Choi Woo Shik: Si Artis yang Plegmatis

Annyeonghaseyo, Chingudeul… Sudahkah move on dari kisah cinta musim panas Choi Ung dan Kook Yeon Su? Belum? Sini sini…mari kita rapatkan barisan. 

Duet Choi Woo Shik dan Kim Da Mi telah berhasil menghangatkan hati para penggemar dengan chemistry manis yang mereka tampilkan. Ini memang bukan pertama kalinya mereka berpasangan. Sebelumnya mereka sudah tampil bareng dalam film “The Witch 1: Part 1 – The Subversion”. 

Sebagaimana Kim Da Mi, Choi Woo Shik juga bukan aktor kemarin sore dalam dunia hiburan Korea Selatan. Sejumlah film dan drama yang dibintanginya membawa namanya melambung sebagai aktor papan atas. Ia dikenal tidak hanya di Korea Selatan, namun juga di dunia internasional. 

Without further ado, yuk kita kenalan lebih jauh lagi dengan Choi Woo Shik, pemeran Choi Ung, sang artis yang plegmatis. 

Baca juga: “Mengulik Kepribadian Tokoh Utama Our Beloved Summer

PROFIL

Choi Woo Shik (sumber: allure/The Talking Cupboard)
Choi Woo Shik (sumber: allure/The Talking Cupboard)

Choi Woo Shik lahir di Seoul pada tanggal 26 Maret 1990. Ketika ia berumur 10 tahun, Choi bersama keluarganya, yaitu ayah ibu dan seorang kakak laki-lakinya, pindah ke Vancouver, Kanada. Hal ini menyebabkan Choi memiliki kewarganegaraan ganda, yaitu Korea Selatan dan Kanada. 

Ketika sedang kuliah di Universitas Simon Fraser, dengan seizin kedua orang tuanya, Choi meninggalkan Kanada dan pindah ke Korea Selatan untuk mengikuti sebuah audisi. Ternyata audisi ini telah menjadi jalan masuk bagi Choi ke dunia seni peran di Korea Selatan. 

Selanjutnya, Choi meneruskan pendidikannya di Korea Selatan. Choi berhasil menamatkan pendidikannya di Chung-Ang University jurusan cultural studies

Kehidupan pribadi Choi tidak banyak diekspos ke publik. Meskipun demikian penggemar bisa mengikuti keseharian aktor yang punya nama Inggris Edward Choi ini lewat akun instagramnya @dntlrdl

PERJALANAN KARIER

Debut Choi di dunia seni peran ditandai dengan penampilannya dalam drama “The Duo” pada tahun 2011. Dalam drama ini, Choi berperan sebagai versi muda dari karakter utama, Gwi Dong. 

Choi Woo Shik sebagai Gwi Dong muda dalam drama "The Duo" (sumber: kincir.com)
Choi Woo Shik sebagai Gwi Dong muda dalam drama “The Duo” (sumber: kincir.com)

Melanjutkan debutnya, Choi Woo Shik kemudian tampil dalam drama bergenre crime-thriller produksi OCN, “Special Affair Team TEN”, atau yang lebih dikenal dengan judul “TEN”. Dalam drama ini, Choi berperan sebagai Park Min Ho, seorang polisi rookie yang direkrut oleh instrukturnya.  

Drama “TEN” meraih sukses dan digadang-gadang sebagai drama terbaik di genrenya pada saat itu. Kemampuan akting Choi, yang ketika itu masih tergolong aktor pendatang baru, berhasil mencuri hati para penggemar drama. Ketika pada tahun 2013 musim kedua drama “TEN” diproduksi, Choi tetap melanjutkan perannya sebagai Park Min Ho. 

Tahun 2012, Choi kembali bermain dalam beberapa drama, salah satunya adalah “Rooftop Prince”. Dalam drama ini, Choi berperan sebagai Do Chi San. Pada tahun yang sama, Choi juga memutuskan untuk bergabung dalam agensi JYP Entertainment. Tahun 2018, Choi tidak melanjutkan kontrak dengan JYP Entertainment, dan bergabung dengan SOOP Management hingga saat ini.

Selanjutnya, tahun 2013 Choi memulai debutnya di layar lebar. Walaupun masih dengan peran kecil, tahun itu Choi berhasil tampil dalam dua film, yaitu “Flu” dan “Secretly, Greatly”.

Tahun 2014 Choi mencapai puncak kariernya yang pertama. Choi dipercaya memerankan Yeong Jae, karakter utama dalam film “Set Me Free”. Penampilan Choi dalam film ini mengantarkannya mendapatkan penghargaan pertama di bidang seni peran. Choi memenangkan penghargaan sebagai “Actor of The Year” dalam ajang 19th Busan International Film Festival tahun 2014. Pada ajang yang sama, film “Set Me Free” juga memenangkan Citizen Critics’ Awards.

Yuk simak penampilan Choi dalam cuplikan film “Set Me Free” berikut ini.

Cuplikan film “Set Me Free” (sumber: YouTube)

SUKSES DI KANCAH INTERNASIONAL

Karier Choi terus menanjak. Setelah penampilannya dalam film “Set Me Free”, Choi tampil dalam sejumlah film dan drama. Beberapa di antaranya berhasil membawa nama Choi mendunia. 

Tahun 2016, Choi tampil dalam film “Train to Busan” bersama dengan Gong Yoo dan Jung Yu Mi. Choi berperan sebagai Min Young Guk, seorang pemain baseball

Film “Train to Busan” memperoleh sukses besar. Film ini mendapatkan penghargaan dalam berbagai ajang bergengsi dan disertakan dalam Festival Film Cannes tahun 2016. Bersamaan dengan itu, nama dan kemampuan akting Choi mulai dikenal oleh dunia internasional. 

Mengikuti sukses penampilannya dalam “Train to Busan”, tahun 2018 Choi tampil dalam film “Okja” yang disutradarai oleh Bong Joon Ho. Dalam film yang merupakan kolaborasi perfilman Korea Selatan – Hollywood ini, Choi berperan sebagai Kim Woo Shik, seorang supir di Mirando Corporation. 

Film “Okja” kemudian disertakan dalam Festival Film Cannes tahun 2017. Film ini juga dirilis oleh Netflix pada tahun 2018, dan mendapatkan banyak kritikan positif. 

Choi Woo Shik dalam film "Okja" (sumber: Netflix)
Choi Woo Shik dalam film “Okja” (sumber: Netflix)

Ternyata penampilan Choi dalam film “Okja” meninggalkan kesan mendalam bagi sang sutradara. Pada tahun 2019, Choi kembali tampil dalam film besutan Bong Joon Ho berjudul “Parasite”. Choi berperan sebagai Kim Ki Woo, anak lelaki keluarga Woo. Untuk menyesuaikan dengan karakter, Bong meminta Choi untuk menjaga penampilannya supaya tetap kurus.

Keluarga Kim dalam film "Parasite" (sumber: South China Morning Post)
Keluarga Kim dalam film “Parasite” (sumber: South China Morning Post)

Kerja keras Choi dan segenap aktor aktris serta pendukung film “Parasite” berbuah manis. Film “Parasite” ditayangkan pertama kali dalam Festival Film Cannes pada Mei 2019. Dalam ajang tersebut “Parasite” berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi, yaitu Palme d’Or. Sungguh prestasi yang membanggakan karena ini adalah kali pertama film Korea Selatan mendapatkan penghargaan tersebut. 

Tidak berhenti sampai di situ, film ini juga disertakan dalam ajang 92nd Academy Awards sebagai perwakilan Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung, “Parasite” memperoleh empat penghargaan, yaitu sebagai Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Feature Film. 

Baca Juga: “Parasite (2019): Film Dengan Plot Twist Terbaik”

Film “Parasite” tidak hanya membuktikan kemampuan Choi berolah peran. Namun dalam film ini Choi juga menampilkan kebolehannya dalam olah suara alias bernyanyi. 

Selain berperan sebagai Kim Ki Woo, Choi juga menyanyikan salah satu soundtrack film ini.  Lagu “A Glass of Soju” yang dinyanyikannya menjadi salah satu kandidat untuk dinominasikan untuk kategori Best Original Song pada 92nd Academy Awards. 

OST Parasite “A Glass of Soju” (sumber: YouTube)

COMEBACK KE LAYAR DRAMA DAN FILM

Setelah kesuksesan yang diraihnya, Choi istirahat sementara dari dunia akting. Drama “Our Beloved Summer” yang tayang di awal tahun 2022 ini menjadi penanda kembalinya Choi ke panggung drama televisi. Setelah menunggu cukup lama, yaitu sejak tahun 2017, akhirnya para bucin penggemar dapat kembali menyaksikan kemampuan akting Choi yang menggemaskan. 

Selain layar drama, tahun ini Choi juga akan kembali bermain dalam film layar lebar. Tidak hanya satu, namun direncanakan Choi akan bermain dalam dua film.

Film pertama berjudul “The Policeman’s Lineage”, dimana Choi akan berpasangan dengan aktor senior Cho Jin Woong. Dalam film ini Choi juga akan reuni dengan Park Myung Hoon, pemeran Oh Geun Sae dalam film “Parasite”. 

Film yang kedua berjudul “Wonderland”. Seperti judulnya, film ini akan dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris papan atas Korea Selatan. Selain Choi, kabarnya film ini akan dibintangi oleh Bae Suzy, Jung Yu Mi, Park Bo Gum, dan si pangeran Kopi, Gong Yoo. Haduu haduu haduuu… bertahanlah, wahai hatiku! 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: