Review Film Korea I (2021)

Film Korea I (2021)

Halo Sahabat Drakorclass.
Setelah dua hari yang lalu, classmate Asri membahas tentang film The Thieves. Kali ini saya akan membahas satu judul film yang dapat menambah daftar tontonan sahabat Drakorclass. Tulisan ini akan mengulas Review Film Korea I (2021) yang diperankan oleh aktris Kim Hyang Gi.

Kim Hyang Gi Gendong Bayi

Berbicara tentang aktris Kim Hyang Gi, hal apa yang paling sahabat Drakorclass ingat dari sosoknya? Kalau saya sendiri, hal yang paling diingat adalah sosok Kim Hyang Gi yang imut. Kim Hyang Gi telah merintis karir di dunia akting sejak masih kecil. Ia memulia debut film pertamanya saat berusia enam tahun dengan berperan di film Heart Is (2006).

Penampilan akting Kim Hyang Gi sejak kecil sudah memukau. Ia pun terus menambah keahliannya dengan berperan diberbagai macam film dan drama. Tentunya kemampuan Kim Hyang Gi dalam berakting tidak perlu diragukan lagi.

Kini aktris Kim Hyang Gi sudah dewasa. Namun postur tubuh yang mungil serta wajahnya yang imut, membuat saya lupa kalau ia bukan aktris cilik lagi. Sehingga ketika saya melihat poster film Korea I untuk pertama kalinya, saya pun bertanya-tanya. Bayi siapakah yang digendong oleh Kim Hyang Gi?

Kesan Pertama Poster Film Korea I

Poster Film Korea I
Sumber gambar: Mydramalis
Poster Film Korea I
Sumber gambar: Mydramalist

Poster film Korea I (2021) menampilkan sosok Kim Hyang Gi yang sedang duduk sambil menggendong seorang bayi dengan tersenyum. Disampingnya duduk aktris Ryu Hyun Kyung yang juga tersenyum.

Poster Film Korea I ini, sungguh membuat saya penasaran. Bayi siapa yang digendong oleh Kim Hyang Gi? Mungkinkah itu anaknya? Atau mungkin Ryu Hyun Kyung berperan sebagai kakaknya di film I dan bayi itu adalah anak kakaknya?

Sebenarnya film Korea I ini bercerita tentang apa sih? Tentang keluarga? Hubungan kakak dan adik? Atau tentang kenakalan remaja? Bagaimana sahabat Drakorclass, pada penasaran juga ngga? Langsung aja yuk kita bahas lebih dalam tentang film Korea I ini.

Filmografi

Judul: I (아이)
Genre: Drama
Director/Writer: Kim Hyun Tak
Distributor: Lotte Cultureworks
Rilis: 10 Februari 2021
Durasi: 114 Menit

Pemeran dan Karakter Pada Film Korea I

– Kim Hyang Gi sebagai Ah Young, seorang remaja perempuan yang mandiri dan tertutup.
– Ryu Hyun Kyung sebagai Young Chae, seorang single mother dengan bayi laki-laki (Hyuk) yang berusia 6 bulan
– Yeom Hye Ran sebagai Mi Ja, pemilik bar tempat Young Chae bekerja
– Park Ok Chool sebagai Hyun Sook, teman Ryu Hyun Kyung
– Lee Yeon Kyung sebagai Professor Jeong
– Kim Hyun Mook sebagai Kyung Soo, teman laki-laki Ah Young dari Panti asuhan
– Lee Soo Bin sebagai Min Ji, teman perempuan Ah Young dari Panti asuhan
– Jung Hoon sebagai Jong Hwan, teman laki-laki Ah Young dari Panti asuhan
– Jung Soo Ji sebagai Hee Jung, teman Ah Young di tempat penitipan anak
– Park Joo Ha sebagai Ji Woo, anak perempuan di tempat penitipan anak
– Park Hee Eun sebagai ibu Ji Woo

Rating: 7,5 (dari skala 1-10)

Trailer

Dari penjelasan pemeran dan karakter yang ada pada film Korea I, kita sudah mendapatkan sedikit gambaran. Ternyata Kim Hyang Gi dan Ryu Hyun Kyung bukanlah kakak adik. Lantas hubungan mereka dalam film ini seperti apa? Kita tonton dulu yuk trailer dari film ini.

Trailer Film Korea I

Sinopsis Film Korea I

Ah Young (Kim Hyang Gi) adalah seorang remaja yang tumbuh dan besar di Panti asuhan. Kini ia hidup mandiri dan berusaha untuk memenuhi biaya hidupnya sendiri. Ia pun mengambil banyak pekerjaan paruh waktu. Meskipun begitu, ia tetap mengalami banyak kesulitan terutama dari segi finansial.

Suatu hari Ah Young bekerja menjadi pengasuh bayi yang bernama Hyuk. Bayi yang berumur enam bulan itu adalah anak dari Young Chae (Ryu Hyun Kyung), yang merupakan seorang single mother. Young Chae pernah menyerah untuk mengasuh anaknya. Namun ia berubah pikiran dan saat bersama Ah Young, Young Chae kembali menemukan harapannya.

Ah Young (Kim Hyang Gi) menggendong Hyuk 
Sumber gambar: mydramalist
Ah Young (Kim Hyang Gi) menggendong Hyuk
Sumber gambar: mydramalist

Usaha yang dilakukan Young Chae banyak menemui tantangan dan berjalan tidak mulus. Sebuah insiden pun terjadi menimpa Hyuk. Momen itu justru membuat Young Chae menumpahkan semua kesalahan kepada Ah Young. Namun benarkah insiden tersebut merupakan kesalahan Ah Young? Lalu bagaimana hubungan keduanya setelah itu? Apakah Young Chae akan menyerah kembali dalam mengasuh Hyuk?

Review Film Korea I

Bagaimana Sahabat Drakorclass? Penasaran dengan film Korea I ini? Sahabat bisa menemukan jawabannya sendiri dengan menonton film Korea I ini. Masih ingin tahu lebih banyak sebelum menonton? Yuk kita ulas lebih dalam.

Kelebihan Film Korea I

Film Korea I merupakan film debut bagi director Kim Hyun Tak. Melalui film ini, director ingin mengangkat tentang perbedaan tipe keluarga dan sosial minoritas, dimana pengalaman mereka masih jarang diangkat ke layar.

Film Korea I bercerita tentang kehidupan anak Panti asuhan, yang sudah melalui batas umur untuk mendapatkan perlindungan dari pemerintah. Sebelum mengangkat cerita ini, Kim Hyun Tak melakukan banyak penelitian dan juga wawancara untuk mengetahui pendapat anak Panti asuhan tentang keluarga.

Konferensi Press Film Korea I (Kim Hyang Gi, Kim Hyun Tak, Ryu Hyun Kyung)
Sumber gambar: Mydramalist
Konferensi Press Film Korea I (Kim Hyang Gi, Kim Hyun Tak, Ryu Hyun Kyung)
Sumber gambar: Mydramalist

Hal inilah yang menjadi kelebihan dari film Korea I ini. Kita mendapatkan cerita dari dua sudut pandang yang berbeda. Kita dapat melihat bagaimana pemikiran Young Chae tentang anaknya yang lebih baik diasuh oleh orang lain. Sekalipun anaknya tinggal di Panti asuhan itu lebih baik daripada anaknya hidup susah bersama dirinya.

Namun melalui Ah Young, kita dapat melihat sisi lain yang jarang diangkat. Bagaimana Ah Young berpikir bahwa lebih baik Hyuk tetap hidup bersama Young Chae, ibu kandungnya. Pendapat ini pun diperkuat dengan insiden yang terjadi pada Kyung Soo, teman Ah Young dari Panti asuhan.

Ah Young dan teman-temannya tidak bisa melakukan apa-apa tentang insiden yang terjadi pada Kyung Soo. Meskipun secara emosional mereka adalah keluarga untuk satu sama lain. Tapi dalam dokumen, mereka orang asing. Meskipun mereka tumbuh besar bersama-sama di Panti asuhan tapi mereka bukanlah siapa-siapa secara legal.

Perbedaan sudut pandang ini ditampilkan juga pada penggambaran setiap karakter dalam film ini. Seperti Mi Ja, meskipun ia nampak mengeksploitasi kelemahan perempuan dengan membuat mereka bekerja di bar miliknya. Namun Mi Ja juga ditampilkan memiliki kepedulian dan kebaikan terutama pada Young Chae.

Begitu juga karakter Hyun Sook. Sebagai teman Young Chae, sosoknya digambarkan sebagai sosok negatif. Namun kita akan mengetahui alasan mengapa Hyun Sook bersikap seperti itu.

Kekurangan Film Korea I

Film Korea ini hanya menggunakan satu huruf “I” saja sebagai judul. Dengan judul ini, sebenarnya kurang menggambarkan apa yang ingin diceritakan didalam film. Namun jika kita membaca tagline film ini, kita akan menjadi lebih paham. Tapi sayangnya, waktu awal saya hanya melihat poster Korea dan tidak bisa membaca tulisan tagline di posternya.

“I, Seeing My Self On You”.

(Tagline film Korea I)

Kekurangan pada film Korea I ini, saya juga merasakan pada perkembangan karakter Ah Young. Insiden yang terjadi pada Hyuk terasa terselesaikan begitu saja. Padahal jika diceritakan secara mendalam akan lebih menarik.

Poster Internasional Film Korea I
Sumber gambar: imdb
Poster Internasional Film Korea I
Sumber gambar: imdb

Pelajaran Dari Film Korea I

Dari film Korea I, banyak sekali momen yang dapat diambil sebagai pelajaran terutama dalam hal pengasuhan anak. Banyak sekali scene yang menarik perhatian saya. Sebagai seorang yang sudah menjadi ibu, saya dapat memahami dan merasa semua yang disampaikan dalam film lekat dengan dunia ibu, anak, pengasuhan dan juga keluarga.

Mengasuh Anak Membutuhkan Ilmu

Karakter Ah Young sangat menarik. Terutama pilihannya untuk belajar di jurusan pendidikan anak. Padahal dia sendiri dibesarkan di Panti asuhan. Saat Professor Jeong bertanya di Kelas tentang “Bagaimana menghadapi anak yang menangis karena meminta dibelikan mainan?

Adegan itu menyajikan perbedaan pendapat dari para mahasiswa termasuk Ah Young. Jawaban Ah Young tentang pertanyaan itu membuat teman-temannya terperangah. Seolah-olah itu berasal dari pengalaman yang ia rasakan. Namun ia kembali meralat jawabannya kembali sesuai dengan pendapat umum.

Adegan-adegan saat Ah Young mengikuti pelajaran sangat menarik. Saya menjadi penasaran, apa saja yang dipelajari di jurusan tersebut? Karena sepertinya sangat lekat dengan dunia ibu dan pengasuhan anak. Terbukti dengan karakter Ah Young yang terampil serta dapat menerapkan hal-hal yang ia pelajari saat mengasuh Hyuk. Seperti menulis jurnal perkembangan, mengajak Hyuk bermain keluar karena itu baik untuk usianya dan lain-lain.

Young Chae menyuapi Hyuk 
Sumber gambar: Mydramalist
Young Chae menyuapi Hyuk
Sumber gambar: Mydramalist

Bahkan adegan di akhir, ketika Mi Ja membuatkan bubur dan meminta Ah Young untuk mencicipinya. Ah Young pun bertanya, “Mengapa makanan untuk bayi diberikan garam (bumbu)?”

Adegan itu sederhana, tapi menyajikan perbedaan tindakan dan pemikiran. Memang menjadi seorang ibu, ada banyak hal yang harus dipelajari agar dapat memberikan yang terbaik untuk anak.

Menjadi Seorang Ibu Tidaklah Mudah Gambaran Film Korea I

Selama menonton film Korea I, kita diajak untuk melihat bagaimana sosok Young Chae sebagai seorang ibu. Jika dibandingkan dengan Ah Young, Young Chae terlihat kurang terampil dalam mengasuh anak. Bahkan ada scene yang menunjukkan bahwa Young Chae merasa frustasi karena ia tidak memahami mengapa anaknya terus menangis.

Young Chae sering terlihat kacau. Ia pun beberapa kali mengambil tindakan yang dapat membahayakan anaknya. Namun di lubuk hatinya yang paling dalam, ia tetaplah seorang ibu. Kita dapat melihat bagaimana ia sangat menyayangi anaknya.

Melihat lebih dalam ke karakter Young Chae, kita akan tahu bahwa banyak tantangan yang harus Young Chae hadapai untuk membesarkan Hyuk. Menjadi seorang ibu itu tidaklah mudah, apalagi menjadi seorang ibu tunggal. Kita dapat melihat bagaimana Young Chae harus mengasuh anaknya, namun ia pun harus bekerja untuk mencari uang demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

“Kau pikir mudah bekerja dan membersarkan anak sendirian?”

(Mi Ja)
Mi Ja dan Young Chae 
Sumber gambar: Mydramalist
Mi Ja dan Young Chae
Sumber gambar: Mydramalist

Hadir Secara Penuh Untuk Anak

Saat Ah Young bekerja di tempat penitipan anak. Kita melihat ada seorang anak perempuan (Ji Woo) yang sangat dekat dengan satu orang pengasuh (Hee Jung). Bahkan saat waktunya pulang, Ji Woo menangis dan tidak mau.

Ah Young kemudian bertanya, “Ji Woo pasti tidak menyukai ibunya?”

Hee Jung pun menjawab, “Begitukah kelihatannya?
Ibu Ji Woo sangat baik. Dia dosen, sekaligus ibu yang baik bagi Ji Woo.
Namun karena anak-anak lebih sering bersama kita. Terkadang mereka lebih dekat dengan kita daripada ibunya. Kasus Ji Woo lebih parah”.

(Adegan percakapan antara Ah Young dan Hee Jung)

Percakapan mereka mengajak kita berpikir, sejauh mana kedekatan kita dengan anak? Tempat penitipan anak menjadi salah satu solusi yang hadir untuk memenuhi kebutuhan para orang tua yang bekerja. Namun disisi lain, anak bisa menjadi tidak dekat dengan orang tuanya.

Tapi sebenarnya permasalahan kedekatan ini tidak berlaku bagi ibu pekerja saja. Bahkan seorang full time mom pun, perlu juga untuk menanyakan dalam dirinya. Apakah kita sudah hadir dengan penuh untuk anak? Apa kita sudah membersamainya dengan mindfull?

Itulah tiga hal tentang pengasuhan yang dapat dipelajari dari film Korea I. Selain tentang pengasuhan, film ini juga mengingatkan kita untuk tidak menyerah dan jangan berhenti berharap. Semua tantangan yang ada di hadapan kita, pasti akan terlalui.

Bagaimana sahabat Drakorclass? Silahkan nonton film Korea I ini di Viu. Jika sahabat tertarik untuk menonton film Korea lainnya tentang keluarga. Sahabat bisa menonton film A Little Princess dan A Long Visit.

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: