Gong Yoo

Gong Yoo: Kembalinya si Pangeran Kopi

Tahun 2075, Bumi dalam keadaan gersang. Air menjadi barang langka. Keberlangsungan hidup segala makhluk terancam. Demi menyelamatkan kehidupan, maka dibentuklah sebuah tim khusus yang ditugaskan untuk mengambil sampel air misterius di Pangkalan Balhae yang berada di Bulan. Tim ini dipimpin oleh Han Yoon Jae (Gong Yoo) yang adalah seorang mantan prajurit militer. Karakternya dingin dan keras, namun Han Yoon Jae siap berkorban demi keselamatan anggota timnya. 

Demikianlah sinopsis drama “The Silent Sea” yang tayang perdana pada akhir tahun 2021 di media streaming Netflix. Dikemas dalam 8 episode, drama ini cukup kontroversial dan menuai banyak kritik. 

Sudah nonton “The Silent Sea” belum? Yuk baca ulasannya di artikel ini.

Drama Korea bertema Sci-Fi luar angkasa ini adalah drakor pertama yang berlatar di Bulan. Apalagi keistimewaan drama ini? Drama ini juga menandai come back Gong Yoo, sang pemeran Han Yoon Jae, ke layar drama televisi. Dalam drama ini, Gong Yoo berpasangan dengan Bae Doona dan beberapa aktor dan aktris Korea senior lainnya. Lama dinanti-nantikan oleh berlaksa penggemar drama Korea, akhirnya si Pangeran Kopi kembali menunjukkan kemampuan olah aktingnya. 

PROFIL

Gong Yoo (sumber: Pinterest)
Gong Yoo (sumber: Pinterest)

Lahir di Busan pada tanggal 10 Juli 1979, Gong Yoo memiliki nama asli Gong Ji Cheol. Ia merubah namanya menjadi Gong Yoo sebelum memulai debutnya di dunia akting. Gong adalah nama keluarga, dan Yoo diambil dari nama gadis ibunya. Keluarga Gong sendiri merupakan keturunan dari seorang filsuf besar Cina, Confucius. 

Gong Yoo terlahir dari keluarga kelas menengah. Saudara sepupu dari aktor Kang Dong Won ini menghabiskan masa kecilnya di Busan bersama keluarganya. Ayahnya, Gong Won, pernah bekerja sebagai manajer klub baseball Lotte Giants. 

Sejak kecil Gong Yoo sudah memiliki minat pada seni peran. Didorong oleh minat tersebut, ia pun memilih dan menyelesaikan pendidikannya di jurusan Teater dan Film di Universitas Kyung Hee.

Sebagai seorang public figure, Gong Yoo cukup tertutup dengan kehidupan pribadinya. Dalam sebuah wawancara Gong Yoo menyampaikan bahwa sebenarnya ia tidak suka dengan kamera, kecuali untuk kepentingan pekerjaan. Buat Gong Yoo, wawancara dengan media merupakan sarana yang lebih baik untuk menyampaikan kisahnya daripada menggunakan media sosial. 

Namun baru-baru ini dewi keberuntungan berpihak pada para penggemar. Pada 1 Desember 2021, akhirnya pihak SOOP Management meluncurkan akun Instagram resmi Gong Yoo, @gongyoo_official. Hal ini tentu saja mendatangkan sukacita bagi seluruh fans, yang serta merta memenuhi kolom komentar pada postingan pertama Gong Yoo. 

PERJALANAN KARIER

Gong Yoo memulai debutnya di dunia hiburan para tahun 2000 dengan tampil sebagai VJ di Mnet. Sementara itu, debut dunia akting ditandai dengan penampilannya dalam serial “School 4” pada tahun 2001. 

Tahun 2003, Gong Yoo mulai berakting dalam film layar lebar. Film pertamanya adalah “My Tutor Friend” yang bergenre romcom. Dalam film yang dibintangi oleh Kim Ha Neul dan Kwon Sang Woo ini, Gong Yoo berperan sebagai Lee Jong Soo, seorang murid SMA penguasa sekolahan. 

Gong Yoo dalam film "My Tutor Friend" (sumber: http://my.castko.com/)
Gong Yoo dalam film “My Tutor Friend” (sumber: http://my.castko.com/)

Tahun 2007, Gong Yoo bermain dalam drama “The 1st Shop of Coffee Prince” atau yang lebih dikenal dengan judul “Coffee Prince”. Gong Yoo berperan sebagai Choi Han Kyul yang mulai serius mengurusi usaha kopi keluarga setelah mendapat ultimatum dari neneknya. 

Drama bergenre romcom ini menjadi awal kepopuleran Gong Yoo sebagai aktor. Penampilannya dalam drama ini mengukuhkan posisinya sebagai pemeran utama dan juga sebagai hallyu star. Dalam drama ini, Gong Yoo berpasangan dengan Yoon Eun Hye, Lee Sun Kyun, Kim Dong Wook, dan Kim Jae Wook

Poster drama "Coffee Prince" (sumber: HanCinema)
Poster drama “Coffee Prince” (sumber: HanCinema)

Seusai merampungkan wajib militernya pada Desember 2009, Gong Yoo kembali ke dunia akting dengan tampil dalam film “Finding Mr. Destiny” bersama Im Soo Jung. Di luar lokasi syuting, Gong Yoo dan Im Soo Jung berteman dekat. Mereka berdua sempat diisukan pacaran, bahkan santer beredar rumor mereka telah menikah diam-diam. Namun rumor ini dibantah mereka berdua melalui agensi masing-masing. 

Pada tahun 2011, Gong Yoo bermain dalam film “Silenced” yang diangkat dari novel “Dogani” atau “The Crucible” karya Gong Ji Young. Kisah ini dibuatkan berdasarkan kisah nyata tentang kekerasan seksual pada siswi-siswi difabel di sebuah sekolah di Korea Selatan. 

Poster Film “Silenced” (sumber: Wikipedia)

Film ini membukakan mata publik tentang kasus kekerasan tersebut. Publik mendesak agar penyidikan kasus ini dibuka kembali. Dua bulan setelah film ini dirilis, sekolah yang menjadi tempat kejadian pun ditutup. Para pelaku dihukum sesuai dengan perbuatan mereka. 

Gong Yoo sebagai Kang In Ho dalam film "Silenced" (sumber: IMDb)
Gong Yoo sebagai Kang In Ho dalam film “Silenced” (sumber: IMDb)

Lebih jauh lagi, Korea National Assembly mengesahkan Undang-Undang yang disebut Dogani Bill. Undang-undang ini menghapus pembatasan status tindak kriminal seksual pada anak di bawah 13 tahun dan wanita difabel, serta menaikkan maksimal hukuman bagi pelakunya menjadi penjara seumur hidup. 

SUKSES BERUJUNG HIATUS

Tahun 2016 bisa dikatakan menjadi puncak karier Gong Yoo. Pada tahun itu, Gong Yoo bermain dalam 3 film, yaitu “A Man and A Woman”, “Train to Busan”, dan “The Age of Shadows”. Ketiga film ini meraih sukses besar. 

Gong Yoo mendapatkan penghargaan Daesang atas perannya dalam film “A Man and A Woman”. Film “Train to Busan” disertakan dalam Festival Film Cannes dan membawa nama Gong Yoo dikenal oleh penggemar film internasional. Film “The Age of Shadows” meraih lebih dari 6 juta penonton hanya dalam 2 minggu. 

Gong Yoo sebagai Kim Woo Jin dalam "The Age of Shadows" (sumber: http://my.castko.com/)
Gong Yoo sebagai Kim Woo Jin dalam “The Age of Shadows” (sumber: http://my.castko.com/)

Tahun 2017, Gong Yoo membintangi drama “Goblin: The Lonely and Great God” bersama Kim Go Eun dan Lee Dong Wook. Drama ini meraih sukses besar dan membawa Gong Yoo mendapatkan penghargaan sebagai Best Actor (TV) pada Baeksang Arts Awards tahun 2017.

Setelah penampilannya yang sungguh memporakporandakan hatiku mengesankan di drama Goblin, Gong Yoo cukup lama absen dari panggung drama Korea. Kesuksesan demi kesuksesan ini membuat Gong Yoo tertekan. Ia kemudian memutuskan untuk hiatus dari dunia akting selama 2 tahun untuk menenangkan diri. Selama masa vakum itu, ia menikmati hari-harinya dengan memancing dan pergi liburan. 

Tahun 2019 Gong Yoo kembali bermain dalam film layar lebar “Kim Ji Young: Born 1982”. Ini adalah ketiga kalinya ia berpasangan dengan Jung Yu Mi, setelah sebelumnya mereka berpasangan dalam film “Silenced” dan “Train to Busan”. 

Baca Juga: “Yang Perlu Kita Tahu Tentang Kim Jiyoung”

Kelihatannya kembali dari masa hiatus, Gong Yoo semakin selektif dalam memilih peran. Setelah film “Kim Ji Young: Born 1982”, penggemar kembali harus menunggu dengan sabar. 

Akhirnya penantian itu pun berujung di tahun 2021 kemarin. Gong Yoo kembali menunjukkan kemampuan olah perannya melalui film “Seo Bok”, berpasangan dengan Park Bo Gum. Selanjutnya Gong Yoo muncul sebagai cameo dalam drama “Squid Game”, dan kemudian sebagai pemimpin tim ekspedisi ke Bulan dalam “The Silent Sea”. 

Baca Juga: “Tiga Filosofi Uang dari K-Drama SQUID GAME”

PRESTASI 

Pertama kali Gong Yoo mendapatkan penghargaan atas kemampuan aktingnya adalah pada drama “Screen” (2003). Gong Yoo yang memerankan Kim Joon Pyo memboyong “New Star Award” pada ajang festival 11th SBS KDrama Awards tahun 2003. 

Gong Yoo sebagai Best Actor (TV) dalam 53rd Baeksang Arts Awards (sumber: ibtimes.sg)
Gong Yoo sebagai Best Actor (TV) dalam 53rd Baeksang Arts Awards (sumber: ibtimes.sg)

Berikut beberapa prestasi Gong Yoo dalam dunia akting:

  • Tahun 2006, Special Award: Actor in Miniseries dalam festival 25th MBC Drama Awards atas perannya dalam drama “One Fine Day”.
  • Tahun 2007, Excellence Award, Actor dalam festival 26th MBC Drama Awards atas perannya dalam drama “Coffee Prince”.
  • Tahun 2011, Popular Star Award dalam festival 32nd Blue Dragon Film Awards dan nominasi Best Actor (Film) dalam festival 48th Baeksang Arts Awards atas perannya dalam film “Silenced”.
  • Tahun 2014, Best Actor dalam festival 22nd Korea Culture and Entertainment Awards dan nominasi Best Actor dalam festival 19th Chunsa Film Art Awards atas perannya dalam film “The Suspect”. 
  • Tahun 2016, Grand Prize (Daesang) dalam festival Korea Film Actors Association Awards atas perannya dalam film “A Man and A Woman”.
  • Tahun 2017, Best Actor (TV) dalam festival 53rd Baeksang Arts Awards dan Actor of The Year dalam festival Brand of The Year Awards atas perannya dalam drama Goblin:The Lonely and Great God. 

Aktor papan atas dengan kemampuan akting yang tidak perlu diragukan lagi. Model internasional yang menjadi wajah sejumlah brand ternama. Hati seluas samudera yang peduli kondisi sosial. Apalagi bakat dan kelebihan ahjusi rasa oppa yang satu ini? Yuk simak video berikut. Pegang erat-erat ya… kapal oleng, kapten!

sumber: YouTube

(dari berbagai sumber)


Comments

4 tanggapan untuk “Gong Yoo: Kembalinya si Pangeran Kopi”

  1. Avatar rhin

    ahahaha kapal oleng Kapten!

    1. Avatar Sweeney

      Bawakan aku Bulan, kapten! ❤❤

  2. […] 2016, Choi tampil dalam film “Train to Busan” bersama dengan Gong Yoo dan Jung Yu Mi. Choi berperan sebagai Min Young Guk, seorang pemain […]

  3. […] “Coffee Prince” yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Yoon Eun Hye ini sukses besar dan mencapai rating yang tinggi. Seiring dengan itu, nama dan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park