poster kdrama little women

3 Bersaudara, 3 Bucin, dan 3 Orang Gila: Review Ending Kdrama Little Women (2022)

Annyeong Chingudeul, akhir pekan begini mungkin ada yang sedang mencari tontonan yang bisa ditonton maraton atau mau mendengarkan podcast sambil selonjoran. Kami merekomendasikan menonton Kdrama Little Women kalau chingu suka drama yang banyak plot twist dan para pemerannya tidak diragukan lagi kemampuan aktingnya.

Dalam podcast edisi ini, kami mengupas tuntas cerita kdrama Little Women dan terutama bagian endingnya. Buat yang masih ingin spoiler sampai episode 6 dari 12, bisa dengarkan podcast edisi sebelumnya

Inti dari cerita Kdrama Little Women adalah bagaimana 3 wanita bersaudara, tanpa janjian ataupun rencana terlibat dengan keluarga kaya yang membuat hidup mereka bagai naik roller coaster seketika.

Ya udah deh langsung saja dengarkan podcastnya, sambil baca tulisan ini sampai habis. Karena apa yang dituliskan tidak semuanya ada dalam obrolan kami.

3 Bersaudara yang Miskin

Park Ji Hoo - Kim Go Eun - Nam Ji Hyun sebagai 3 bersaudara di Kdrama Little Women
Park Ji Hoo – Kim Go Eun – Nam Ji Hyun sebagai 3 bersaudara di Kdrama Little Women

Kalau dalam drama klasik aslinya Little Women karya Lousa May Alcott, tokoh wanita bersaudara ada 4. Dalam adaptasi drama Korea ini hanya ada 3 wanita bersaudara. Yuk kenalan dengan dengan mereka lebih dekat.

Oh In Joo, Si Sulung yang Naif tapi Tulus

Karakter anak sulung yang naif ini diperankan oleh Kim Go Eun. Menurut saya, karakter ini seperti diciptakan memang untuk Go Eun. Saya tidak bisa membayangkan aktris lain memerankan karakter Oh In Joo. Mulai dari wajah yang terlihat polos, malu-malu, berharap, tatapan tak percaya, menangis histeris, sampai dengan kemarahan luar biasa, semua bisa ditampilkan oleh Kim Go Eun yang membuat penonton ikut terbawa suasana.

Anak sulung yang selalu berharap seandainya saja mereka tidak miskin. Begitu mudah percaya dengan orang-orang yang terlihat baik padanya. Tapi tanpa disadari, kepolosannya dan ketulusannya buat adik-adiknya maupun sahabatnya, membuatnya tidak mengenal takut melawan orang yang punya banyak uang dan berkuasa. 

Ketika In Joo mengetahui dia mendapatkan uang 2 Milyar Won dari sahabatnya yang mati bunuh diri, dia tidak langsung pesta pora. Dia cuma membeli es krim dan beberapa alat rias wajah untuk dinikmati bersama adik-adiknya. Dia juga tidak tinggal diam ketika mengetahui ada kemungkinan sahabatnya itu korban orang yang berkuasa. In Joo bahkan berharap kalau sahabatnya Jin Hwa Young masih hidup dan tinggal di Singapura.

Oh In Kyung, Si Tengah yang Pantang Menyerah

Berbeda dengan kakaknya, Oh In Kyung yang diperankan oleh Nam Ji Hyun hidupnya agak lebih beruntung. Sewaktu kecil, dia tinggal dengan neneknya yang orang kaya. Dia disekolahkan dan bisa merasakan kehidupan yang lebih nyaman. Di rumah neneknya inilah dia bertemu dengan Jong Ho, pemuda tetangga yang baik hati dan suka bercocok tanam.

Karena hidupnya tidak sesusah In Joo, dia tidak begitu ingat hal-hal susah seperti In Joo. Dia ingn menjadi reporter untuk melaporkan berbagai hal yang dia rasa perlu diberitakan, termasuk kalau ada politikus yang terlihat ingin berkuasa. 

Ketika dia mengetahui kakaknya mendapat uang 2 Milyar dari sahabatnya yang meninggal, dia langsung mengingatkan kakaknya kalau itu uang haram. Ide untuk menggunakan uang tersebut untuk membeli apartemen di pinggir sungai Han langsung ditolak mentah-mentah olehnya.

Akan tetapi, tekanan sebagai reporter ternyata membuatnya sempat merasakan stress berat dan pelariannya adalah minum minuman beralkohol untuk membuatnya merasa berani menghadapi berbagai hal. Untungnya dia bisa lepas dari masalah alkohol ini dan dengan ditemani pemuda teangga baik hati, dia bisa kembali menjadi reporter tanpa ketergantungan alkohol.

Dia juga berhasil membuka rahasia anggrek biru dan komunitas Jeongran yang ternyata sudah ada dari generasi neneknya.

Oh In Hye, si Bungsu yang Serba Salah

Bungsu dari 3 bersaudara yang diperankan oleh Park Ji Hoo ini sebenarnya paling sedikit terlihat di layar. Banyak yang menganggap dia adik durhaka karena di awal terlihat tidak tahu berterimakasih dan malahan memihak keluarga villain yang berkali-kali mengancam keselamatan kakaknya. Akan tetapi, kalau ditonton dari awal sampai habis, bisa dilihat In Hye memegang peranan kunci juga untuk menyelesaikan misi 2 kakaknya tersebut.

Pada akhirnya, mereka tidak akan mendapatkan apapun, seandainya In Hye tidak berteman dengan Park Hyo Rin, anak dari Park Jae Sang dan Won Sang Ah. Keberadaan In Hye di rumah Hyo Rin juga menjadi kunci penyelesaian teka-teki kenapa Sang Ah kelakuannya begitu. Jangan lupa juga bagaimana In Hye mendapatkan rekaman kamera cctv yang menjadi salah satu bukti kejahatan Sang Ah.

Pada akhirnya, Oh In Hye bukanlah orang yang tak tau berterimakasih pada kedua kakaknya. Dia hanya selalu merasa serba salah dan berusaha keluar dari jerat kemiskinan dengan cara yang dia tahu. Dia berusaha menggunakan talenta yang dia miliki untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi.

3 Lelaki Bucin di Genre Cerita yang Salah

Walau ini bukan drama romantis, tidak bisa dipungkiri ada kisah lelaki yang melakukan apapun demi wanita yang dicintainya. Mereka adalah 3 pria yang selalu ada untuk wanitanya.

Choi Do Il, a man with a plan

Choi Do Il, dengan tatapan penuh makna ke In Joo
Choi Do Il, dengan tatapan penuh makna ke In Joo (tvN)

Action speaks louder than words. Walaupun tidak ada kata-kata aku cinta padamu dan hanya ada sampai kita bertemu lagi. Saya percaya kalau Choi Do Il dan In Joo sudah mendapatkan akhir yang bahagia. 

Choi Do Il yang diperankan Wi Ha Joon  ini diceritakan sebagia ahli pencuci uang yang bekerja untuk Won Sang Ah. Apapun yang dia lakukan, semuanya demi uang. Kalaupun dia melindungin In Joo, itu karena uang 7 Milyar Won itu ada di rekening atas nama In Joo. Setidaknya dia meyakinkan In Joo kalau motivasi dia melakukan apapun adalah demi uang.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, penonton jadi berharap banyak dengan pasangan Do il dan In Joo ini. Apalagi chemistry pemainnya berasa seperti menonton film romantis saja. Coba deh kalau tidak percaya, lihat kumpulan adegan antara In Joo dan Do Il yang ada di channel The Swoon. Pasti akan berpikir kalau Kdrama Little Women adalah drama romantis.

Kompilasi hubungan yang terlihat romantis antara In Joo dan Do Il

Sebagai pencuci uang, Do Il digambarkan selalu memiliki rencana. Akan tetapi, ada satu bagian di mana dia bilang dia tidak sempat membuat rencana, maka dia langsung bertindak datang saja menyelamatkan In Joo. Sudah jelas kalau seorang pria yang biasanya punya rencana, akan melakukan improvisasi pastinya karena ada rasa.

Park Jae Sang, everything for love

Sang Ah dan Park Jae Sang, terlihat saling mencintai (tvN)
Sang Ah dan Park Jae Sang, terlihat saling mencintai (tvN)

Tokoh villain yang diperankan Uhm Ki Joon ini sukses membuat penonton Penthouse berharap dia akan membawa plot twist Penthouse ke drama Little Women. Park Jae Sang ini menantu dari Jendral Won yang konon selamat dari perang di Vietnam. Dia adalah anak dari supir keluarga Won, lalu jatuh cinta dengan putri dari pak Jendral, selain berharap bisa jadi penerus pemilik harta keluarga Won.

Dengan semangat yang dimiliki Komunitas Jeongran, dia berusaha menjadi Mayor untuk kemudian menjadi Presiden. Orang nomor satu di negeri mereka. Harapannya tentu saja, semakin berkuasa, semakin bisa mendapatkan uang lebih banyak untuk membantu komunitas mereka semakin berkuasa.

Komunitas Jeonggran sendiri adalah komunitas yang dibentuk oleh Jendral Won yang merasa telah dikhianati oleh negaranya. Karena dari itu, mereka akan menentukan nasib sendiri dengan menguasai berbagai sektor perekonomian dan pemerintahan. Mereka mendirikan sekolah dan membantu orang-orang miskin, untuk kemudian ketika dewasa akan menjadi kaki tangan dari komunitas tersebut mendapatkan misi mereka. Tapi tentu saja, pada akhirnya semua demi kepentingan pucuk pimpinan semata, bukan lagi kepentingan komunitasnya.

Walaupun Park Jae Sang adalah pemimpin komunitas tersebut, ternyata Park Jae Sang masih di bawah komando sang istri. Maka dari itu, ketika dia diminta istrinya untuk mengorbankan diri demi komunitas, dia langsung mengambil anggrek biru dan tak ragu-ragu mengakhiri nyawanya. Mengerikan sekali! Ternyata saking bucinnya gak pakai akal sehat lagi ya.

Ha Jong Ho, a man in fairy tale

In Kyung dan Jong Ho si cowok herbal
In Kyung dan Jong Ho si cowok herbal (tvN)

Tokoh pemuda tetangga yang menjadi teman sejak kecil In Kyung ini diperankan oleh Kang Hoon. Dari awal, sudah terlihat kalau dia tertarik dengan In Kyung, tapi ya In Kyung tidak pernah membalas rasa tersebut dengan jelas, tapi ya mereka tetap saja berteman baik dan sering ngobrol maupun makan bersama. Jong Ho dengan senang hati akan memasak berbagai hasil dari kebunnya untuk dimakan bersama-sama dengan In Kyung. 

Hobinya sebagai youtuber dan berkebun ternyata sangat berguna untuk membantu In Kyung mengungkap misteri anggrek biru yang ditemukan di beberapa kasus kematian dan hubungannya dengan komunitas Jeongran. Seiring berjalan waktu, akhirnya In Kyung menyadari kalau Ha jong Ho adalah pria yang tepat untuknya.

Kisah Jong Ho dan In Kyung menjadi satu-satunya kisah romantis yang mendapat ending jelas dan lugas di drama ini. Walaupun pada awalnya, sempat juga sih penonton pada khawatir kalau Jong Ho ternyata tak sebaik kelihatannya. 

In Kyung memutuskan untuk pindah ke Amerika mengikuti Jong Ho belajar lagi. Cerita Jong Ho ini jadi seperti kisah dongeng yang berakhir bahagia banget ya.

3 Orang Gila yang Menambah Plot Twist

Di drama ini ada 3 tokoh yang kelakuannya sungguh membuat saya kehilangan kata-kata untuk menggambarkannya.

Won Sang Ah, pemain sandiwara dan panggung boneka

Hyo Rin dan Sang Ah
Sang Ah dan anaknya Hyo Rin, terlihat seperti ibu yang penuh cinta (tvN)

Karakter Wong Sang Ah yang diperankan oleh Uhm Ji Won ini benar-benar di luar dugaan. Di awal, dia seperti ibu yang sangat sayang dan perhatian pada putrinya Hyo Rin sekaligus istri yang sangat sempurna untuk Park Jae Sang. Sampai menjelang akhir, baru terlihat aslinya seperti apa. Kalau semua kesempurnaan yang ditampilkan itu hanyalah sandiwara.

Wong Sang Ah si anak jendral merupakan wanita yang ambisius dan tidak stabil. Sejak kecil dia melhat bagaimana ayahnya melakukan segala cara untuk mewujudkan apa yang menurut mereka membangun komunitasnya. Dia menerima Park Jae Sang sebagai suaminya, karena dia bisa melihat ambisi di Park Jae Sang untuk menjadi orang nomor 1 di negerinya. Kalau suaminya menjadi orang nomor 1, otomatis dia menjadi orang nomor 1 karena suaminya sangat cinta padanya dan akan melakukan apapun yang dia minta.

Ternyata, di balik ambisinya, Wong Sang Ah menyimpan masa kecil yang kelam. Dia tidak mendapatkan perhatian dari orangtuanya sejak beranjak remaja. Ayahnya sibuk dengan urusan komunitasnya, ibunya mengurung diri di sebuah kamar tertutup karena ketidaksetujuannya terhadap ayahnya. Saat Wong Sang Ah berusaha membujuk ibunya untuk keluar dari ruang tersebut dan mengikuti saja kemauan ayahnya, eh ternyata kecelakaan terjadi dan ibunya terbentur meja dan mengakibatkan pendarahan. Kejadian yang traumatis buat seorang anak kecil, kalau tadinya ibunya tidak ada karena mengurung diri, kali ini ibunya pergi selama-lamanya dan itu akibat ulah Wong Sang Ah. Sepertinya ini menjadi penyebab dia menjadi orang yang tidak stabil. Dia ingin semua orang menjadi bonekanya di panggung yang dia buat sendiri.

Won Sang Ah juga yang berusaha membunuh Hwa Young, ketika mengetahui kalau Hwa Young berusaha berhenti dari pekerjaan membantu mencuci uang perusahaan mereka. Berikutnya tentu saja targetnya adalah In Joo, karena dianggap terlalu banyak tahu tentang keluarga mereka.

Akan tetapi, karena kelakuannya terkadang terlalu ceroboh, suaminya tidak setuju dengan metoda yang dilakukan Sang Ah. In Joo selamat selain karena Do Il juga karena Park Jae sang melarang istrinya melakukan hal-hal yang dianggap membahayakan hasil perhitungan suara.

Jin Hwa Young, Alter Ego untuk Pembalasan Dendam

In Joo dan Hwa Young di ruang anggrek
In Joo dan Hwa Young di ruang anggrek (tvN)

Misteri kematian Jin Hwa Young yang diperankan oleh Cho Ja Hyun merupakan awal dan kesimpulan akhir dari cerita Kdrama Little Women ini. Walaupun dia hanya ada di episode awal dan akhir, bisa dibilang kisah hidupnya lah yang menjadi penyebab dari kesusahan yang dihadapi In Joo.

Jin Hwa Young adalah pemegang buku keuangan yang cerdas. Cukup cerdas untuk membantu penggelapan uang. Tapi ketika ibunya meninggal dan Wong Sang Ah tidak memberinya waktu untuk berduka, dia menjadi sangat marah. Kemarahannya membuatnya menyusun rencana untuk membawa lari uang yang dipercayakan padanya itu. Rencana yang dia susun dengan sangat detail, termasuk bagaimana dia belajar bahasa Inggris dan membuat aplikasi pencatat keuangan untuk jaminan masa depannya.

Rencananya berhasil, sampai dengan usaha berpura-pura bunuh diri dengan memakai stunt woman, seorang wanita yang memang sudah ingin bunuh diri. Agak aneh sebenarnya bagian ini. Bagaimana mungkin ada orang yang bisa menahan bunuh diri dalam jangka waktu sekian tahun, dan akhirnya tetap mau saja gitu bunuh diri? Walaupun ya, ceritanya akhirnya wanita itu bukan benar-benar bunuh diri, melainkan digantung oleh Won Sang Ah.

Dia pikir, dengan memberi bukti kalau dia sudah mati, dia tidak akan dicari lagi dan bisa hidup tenang di Singapura. Tapi salah juga sih, kenapa dia harus meninggalkan 2 Milyar Won ke In Joo, akhirnya malah membuat In Joo dikejar-kejar oleh keluarga Won dan juga In Joo nya sendiri tidak bisa diam saja menikmati uang tersebut, malah berusaha keras mencari tahu siapa pembunuh Hwa Young.

Akhirnya, dia harus kembali ke Korea, ketika mengetahui bahwa sahabatnya In Joo malah menjadi tersangka yang melakukan penggelapan uang. Memang dia menggunakan nama In Joo karena mereka sama-sama sebagai yang terasing di kantor, pun dia merasakan ketulusan In Joo dalam berteman, terutama ketika dia kehilangan ibunya.

Ibu Go, shipper atau cemburu sama In Joo dan Do Il?

Ibu Go Su Im yang diperankan oleh Park Bo Kyung ini sebenarnya bodyguard Park Jae Sang. Ketika dia mengetahui bahwa In Joo yang menerima uang 2 Milyar Won, dia tak segan-segan untuk memukuli In Joo. Padahal uangnya sudah dia dapatkan loh.

Setiap ada kesempatan, dia juga ingin sekali menghabisi In Joo. Tapi, Do Il memang selalu memiliki alasan yang membuat Park Jae Sang pun harus setuju, bahwa In Joo jangan dulu dihabisi sampai mereka mendapatkan uang 7 Milyar Won yang dimasukkan ke dalam rekening atas nama In Joo di Singapura.

Tapi, lucu juga, karena lama-lama Ibu Ko ini selalu menuduh bahwa Do Il dan In Joo ada hubungan asmara. Dari awal, sampai pertarungan di episode 12 pun, masih saja sempat-sempatnya Ibu Ko ini bertanya apakah Do Il mencintai In Joo makanya dia sangat membela In Joo.

Penasaran kayak netizen juga nih bu Go
Penasaran kayak netizen juga nih bu Go (tvN)

Ah, kalau kata netizen sih, Ibu Ko ini mewakili pertanyaan dari shipper In Joo – Do Il. Dan kalau diperhatikan percakapannya, walau Do Il tidak pernah menjawab dengan lugas, udah jelas lah itu apa perasaan Do Il ke In Joo.

Ending Kdrama Little Women dan Pembagian Uang 70 Milyar Won

Hwa Young yang ternyata masih hidup! (tvN)
Hwa Young yang ternyata masih hidup! (tvN)

Penutup dari episode 12, semua misteri diberikan jawabannya. Setelah di akhir episode 11 tiba-tiba Hwa Young muncul kembali membawa bukti penggelapan uang dilakukan oleh Sang Ah. In Joo bisa dibebaskan dari tuduhan memakai uang yang 7 Milyar Won itu. Hwa Young mengaku kalau dia yang melakukan semuanya karena dia ingin membalas dendam terhadap Won Sang Ah.

Komunitas Jeongran diekspose habis-habisan oleh In Kyung, dan mengakibatkan Wong Sang Ah marah besar. Dia berusaha menculik In Kyung, selain berusaha membuat In Joo datang untuk menyelamatkan Hwa Young. Tapi ternyata Sang Ah sudah mengganti air untuk menyiram tanaman dengan hydrochloric acid  yang bisa melumerkan berbagai hal termasuk membuat kulit melepuh dan fatal akibatnya.

Singkat cerita sih, satu-satunya korban asam yang keras itu cuma Sang Ah. Hwa Young akhirnya dihukum penjara karena terlibat penggelapan uang. In Kyung dan In Joo selamat.

Bagi-bagi 70 Milyar Won  kdrama Little Women
Bagi-bagi 70 Milyar Won (tvN)

Uang 70 Milyar Won yang sempat hilang dari rekening In Joo, ternyata dialihkan oleh Do Il ke salah satu rekening keluarga Won, yang mana setelah Hyo Rin cukup umur, dia bisa menarik dana dari sana. Do Il melacak keberadaan Hyo Rin dan In Hye, lalu membawa mereka ke bank untuk menarik dana 70 Milyar Won itu dan membagi di antara mereka ber-5. Do Il, Hyo Rin, In Hye dan In kyung, masing-masing mendapatkan 10 Milyar Won. Sisanya 30 Milyar Won untuk In Joo.

Apakah In Joo akan menyusul Do Il ke Yunani? Anggap saja demikian ya. Toh mereka sudah punya modal untuk memulai hidup baru.

Anggap aja Do Il datang lagi menjemput In Joo ya
Anggap aja Do Il datang lagi menjemput In Joo ya (tvN)

Ada yang ingin menambahkan detil spoiler dari Kdrama Little Women? Yuk silakan tuliskan di komentar.


Comments

Satu tanggapan untuk “3 Bersaudara, 3 Bucin, dan 3 Orang Gila: Review Ending Kdrama Little Women (2022)”

  1. […] ke New Zealand. Mereka berpelukan dan berjanji akan bertemu lagi. (Tiba-tiba inget Wi Wi Little Women ya […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

%d blogger menyukai ini: