may i help you

Kisah Hyeri yang Bergaul dengan Arwah Orang Meninggal: K-Drama Review “May I Help You” (2022)

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Apa jadinya kalau kita bisa berkomunikasi dengan arwah orang yang sudah meninggal? Bagaimana pula kalau mereka meminta kita untuk mengabulkan permohonan terakhirnya sebelum pergi dengan tenang?

Setelah sebelumnya bergaul dengan Gumiho berusia ratusan tahun, kali ini Hyeri bergaul dengan orang-orang yang sudah meninggal dan membantunya mengabulkan permintaan terakhir mereka. Sebenarnya, tentang apa sih drama “May I Help You” ini? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini ya, chingu!

Baca juga : If You Wish Upon Me, Apa Permintaan Terakhirmu?

Profil K-Drama “May I Help You”

may-i-help-you
Poster “May I Help You” (2022)

Judul:

May I Help You

Hangeul: 일당백집사

Sutradara: Sim So Yeon, Park Sun Young

Penulis Naskah: Lee Sun Hye

Ditayangkan di: MBC, Prime

Jumlah Episode: 16 Episode

Pemain:

Hyeri sebagai Baek Dong Ju

Lee Jun Young sebagai Kim Tae Hee

Lee Gyu Han sebagai Vincent

Song Duk Ho sebagai Seo Hae An

Park Soo Young sebagai Baek Dal Shik (Ayah Dong Ju)

Kisah Baek Dong Ju, Sang Penolong Orang Mati

may-i-help-you-k-drama

Baek Dong Ju (Hyeri) adalah seorang kepala pemakaman yang bertugas untuk mendandani mayat sebelum disemayamkan di tempat peristirahatan terakhir mereka. Dong Ju memiliki kelebihan yakni bisa berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal tersebut.

Mereka biasanya meminta tolong kepada Dong Ju untuk mengabulkan harapan terakhir yang belum sempat terpenuhi. Pada awalnya, Dong Ju ketakutan setengah mati saat mendapati dirinya memiliki kekuatan supranatural tersebut.

Ia sempat kabur dan tak ingin kembali ke pemakaman tempat ia bekerja karena tak ingin berkomunikasi dengan arwah-arwah tersebut. Akan tetapi, ketika ia menghindari hal tersebut, justru banyak kesialan yang menhampirinya. Bahkan sang arwah pun terus memanggil-manggil Dong Ju untuk membantunya.

Merasa tidak punya pilihan dan akhirnya menguatkan hati, Dong Ju akhirnya kembali menjalani pekerjaannya sebagai kepala pemakaman. Ia pun mulai membantu arwah yang berkomunikasi dengannya satu per satu.

Di sisi lain, ia harus berpura-pura rajin belajar dan tampak berusaha untuk lolos tes CPNS di depan ayahnya. Ia terpaksa berbohong karena ayahnya marah besar saat mengetahui puterinya bekerja di pemakaman dan memintanya untuk segera berhenti.

Kisah Kim Tae Hee, Sang Penolong Orang Hidup

may-i-help-you-k-drama

Selain bercerita tentang Baek Dong Ju, drama ini juga bercerita tentang Kim Tae Hee (Lee Jun Young), seorang pekerja lepas yang bekerja membangun sebuah bisnis start-up bersama pamannya, Vincent (Lee Gyu Han).

Apa bisnis yang dijalankannya? Ia menjalankan bisnis untuk menolong orang lain yang membutuhkan bantuan. Bantuan dalam bentuk apapun boleh diajukan dengan syarat membayar minimal sebesar 100 won.

Suatu hari, Kim Tae Hee mendapat order untuk memutuskan pacar seseorang. Ia pun datang menemui wanita tersebut dan mengulangi perkataan dari mantan pacarnya yang meminta putus. Wanita tersebut adalah Baek Dong Ju, ia diputuskan oleh pacarnya karena sang pacar merasa ngeri dengan pekerjaan yang dilakukan Dong Ju sebagai pengurus pemakaman.

Setelah pertemuan pertama dengan Baek Dong Ju, Kim Tae Hee beberapa kali bertemu dengan Baek Dong Ju karena beberapa alasan yang tidak disengaja. Di akhir episode ketiga, Kim Tae Hee sedang memergoki Baek Dong Ju berbicara dengan orang mati di pemakaman. Akankah Kim Tae Hee mengetahui rahasia dan kemampuan supranatural Dong Ju?

Kesan Pertama Menonton K-Drama “May I Help You”

Dengan cerita fantasinya yang horror tapi nggak serem, drama ini memang cukup menarik untuk ditonton. Awalnya saya juga agak takut nih, kok sinopsisnya bisa berkomunikasi dengan orang mati gitu, sih? Tapi, saya tetap maju untuk nonton karena melihat spoiler dari media sosial yang membuat saya penasaran dengan ceritanya.

Karakter Hyeri dalam drama “May I Help You” ini rasanya mirip-mirip dengan karakternya ketika menjadi Lee Dam dalam “My Roommate is A Gumiho“. Aktingnya yang ceria, heboh dan konyol looks so familiar.

Namun, ketika Baek Dong Ju sedang berhadapan dan berkomunikasi dengan arwah orang yang sudah meninggal, Hyeri bisa menswitch aktingnya menjadi sosok yang lebih empati dan hormat kepada orang-orang tersebut.

Saya sendiri belum pernah menonton drama-drama yang dibintangi oleh Lee Jun Young sebelumnya, jadi nggak bisa berkomentar banyak soal aktingnya. Di drama ini, karakter Kim Tae Hee digambarkan begitu pekerja keras karena mengharapkan cuan yang banyak dari pekerjaan freelance-nya tersebut.

Meski terlihat acuh tak acuh, Kim Tae Hee tampak menaruh simpati pada nasib Baek Dong Ju. Lainnya, walaupun pekerjaan menolong orang yang dilakukan oleh Kim Tae Hee dilakukan karena uang, ia juga melakukannya dengan ikhlas dan sepenuh hati.

Baca tentang : The Golden Spoon : Tukar Hidup Jadi Konglomerat Enak Nggak?

Drama ini pun memberikan pesan moral yang cukup dalam, tentang menghormati dan menghargai sekecil apapun bantuan yang diminta oleh orang lain. Mungkin untuk kita permintaan tersebut dianggap berlebihan atau justru tidak penting, namun bagi orang lain bisa jadi sangat berarti.

Rekomendasi

Tiga episode pertama drama “May I Help You” cukup untuk membuat saya ingin melanjutkannya ke episode-episode berikutnya. Menurut saya alur ceritanya tidak terlalu lambat dan ceritanya pun tidak membosankan, meskipun beberapa adegan seperti pertemuan-pertemuan antara dua tokoh utamanya terbilang klise.

Selain kisah Baek Dong Ju dengan kehidupannya sebagai penolong orang yang sudah meninggal dan Kim Tae Hee sebagai penolong orang yang masih hidup, sepertinya drama ini juga akan banyak menyoroti kisah Baek Dong Ju dengan ayahnya yang sama-sama main kucing-kucingan.

Di satu sisi Dong Ju berbohong kepada ayahnya kalau ia sudah tidak lagi bekerja sebagai pengurus pemakaman dan fokus belajar untuk menjadi pegawai negeri. Di sisi lain, ayah Dong Ju yang notabene seorang pengrajin dompet juga berbohong kepada puterinya dengan mengambil pekerjaan tambahan sebagai satpam di sebuah apartemen.

Sepertinya masih terlalu cepat untuk memprediksi bagaimana ending drama ini, sekarang nikmati saja episode-espidoe berikutnya yang akan tayang setiap hari Rabu dan Kamis. So, what do you think, chingu? Tertarik juga untuk menontonnya? Tonton di Prime ya!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 drama 2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park

%d blogger menyukai ini: