3 Aktor Tampan yang Berperan Jadi Raja Jeongjo

3 Aktor Tampan yang Berperan Jadi Raja Jeongjo

aktor tampan jadi raja jeongjo

 

Annyeong…! Saya VIP_Ahin_Jisung. Di tahun baru ini mau branding dengan nama baru ya jadi VIP_JJ. Mengapa? Nanti saya ceritakan di tulisan yang lain, tapi tulisan ini juga menjadi salah satu alasannya, hehehe.

Hari ini saya mau menulis tentang beberapa aktor tampan yang pernah berperan sebagai Raja Jeongjo. Kenapa VIP_JJ mau menulis tentang ini, karena masih proses move on dari drama Korea (drakor) The Red Sleeve. Drakor yang sempat menjadi trending topic di 2021 ini begitu membekas, jadilah saya mencoba menulis tentang cerita dan aktor yang pernah memerankan tentang sosok Raja Jeongjo.

Drama bertema kerajaan atau sageuk cukup sering dibuat, tapi mengapa ceritanya tetap menarik dan bisa meraih rating tinggi? Padahal ceritanya terinspirasi dari kisah nyata atau sejarah yang pernah terjadi. Menurut saya pribadi salah satunya karena pemirsa bisa menerima penambahan atau bumbu fiksi ke dalam cerita inspirasi kisah nyata itu.

Selama tidak terlalu melenceng jauh ataupun kalau melenceng dan kontroversial setidaknya faktor cerita, akting, cara pembuatan, dan krunya benar-benar bertanggung jawab mengawal produksi sampai akhir. Segera meminta maaf dan menenangkan hati penonton kalau semisal cerita agak tidak sesuai dengan aslinya.

Memang membuat cerita dengan latar belakang sejarah perlu hati-hati agar tidak menyinggung banyak pihak, apalagi yang diangkat adalah tokoh berpengaruh seperti raja-raja yang pernah berkuasa. Drakorclass pernah membahas Raja Cheoljong, sekarang VIP_JJ ingin bahas tentang Raja Jeongjo.

Penasaran mengapa Raja Jeongjo sering diangkat menjadi drama Korea dan siapa sajakah aktor tampan yang pernah memerankannya? Tetap ikutin terus tulisannya di sini, ya.

Sekilas tentang Raja Jeongjo

gambar raja jeongjo

Cerita Raja Jeongjo sudah beberapa kali dibuat ke layar lebar maupun ke drama televisi. Penulis pun sudah menonton kisahnya tapi tetap merasa cerita tentang Raja Jeongjo ini menarik untuk disimak karena diambil sudut konflik yang berbeda-beda.

Siapakah Raja Jeongjo? Raja Jeongjo ini adalah raja Korea zaman dinasti Joseon yang ke-22. Ceritanya menarik untuk diangkat ke film dan televisi karena ia memiliki kisah hidup yang unik dan sedikit kontroversial.

Raja Jeongjo lahir dengan nama Lee San, ia adalah anak dari pangeran Sado dan putri Hyegyeong. Namun dikarenakan persaingan politik di masa pemerintahan Raja Yeongjo atau kakek dari Raja Jeongjo, Lee San, harus kehilangan ayahnya pangeran Sado.

Ayahnya dihukum dikurung di peti beras oleh Raja Yeongjo, karena Pangeran Sado dianggap telah mencoreng nama baik kerajaan karena sikapnya yang sudah tak lazim. Pangeran Sado dianggap memiliki penyakit mental, sehingga ia sanggup berlaku keji terhadap orang-orang disekitarnya.

Oleh karena itu, Raja Yeongjo menghukumnya hingga tewas agar cucunya tetap bisa naik tahta tanpa cela. Akan tetapi, rencana Raja Yeongjo tidak berjalan mulus sebab banyak konspirasi dan kejadian yang bisa membuat Pangeran Lee San turun tahta dari Putra Mahkota bahkan terbunuh.

Setelah perjuangan panjang mempertahankan nyawa serta jabatan Putra Mahkota, Pangeran Lee San akhirnya naik tahta menjadi Raja Jeongjo pada tahun 1724 atau sekitar abad ke-14. Kekuasaan Raja Jeongjo bertahan hingga abad ke-19 atau sekitar tahun 1776.

Dampak kematian Pangeran Sado ternyata begitu mengena di hati Raja Jeongjo sehingga ia dikenal begitu menghargai orang lain tanpa memandang apakah orang tersebut adalah bangsawan atau rakyat biasa. Sebab ia merasa ayahnya, Pangeran Sado, meninggal karena pertarungan haus kekuasaan dari kalangan bangsawan.

Dari situlah Raja Jeongjo merasa setiap orang perlu diakui kerja kerasnya terhadap negara, tanpa peduli latar belakang keluarganya. Selama 52 tahun berkuasa, Raja Jeongjo memberikan kontribusi yang luar biasa buat dinasti Joseon seperti membangun perpustakaan Gyujanggak agar rakyat mendapat edukasi.

Kemudian ia juga berusaha memperbaiki ketimpangan kelas sosial dan terkenal sangat mengutamakan kepentingan rakyatnya. Selain itu rasa bakti terhadap sang ayah, membuatnya tidak malu mengakui kalau dia adalah anak dari Pangeran Sado yang dikenal sebagai aib zaman itu. Rasa bakti itu yang membuat Raja Jeongjo begitu dihormati oleh para Menteri dan rakyatnya.

Begitulah sekilas cerita singkat tentang Raja Jeongjo mengapa akhirnya tokoh atau raja ini kisahnya sering diangkat ke layar lebar atau televisi. Penulis sendiri sudah menonton 2 drama Korea dan 1 film Korea yang terinspirasi dari kisah Raja Jeongjo.

 

Drakor dan film yang terinspirasi cerita Raja Jeongjo

Penulis sudah pernah mengungkapkan kalau jatuh cinta pertama kali dengan drakor karena menonton cerita kerajaan. Sejak saat itu, kalau ada drama atau film berbau kerajaan biasanya nonton. Disebabkan terinspirasi kisah nyata, kalau nonton kadang suka merasa kok, konflik ceritanya mirip drama x, ya.

Hal itu wajar karena memang yang namanya terinspirasi kisah nyata, pastinya ada bagian-bagian konflik cerita yang memang tidak bisa dibuang karena penting atau menjadi benang merah cerita. Dari beberapa cerita akhirnya saya mencoba mengambil ada 2 drama dan 1 film yang terinspirasi dari cerita Raja Jeongjo.

  1. Film Korea The Fatal Encounter

The Fatal Encounter ini bercerita tentang masa awal pemerintahan Raja Jeongjo, di mana ia masih harus berjuang untuk menyelamatkan nyawa dan membuktikan dirinya layak menjadi raja walaupun ia anak dari Pangeran Sado, yang sudah menjadi aib kerajaan.

Film yang dirilis pada tahun 2014 ini dibintangi sejumlah aktor dan aktris kenamaan Korea seperti Hyun Bin, Ha Ji Min, dan Jo Jung Suk. Film The Fatal Encounter berhasil masuk ke dalam jajaran film box office di Korea.

  1. Drama Korea Secret Door

Drakor Secret Door ini menceritakan lebih kepada konflik antara Pangeran Sado dengan ayahnya Raja Yeongjo. Inilah awal mengapa Raja Jeongjo lebih memilih menilai seseorang dari kinerjanya bukanlah latar belakang keluarganya. Secret Door ini dibintangi oleh Han Suk Kyu, Lee Je Hoon, Park Eun Bin, dan Kim Yoo Jung. Drakor yang dirilis juga pada tahun 2014 ini memiliki catatan rating yang cukup tinggi.

  1. Drama Korea The Red Sleeve

The Red Sleeve ini menceritakan soal kisah cinta antara Raja Jeongjo dengan pelayan Song Duk Im. Dibintangi oleh Lee Jun Ho 2PM dan Lee Se Young. Drakor yang mendapatkan banyak penghargaan di akhir tahun ini menembus rating di angka 2 digit.

 

Aktor-aktor tampan yang berakting jadi Raja Jeongjo

aktor tampan akting jadi raja jeongjo

Kalau membaca tulisan di atas sudah bisa menebak dong, kira-kira aktor-aktor tampan yang memerankan Raja Jeongjo siapa saja, hehehe. Kalau sobat drakorclass belum menyadarinya, saya kasih bocoran deh,

  1. Hyun Bin

hyun bin the fatal encounter

Aktor yang begitu luar biasa dicintai saat menjadi tentara Korea Utara ini juga begitu mempesona saat berperan sebagai Raja Jeongjo, lo. Hal ini dibuktikan dari hasil penjualan tiket yang begitu luar biasa.

Dirilis dari liputan6.com (4/5/2014), Korean Film Council (KOFIC) melaporkan, penjualan tiket film yang diperankan Hyun Bin ini meraih 25 persen. Angka ini lebih tinggi daripada film Hollywood The Amazing Spider Man 2, yang hanya meraih angka sebesar 23,2 persen.

 

  1. Lee Je Hoon

lee je hoon secret door

Sebenarnya di drakor Secret Door Lee Je Hoon ini lebih banyak berperan sebagai Pangeran Sado, tapi di akhir drama ini ia muncul sebentar sebagai Raja Jeongjo saat dewasa. Walaupun cuma sebentar, boleh kan, ya kalau aktor tampan ini pernah memerankan Raja Jeongjo, hehehe (mungkin di tulisan lainnya, saya bisa bahas soal aktor tampan yang memerankan Pangeran Sado juga, ya sobat).

Inilah adegan kemunculan Lee Je Hoon sebagai Raja Jeongjo di akhir drakor Secret Door,

 

  1. Lee Jun Ho

lee jun ho the red sleeve

Aktor yang baru saja mendapatkan penghargaan aktor terbaik di akhir tahun ini berperan sebagai Raja Jeongjo di drakor The Red Sleeve. Aktingnya yang begitu luar biasa membuat penggemar banyak yang terjunho-junho, termasuk saya, hahaha.

 

Pendapat tentang cerita dan aktingnya ketiga aktor yang jadi Raja Jeongjo

Jika ditanya pendapat pribadi tentang akting siapa yang lebih oke, maka saya akan menjawab ketiga aktor tampan di atas memberikan rasa yang berbeda kepada karakter Raja Jeongjo yang mereka perankan.

Dengan karismatiknya masing-masing para aktor di atas membuat kita mengenal kurang lebihnya seperti apa Raja Jeongjo. Walaupun bisa saja jauh berbeda lagi aslinya, tapi setidaknya kita jadi ada gambaran soal Raja Jeongjo.

Itulah aktor-aktor tampan yang pernah menjadi Raja Jeongjo. Kalau sobat drakorclass punya gambaran siapa lagi aktor yang pernah jadi Raja Jeongjo silakan tulis di kolom komentar, ya. Oh iya, boleh juga silakan sampaikan pendapat siapa yang kira-kira lebih membuat jatuh hati saat menjadi Raja Jeonjo, hehehe. Pokoknya kita saling bertukar pendapat yang baik dan membangun ya, sobat. Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan-tulisan di drakorclass.

Satu pemikiran pada “3 Aktor Tampan yang Berperan Jadi Raja Jeongjo”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: