Bae Doona (sumber: Pinterest)

Bae Doona: The Fabulous Noona

Wajah eksotik nan unik. Kemampuan akting ciamik. Itu hanya dua dari banyak sekali keistimewaan Bae Doona, sang pemeran Song Ji An, seorang doktor astrobiologis wanita dalam drama Korea โ€œThe Silent Seaโ€

Bae Doona sudah malang melintang di dunia panggung sejak tahun 1999. Mengawali karier sebagai model katalog, saat ini Bae Doona tidak hanya dikenal sebagai aktris hallyu. Namanya turut diperhitungkan di kancah perfilman dan panggung fashion internasional.  

Up Close & Personal

Bae Doona (sumber: Hong Jang Hyun/doona.net)
Bae Doona (sumber: Hong Jang Hyun/doona.net)

Sejak kecil Bae Doona sudah akrab dengan dunia panggung. Aktris kelahiran 11 Oktober 1979 ini kerap dibawa serta ketika ibunya, Kim Hwa Young, bekerja. Mama Kim yang berprofesi sebagai seorang aktris sering membawa Doona ketika beliau mengikuti audisi atau berlatih untuk penampilan teater. 

Bae Doona dan Mama Kim Hwa Young (sumber: POPSEOUL!)
Bae Doona dan Mama Kim Hwa Young (sumber: POPSEOUL!)

Pengalaman ini tidak serta-merta membuat Doona kepincut dengan dunia akting, namun sebaliknya. Doona merasa dunia ini hanya ditujukan bagi orang-orang yang memiliki bakat yang luar biasa istimewa.  

Bakat Mama Kim ternyata menurun kepada dua anaknya. Selain Doona, bakat seni juga menurun ke kakak lelakinya, Bae Doo Han. Saat ini Bae Doo Han berprofesi sebagai sutradara film. 

Lulus dari Buyeo High School, tahun 1998 Doona melanjutkan pendidikannya ke Departemen Teater dan Film di Universitas Hanyang. Tahun 2007, Doona kembali melanjutkan pendidikannya di Universitas Konkuk, masih di Departemen Film. 

Tahun 2013, Doona menjalin hubungan dengan aktor dan penyanyi asal Inggris Jim Sturgess. Mereka bertemu ketika sama-sama bermain dalam film โ€œCloud Atlasโ€ (2012). Keduanya sempat muncul berdua pada Festival Film Cannes tahun 2014. Namun sayang hubungan mereka berakhir pada tahun 2016. 

Bae Doona dan Jim Sturgess, tampil bersama di Festival Film Cannes 2014 (sumber: The Korea Herald)
Bae Doona dan Jim Sturgess, tampil bersama di Festival Film Cannes 2014 (sumber: The Korea Herald)

Bae Doona juga sempat dikabarkan dekat dengan Son Seok Koo. Dikabarkan kedekatan mereka terjadi karena sama-sama terlibat dalam serial Sense8. 

Rumor ini dibantah oleh manajemen Doona ketika itu, SBD Entertainment. Pihak manajemen menegaskan bahwa hubungan mereka hanya sebagai teman seprofesi. Doona dengan baik hati banyak memberikan tips di bidang akting kepada Son Seok Koo.

Selain akting, Doona juga punya keahlian lain, yaitu fotografi. Ketika hiatus dari dunia film pada tahun 2003, Doona mengisi waktu dengan belajar lebih banyak tentang fotografi. 

Tahun 2006, Doona mempublikasikan buku photo-essay pertama yang berjudul โ€œDoonaโ€™s London Playโ€. Lewat foto, Doona berkisah tentang pengalamannya merambah berbagai sudut kota London. 

Buku "Doona's London Play" (sumber: https://londonkoreanlinks.net/)
Buku “Doona’s London Play” (sumber: https://londonkoreanlinks.net/)
 Beberapa foto dalam buku "Doona's London Play" (sumber: http://www.kyobobook.co.kr/)
Isi buku “Doona’s London Play” (sumber: http://www.kyobobook.co.kr/)

Tidak hanya satu, Doona telah menghasilkan tiga buku photo-essay. Tahun 2007, ia menerbitkan โ€œDoonaโ€™s Tokyo Playโ€, dan tahun berikutnya โ€œDoonaโ€™s Seoul Playโ€.  

Modeling. Akting. Fotografi. Apalagi? Ternyata Bae Doona juga punya kemampuan bernyanyi, lho. Simak cuplikan film โ€œLinda Linda Lindaโ€ (2005) dimana Doona berperan sebagai Sun, vokalis band sekolah.

Bae Doona sebagai vokalis band dalam film “Linda Linda Linda”. (sumber: YouTube)

Career & Filmography

Noona dari dua orang saudara laki-laki ini memulai kariernya sebagai model katalog di Korea Selatan pada tahun 1999. Pada tahun yang sama, Doona memulai debut aktingnya dengan tampil dalam film โ€œThe Ring Virusโ€. 

Doona dalam "The Ring Virus" (sumber: Cinehouse)
Doona dalam “The Ring Virus” (sumber: Cinehouse)

Pada tahun 2000, Doona bermain dalam film โ€œBarking Dogs Never Biteโ€ arahan sutradara Bong Joon Ho. Film ini mengubah hidup Doona, dimana pada saat itu ia memutuskan untuk sepenuhnya terjun dan berkarier di dunia akting. Perannya sebagai Park Hyun Nam mengantarkan Doona sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik pada Blue Dragon Film Awards.

Tahun 2001, Doona bermain dalam film โ€œTake Care of My Catโ€. Pada tahun berikutnya, Doona bermain dalam film โ€œSympathy for Mr. Vengeanceโ€. Doona kembali memperoleh beberapa penghargaan dan nominasi atas perannya dalam kedua film tersebut. 

Tidak selamanya karier Doona berkibar. Pada tahun 2003, dua film yang diperankannya tidak mendapatkan sambutan dari penggemar. Ketika itu Doona memutuskan untuk hiatus, beristirahat dari dunia akting, agar dapat kembali dan memulai lagi dengan semangat baru.

Tahun 2006, Doona kembali bekerja sama dengan sutradara Bong Joon Ho dalam film โ€œThe Hostโ€. Pada periode yang sama, Doona juga tampil dalam drama televisi yang berjudul โ€œSomedayโ€ dan โ€œHow to Meet a Perfect Neighborโ€.

Debut Doona di perfilman Hollywood ditandai dengan perannya dalam film โ€œCloud Atlasโ€ pada tahun 2012. Ini adalah film Doona pertama yang menggunakan bahasa Inggris. 

Poster Film "Cloud Atlas" (sumber: Pinterest)
Poster Film “Cloud Atlas” (sumber: Pinterest)

Debut ini membawa Doona tampil dalam serial TV โ€œSense8โ€ yang ditayangkan perdana di Netflix tahun 2015. Pada tahun yang sama, Doona tampil dalam web film berjudul โ€œRed Carpet Dreamโ€ sebagai dirinya sendiri. FIlm berdurasi 90 menit ini disutradarai oleh Bae Doo Han, kakak laki-laki Doona.

Tahun 2016, Doona kembali tampil dalam film layar lebar. Ia bermain dalam film โ€œThe Tunnelโ€. Penampilan Doona dalam film ini kembali mengantarkan dirinya pada penghargaan dan nominasi dalam berbagai ajang festival film bergengsi. 

Pada tahun berikutnya, Doona bermain dalam drama televisi โ€œThe Strangerโ€, berpasangan dengan Cho Seung Woo. Kesuksesan drama ini membuat penulisnya membuat lanjutan dari kisah Hwang Shi Mok dan Han Yeo Jin dalam โ€œThe Stranger 2โ€. 

Tahun 2019, Doona tampil dalam drama โ€œKingdomโ€, yang dilanjutkan dengan โ€œKingdom 2โ€ pada tahun 2020. Dan saat ini, penggemar dapat menyaksikan kemampuan aktingnya dalam drama โ€œThe Silent Seaโ€, berpasangan dengan Gong Yoo dan Lee Joon. 

Bae Doona dalam “The Silent Sea” (sumber: Den of Geek)

Natural & Effortless  

Kemampuan akting Bae Doona tidak perlu diragukan lagi. Doona selalu tampil menyatu dengan karakter yang dibawakannya. Penampilannya begitu natural dan effortless. Karakter apapun sepertinya bisa diperankannya dengan mudah. 

Sudah pasti perwatakan ini bukan muncul begitu saja. Doona bekerja keras untuk mewujudkan setiap tokoh yang diperankannya. 

Ketika bermain dalam film โ€œBarking Dogs Never Biteโ€ (2000), Doona menyanggupi permintaan sutradara Bong Joon Ho untuk tampil tanpa make-up sama sekali. Kemudian, demi perannya dalam film โ€œThe Hostโ€ (2006), Bae Doona berlatih memanah selama berbulan-bulan. 

Doona dalam film "Barking Dogs Never Bite" dan "The Host" (sumber: Pinterest)
Bae Doona dalam film “Barking Dogs Never Bite” dan “The Host” (sumber: Pinterest)

Pada tahun 2012, Doona memerankan Ri Bun Hui, seorang atlet tenis meja asal Korea Utara, dalam film โ€œAs Oneโ€. Film ini diangkat dari sebuah kisah nyata, dimana tim Korea Selatan dan Korea Utara tampil di bawah satu bendera dalam Kejuaraan Dunia Tenis Meja tahun 1991 di Chiba, Jepang. 

Bersama Ha Ji Won, yang memerankan Hyun Jung Wa, Doona dilatih langsung oleh Hyun Jung Wa selama empat bulan. Tidak main-main, Doona harus berlatih untuk dapat bermain tenis meja dengan tangan kiri seperti Ri Bun Hui. 

Bersama Ha Ji Won dalam film "As One" (sumber: IMDb)
Bersama Ha Ji Won dalam film “As One” (sumber: IMDb)

Fun fact! Doona dan seluruh pemeran atlet dalam film โ€œAs Oneโ€ berlatih dengan sangat serius dan sungguh-sungguh, sehingga tidak ada seorangpun dari mereka yang memakai body double atau pemeran pengganti. Daebak!  

Awards & Nominations

Kerja keras Doona sudah pasti tidak sia-sia. Kemampuannya  berlakon telah mendapatkan pengakuan dan Doona telah memenangkan banyak penghargaan dan masuk nominasi dalam berbagai festival bergengsi. 

Berikut beberapa penghargaan dan nominasi yang diperoleh Doona:

  • Tahun 1999, Best New Actress dalam festival KBS Drama Awards atas perannya dalam drama โ€œSchoolโ€ dan โ€œAd Madnessโ€.
  • Tahun 2000, Best New Actress dalam festival Blue Dragon Film Awards dan nominasi Best New Actress dalam festival Grand Bells Awards atas perannya dalam film โ€œBarking Dogs Never Biteโ€.
  • Tahun 2002, Best Actress dalam festival Baeksang Arts Awards atas perannya dalam film โ€œTake Care of My Catโ€.
  • Tahun 2006, Best Actress dalam festival Directorโ€™s Cut Awards dan nominasi Best Supporting Actress dalam festival Chunsa Film Arts Awards dan Blue Dragon Film Awards atas perannya dalam film โ€œThe Hostโ€.
  • Tahun 2008, nominasi Best Supporting Actress dalam festival Chlotrudis Awards atas perannya dalam film โ€œLinda Linda Lindaโ€.
  • Tahun 2010, nominasi Best Actress dalam festival Japan Academy Prizes dan Asian Film Awards atas perannya dalam film โ€œAir Dollโ€.
  • Tahun 2013, nominasi Best Supporting Actress dalam festival CinEuphoria Awards dan International Online Cinema Awards atas perannya dalam film โ€œCloud Atlasโ€.
  • Tahun 2017, nominasi Best Supporting Actress dalam festival Baeksang Arts Awards atas perannya dalam film โ€œThe Tunnelโ€.
  • Tahun 2019, Etoile du Cinรฉma (Cinema Star) dalam Busan International Film Festival atas perannya dalam film โ€œ#JeSuisLaโ€ atau #Iamhere

Gimana gimana? Sudah terpukaukah Chingudeul dengan sederet prestasi dan kemampuan Noona yang satu ini? 

Buat yang sudah lama nge-fans atau mendadak nge-fans, Bae Doona berbagi lebih banyak cerita di situs pribadinya http://www.doona.net/ dan akun instagram https://www.instagram.com/doonabae/. Capcus meluncur! 


Comments

2 tanggapan untuk “Bae Doona: The Fabulous Noona”

  1. […] sang pemeran Han Yoon Jae, ke layar drama televisi. Dalam drama ini, Gong Yoo berpasangan dengan Bae Doona dan beberapa aktor dan aktris Korea senior lainnya. Lama dinanti-nantikan oleh berlaksa penggemar […]

  2. […] Dalam sebuah wawancara, Lee mengatakan bahwa lewat drama, ia bertemu dengan banyak orang yang mendukung karier aktingnya. Ketika muncul sebagai cameo dalam drama โ€œGoblin: The Lonely and Great Godโ€, Lee berkesempatan berlaga akting dengan Gong Yoo. Ketika bermain dalam drama โ€œStrangerโ€, ia mendapat banyak dukungan dari Cho Seung Woo dan Bae Doona.ย  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park