Choi Woo Shik

Choi Woo Shik: Si Artis yang Plegmatis

Annyeonghaseyo, Chingudeulโ€ฆ Sudahkah move on dari kisah cinta musim panas Choi Ung dan Kook Yeon Su? Belum? Sini siniโ€ฆmari kita rapatkan barisan. 

Duet Choi Woo Shik dan Kim Da Mi telah berhasil menghangatkan hati para penggemar dengan chemistry manis yang mereka tampilkan. Ini memang bukan pertama kalinya mereka berpasangan. Sebelumnya mereka sudah tampil bareng dalam film โ€œThe Witch 1: Part 1 – The Subversionโ€. 

Sebagaimana Kim Da Mi, Choi Woo Shik juga bukan aktor kemarin sore dalam dunia hiburan Korea Selatan. Sejumlah film dan drama yang dibintanginya membawa namanya melambung sebagai aktor papan atas. Ia dikenal tidak hanya di Korea Selatan, namun juga di dunia internasional. 

Without further ado, yuk kita kenalan lebih jauh lagi dengan Choi Woo Shik, pemeran Choi Ung, sang artis yang plegmatis. 

Baca juga: “Mengulik Kepribadian Tokoh Utama Our Beloved Summer

PROFIL

Choi Woo Shik (sumber: allure/The Talking Cupboard)
Choi Woo Shik (sumber: allure/The Talking Cupboard)

Choi Woo Shik lahir di Seoul pada tanggal 26 Maret 1990. Ketika ia berumur 10 tahun, Choi bersama keluarganya, yaitu ayah ibu dan seorang kakak laki-lakinya, pindah ke Vancouver, Kanada. Hal ini menyebabkan Choi memiliki kewarganegaraan ganda, yaitu Korea Selatan dan Kanada. 

Ketika sedang kuliah di Universitas Simon Fraser, dengan seizin kedua orang tuanya, Choi meninggalkan Kanada dan pindah ke Korea Selatan untuk mengikuti sebuah audisi. Ternyata audisi ini telah menjadi jalan masuk bagi Choi ke dunia seni peran di Korea Selatan. 

Selanjutnya, Choi meneruskan pendidikannya di Korea Selatan. Choi berhasil menamatkan pendidikannya di Chung-Ang University jurusan cultural studies

Kehidupan pribadi Choi tidak banyak diekspos ke publik. Meskipun demikian penggemar bisa mengikuti keseharian aktor yang punya nama Inggris Edward Choi ini lewat akun instagramnya @dntlrdl

PERJALANAN KARIER

Debut Choi di dunia seni peran ditandai dengan penampilannya dalam drama โ€œThe Duoโ€ pada tahun 2011. Dalam drama ini, Choi berperan sebagai versi muda dari karakter utama, Gwi Dong. 

Choi Woo Shik sebagai Gwi Dong muda dalam drama "The Duo" (sumber: kincir.com)
Choi Woo Shik sebagai Gwi Dong muda dalam drama “The Duo” (sumber: kincir.com)

Melanjutkan debutnya, Choi Woo Shik kemudian tampil dalam drama bergenre crime-thriller produksi OCN, โ€œSpecial Affair Team TENโ€, atau yang lebih dikenal dengan judul โ€œTENโ€. Dalam drama ini, Choi berperan sebagai Park Min Ho, seorang polisi rookie yang direkrut oleh instrukturnya.  

Drama โ€œTENโ€ meraih sukses dan digadang-gadang sebagai drama terbaik di genrenya pada saat itu. Kemampuan akting Choi, yang ketika itu masih tergolong aktor pendatang baru, berhasil mencuri hati para penggemar drama. Ketika pada tahun 2013 musim kedua drama โ€œTENโ€ diproduksi, Choi tetap melanjutkan perannya sebagai Park Min Ho. 

Tahun 2012, Choi kembali bermain dalam beberapa drama, salah satunya adalah โ€œRooftop Princeโ€. Dalam drama ini, Choi berperan sebagai Do Chi San. Pada tahun yang sama, Choi juga memutuskan untuk bergabung dalam agensi JYP Entertainment. Tahun 2018, Choi tidak melanjutkan kontrak dengan JYP Entertainment, dan bergabung dengan SOOP Management hingga saat ini.

Selanjutnya, tahun 2013 Choi memulai debutnya di layar lebar. Walaupun masih dengan peran kecil, tahun itu Choi berhasil tampil dalam dua film, yaitu โ€œFluโ€ dan โ€œSecretly, Greatlyโ€.

Tahun 2014 Choi mencapai puncak kariernya yang pertama. Choi dipercaya memerankan Yeong Jae, karakter utama dalam film โ€œSet Me Freeโ€. Penampilan Choi dalam film ini mengantarkannya mendapatkan penghargaan pertama di bidang seni peran. Choi memenangkan penghargaan sebagai โ€œActor of The Yearโ€ dalam ajang 19th Busan International Film Festival tahun 2014. Pada ajang yang sama, film โ€œSet Me Freeโ€ juga memenangkan Citizen Criticsโ€™ Awards.

Yuk simak penampilan Choi dalam cuplikan film “Set Me Free” berikut ini.

Cuplikan film “Set Me Free” (sumber: YouTube)

SUKSES DI KANCAH INTERNASIONAL

Karier Choi terus menanjak. Setelah penampilannya dalam film โ€œSet Me Freeโ€, Choi tampil dalam sejumlah film dan drama. Beberapa di antaranya berhasil membawa nama Choi mendunia. 

Tahun 2016, Choi tampil dalam film โ€œTrain to Busanโ€ bersama dengan Gong Yoo dan Jung Yu Mi. Choi berperan sebagai Min Young Guk, seorang pemain baseball

Film โ€œTrain to Busanโ€ memperoleh sukses besar. Film ini mendapatkan penghargaan dalam berbagai ajang bergengsi dan disertakan dalam Festival Film Cannes tahun 2016. Bersamaan dengan itu, nama dan kemampuan akting Choi mulai dikenal oleh dunia internasional. 

Mengikuti sukses penampilannya dalam โ€œTrain to Busanโ€, tahun 2018 Choi tampil dalam film โ€œOkjaโ€ yang disutradarai oleh Bong Joon Ho. Dalam film yang merupakan kolaborasi perfilman Korea Selatan – Hollywood ini, Choi berperan sebagai Kim Woo Shik, seorang supir di Mirando Corporation. 

Film โ€œOkjaโ€ kemudian disertakan dalam Festival Film Cannes tahun 2017. Film ini juga dirilis oleh Netflix pada tahun 2018, dan mendapatkan banyak kritikan positif. 

Choi Woo Shik dalam film "Okja" (sumber: Netflix)
Choi Woo Shik dalam film “Okja” (sumber: Netflix)

Ternyata penampilan Choi dalam film โ€œOkjaโ€ meninggalkan kesan mendalam bagi sang sutradara. Pada tahun 2019, Choi kembali tampil dalam film besutan Bong Joon Ho berjudul โ€œParasiteโ€. Choi berperan sebagai Kim Ki Woo, anak lelaki keluarga Woo. Untuk menyesuaikan dengan karakter, Bong meminta Choi untuk menjaga penampilannya supaya tetap kurus.

Keluarga Kim dalam film "Parasite" (sumber: South China Morning Post)
Keluarga Kim dalam film “Parasite” (sumber: South China Morning Post)

Kerja keras Choi dan segenap aktor aktris serta pendukung film โ€œParasiteโ€ berbuah manis. Film โ€œParasiteโ€ ditayangkan pertama kali dalam Festival Film Cannes pada Mei 2019. Dalam ajang tersebut โ€œParasiteโ€ berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi, yaitu Palme dโ€™Or. Sungguh prestasi yang membanggakan karena ini adalah kali pertama film Korea Selatan mendapatkan penghargaan tersebut. 

Tidak berhenti sampai di situ, film ini juga disertakan dalam ajang 92nd Academy Awards sebagai perwakilan Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung, โ€œParasiteโ€ memperoleh empat penghargaan, yaitu sebagai Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Feature Film. 

Baca Juga: “Parasite (2019): Film Dengan Plot Twist Terbaik”

Film โ€œParasiteโ€ tidak hanya membuktikan kemampuan Choi berolah peran. Namun dalam film ini Choi juga menampilkan kebolehannya dalam olah suara alias bernyanyi. 

Selain berperan sebagai Kim Ki Woo, Choi juga menyanyikan salah satu soundtrack film ini.  Lagu โ€œA Glass of Sojuโ€ yang dinyanyikannya menjadi salah satu kandidat untuk dinominasikan untuk kategori Best Original Song pada 92nd Academy Awards. 

OST Parasite “A Glass of Soju” (sumber: YouTube)

COMEBACK KE LAYAR DRAMA DAN FILM

Setelah kesuksesan yang diraihnya, Choi istirahat sementara dari dunia akting. Drama โ€œOur Beloved Summerโ€ yang tayang di awal tahun 2022 ini menjadi penanda kembalinya Choi ke panggung drama televisi. Setelah menunggu cukup lama, yaitu sejak tahun 2017, akhirnya para bucin penggemar dapat kembali menyaksikan kemampuan akting Choi yang menggemaskan. 

Selain layar drama, tahun ini Choi juga akan kembali bermain dalam film layar lebar. Tidak hanya satu, namun direncanakan Choi akan bermain dalam dua film.

Film pertama berjudul โ€œThe Policemanโ€™s Lineageโ€, dimana Choi akan berpasangan dengan aktor senior Cho Jin Woong. Dalam film ini Choi juga akan reuni dengan Park Myung Hoon, pemeran Oh Geun Sae dalam film โ€œParasiteโ€. 

Film yang kedua berjudul โ€œWonderlandโ€. Seperti judulnya, film ini akan dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris papan atas Korea Selatan. Selain Choi, kabarnya film ini akan dibintangi oleh Bae Suzy, Jung Yu Mi, Park Bo Gum, dan si pangeran Kopi, Gong Yoo. Haduu haduu haduuuโ€ฆ bertahanlah, wahai hatiku! 


Posted

in

,

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park