Came to Me and Became a Star

Came to Me and Became a Star (2013), Review Drama Spesial Jung So Min dan Kim Ji Suk

Halo Sahabat Drakor Class.
Di tulisan kali ini, saya akan membahas tentang drama spesial yang diperankan oleh Jung So Min dan Kim Ji Suk. Drama ini berjudul Came to Me and Became a Star (2013).

Rindu Drama Monthly Magazine Home (2021)

Mari kita flash back sebentar, apa drama favoritmu di tahun 2021? Untuk drama romcom, pilihan saya jatuh pada drama Monthly Magazine Home (2021). Drama ini menyenangkan dan banyak pelajaran didalam ceritanya. Selain itu, chemistry antara Jung So Min dan Kim Ji Suk pun membuat dugun-dugun.

Sebenarnya Jung So Min dan Kim Ji Suk itu reunite di drama Monthly Magazine Home. Sebelumnya mereka sudah pernah main drama bareng di sebuah drama spesial yang ditayangkan oleh KBS. Untuk mengobati rasa rindu kepada mereka, saya ingin mengajak sahabat Drakor Class untuk mengulas drama spesial satu ini.

Kim Ji Suk & Jung So Min dari BTS Monthly Magazine Home (2021)
Sumber gambar: Soompi
Kim Ji Suk & Jung So Min dari BTS Monthly Magazine Home (2021)
Sumber gambar: Soompi

Tentang KBS Drama Spesial

KBS Drama Spesial adalah program antologi serial yang ditayangkan di stasiun TV KBS 2. Format serial seperti ini, diprakarsai oleh program Drama City dan MBC’s Best Theather. Setelah tayang selama 14 tahun, program Drama City berakhir di tahun 2008. Sejak saat itu, semakin banyak serial TV yang diadaptasi dari buku, novel online, komik dan lainnya. Akibatnya ruang untuk serial pendek menjadi berkurang.

Pada tahun 2010, KBS Drama Spesial kembali dikenalkan sebagai serial antologi satu episode. Setiap drama spesial dalam setiap season-nya, memiliki pemeran, cerita, sutradara dan penulis naskah yang berbeda. Drama Red Candy yang ditulis oleh penulis It’s Okay That’s Love (Noh Hee Kyung) menjadi drama spesial yang pertama kali ditayangkan.

Jumlah drama spesial yang tayang setiap tahunnya berbeda-beda. Di season pertama (tahun 2010), ada 24 drama spesial yang tayang. Jumlah drama spesial terbanyak tayang pada season 5 (2014) yaitu sebanyak 27 judul. Pada tahun 2021, proyek film “TV Cinema” dikenalkan dalam program Drama Spesial. Dimana akan ada 10 karya yang ditayangkan disetiap season-nya. Ada enam drama babak tunggal yang berdurasi 70 menit dan 4 bioskop televisi yang berdurasi 90 menit.

Langsung aja yuk, kita bahas tentang Drama Spesial Came to Me and Became a Star (2013).

Identitas Drama Spesial

Judul: Came to Me and Became a Star
(나에게로 와서 별이 되었다 / Naegero Waseo Byeolyi Doeeotsda)
Genre: Drama Spesial, Romance, Melodrama
Director: Hwang In Hyuk
Writer: Kim Min Jung
Rilis: 3 November 2013
Durasi: 75 menit

Pemeran:
– Kim Ji Suk sebagai Jin Gang Seok, seorang guru matematika yang berkerja keras untuk membiayai kehidupan keluarganya. Ia harus membayar hutang uang kuliahnya dan juga membiayai perawatan ibunya di Rumah Sakit.
– Jung So Min sebagai Lee Ha Jin, seorang pegawai yang bekerja di perusahaan mainan. Sudah beberapa bulan ia tidak mendapatkan gaji, akibatnya ia kesulitan keuangan.
– Lee Byung Joon sebagai Byung Soo, seorang laki-laki berusia 40 tahun yang tinggal di hostel sendirian. Istri dan anaknya tinggal di luar negeri. Hubungan dengan keluarganya terputus, karena ia mengalami kesulitan keuangan. Akibatnya ia sering membuat keributan di hostel.
– Kang Han Saem sebagai manager hostel.
– Yoo So Young sebagai Jung A, teman kerja Ha Jin di perusahaan mainan.
– Nam Kyung Min sebagai Kang Mi, adik Gang Seok yang merawat ibunya di Rumah Sakit.

Sinopsis Came to Me and Became a Star

Lee Ha Jin (Jung So Min) terpaksa pindah dari apartemen yang ia tinggali. Ia kesulitan untuk membayar uang sewanya. Sudah beberapa bulan, ia tidak mendapatkan gaji dari perusahaan mainan tempatnya bekerja.

Perusahaan mainan tempat Ha Jin bekerja mengalami kesulitan finansial. Seluruh pegawai dijanjikan akan mendapatkan gaji jika kontrak proyek mainan baru dari Jepang berhasil. Ha Jin pun berusaha bertahan di perusaahan itu. Dengan berat hati, ia terpaksa pindah dan tinggal di sebuah hostel untuk pelajar kamar no 203.

Jin Gang Seok (Kim Ji Suk) adalah seorang guru matematika yang memiliki penghasilan cukup besar. Namun ia mengalami kesulitan keuangan. Karena ia harus membayar hutang uang kuliahnya. Ditambah ia harus menanggung biaya rumah sakit ibunya. Gang Seok selalu bekerja keras mencari cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia adalah sosok yang sangat bertanggung jawab. Ia tinggal di hostel untuk pelajar kamar no 303.

Bertemu di acara perjodohan

Gang Seok dan Ha Jin di acara perjodohan
Sumber gambar: KBS World TV
Gang Seok dan Ha Jin di acara perjodohan
Sumber gambar: KBS World TV

Gang Seok menghadiri acara perjodohan untuk menggantikan temannya. Disanalah ia bertemu dengan Ha Jin. Ternyata kecocokan mereka sebagai pasangan itu sebesar 98%. Saat diminta maju kedepan untuk memilih hadiah paket berkecan atau rice cooker. Ternyata Ha Jin memilih rice cooker daripada berkencan dengan Gang Seok.

Selesai acara perjodohan, Gang Seok melihat Ha Jin kesulitan membawa hadiah rice cooker. Ia pun menawarkan untuk mengantarkan Ha Jin pulang. Tapi Ha Jin mengarahkan Gang Seok untuk pergi ke apartemen lamanya. Sampai di apartemen, Gang Seok meminta Ha Jin segera masuk. Tapi Ha Jin justru menyuruh Gang Seok untuk segera pergi. Ha Jin memandangi mobil Gang Seok sampai berbelok. Ia pun kembali berjalan menuju hostel tempat tinggalnya.

Menjalin Hubungan Spesial di Came to Me and Became a Star

Setelah acara perjodohan itu, Gang Seok memberanikan diri untuk menghubungi Ha Jin. Ha Jin pun akhirnya bersedia bertemu. Apalagi setelah temannya memberitahu tentang latar belakang Gang Seok yang memiliki penghasilan besar. Mereka pun menjadi dekat dan menjalin hubungan spesial.

Saat akan kecan, Ha Jin tidak bisa keluar dari kamarnya. Karena Bapak Byung Soo membuat kekacauan di depan kamarnya. Saat itu juga, Gang Seok bersiap untuk pergi kecan dan melihat Byung Soo yang berulah. Gang Seok pun membantu untuk memindahkan Byung Soo dari depan kamar Ha Jin.

Byung Soo berbuat ulah di depan kamar Ha Jin
Sumber gambar: KBS World TV
Byung Soo berbuat ulah di depan kamar Ha Jin
Sumber gambar: KBS World TV

Apakah Gang Seok dan Ha Jin akhirnya sadar mereka tinggal di hostel yang sama? Apakah kebohongan yang dilakukan Ha Jin akan terungkap? Bagaimana reaksi Ha Jin mengetahui kondisi ekonomi Gang Seok? Lantas bagaimana kelanjutan hubungan mereka?

Kelebihan Came to Me and Became a Star

1. Durasi Waktu yang pendek

Kelebihan dari setiap drama spesial tentunya ada pada durasi waktunya yang pendek. Drama spesial cocok ditonton untuk semua orang yang memiliki waktu luang sedikit. Meskipun durasinya pendek, tapi isi ceritanya tetap seru kok, bahkan terasa seperti film.

2. Cerita Cinta Realistis di Came to Me and Became a Star

Drama spesial Came to Me and Became a Star menceritakan tentang pasangan yang saling menyukai dengan kendala perekonomian di masing-masing kehidupan pribadinya. Masing-masing berusaha menutupi kekurangannya, hingga terpaksa melakukan kebohongan. Drama ini menampilkan cerita cinta yang realistis.

“Do you know what i fear the most in this world?”
“It’s debt”.

(Gang Seok)

Melalui drama ini, kita diajak melihat kehidupan kedua tokoh utama yang hidup di hostel pelajar yang sempit dan murah. Melalui ucapan karakter Byung Soo disalah satu adegan, kita mengetahui bahwa image orang yang tinggal di hostel itu digambarkan layaknya pengemis. Drama spesial ini menunjukkan realitas kehidupan.

“If you share sadness, it’s divided into two. But with poverty, it just doubles”.

(Ha Jin)

Kekurangan Came to Me and Became a Star

Drama Spesial Came to Me and Became a Star mengingatkan saya dengan ending Monthly Magazine Home (2021). Sebagian orang kemungkinan juga, akan tidak menyukai ending drama spesial ini. Saya pun lebih menyukai happy ending. Akan tetapi saya dapat menerima bagiamana penulis drama Came to Me and Became a Star menutup cerita drama spesial ini.

“Rather than regretting sending you away. I just can’t stand sending you away. Without doing anything for you. If i don’t do this, i’m afraid that it’ll be like a bone in my throat for the rest of my life”.

(Gang Seok)

Ucapan di atas memberikan kesan bahwa Gang Seok siap dan tabah melepas Ha Jin. Dengan perkataan tersebut, penonton sudah dipersiapkan untuk menerima plot twist tak terduga yang muncul setelahnya. Di adegan terakhir pun ada lompatan waktu. Dimana penonton bebas menginterpretasikan apa yang terjadi. Bagian ini tentunya tidak semua penonton akan menyukainya. Namun untuk drama spesial Came to Me and Became a Star, menurut saya sudah cukup sesuai untuk mengakhiri cerita.

Ha Jin dan Gang Seok
Sumber gambar: KBS World TV
Ha Jin dan Gang Seok
Sumber gambar: KBS World TV

Pelajaran dari Came to Me and Became a Star

1. Belajar dari Karakter Gang Seok di Came to Me and Became a Star

Karakter Gang Seok yang bekerja keras dapat dijadikan contoh agar kita lebih semangat lagi dalam menjalani kehidupan. Sosok Gang Seok sangat bertanggung jawab pada orang-orang di sekitarnya. Bahkan tanpa ia sadari, ia telah mengorbankan kesenangan dirinya sendiri demi mendahulukan orang lain.

“I have so much responsibility and other things to take care of. You’re the first thing i’ve ever wanted. I want you. I don’t want to lose you.”

(Gang Seok to Ha Jin)

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat orang lain bahagia adalah membahagiakan diri kita sendiri terlebih dahulu. Jika diri sendiri bahagia, maka orang disekitar akan mudah tertular rasa bahagia dari diri kita. Kemudian penting untuk menghargai setiap kerja keras yang telah kita lakukan. Meskipun hasilnya belum sesuai dengan harapan kita.

“Some things just don’t work even if you try hard.
At times like that, ‘Good Work, Well done’.
It’s good to compliment yourself like that”.

(Ha Jin to Gang Seok)

2. Jujur dalam Menjalani Hubungan

Kedua tokoh dalam drama Came to Me and Became a Star memulai hubungan dengan tidak terbuka satu sama lain. Hubungan yang dimulai dengan kebohongan, maka makin lama kebohongan yang dilakukan pun akan semakin bertambah banyak. Karena itu kejujuran dalam menjalani hubungan sangatlah penting demi kelanggengan sebuah hubungan.

Jung So Min dan Kim Ji Suk dari BTS Came to Me and Became a Star (2013)
Sumber gambar: imdb
Jung So Min dan Kim Ji Suk dari BTS Came to Me and Became a Star (2013)
Sumber gambar: imdb

Penutup

Drama spesial yang diperankan Jung So Min dan Kim Ji Suk ini layak untuk ditonton. Ceritanya yang penuh pelajaran, cukup menghibur dan membuat kita merenung akan kehidupan yang kita jalani. Dari rating 1-5, saya memberikan nilai 4.

Jadi tunggu apalagi, langsung saja meluncur ke Youtube KBS World untuk menonton drama spesial Came to Me and Became a Star.


Comments

3 tanggapan untuk “Came to Me and Became a Star (2013), Review Drama Spesial Jung So Min dan Kim Ji Suk”

  1. […] Misalnya nih ya, untuk Onnie favorit, ada Jung So Min yang selalu terlihat lucu walaupun perannya terasa gak menyedihkan. Nah, langsung aja baca di tulisan tentang drama Jung So Min sebelum main di Monthly Magazine yang ditulis mbak Asri. Oh ya, kalian tau tidak, ternyata Jung So Min pernah berpasangan dengan Kim Ji Suk (pasangan di Monthly Magazine) di tahun 2013 dalam film Came to me and Became a Star. […]

  2. […] Sahabat Drakor Class. Sebelumnya saya sudah membahas tentang drama spesial yang diperankan oleh Jung So Min dan Kim Ji Suk. Kali ini saya ingin membahas drama spesial Park […]

  3. […] web drama agak mirip dengan Drama Spesial yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Namun yang paling membedakan ada pada platform online […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park

%d