KDrama The Golden Spoon: Tukar Hidup Jadi Konglomerat Enak Gak?

Annyeonghaseyo Chingu!

Setelah diwarnai berbagai drama hukum, akhir September 2022 lalu kita kedatangan drama fantasi yang diangkat dari Webcomic. Yap! KDrama The Golden Spoon! Jujurly, drama ini sukses bikin Manda ikutan juga membayangkan, apa rasanya kalau kita harus tukar hidup dengan orang lain, misalnya dengan anak pengusaha atau konglomerat. Tapi kira-kira enak gak sih tukar hidup begitu?

Kalau versi Manda, bayangin kita bangun tidur di sebuah kasur ukuran King Size dengan sprei yang terbuat dari sutra. Bantal, guling, sprei, selimut, dan semuanya sekali pakai langsung cuci. Gak perlu mikirin nyuci, jemur, menyetrikanya bagaimana, karena semua sudah dikerjakan oleh asisten rumah tangga yang jumlahnya lebih banyak dari penghuni utama. Lanjut bangun tidur sudah disediakan pakaian rapi, berjajar di walk-in-closet besar, yang bajunya digantung sesuai gradasi teori warna color wheel. Mau mandi tinggal pilih mau di bagian Shower Area, Bathtub, atau Jacuzzi. Kalau gak buru-buru bisa juga sejenak santai dulu di sauna pribadi.

Makan pagi tinggal makan di meja panjang dengan menu yang sudah dipilihkan koki pribadi jebolan restoran Michelin. Menunya setiap hari gak mungkin sama karena diatur secara apik oleh ahli gizi pribadi. Sakit meriang dikit langsung datang dokter pribadi ke rumah buat masang infus vitamin C. Belum lagi kemana-mana pakai sopir pribadi yang merangkap Bodyguard.

Udah ya, segitu dulu khayal babu, nanti dilanjut lagi di lain kesempatan.

poster the golden spoon (mbc)
The Golden Spoon (MBC)

Ternyata dari semua khayal versi Manda, hanya terlihat bagian enaknya saja Chingu. Bagian gak enaknya bisa kita lihat di KDrama The Golden Spoon ini, yuk bahas!

Profil Drama

  • Judul: The Golden Spoon/ Gold Spoon 
  • Sutradara: Song Hyun Wook
  • Penulis Drama: Yoon Eun Kyung, Kim Eun Hee
  • Penulis Webcomic: gp04FB
  • Tayang di: MBC, Disney Hotstar
  • Tayang setiap: Jumat & Sabtu
  • Episode: 16
  • Genre: Fantasi, Supranatural, Drama

Para Karakter

cast the golden spoon press conference
Para pemeran The Golden Spoon di acara press conference nya (mbc)
  • Lee Seung Cheon diperankan oleh Yook Sung Jae
  • Hwang Tae Yong diperankan oleh Lee Jong Won
  • Na Joo Hee diperankan oleh Jung Chae
  • Oh Yeo Jin diperankan oleh Yeonwoo
  • Hwang Hyeon Do diperankan oleh Choi Won Young 
  • Seo Young Shin diperankan oleh Son Yeo Eun

Comeback Yook Sung Jae

Drama ini merupakan comeback Yook Sung Jae setelah terakhir kali berperan sebagai karakter Han Kang Bae di Mystic Pop-up Bar pada tahun 2020. Drama ini juga merupakan drama pertama setelah ia selesai wajib militer dan dimana ia menjadi pemeran utamanya. Akting Yook Sung Jae menjadi sorotan setelah banyak menuai pujian dan penghargaan. Balik wamil kok jadi makin matang gitu ya. Mungkin di sana dia dimasak secara pas, ditambahkan bumbu juga, supaya rasanya pas. Eh naha kieu?

Yook Sung Jae di The Golden Spoon
Sung Jae is Come Back!

Yook Sung Jae sendiri sebelumnya dikenal sebagai idol KPop yang tergabung dalam boygroup BTOB. Jadi selain jago akting, Yook Sung Jae juga memiliki karisma panggung yang dimiliki setiap idol. Dalam Kdrama The Golden Spoon ini Yook Sung Jae berperan sebagai Lee Seung Cheon.

Bertukar Hidup Melalui Sendok Emas

Drama ini menceritakan kisah Lee Seung Cheon seorang pemuda kurang mampu yang memiliki kesempatan untuk menukar hidupnya. Lee Seung Cheon pemuda rajin dan pintar. Segala bisa lah intinya. Selain itu, karena hidup dalam keluarga kurang mampu, ia juga rajin bekerja dan menabung. Ia sangat ingin keluar dari keluarganya yang hidup sulit.

Yook Sung Jae dan sendok emas dalam The Golden Spoon
Sendok Emas 3.000 Won (mbc)

Dalam drama ini sangat jelas bahwa yang kaya sangat berkuasa. Sementara yang miskin harus makan ati, tekanan batin, dirundung, gak bisa melawan ataupun membela diri. Lee Seung Cheon menjadi bulan-bulanan para anak konglomerat. Dipukuli, disiksa, disuruh-suruh, difitnah dan sebagainya. Semua itu membuatnya semakin benci akan keadaan dirinya. 

Suatu hari ia mendapat kesempatan menukar hidupnya untuk menjadi orang kaya. Kesempatan ini diberikan oleh seorang nenek misterius yang menjual sendok emas seharga 3.000 won di pinggir jalan. Caranya dengan makan di rumah orang yang mau kita tukar hidupnya. Kita perlu makan di rumah itu sebanyak tiga kali. Agak unik sih menurut Manda ini cara menjadi kayanya. Karena setelah berhasil makan tiga kali, semua orang jadi melihat dia dengan identitas yang ingin ditukar. Jadi hanya dirinya saja yang ingat siapa dirinya sesungguhnya.

Keserakahan Membuat Orang Menjual Orangtua

Pada drama ini diperlihatkan bagaimana Lee Seung Cheon akhirnya menukar dirinya menjadi Hwang Tae Young. Bisa dibilang keserakahan membuatnya menjual orang tua dan keluarganya untuk menjadi orang kaya. 

Tapi sesungguhnya jauh di lubuk hatinya ia hanya ingin menjadi orang mampu yang membuat keluarganya tidak kesulitan lagi. Saat akhirnya ia berubah menjadi Hwang Tae Young, yang ia pikirkan hanyalah bagaimana ia bisa menolong orang tuanya. Mencoba menyelesaikan segala urusannya, dari mulai hutang hingga soal tempat tinggal. Tapi tentu saja tidak semudah itu. 

Bagi keluarganya, Lee Seung Cheon adalah Hwang Tae Young, orang lain yang sombong dan membuat anaknya kesulitan. Jadi segala bantuan, hadiah, dan usahanya tidak diterima. Saat ini, sekalipun kaya, ia tidak lebih dari sekadar orang asing. 

Pentingnya Merdeka Secara Finansial

Dari drama ini kita memahami pentingnya merdeka finansial. Dari keluarga Lee Seung Cheon yang terlilit hutang sampai berniat menjual ginjal, kita tahu betapa sulitnya hidup. Meskipun gaya hidup tidak berlebihan, keluarga Lee Seung Cheon terlilit hutang dari mahalnya biaya hidup yang dijalani. Dalam keluarga Lee Seung Cheon, semua anggota keluarga memiliki pekerjaan, sekalipun paruh waktu. Namun semua itu seolah tidak cukup karena pinjaman dari rentenir terus membengkak setiap bulannya. Seperti diketahui dalam beberapa drama, sewa rumah di Seoul sangat mahal. Untuk pegawai tidak tetap gaji tidak cukup untuk membayar tempat tinggal.

Mungkin ada yang menyalahkan bagaimana Ayah dari Lee Seung Cheon terus mengejar mimpi sebagai penulis Webtoon. Tapi di beberapa adegan diperlihatkan bagaimana Ayah dari Lee Seung Cheon terlihat kesulitan dan merasa sangat bersalah atas keadaan keluarganya. Ia beberapa kali mencoba mencari pekerjaan kasar yang sesungguhnya tidak ia kuasai.

Dari itu semua semoga kita bisa jadi semakin bijak dalam mengelola keuangan kita ya.

Menukar Hidup Belum Tentu Enak

Dalam drama ini dijelaskan bahwa Hwang Tae Young menjalani hidup yang juga tidak mulus seperti yang Manda bayangkan. Hwang Tae Young mungkin memiliki harta berlimpah, tapi tidak pernah merasakan kasih sayang orangtua, terutama Ibu.

Lee Seung Cheon dan Hwang Tae Young di The Golden Spoon
Lee Seung Cheon dan Hwang Tae Young

Saat menjadi Hwang Tae Young, seluruh keluarga tidak memerhatikannya dan berfokus pada kesempurnaan keluarga. Semua tentangnya melulu soal tata krama, keahlian, kepintaran, dan kemampuan mengelola bisnis. Tidak ada kehangatan dan gelak tawa selama makan malam, seperti yang dapat ditemukan pada keluarga Lee Seung Cheon.

Dalam drama ini yang kaya identik dengan sepi, yang miskin identik dengan kehangatan meskipun banyak masalah.

Lanjut Nonton Sampai Habis

Yap, sekali pun ini drama menurut Manda agak sedikit berat, tapi cukup bisa dinikmati. Selain banyak menyadarkan kita akan arti hidup, drama ini juga sangat dekat dengan keadaan hari ini. Keadaan bagaimana status sosial menjadi sangat penting di mata orang lain. Keadaan dimana kekayaan menjadi tolak ukur persahabatan. Dimana semua soal mencari keuntungan pribadi, baik orang miskin ataupun kaya. Ketulusan terasa sangat mulai jarang ditemui. Tidak hanya di Korea Selatan, tapi juga di negara kita Indonesia.

Tapi jangan sedih, dari banyaknya orang semacam ini, dan keadaan yang rasanya semakin menghimpit, selalu ada juga yang sincere. Tinggal kitanya, mau gak tulus duluan. Ketulusan akan selalu menemukan balasannya. Eciyeeee.

Prediksi Ending

Happy Ending, I wish!

Seharusnya sih diakhiri dengan baik ya drama ini. Kebayang aja kalau sad ending, udah seumur-umur kayanya susah banget hidupnya, eh ditutup meninggoy atau makin terpuruk. Ya bisa aja sih, kalau memang niat dramanya tuh mengingatkan kita untuk lebih bijak.

Tapi harapan Manda sih Lee Seung Cheon dan keluarga bisa berakhir bahagia, dengan ataupun tanpa harta. Karena apa?

Karena harta yang paling berharga adalah keluarga

– Harta Berharga OST. Keluarga Cemara – BCL

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: