Snowdrop, Cerita Romance yang Tidak Ada Romancenya

Sudah hampir setengah dari penayangan Snowdrop, tetapi hampir semua penontonnya bersama-sama kors lagunya Rosa, “Ku Menangis..”

Hampir 9 episode, drama yang seharusnya diisi adegan-adegan romantis malah berisikan cerita yang penuh menyesakkan. Meski sejak awal dilakukan syuting, drama Snowdrop sudah mengundang banyak petisi terutama dari masyarakat Korea Selatan sendiri. Kini Snowdrop malah telah mendapat hati dari hampir seluruh masyarakat di dunia. Sebenarnya apa yang terjadi?

Tentang Drama Snowdrop

Penulis: Yoo Hyun Mi
Director: Jo Hyun Tak
Jumlah Episode: 16
Waktu penayangan: 18 Desember 2021 – 5 Februari 2022
Setiap Minggu dan Senin pukul 20.30
Network: JTBC dan Disney+

Pemeran:

Jung Hae In sebagai Lim Soo Ho
Jisoo BLACKPINK sebagai Eun Yeong Ro
Jang Seung Jo sebagai Lee Gang Mu – ANSP (Anti Communist Investigation Team)
Jung Eugene sebagai Jang Han Na – ANSP (Anti Communist Investigation Team)
Yoo In Na sebagai dr Kang Chung Ya
Kim Jung Nan sebagai Hong Ae Ra
Jung Hye Young sebagai Cho Seong Sim
Heo Jung Ho sebagai Eun Chang Su (ayahnya Yeong Ro)
Park Sung Wong sebagai Nam Tae Il
Yoon Se Ah sebagai Pi Seung Hee
Kim Hye Yoon sebagai Gye Bun Ok
Jung Sin Hye sebagai Ko Hye Ryeong
alm Kim Mi Soo sebagai Yeo Jeong Min
Choi Hee Jin sebagai Yoon Seol Hui
Nam Mi Jung sebagai Oh Deok Sim
Jeon Mu Song sebagai Lim Ji Rok (ayahnya Soo Ho)
Jung Ae Ri sebagai Choi Soo Ryun
Chae Won Bin sebagai Lim Su Hui (adiknya Soo Ho)

Latar Belakang Snowdrop

Seperti yang diceritakan di awal, Snowdrop sempat diprotes banyak pihak karena dianggap dapat mendistraksi sejarah dengan memutar balikkan fakta.

Seperti Indonesia yang sangat sensitif dengan gerakan reformasi pada tahun 1998, di Korea Selatan sendiri, kisaran tahun 1987 – 1988 pun sangat sensitif bagi sejarah kelam mereka. Sebab pasalnya, banyak mahasiswa yang berdemo sering ditangkap oleh ANSP kemudian diisukan sebagai orang dari Korea Utara sehingga wajib dijatuhi hukuman.

Drama Snowdrop mengambil setting tahun 1987, di mana memang dalam drama tersebut memang ada adegan-adegan para mahasiswa yang ikut berdemontrasi menentang kebijakan pemerintah.

Tetapiiii, adegan tersebut tidak diperankan oleh tokoh utama dalam drama ini. Memang ada sekilas ditampakkan salah satu teman sekamar Yeong Ro yang suka terlibat dengan gerakan-gerakan mahasiswa saat itu.

Kencan buta di drakor Snowdrop
Kencan buta ala 1987

Eun Yeong Ro sendiri merupakan mahasiswa tingkat pertama jurusan Sastra Inggris di Hosu Women’s University. Yeong Ro jatuh cinta pada pandangan pertama saat bertemu Soo Ho di kencan buta yang diinisiasi Gwang Tae yang sudah terlebih dahulu jatuh cinta pada mbak kostnya Yeong Ro.

Snowdrop Bertabur Bintang Utama

Bisa dikatakan, drama Snowdrop merupakan drama termahal tahun ini. Bagaimana bukan? Dalam drama ini banyak bintang papan atas yang ikut memeriahkan drama Snowdrop.

Bahkan tidak sedikit aktor dan aktris yang biasanya menjadi tokoh utama dalam drama yang lain.

Sebut saja Kim Hye Yoon dalam drama lawasnya Extraordinary You dan Sky Castle, juga ada Yoo In yang pernah membintangi Touch Your Heart bersama Lee Dong Wook.

Jangan lupakan juga Yoon Se Ah, aktris senior yang melejit lewat drama Hotelier, serta drama K2.

Park Sung Wong juga masih iconic banget dengan filmnya yang berjudul Dude in Me.

Wah kayaknya kalau aku jabarin satu-satu, tidak akan cukup nih deretan panjang film dan drama yang pernah dibintangi.

(Lagi) Kisah Cinta Korea Selatan dan Korea Utara

Akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 adalah masa kenangan kita sebagai pecinta Captain Ri dan Yoon Se Ri. Berkat drama Crash Landing on You, kita jadi mengenal Korea Utara lebih dalam.

Bagaimana waswas dan mengerikannya hidup mereka yang berpandangan ideologis yang tidak sesuai keinginan pemerintah. Tetapiii.. dalam hidup yang seperti itu, ada keteraturan dalam hidup mereka. Ada masyarakat yang sangat dekat, hubungan antar tetangganya.

Pun, ada kisah para tentara lugu yang menggemaskan.

Berbeda kali ini, di Snowdrop, kita tidak akan melihat para tentara lugu yang menggemaskan. Melainkan tentara yang hidupnya benar-benar mendedikasikan dirinya untuk partai. Bahkan termasuk untuk mematuhi perintah bunuh diri oleh pemerintah.

Bila saat itu dalam drama Crash Landing on You, Yoon Se Ri terjebak di Korea Utara, maka kali ini justru ketiga tentara Korea Utara yang terjebak di Korea Selatan. Penuh dengan peledak di seisi gedung, pula!

Hubungan romantis antara Yeong Ro dan Soo Ho hanya terjadi saat episode-episode awal. Di mana Soo Ho yang kala itu tengah bersembunyi di dalam droom asrama.

Apakah penonton yang sudah jenuh dengan ketegangan hubungan Yeong Ro dan Soo Ho berpindah kapal menuju Kamerad Joo dan Byun Ok? Siap dukung sampai pelaminan? *ini apa sih?!

Fakta Sejarah yang Diputar Balikkan?

Seperti yang disinggung di paragraf-paragraf atas, Snowdrop mengambil setting waktu yang paling fenomenal untuk rakyat Korea Selatan.

Tetapi apakah benar, Snowdrop berani memutarbalikkan sejarah?

Dulu, saat drama ini akan syuting pertama, banyak orang Korea yang mempertanyakan nama tokoh utama wanita adalah Chun Young Cho di mana nama beliau mirip dengan aktivis wanita dalam gerakan demokrasi Gwangju.

Tetapi ceritanya tidak sama dengan sejarah yang ada.

Maka JTBC pun mengubah nama tokoh utama wanita menjadi Eun Yeong Ro.

Pun, diceritakan bahwa Yeong Ro bukanlah seorang aktivis wanita, melainkan hanya maknae di universitas. Anak tingkat satu gitu lho, yang diajakin kakak senior tabligh akbar aja dikirain mau demonstrasi. Masih polos-polosnya gitu.

Skenario tentang Soo Ho pun yang menjadi mata-mata Korea Utara sebenarnya tidak pernah digambarkan masuk ikut terjun ke dalam demonstrasi.

Buat yang mengamati di episode pertama atau kedua, saat Soo Ho dicurigai oleh polisi, Soo Ho hanya kebetulan lewat bersebrangan dengan para mahasiswa yang sedang berdemo. Bukan masuk ke dalam bagian demonstrasi tersebut.

Di awal dijelaskan bahwa Snowdrop hanya cerita fiksi. Mungkin bisa ditambah kata-kata, “Cerita fiksi yang mengambil tema mirip Gerakan Gwangju, tapi bukan mirip.”

Duileh, mau jelasin aja panjang beut!

Snowdrop, Rekomend or No?

Sepanjang 9 episode yang sudah tayang sampai sekarang, hampir sepanjang drama itu adrenalinku naik tajam. Jadi nggak usah lah nonton Penthouse, Layangan Putus atau Sky Castle yang bisa bikin darah tinggi, cukup nonton Snowdrop yang emosinya dapat semua. Kagetnya dapat, marahnya dapat, bahkan nangisnya pun dapat.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Nonton Drama Penthouse

Baca Juga: Sky Castle, Drama Keluarga Sarat Pelajaran Hidup

Apakah drama yang mengambil banyak aktris dan aktor papan atas ini layak ditonton?

Aku pribadi sih sejauh ini udah suka banget sama ceritanya. Tangisan bombay yang diperankan Jisso pun dapat banget. Dia itu sampai bengkak lho matanya! Entah berapa hari dia bisa nangis gitu.

Endingnya pun bisa tertebak ya, kalau drama ini jelas sad ending. Apakah prediksiku benar adanya?

However, meskipun sad ending, insyaAllah aku akan tetap istiqomah melanjutkan drama ini sampai tamat. Bagaimana denganmu, Chingu? Adakah yang sudah menonton drama dari Disney+ ini? Otte? Cua?

Dengerin obrolan rani noona dengan rhin yang penasaran dengan Snowdrop, siapa tahu kamu juga makin penasaran

Satu pemikiran pada “Snowdrop, Cerita Romance yang Tidak Ada Romancenya”

  1. akhirnya ada juga yang bahas snowdrop di blognya, kalo bisa dimasukin juga kak ke pembahasan podcastnya, soalnya ini drama lagi rame tapi buat blog atau podcast jarang banget yang bahas

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: