Unexpected Business S2

“Unexpected Business” S2: Tantangan Menjadi Pemilik Toko Dadakan?

Setelah sukses dengan musim pertama, acara Unexpected Business kembali dengan musim kedua di tahun 2022. Masih dengan konsep program yang sama yakni kedua bos (sajang-nim), Cha Tae Hyun dan Jo In Sung yang akan mengambil alih bisnis supermarket di Gongsan-myeon, Naju, Jeolla Selatan.

Cha taey Hyun dan Jo In sung di Unexpected Business S2

Salah satu yang membedakan dari musim sebelumnya yakni skala dari toko yang akan dijalankan keduanya selama beberapa hari jauh lebih besar dari musim pertama, tak hanya melayani pembeli yang datang langsung untuk membeli barang tapi mereka juga harus melakukan pengiriman, memotong daging hingga layanan makan siang dan malam.

Kenapa Unexpected Business Bikin Betah Ditonton

Untuk sebuah program yang berdurasi lebih dari satu jam lebih namun menurut penulis tak terasa selama itu saat penulis menonton, bahkan terasa kurang lama. Saat sedang menulis artikel ini pun penulis memikirkan alasan mengapa penulis bisa betah menonton program yang kesannya hanya menampilkan aktivitas jual beli di supermarket/pasar swalayan.

2 Aktor Senior yang Aktif di Variety Show

Jika kalian yang sudah menggemari aktivitas menonton drama korea sejak era drama Full House, Boys Over Flowers, dan Princess Hours maka kalian pasti pernah menonton film My Sassy Girl yang tayang tahun 2001 ataupun drama Its Okay thats Love sehingga kalian pastinya sudah tidak asing dengan nama Cha Tae Hyun dan Jo In Sung.

Keduanya termasuk Aktor senior dengan segudang pengalaman yang sudah tak perlu diragukan lagi, untuk Cha Tae Hyun pun dia juga aktif dalam variety show populer seperti 2 Days 1 Night di musim sebelumnya maka dari itu penulis sangat mengantisipasi bagaimana keduanya akan membawakan acara tersebut. Dan betul saja saat penulis menonton acaranya, di episode pertama saja penulis sudah tak kuat dengan ekspresi dari keduanya saat kaget dan terkejut melihat skala dari toko yang akan menjadi ‘milik’ mereka untuk sementara waktu.

Selebriti papan atas jadi pekerja paruh waktu

Selain itu, dalam program tersebut pun dibanjiri dengan kehadiran selebriti papan atas Korea yang berperan sebagai pekerja paruh waktu, seperti diantaranya ada Lee Kwang Soo, Han Hyo Joo hingga Kim Hye Soo. Pada episode pertama saja, kehadiran dari trio BBS di tengah acara sebagai pekerja paruh waktu pertama yakni Lee Kwang Soo, Lim Ju Hwan dan Kim Woo Bin sukses membuat penulis duduk manis menonton acara yang berdurasi hampir 2 jam tersebut.

Selebriti yang jadi pekerja paruh waktu di Unexpected Business S2

Dan sebenarnya penulis paling menantikan Aktris Kim Hye Soo, siapa sih yang tidak kenal Aktris senior yang pernah meraih penghargaan Aktris Terbaik dalam ajang penghargaan BaekSang Arts Awards tahun 2016 untuk drama populer Signal, dan tahun lalu dirinya berperan sebagai Ratu dalam Drama Under The Queen’s Umbrella. Coba deh kalian tonton dramanya, bagaimana totalitasnya dalam memerankan suatu drama membuat tiap drama/filmnya pantas untuk mendapatkan rating yang tinggi.

Konsep yang Berbeda Dengan Variety Show lainnya

Pada awalnya jika tanpa mengetahui siapa pengisi acaranya mungkin penulis akan meragukan apakah penulis akan menonton program tersebut, sebab program ini mungkin bukan seperti Running Man atau 2 Days 1 Night dan program lainnya dimana para pembawa acara melakukan permainan dan tantangan seru yang selalu diikuti kamera masing-masing, sedangkan konsep acara ini menurut penulis lebih banyak mengandalkan ekspresi ataupun respon dari para pengisi acara beserta pekerja paruh waktu dimana mereka harus berhadapan dengan pembeli yang mencari berbagai benda/barang di toko sebesar itu yang mana mulai dari reaksi panik, bingung hingga masalah-masalah yang tak mereka prediksi akan muncul membuat acara ini punya pesonanya sendiri.

Selain itu, toserba yang berlokasi di wilayah pedesaan ini membuat kebanyakan pembelinya adalah penduduk desa yang tentunya dari cara berbicara dan interaksinya pun punya kekhasannya tersendiri. Bahkan selama penulis menonton acara ini, penulis bisa merasakan kesan hangat dan ramah dari para penduduk desa namun disaat yang sama diselipkan juga suasana canggung layaknya bertemu dengan seseorang untuk pertama kali.

Menggambarkan kehidupan pedesaan

Dan juga ada bagian yang penulis sukai dari program ini yakni pertama disaat waktu makan siang dan makan malam, di mana di dalam toko ada area tempat makan yang akan mulai ramai saat waktu makan siang dan makan malam ini, bagi penulis bagian ini memiliki daya tarik sebab bukan hanya sekedar datang membeli makanan tapi mereka juga akan saling mengobrol, bercerita tentang hal-hal yang mungkin menurut kalian biasa tapi bagi penulis dari cerita tersebut kalian bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang bagaimana sih kondisi atau kehidupan di pedesaan yang diceritakan oleh penduduk desa itu sendiri.

Menjadi Kasir Tak Gampang

Penulis sebut sebagai ‘menjadi kasir tak segampang itu’, sebab saat kalian menonton acara ini kalian akan menyadari bahwa pekerjaan menjadi kasir tak segampang ‘hanya’ men-scan dan sebagai tempat pembayaran barang pembeli.

Dalam acara ini kalian akan melihat bagaimana kekacauan yang terjadi di kasir, mulai dari mesin kasir bermasalah hingga antrian yang semakin memanjang ditambah kepanikan dari para pengisi acara. Selain itu, ada banyak bagian-bagian seru lainnya dalam acara yang harus kalian tonton sendiri, penulis tak mau terlalu banyak memberi spoiler.

Belajar Bahasa Korea

Menurut penulis jika kalian yang sedang belajar bahasa Korea, terutama yang belajar secara mandiri, penulis menyarankan kalian wajib memasukkan acara hiburan ini sebagai tontonan wajib kalian, karena bahasa yang digunakan di sini termasuk bahasa sehari-hari yang digunakan oleh penduduk setempat.

Selain itu, kalian juga tanpa sadar akan mempelajari kosakata-kosakata baru yang berkaitan seputar barang-barang yang dijual di pasar swalayan/supermarket misalnya gwa-il (buah), yang-nyeom (bumbu), dan gwa-ja (cemilan), bahkan secara khusus di tengah-tengah acara ada bagian yang disebut sebagai 100 Pengetahuan tentang Pasar Swalayan (마트 상식 100선), sangat bermanfaat bukan ?

Siapa tahu beberapa tahun lagi kalian akan punya kesempatan ke Korea, baik untuk liburan ataupun melanjutkan pendidikan sehingga kalian tidak bingung ketika akan berbelanja ke supermarket di Korea.

Yuk Tonton di Akhir Pekan atau Masa Liburan

Setelah menonton acara ini penulis menjadi lebih diingatkan kembali bahwa kita tak boleh meremehkan pekerjaan apapun bentuk dan bidangnya. Belajar dari program ini, penulis diberikan gambaran tentang besarnya tanggung jawab yang harus dipikul seseorang yang menjalankan bisnis supermarket. Misalnya saja pemilik asli dari toko swalayan dalam program ini selama 21 tahun beroperasi mereka hampir tak pernah tutup satu hari pun, karena menurut mereka ada tanggung jawab yang mereka emban saat mereka membuka tokonya.

Selain itu, cara program ini mengemas konsep acara menjadi menarik untuk ditonton dengan durasi yang tentunya tidak singkat membuat penulis merekomendasikan program ini untuk masuk dalam daftar tontonan kalian saat akhir pekan maupun saat liburan.


Comments

Satu tanggapan untuk ““Unexpected Business” S2: Tantangan Menjadi Pemilik Toko Dadakan?”

  1. […] Baca Juga : “Unexpected Business” S2: Tantangan Menjadi Pemilik Toko Dadakan? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park