The Thieves, Film Korea Bertabur Bintang

Minggu lalu saya baru saja menonton ulang sebuah film berjudul “The Thieves” (2012) saat mencari bahan untuk menulis film-film populer Jun Ji Hyun. Film ini mengusung bintang-bintang populer Korea Selatan dan Hong Kong sebagai pemerannya. Tak heran jika film ini mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya adalah penghargaan Best Film dalam 20th Korean Culture and Entertainment Awards tahun 2013.

Kira-kira apa saja yang membuat film ini menarik? Yuk, simak tulisan saya tentang “The Thieves” berikut ini.

Profil Film “The Thieves” (2012)

Poster Film The Thieves

Judul: The Thieves

Genre: Action

Sutradara: Choi Dong Hoon

Produser: Ahn Soo-hyun

Penulis: Choi Dong-hoon & Lee Ki-cheol

Durasi Film: 136 menit

Tanggal rilis: 25 Juli 2012

Bahasa: Korea, Jepang, Inggris, Mandarin, Kanton

Negara: Korea Selatan

Pemeran Film “The Thieves” (2012)

10 Pencuri dalam “The Thieves”

Seperti yang saya sebutkan di atas, film ini tidak hanya dibintangi oleh aktor dan aktris Korea Selatan, tapi juga oleh bintang-bintang dari Hong Kong.

Kelompok Korea Selatan

Lee Jung Jae sebagai Popie. Pemimpin kelompok pencuri profesional asal Korea Selatan yang bertugas mengurus kabel/kawat besi dan membawa pergi barang curian saat bertugas.

Kim Soo Hyun sebagai Zampano. Asisten Popie dalam mengurus kabel/kawat besi yang digunakan sebagai alat saat melakukan aksi pencurian

Jun Ji Hyun sebagai Yenicall. Pencuri cantik dan seksi yang sering mendapat tugas untuk menyamar dan mengambil barang curian dengan cara bergelantungan di kabel atau merayap di lubang-lubang ventilasi.

Kim Hae Sook sebagai Chewing Gum. Pencuri paruh baya yang bertugas melakukan penyamaran dan membantu aksi pencurian.

Kim Hye Soo sebagai Pepsee. Rekan lama Popie yang baru bebas dari penjara. Mempunyai spesialisasi membuka brankas.

Kelompok Hong Kong

Simon Yam sebagai Chen. Pemimpin kelompok pencuri profesional asal Hong Kong.

Derek Tsang sebagai Jonny. Rekan kerja Chen.

Oh Dal Su sebagai Andrew. Rekan kerja Chen dan Jonny. Aslinya adalah orang Korea Selatan.

Angelica Lee sebagai Julie. Anggota baru di tim Chen. Dulunya ayahnya juga seorang pencuri.

Pemeran lain

Kim Yeon Seok sebagai Macao Park. Mantan rekan kerja Popie dan Pepsee.

Guk Seo Ki sebagai Wei Hong. Seorang penadah barang curian buronan polisi yang terkenal kejam dan misterius.

Ye Soo Jung sebagai Tiffany. Wanita yang membawa berlian “Tear of Sun”.

Shin Ha Kyun sebagai seorang pengusaha kaya pemilik galeri yang pernah dicuri barangnya oleh kelompok Popie. Muncul di awal dan akhir episode.

Sinopsis Film “The Thieves” (2012)

Pertemuan para pencuri dengan informan

Film ini dimulai dengan adegan Yenicall dan Chewing Gum yang berpura-pura menjadi ibu dan anak dalam misi pencurian barang seni di sebuah gudang rahasia milik seorang pengusaha kaya yang menjalankan bisnis galeri seni. Disini diceritakan bahwa pemilik galeri seni itu adalah pacar Yenicall.

Setelah mendapatkan barang curian tersebut, mereka berkumpul di markas, yaitu semacam bengkel mobil yang dijalankan oleh Popie. Di sana Popie memberitahu rekan timnya bahwa mereka mendapat pekerjaan dari Macao Park, mantan rekan kerja Popie. Misi mereka kali ini berlokasi di Makau.

Akhirnya mereka pun pergi ke Makau setelah menjemput Pepsee yang baru bebas dari penjara. Di Makau mereka bertemu dengan Macao Park juga tim dari Hong Kong. Macao Park menjelaskan misi pencurian apa yang akan mereka kerjakan dan berapa bayaran yang akan mereka dapatkan dari penjulan hasil curiannya tersebut. Misi mereka adalah mencuri sebuah berlian yang bernama “Tear of Sun” dari seorang wanita bernama Tiffany yang menginap di sebuah hotel dan kasino yang berada di Makau.

Tim Hong Kong awalnya ragu karena Macao Park berniat menjual berlian itu kepada Wei Hong yang terkenal kejam. Akan tetapi setelah mendengar harga berlian yang fantastis, mereka pun akhirnya setuju. Namun ada masalah lagi terkait keikutsertaan Pepsee dalam misi ini. Ternyata Pepsee dan Macao Park memiliki dendam di masa lalu yang berkaitan dengan dipenjaranya Pepsee.

Popie tetap bersikeras agar Pepsee ikut sehingga Macao Park pun akhirnya setuju. Mereka bersepuluh pun merencanakan taktik yang akan digunakan untuk mencuri berlian tersebut. Sayangnya misi tersebut tidak berjalan lancar karena masing-masing dari mereka memiliki kepentingan sendiri-sendiri.

Kesan Setelah Menonton Film “The Thieves” (2012)

Dari segi cerita saya suka dengan film ini. Seru, tegang, lucu bercampur menjadi satu. Menarik dan tidak membosankan untuk ditonton. Banyak juga plot twist yang tidak disangka-sangka membuat film ini semakin menarik. Persahabatan, cinta, penghinatan diramu menjadi satu. Siap-siap diaduk emosinya saat menonton film ini, ya. Apalagi tokoh-tokohnya berasal dari dua negara.

Selain itu ketika menonton ulang film ini di tahun 2021, saya merasa film ini bertabur bintang. Siapa penggemar drama Korea yang tidak mengenal Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun? Dua bintang Korea yang semakin melejit namanya karena membintangi drama “My Love from the Star” (2013). Juga Kim Hye Soo yang berakting piawai dalam drama “Signal” (2016). Belum lagi Lee Jung Jae yang sedang ramai diperbincangkan karena perannya dalam drama fenomenal “Squid Game” (2021).

Penutup

Dari nilai 1-10 saya memberi nilai 9 untuk film yang satu ini. Bagi kalian yang ingin menonton film aksi bertabur bintang yang aktingnya tidak diragukan lagi, silahkan mencoba film yang satu ini. Minggu lalu saya menontonnya di Iqiyi dan masih gratis. Silahkan melipir.

Asri

Ibu muda yang suka membaca, menulis, menonton, makan, dan jalan-jalan.
Cerita jalan-jalan saya bisa dibaca di http://www.asrilestari.com sedangkan tulisan lainnya bisa diintip di https://catatansangpemimpikecil.blogspot.com

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] Sahabat Drakorclass.Setelah dua hari yang lalu, classmate Asri membahas tentang film The Thieves. Kali ini saya akan membahas satu judul film yang dapat menambah daftar tontonan sahabat […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: