Drama Jung So Min Sebelum “Monthly Magazine Home”

Jung So Min

Setelah menyelesaikan drama “Monthly Magazine Home” (2021) dan melakukan siaran Johayo Show bersama RPK FM, saya jadi bernostalgia tentang drama-drama lama yang pernah dimainkan oleh Jung So Min.

Aktris yang satu ini menurut saya sangat piawai dalam berakting. Belum pernah ada dramanya yang membuat saya kecewa dengan aktingnya. Namun ada satu drama yang saya tinggalkan karena kurang cocok dengan perbedaan usia antara dia dan pemeran utama prianya, yaitu “Soul Mechanic” (2020). Entah kenapa perbedaan usia yang cukup jauh ini membuat saya merasa kurang nyaman. Saya hanya menonton hingga episode 5 saja.

Sebelum membahas drama apa saja yang pernah dimainkan oleh Jung So Min dan pernah saya tonton. Terlebih dahulu mari kita berkenalan dengan mbak Jung So Min ini.

Profil Singkat Jung So Min

Jung So Min adalah aktris cantik asal Korea selatan yang mempunyai nama lahir Kim Yoon Ji. Dia memulai debutnya pada tahun 2010 dengan menjadi pemeran pendukung dalam drama “Bad Guy” (2010). Lewat drama ini dia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best New Actress for TV dalam acara “Korean Culture and Entertainment Awards ke-18”. Di tahun yang sama Jung Soo Min juga berhasil mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama berjudul “Playful Kiss” (2010).

Awal menonton aktris kelahiran 16 Maret 1989 dalam drama “Playful Kiss” ini, saya merasa dia mirip dengan Yoon Eun Hye. Terutama saat Yoon Eun Hye bermain dalam drama “Princess Hours” (2006). Mungkin itu hanya perasaan saya saja karena saya memang sering menyamakan wajah artis yang satu dengan yang lain, tapi kalian bisa menilai sendiri dengan melihat perbandingan foto mereka berdua di bawah ini.

Jung So Min dan Yoon Eun Hye
Jung So Min dan Yoo Eun Hye

Selain berakting, ternyata Jung So Min juga pernah mencoba dunia tarik suara. Dia sudah memiliki dua single, yaitu “Because You’re Here” yang menjadi soundtrack drama “Because This Is My First Life” (2017) dan “Star” yang dijadikan soundtrack drama “The Smile Has Left Your Eyes” (2018) dimana dia berduet dengan Seo In Guk yang juga lawan mainnya dalam drama tersebut.

Drama Jung So Min

Sebelumnya saya sudah bercerita bahwa saya sangat suka dengan akting Jung So Min ini. Meskipun begitu tetap saja ada dramanya yang belum saya tonton hingga akhir, yaitu “Soul Mechanic” (2020). Di sini dia menjadi berperan sebagai Han Woo Joo, seorang aktris musikal yang memiliki gangguan mental. Dia sangat mudah marah dan cemas. Perilakunya sungguh tidak stabil. Gangguan yang dideritanya disebut juga dengan Borderline Personality Disorder atau gangguan kepribadian ambang.

Selain “Soul Mechanic”, ada juga dramanya yang saya ragu antara sudah menonton atau belum, seperti drama “Can We Get Married?” (2012). Karena itu saya hanya akan membahas drama Jung So Min yang masih saya ingat dan cukup berkesan bagi saya.

Playful Kiss (2010)

playfull kiss
Poster Drama “Playful Kiss” (Sumber: MBC)

Seperti yang saya sebutkan di atas, saya pertama mengenal Jung So Min dari drama ini. Di sini Jung So Min berperan sebagai Oh Ha Ni. Seorang siswi SMA yang ceria namun lemah dalam pelajaran dan selalu mendapat peringkat terbawah. Dia sangat tergila-gila dengan Baek Seung Jo (Kim Hyun-joong), salah satu siswa terpandai di sekolahnya.

Cerita drama ini diawali dengan tragedi yang menimpa rumah Oh Ha Ni. Rumah yang baru selesai dibangun itu tiba-tiba roboh karena gempa. Beruntunglah ada sahabat ayahnya yang mau “menampung” mereka selagi menunggu rumah mereka dibangun lagi. Ternyata rumah yang mereka tempati adalah rumah Baek Seung Jo. Baek Seung Jo adalah anak sulung dari sahabat ayahnya. Cerita antara Oh Ha Ni dan Baek Seung Jo pun semakin berwarna setelah mereka tinggal di bawah satu atap.

Saya pernah menulis tentang Oh Ha Ni dalam tulisan yang berjudul “Aku Ingin Menjadi Oh Ha Ni”. Jika penasaran dengan isi tulisannya, boleh mampir dan dibaca-baca.

Because This Is My First Life (2017)

because this is my first life
Poster Drama “Because This Is My First Life” (Sumber: tvN)

Dalam drama ini Jung So Min berperan sebagai Yoon Ji Ho. Seorang penulis naskah yang tiba-tiba harus keluar dari rumahnya karena masalah keluarga. Di sini dia  beradu akting dengan Lee Min Ki. Salah satu aktor yang menurut saya aktingnya juga layak diacungi jempol. Karena itulah, saya yang awalnya tidak tertarik menonton drama ini malah dibuatnya jatuh cinta.

Konflik dalam drama ini dimulai saat Ji Ho kebingungan mencari tempat tinggal karena keterbatasan dana. Kemudian salah satu sahabatnya menawarkan sebuah tempat tinggal yang bisa disewa tanpa deposit. Ternyata tempat itu adalah sebuah kamar di apartemen seorang laki-laki bernama Nam Se Hee (Lee Min Ki). Merasa mendapat angin segar, Ji Ho menyetujui segala persyaratan yang diajukan oleh Se Hee. Dari sanalah cerita antara Ji Ho dan Se Hee dimulai.

Drama ini sudah pernah dibahas sebelumnya oleh teman saya dalam tulisannya yang berjudul “Because This is My First Life: Menikah atau Pacaran” dan “Because This is My First Life: Antara Sastra dan Realitas”. Kalian bisa mengintip kesana untuk membaca ulasan lengkapnya.

The Smile Has Left Your Eyes (2018)

the smile has left your eyes
Poster Drama “The Smile Has Left Your Eyes” (Sumber: tvN)

Jika membahas drama yang satu ini, mau tidak mau saya kembali merasa kesal karena teringat akhir ceritanya yang sungguh di luar dugaan. Namun tetap saja, akting Jung So Min dan Seo In Guk di drama ini membuat saya memaafkan penulis atas semua kekesalan saya.

Berbeda dengan karakternya di dua drama di atas, dalam drama ini Jung So Min memerankan Yoo Jin Kang, adik seorang polisi. Karakternya dalam drama ini lebih serius jika dibandingkan drama-drama sebelumnya. Mungkin sejalan dengan genre drama ini, yaitu melodrama dan thriller.

Kerennya dia bisa berubah 180 derajat dari sosok Oh Ha Ni yang konyol dan Yoon Ji Ho yang ceria. Di sini karakter Yoo Ji Kang cenderung sedih karena memiliki masa lalu yang kelam. Dia pu jatuh cinta pada Kim Moo Young (Seo In Guk), tersangka pembunuhan yang ditangani kakaknya.

Drama ini merupakan adaptasi dari dorama Jepang yang berjudul Hundred Million Stars From the Sky (Sora Kara Furu Ichioku no Hoshi). Aura ceritanya sangat berbeda dengan dua drama sebelumnya yang cenderung lebih ringan. Drama ini gelap dan penuh misteri. Bahkan tokoh utama prianya pun digambarkan bukan sebagai pria baik dan manis seperti pada kebanyakan drama Korea.

Penutup

Berbagai macam karakter pernah dimainkan oleh Jung So Min. Dari karakter lugu nan bodoh, karakter ceria dan penuh semangat, karakter kelam hingga karakter pemarah. Kalau menurut kalian karakter mana yang paling menarik?

Asri

Ibu muda yang suka membaca, menulis, menonton, makan, dan jalan-jalan.
Cerita jalan-jalan saya bisa dibaca di http://www.asrilestari.com sedangkan tulisan lainnya bisa diintip di https://catatansangpemimpikecil.blogspot.com

Baca Juga

3 Komentar

  1. Aku udah nonton juga Jung So Min di “Can We Get Married” dan “Dooms Day” (ini jadi dokter bareng kim young kwang), aktingnya kadang-kadang bikin dia pake logat Busan. Tapi overall dia selalu bisa terlihat berbeda karakternya walaupun wajahnya ya sama.

    1. dooms day itu film kak?

      1. Drama tahun 2015, judulnya D Days singkatan dari Dooms Days. Aku nonton di Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: