jisoo-jung-hae-in-snowdrop-disney

Review K-Drama Snowdrop, Kisah Cinta Mata-Mata Korea Utara

Anyeong, Chingudeul… kali ini saya akan membahas drama yang jika ditonton akan merasakan perasaan yang seperti Roller Coaster dari tiba-tiba senyum sendiri sampai netesin air mata.  Drama yang menyuguhkan latar belakang tahun 80-an ini memiliki alur cerita yang diselimuti kontroversial politik antara Korea Selatan dan Korea Utara sehingga pastinya keberadaan kisah cinta sulit untuk ditebak. 

Tentunya hal menarik dari drama Snowdrop yaitu kisah loteng asrama di mana Eun Young Ro mengajak Im Soo Ho meminum kopi dengan kalimat “Coffee Meokgo Gallae” dan juga menghadirkan peran utama yang diperankan oleh idol K-Pop terkenal bernama Kim Jisoo dari Blackpink. Pelantun Kill This Love tersebut bukan pertama kalinya lho bermain drama … sebelumnya Kim Jisoo sudah pernah berakting di The Producer sebagai cameo (2014) dan Arthdal Cronicles (2019) sebagai pasangan dari Song Jong Ki di drama tersebut. 

Sebelum melanjutkan review yang menarik dan mengandung bombay … mari Chingudeul kita mengenal para pemain Snowdrop lebih jauh. 

Para Pemain K-drama Snowdrop

Jung Hae In sebagai Im Soo Hoo

Jung Hae In sebagai mata-mata dari Korut di kdrama Snowdrop
Jung Hae In (sumber: instagram @holyhaein)

Tokoh utama pria diperankan oleh Jung Hae In yang adalah aktor Korea Selatan yang lahir pada 01 April 1988 di Seoul. Jung Hae In memulai debut menjadi aktor pada tahun 2014 melalui drama Bride Of Century. Aktor yang tengah naik daun ini sudah memiliki drama terkenal lainnya dari D.P, Something In The Rain, hingga While You Weere Sleeping

Dalam drama ini, Jung Hae In sebagai Im Soo Ho yang merupakan tentara Korea Utara sebagai mata-mata yang memiliki misi di Korea Selatan. 

Baca juga: Snowdrop, Cerita Romance yang Tidak Ada Romancenya

Kim Jisoo sebagai Eun Young Ro

Jisoo Black Pink
Kim Jisoo Blackpink

Tokoh utama wanita Kim Jisoo adalah member Blackpink sekaligus aktris berkebangsaan Korea Selatan. Jisoo lahir di Gyeonggido pada 03 Januari 1995. Snowdrop merupakan debut dirinya sebagai pemeran utama dalam drama. 

Kim Jisoo sebagai Eun Young Ro merupakan mahasiswa berusia 20 tahun dari jurusan Bahasa Inggris, Universitas Wanita Hosu. 

Yoon Se Ah sebagai Pi Seung Hee

Yoon Se Ah si ibu asrama di snowdrop
Yoon Se Ah si ibu asrama

Aktris lawas Yoon Se Ah yang sudah berkecimpung di hiburan Korea Selatan sejak 2005. Yoon Se Ah lahir pada 2 Januari 1978 di Daegu. Yoon Se Ah berperan sebagai kepala asrama Universitas Wanita Hosu.

Jang Seung Jo sebagai Lee Kang Mo

Jang Seung Jo di kdrama snowdrop
Jang Seung Jo pak polisi di Snowdrop

Aktor Jang Seung Jo lahir pada 13 Desember 1981 di Daegu. Pasti Chingudeul pernah melihat aktor tersebut di Encounter yang diperankan oleh Song Hye Kyo, Jang Seung Jo berperan sebagai mantan suami Song Hye Kyo di drama Encounter lho, Chingu. 

Jang Seung Jo dalam drama Snowdrop berperan sebagai polisi yang tengah mencari keberadaan mata-mata Korut yakni Im Soo Ho dan mata-mata lainnnya. 

Yoo In Na sebagai Kang Chung Ya

yoo in na di kdrama snowdrop
Yoo In Na jadi dokter di Snowdrop (jtbc)

Aktris Yoo In Na lahir pada 5 Januari 1982 di Seongnam, Korea Selatan. Yoo In Na berperan sebagai dokter yang membantu korban dari terjadinya penyendaraan yang dilakukan oleh mata-mata Korea Utara. 

Pemeran Lainnya

  • Kim Hye Yoon sebagai Kye Boon Ok
  • Jung Sin Hye sebagai Go Hyeryeong
  • Kim Misoo sebagai Yeo Jungmin
  • Choi Heejin sebagai Yoon Seolhee
  • Huh Namjun sebagai Oh Gwangtae
  • Ahn Dong Goo sebagai Choi Byeongtae
  • Kim Jongsoo sebagai Kim Mandong

Sinopsis Kdrama Snowdrop

Snowdrop memiliki alur cerita dengan latar belakang tahun 1987, Snowdrop menceritakan kisah tentang Im Soo Ho (Jung Hae In), seorang mata-mata Korea Utara yang menyamar sebagai mahasiswa keturunan Jerman.

Dalam penyamaran, Soo Ho justru terikat kisah cinta dengan Eun Young Ro (Kim Ji-soo), seorang mahasiswi Sastra Inggris di Universitas Perempuan Hosu melalui kencan buta yang diajak oleh temannya di café. 

Kelebihan K-drama Snowdrop

Saya merasa pertama kalinya menonton drama ini sangat menguras emosi jadi harus disiapkan tisu ya gaisss, dikarenakan alurnya yang penuh lika-liku terutama dalam membebaskan para sandera yang perlu negoisasi dari pihak Korea Selatan dan Korea Utara.

snowdrop - disney
Jung Hae In dan Jisoo Blackpink di Kdrama Snowdrop (Disney)

Kisah romantis yang diperankan oleh Im Soo Ho dan Eun Young Ro memiliki chemistry yang kuat sehingga penonton merasakan pasangan tersebut saling membutuhkan satu sama lain walaupun Im Soo Ho menjadi mata-mata namun dirinya tetap melindungi Eun Young Ro dan para sandera lainnya. Drama ini juga terasa bagaimana usaha Im Soo Ho mencintai Eun Young Ro dan melindungi negaranya agar tidak terkena imbas sehingga perjuangan Im Soo Ho sangat berat. Dalam hal romantis, penonton juga merasakan cinta segitiga dengan hadirnya Kang Chung Ya sebagai dokter yang merawat para sandera. 

Hal unik juga dirasakan saat Kang Mo dan mata-mata Korea Selatan melakukan kerja sama dalam melindungi para sandera. Kerja sama erat dari Im Soo Ho, Kang Mo, Eun Young Roo, kepala asrama, dan mata-mata Korut lainnya dalam melindungi dan mempertahankan keputusan masing-masing pihak membuat penonton merasakan ketegangan. Apakah ada penghianat? Apakah ada yang berkorban nyawa? Tentunya tiap episode penonton merasakan perasaan yang berubah-ubah dalam sekejap.

Walaupun drama Snowdrop dikecam dan dikritik oleh netizen dikarenakan isu kontroversi sejarah di Korea namun Snowdrop membantah akan adanya kontroversi tersebut. Jujur sempat sedih dikarenakan akan berpengaruh terhadap pemberhentian dramanya namun akhirnya tetap ditayangkan dan menghasilkan rating yang memuaskan. Oh iya drama ini pemerannya keren sekaliiiiii dan ga kaleng-kaleng karena aktornya bertabur bintang lhoo hehe. 

Drama Snowdrop tentu berbeda dengan drama lainnya karena drama ini endingnya sangat menetap sasaran di hati bahkan sampai gak bisa move-on sebulan huhu. Jadi kalian harus nonton yaaaa. 

Kekurangan K-drama Snowdrop

Dalam drama ini memiliki alur cerita 80-an yang tentunya masih merasakan era politik yang memanas antara Korea Selatan dan Korea Utara. Dalam drama ini lebih memunculkan problematika antara pihak mata-mata Korea yang melakukan sandera pada mahasiswa Universitas Wanita Hosu. Kisah romantis yang dibawa pada drama ini tentuk hanya tipis-tipis lho cingudeul jadi penonton masih terasa kurang puas dan greget karena momen romantis Im Soo Ho dan Eun Young Ro sedikit sekali ya hehe. Selain itu, latar tempat dalam drama lebih banyak dilakukan di asrama Universitas Wanita Hosu sehingga penonton merasa sedikit bosan. 

Buat yang nyari spoiler, baca dan dengarkan Podcast: Ending Snowdrop, Dari Utara ke Selatan

Kesimpulan

Chingudeul kalau kalian penasaran seperti apa selanjutnya saya saran yuk ditonton di Disney Hotstar saja yaaa… diharapkan mempersiapkan tisu dan kuota yaa hehe. Drama ini saya sangat rekomendasikan karena alur cerita yang menarik dan tentunya ada Jisoo Blackpink hehe. Oh iya kalau kalian merasa kurang romantis di dramanya, behind the scene nya lebih terasa loh romantisnya, 


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park