorang doktor astrobiologis wanita dalam drama Korea “The Silent Sea”

Bae Doona sudah malang melintang di dunia panggung sejak tahun 1999. Mengawali karier sebagai model katalog, saat ini Bae Doona tidak hanya dikenal sebagai aktris hallyu. Namanya turut diperhitungkan di kancah perfilman dan panggung fashion internasional.  

Up Close & Personal

Bae Doona (sumber: Hong Jang Hyun/doona.net)
Bae Doona (sumber: Hong Jang Hyun/doona.net)

Sejak kecil Bae Doona sudah akrab dengan dunia panggung. Aktris kelahiran 11 Oktober 1979 ini kerap dibawa serta ketika ibunya, Kim Hwa Young, bekerja. Mama Kim yang berprofesi sebagai seorang aktris sering membawa Doona ketika beliau mengikuti audisi atau berlatih untuk penampilan teater. 

Bae Doona dan Mama Kim Hwa Young (sumber: POPSEOUL!)
Bae Doona dan Mama Kim Hwa Young (sumber: POPSEOUL!)

Pengalaman ini tidak serta-merta membuat Doona kepincut dengan dunia akting, namun sebaliknya. Doona merasa dunia ini hanya ditujukan bagi orang-orang yang memiliki bakat yang luar biasa istimewa.  

Bakat Mama Kim ternyata menurun kepada dua anaknya. Selain Doona, bakat seni juga menurun ke kakak lelakinya, Bae Doo Han. Saat ini Bae Doo Han berprofesi sebagai sutradara film. 

Lulus dari Buyeo High School, tahun 1998 Doona melanjutkan pendidikannya ke Departemen Teater dan Film di Universitas Hanyang. Tahun 2007, Doona kembali melanjutkan pendidikannya di Universitas Konkuk, masih di Departemen Film. 

Tahun 2013, Doona menjalin hubungan dengan aktor dan penyanyi asal Inggris Jim Sturgess. Mereka bertemu ketika sama-sama bermain dalam film “Cloud Atlas” (2012). Keduanya sempat muncul berdua pada Festival Film Cannes tahun 2014. Namun sayang hubungan mereka berakhir pada tahun 2016. 

Bae Doona dan Jim Sturgess, tampil bersama di Festival Film Cannes 2014 (sumber: The Korea Herald)
Bae Doona dan Jim Sturgess, tampil bersama di Festival Film Cannes 2014 (sumber: The Korea Herald)

Bae Doona juga sempat dikabarkan dekat dengan Son Seok Koo. Dikabarkan kedekatan mereka terjadi karena sama-sama terlibat dalam serial Sense8. 

Rumor ini dibantah oleh manajemen Doona ketika itu, SBD Entertainment. Pihak manajemen menegaskan bahwa hubungan mereka hanya sebagai teman seprofesi. Doona dengan baik hati banyak memberikan tips di bidang akting kepada Son Seok Koo.

Selain akting, Doona juga punya keahlian lain, yaitu fotografi. Ketika hiatus dari dunia film pada tahun 2003, Doona mengisi waktu dengan belajar lebih banyak tentang fotografi. 

Tahun 2006, Doona mempublikasikan buku photo-essay pertama yang berjudul “Doona’s London Play”. Lewat foto, Doona berkisah tentang pengalamannya merambah berbagai sudut kota London. 

Buku "Doona's London Play" (sumber: https://londonkoreanlinks.net/)
Buku “Doona’s London Play” (sumber: https://londonkoreanlinks.net/)
 Beberapa foto dalam buku "Doona's London Play" (sumber: http://www.kyobobook.co.kr/)
Isi buku “Doona’s London Play” (sumber: http://www.kyobobook.co.kr/)

Tidak hanya satu, Doona telah menghasilkan tiga buku photo-essay. Tahun 2007, ia menerbitkan “Doona’s Tokyo Play”, dan tahun berikutnya “Doona’s Seoul Play”.  

Modeling. Akting. Fotografi. Apalagi? Ternyata Bae Doona juga punya kemampuan bernyanyi, lho. Simak cuplikan film “Linda Linda Linda” (2005) dimana Doona berperan sebagai Sun, vokalis band sekolah.

Bae Doona sebagai vokalis band dalam film “Linda Linda Linda”. (sumber: YouTube)

Career & Filmography

Noona dari dua orang saudara laki-laki ini memulai kariernya sebagai model katalog di Korea Selatan pada tahun 1999. Pada tahun yang sama, Doona memulai debut aktingnya dengan tampil dalam film “The Ring Virus”. 

Doona dalam "The Ring Virus" (sumber: Cinehouse)
Doona dalam “The Ring Virus” (sumber: Cinehouse)

Pada tahun 2000, Doona bermain dalam film “Barking Dogs Never Bite” arahan sutradara Bong Joon Ho. Film ini mengubah hidup Doona, dimana pada saat itu ia memutuskan untuk sepenuhnya terjun dan berkarier di dunia akting. Perannya sebagai Park Hyun Nam mengantarkan Doona sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik pada Blue Dragon Film Awards.

Tahun 2001, Doona bermain dalam film “Take Care of My Cat”. Pada tahun berikutnya, Doona bermain dalam film “Sympathy for Mr. Vengeance”. Doona kembali memperoleh beberapa penghargaan dan nominasi atas perannya dalam kedua film tersebut. 

Tidak selamanya karier Doona berkibar. Pada tahun 2003, dua film yang diperankannya tidak mendapatkan sambutan dari penggemar. Ketika itu Doona memutuskan untuk hiatus, beristirahat dari dunia akting, agar dapat kembali dan memulai lagi dengan semangat baru.

Tahun 2006, Doona kembali bekerja sama dengan sutradara Bong Joon Ho dalam film “The Host”. Pada periode yang sama, Doona juga tampil dalam drama televisi yang berjudul “Someday” dan “How to Meet a Perfect Neighbor”.

Debut Doona di perfilman Hollywood ditandai dengan perannya dalam film “Cloud Atlas” pada tahun 2012. Ini adalah film Doona pertama yang menggunakan bahasa Inggris. 

Poster Film "Cloud Atlas" (sumber: Pinterest)
Poster Film “Cloud Atlas” (sumber: Pinterest)

Debut ini membawa Doona tampil dalam serial TV “Sense8” yang ditayangkan perdana di Netflix tahun 2015. Pada tahun yang sama, Doona tampil dalam web film berjudul “Red Carpet Dream” sebagai dirinya sendiri. FIlm berdurasi 90 menit ini disutradarai oleh Bae Doo Han, kakak laki-laki Doona.

Tahun 2016, Doona kembali tampil dalam film layar lebar. Ia bermain dalam film “The Tunnel”. Penampilan Doona dalam film ini kembali mengantarkan dirinya pada penghargaan dan nominasi dalam berbagai ajang festival film bergengsi. 

Pada tahun berikutnya, Doona bermain dalam drama televisi “The Stranger”, berpasangan dengan Cho Seung Woo. Kesuksesan drama ini membuat penulisnya membuat lanjutan dari kisah Hwang Shi Mok dan Han Yeo Jin dalam “The Stranger 2”. 

Tahun 2019, Doona tampil dalam drama “Kingdom”, yang dilanjutkan dengan “Kingdom 2” pada tahun 2020. Dan saat ini, penggemar dapat menyaksikan kemampuan aktingnya dalam drama “The Silent Sea”, berpasangan dengan Gong Yoo dan Lee Joon. 

Bae Doona dalam “The Silent Sea” (sumber: Den of Geek)

Natural & Effortless  

Kemampuan akting Bae Doona tidak perlu diragukan lagi. Doona selalu tampil menyatu dengan karakter yang dibawakannya. Penampilannya begitu natural dan effortless. Karakter apapun sepertinya bisa diperankannya dengan mudah. 

Sudah pasti perwatakan ini bukan muncul begitu saja. Doona bekerja keras untuk mewujudkan setiap tokoh yang diperankannya. 

Ketika bermain dalam film “Barking Dogs Never Bite” (2000), Doona menyanggupi permintaan sutradara Bong Joon Ho untuk tampil tanpa make-up sama sekali. Kemudian, demi perannya dalam film “The Host” (2006), Bae Doona berlatih memanah selama berbulan-bulan. 

Doona dalam film "Barking Dogs Never Bite" dan "The Host" (sumber: Pinterest)
Bae Doona dalam film “Barking Dogs Never Bite” dan “The Host” (sumber: Pinterest)

Pada tahun 2012, Doona memerankan Ri Bun Hui, seorang atlet tenis meja asal Korea Utara, dalam film “As One”. Film ini diangkat dari sebuah kisah nyata, dimana tim Korea Selatan dan Korea Utara tampil di bawah satu bendera dalam Kejuaraan Dunia Tenis Meja tahun 1991 di Chiba, Jepang. 

Bersama Ha Ji Won, yang memerankan Hyun Jung Wa, Doona dilatih langsung oleh Hyun Jung Wa selama empat bulan. Tidak main-main, Doona harus berlatih untuk dapat bermain tenis meja dengan tangan kiri seperti Ri Bun Hui. 

Bersama Ha Ji Won dalam film "As One" (sumber: IMDb)
Bersama Ha Ji Won dalam film “As One” (sumber: IMDb)

Fun fact! Doona dan seluruh pemeran atlet dalam film “As One” berlatih dengan sangat serius dan sungguh-sungguh, sehingga tidak ada seorangpun dari mereka yang memakai body double atau pemeran pengganti. Daebak!  

Awards & Nominations

Kerja keras Doona sudah pasti tidak sia-sia. Kemampuannya  berlakon telah mendapatkan pengakuan dan Doona telah memenangkan banyak penghargaan dan masuk nominasi dalam berbagai festival bergengsi. 

Berikut beberapa penghargaan dan nominasi yang diperoleh Doona:

  • Tahun 1999, Best New Actress dalam festival KBS Drama Awards atas perannya dalam drama “School” dan “Ad Madness”.
  • Tahun 2000, Best New Actress dalam festival Blue Dragon Film Awards dan nominasi Best New Actress dalam festival Grand Bells Awards atas perannya dalam film “Barking Dogs Never Bite”.
  • Tahun 2002, Best Actress dalam festival Baeksang Arts Awards atas perannya dalam film “Take Care of My Cat”.
  • Tahun 2006, Best Actress dalam festival Director’s Cut Awards dan nominasi Best Supporting Actress dalam festival Chunsa Film Arts Awards dan Blue Dragon Film Awards atas perannya dalam film “The Host”.
  • Tahun 2008, nominasi Best Supporting Actress dalam festival Chlotrudis Awards atas perannya dalam film “Linda Linda Linda”.
  • Tahun 2010, nominasi Best Actress dalam festival Japan Academy Prizes dan Asian Film Awards atas perannya dalam film “Air Doll”.
  • Tahun 2013, nominasi Best Supporting Actress dalam festival CinEuphoria Awards dan International Online Cinema Awards atas perannya dalam film “Cloud Atlas”.
  • Tahun 2017, nominasi Best Supporting Actress dalam festival Baeksang Arts Awards atas perannya dalam film “The Tunnel”.
  • Tahun 2019, Etoile du Cinéma (Cinema Star) dalam Busan International Film Festival atas perannya dalam film “#JeSuisLa” atau #Iamhere

Gimana gimana? Sudah terpukaukah Chingudeul dengan sederet prestasi dan kemampuan Noona yang satu ini? 

Buat yang sudah lama nge-fans atau mendadak nge-fans, Bae Doona berbagi lebih banyak cerita di situs pribadinya http://www.doona.net/ dan akun instagram https://www.instagram.com/doonabae/. Capcus meluncur! 

Satu pemikiran pada “Bae Doona: The Fabulous Noona”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: