kdrama moonshine

Moonshine (2022): Minum-Minum di Bawah Sinar Bulan

Drama Moonshine (꽃 피면 달 생각하고) yang mengambil slot pengganti The King’s Affection ini, dapat kita saksikan melalui Viu maupun Iqiyi setiap Senin-Selasa jam 21.30. Per tulisan ini tayang, Moonshine sudah memasuki episode 12 yang artinya sebentar lagi akan tamat. So, buat yang mau binge watch bisa banget dari sekarang nih.

Dibanding drama lain dalam genre yang sama, cerita yang diusung oleh Moonshine relatif lebih ringan dan mudah dinikmati meskipun chingu bukan penggemar sageuk. Pasalnya, porsi komedi dalam drama sejarah ini cukup mendominasi, dengan jalan cerita yang tidak banyak dibebani sama isu-isu perpolitikan zaman Joseon.

Dari poster-posternya aja kelihatan kok yaa, kalau drama ini nggak serius-serius amat. Bahkan saya nggak nemu poster yang lebih kalem gitu, mengingat tokoh-tokoh ceritanya adalah para bangsawan. Ya karena memang seenteng ituuhh, jadi posternya pun sudah sangat mewakili ceritanya.

  • Drama: Moonshine (English title) / When Flowers Bloom, I Think of the Moon (literal tilte)
  • Revised romanization: Kkot Pimyeon Dal Saenggakhago
  • Hangul: 꽃 피면 달 생각하고
  • Director: Hwang In-Hyuk
  • Writer: Kim Joo-Hee
  • Network: KBS2
  • Episodes: 16
  • Release Date: December 20, 2021 – February 8, 2022
  • Runtime: Monday & Tuesday 21:30

Sinopsis Moonshine

Semua bermula dari dekrit Raja yang melarang peredaran alkohol atau minuman keras di seluruh wilayah Joseon. Kantor Larangan (saheonbu) pun didirikan sebagai pasukan patroli yang menegakkan peraturan Raja ini (semacam satpol PP-nya gitulah kalau di kita).

Sebagaimana kita tahu bahwa kehidupan sehari-hari di Joseon nggak lepas dari budaya minum-minum, pelarangan ini juga menggoncang semua lapisan masyarakat. Tidak hanya di kalangan grass root, bar-bar dan Rumah Gisaeng, para pejabat istana pun pro kontra atas keputusan Raja yang tidak populis ini.

Tujuan Raja sih baik, alasan pelarangan ini adalah produksi miras hanya akan menghabiskan stok beras negara. Selain itu juga semua sendi kehidupan kenegaraan bisa berantakan akibat miras. Seperti kata Bung Rhoma Irama, minuman keras bisa merusakkan jiwa, dan menghancurkan hidup. Namun, selama 10 tahun pelarangan miras, ada saja tikus-tikus kecil yang bermain di got kotor alias perdagangan miras ilegal telah terjadi di luar pantauan istana.

Dalam setting Moonshine, Raja berencana lebih mengetatkan lagi pelarangan ini, bahkan alkohol dalam ritual dan pernikahan juga resmi dilarang. Yang tertangkap saat minum-minum akan dihukum jadi budak dan diasingkan. Dia menempatkan Nam Young (Yoo Seung Ho), cendekiawan lulusan terbaik ujian negara yang memiliki prinsip dan sikap disiplin sebagai pengawas di kantor Saheonbu.

Tugas Nam Young dan kelompoknya adalah menggerebek kedai-kedai atau perkumpulan orang-orang yang ketahuan sedang minum-minum, betransaksi, dan mengungkap sindikat jual beli miras ilegal.

Sementara itu, Kang Ro Seo (Hyeri), adalah gadis bangsawan yang jatuh miskin saat ayahnya tewas 10 tahun yang lalu. Kini ia hidup jadi tulang punggung keluarga bersama kakaknya yang selalu gagal dalam ujian negara. Ro Seo bersedia melakukan pekerjaan apa saja untuk hidup dan membayar utangnya pada preman. Memotong kayu, menjual beras dan jelai di pasar, apa pun asal menghasilkan uang.

Ro Seo menjajakan miras melalui bar keliling

Hingga akhirnya Ro Seo teringat waktu kecil diajari membuat minuman keras oleh ayahnya. Filosofinya, alkohol akan bermanfaat tergantung untuk apa (tujuan) diminumnya. Ia bisa baik untuk menenangkan pikiran dan mengobati luka, tapi juga bisa buruk di tangan orang yang mengonsumsinya berlebihan.

Ro Seo tahu, bahwa pelarangan miras membuat orang akan bersedia membayar lebih untuk mendapatkannya. Diam-diam dia menjual miras racikannya ke orang-orang di kedai, kemudian menjajakan lewat gerobak secara keliling bersama dengan Geum, sahabatnya. Karena miras buatan Ro Seo enak dengan sentuhan floral pada aromanya, bar kelilingnya kian terkenal di kalangan para peminum sampai terdengar di telinga Lee Pyo, Putra Mahkota (Byun Woo Seok).

Konflik dimulai dimana Nam Young adalah penyewa kamar di rumah Ro Seo, sementara gadis itu membuat miras di rumahnya juga. Yang satu pengawas, yang satu produsen. Gimana cara mereka kucing-kucingan? Nah, ini lah yang bikin Moonshine menarik untuk disaksikan.

Tokoh dan Pemeran Moonshine

Tokoh sentral dalam cerita Moonshine berputar pada keempat bangsawan ini. Mereka punya posisi masing-masing dalam istana dan berasal dari keluarga yang punya pengaruh di Joseon.

Hyeri memerankan Kang Ro Seo, seorang perempuan dari keluarga terpandang yang kehilangan posisi karena suatu hal. Meski berpenampilan sederhana dan urakan, orang-orang tetap bisa melihatnya bukan dari keluarga biasa. Apalagi sahabatnya memanggil dia assi (sebutan untuk nona bangsawan, red).

Karakter Hyeri sebetulnya nggak jauh beda dari drama ke dramanya, tetap nggak jaim, mulai dari Reply88, My Roomate is a Gumiho, sampai kini Moonshine. Tapi penampilan yang ugal-ugalan dalam menyampaikan emosi justru jadi daya tarik tersendiri dari sageuk yang biasanya menampilkan sosok perempuan anggun dan lemah gemulai.

Yoo Seung Ho sebagai Nam Young. Pemuda cerdas yang berasal dari keluarga bangsawan di desa, datang ke Hanyang untuk menghadiri upacara kelulusan dalam ujian negara. Tujuan Young cuma satu: mendapatkan posisi atau jabatan di pemerintahan untuk menaikkan derajat keluarganya. Meski sering dipanggil ‘orang udik’, Young bersikeras untuk menjalankan tugasnya di Saheonbu sebaik mungkin.

Yoo Seung Ho sebagai Nam Young

Dari episode 1 sampai 12, Young konsisten tidak ikut minum alkohol kendati semua orang di sekitarnya pada minum. Dia berpegang teguh pada apa yang dituliskan dalam tugas terakhir ujiannya, bahwa larangan miras harus dicontohkan oleh pejabat negara. Karakter yang kaku dan gengsian kayanya jadi ciri khas Yoo Seung Ho yang baru comeback lagi setelah jadi detektif di Memorist (2020).

Kira-kira di 4 episode terakhir bakal ada adegan Young ikut minum-minum nggak yaaa? 😀

Byun Woo Seok, sebagai Putra Mahkota Lee Pyo yang flamboyan dan senang bergaul. Senang ketemu dia lagi setelah berpisah di Record of Youth (2021) jadi second lead yang bahagia. Di sini pun dia jadi second lead yang bergelimang harta dan kuasa, tapi punya sisi unik sebagai Putra Mahkota yang suka keliaran jalan-jalan di kota.

Byun Woo Seok sebagai Putra Mahkota Lee Pyo

Sampai episode 12, kisah cintanya masih bertepuk sebelah tangan (lagi). Kehidupannya di istana sebagai seja ternyata tidak mulus karena banyak yang ingin memanfaatkannya dari berbagai sisi. Bakal happy ending nggak buat dia ya?

Terakhir, ada Kang Mi Na sebagai Han Ae Jin, putri Menteri Perang yang punya kebiasaan jelek suka mengutil (duh, padahal kurang apaaa coba ya hidupnya). Sebagaimana perempuan di zaman Joseon, Ae Jin menggambarkan sosok putri pejabat yang harus manut dengan perjodohan politik dan mengalami konflik percintaan tersendiri.


Ae Jin adalah sekutu Ro Seo dalam melakukan berbagai aksi tak terduga. Meski putri pejabat, dia berani menghadapi hal-hal berbahaya demi bertemu pria dari Gyeongsong yang memberikannya jepit rambut di pasar.

Kolaborasi ide gila antara Ae Jin dan Ro Seo dengan tepat diungkapkan Young Nam dalam sebuah kalimat:

Semua wanita yang kutemui di Joseon adalah penjahat

Young Nam, Moonshine (2022)

Alur Drama Moonshine

Bisa dibilang Moonshine alurnya cukup cepat di mana sejak episode pertama semua tokoh utama keluar dan saling bertemu dalam satu frame membentuk rangkaian cerita. Siapa antagonisnya juga cepat ketahuan, dan biasalah kalau sageuk mah orang jahatnya dari lingkungan situ-situ juga, nggak jauh dari motif mempertahankan kuasa.

Buat yang suka sageuk tapi nggak mau mikir terlalu berat dengan politik dan tetek bengeknya, yuk lah nonton Moonshine aja. Tidak sebaper kisah cinta Raja Jeongjo yang kemungkinannya bersatunya kecil, kalau kisah cinta Ro Seo dan Young Nam relatif tanpa hambatan dan saingan kecuali ada sesuatu yang menjadi ganjalan di masa lalu.

Jangan lupa juga nikmati warna-warni cerah dan bersinar dalam balutan hanbok-hanbok indah di Moonshine karena sesuai vibes-nya, drama ini memang cerah dan ceria 🙂


Posted

in

, , , , , ,

by


Comments

4 tanggapan untuk “Moonshine (2022): Minum-Minum di Bawah Sinar Bulan”

  1. Avatar Rani Noona

    Duh mau komentar apa ya, tadi udah kedarung ditulis di WAG. Wkkwkk

    1. Avatar Re Ra

      Ahahaha…
      Nonton aja deh nggak komen.

  2. Avatar Ikfi
    Ikfi

    Cocok nih buatku yg seneng nonton drama sageuk tapi yang ringan-ringan 😂 makasih rekomendasinya, Kakk

  3. […] Moonshine (2022): Minum-Minum di Bawah Sinar Bulan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park