Jadwal Nonton K-Drama Desember 2021

Annyeong Chingudeul, sudah bulan baru dan waktunya mengecek jadwal tontonan K-drama baru di bulan ini. Waktunya juga untuk move on dari Dali and the Cocky Prince yang sudah berakhir di bulan November. Tentu saja akan ada banyak drama baru yang menarik di bulan Desember ini.

Sebelum sampai ke jadwal lengkapnya, yuk baca dulu ada drama apa saja yang bisa kita tonton di bulan Desember 2021 ini. Setidaknya ada 7 K-drama baru yang bisa chingu tonton di berbagai layanan streaming yang bisa diakses di Indonesia. Sengaja saya hanya menuliskan yang bisa diakses resmi saja, karena kami tidak mendukung menonton yang tidak resmi.

Sayangnya, Pachinko, drama Lee Min Ho yang kabarnya bakal tayang di Apple TV di tahun 2021 ini tetap belum diketahui tanggal premiernya sampai saat tulisan ini tayang. Jadi ya, kalau kamu tidak berniat langganan Apple TV, ya sudah relakan saja nggak nonton Pachinko dan mungkin bisa baca novelnya saja.

Baca sampai selesai ya chingu!

Our Beloved Summer, Senin dan Selasa Mulai 6 Desember 2021 di Netflix/ SBS

Poster Our Belove Summer, SBS
Poster Our Belove Summer, SBS

Drama Our Beloved Summer (Korea: 그해 우리는; Geu Hae Woolineun) tapi tayang di musim dingin, mungkin maksudnya supaya penonton tetap merasa hangat ya. Judul lain dari drama ini: That Year We Are merupakan drama remaja dengan nuansa komedi romantis. 

Sinopsis Our Beloved Summer

Cerita berjumlah 16 episode ini berkisah tentang kehidupan 2 sejoli Choi Woong (diperankan oleh Choi Woo Shik) dan Gook Yeon Soo (diperankan oleh Kim Da Mi) yang menjadi pemeran dalam sebuah film dokumenter di masa sekolah. 

Film dokumenter tersebut menjadi populer 10 tahun kemudian, padahal mereka sudah tidak bersama lagi. Mereka yang ketika putus bersumpah untuk tidak bertemu lagi, akhirnya dipaksa oleh popularitas film dokumenter tersebut untuk tampil bersama lagi. Semua ini gara-gara teman mereka  Kim Ji Woong (diperankan oleh Kim Sung Chul) yang dari dulu ingin menjadi pembuat film dokumenter dan memfilmkan mereka berdua. Selain mereka ber- 3 akan ada seorang tokoh idol bernama  NJ (diperankan Roh Jeong Eui) yang tertarik dengan Choi Woong. 

Dari sini sudah tergambar ya kemungkinan akan ada cerita cinta bersegi. Apakah popularitas film dokumenter tersebut akan membuat cinta lama bersemi kembali? Klise banget ya, tapi buat yang ingin mengenang cerita mantan atau masih berharap mantan, mungkin drama ini bisa buat hiburan.

Trailer Our Beloved Summer

Trailer Our Beloved Summer, The Swoon Channel

Buat yang sudah menanti-nantikan drama ini, tunggu saja di Netflix setiap hari Senin dan Selasa mulai tanggal 6 Desember 2021. 

Uncle, Sabtu dan Minggu Mulai 11 Desember 2021 di Viki / TV Chosun

Poster Kdrama Uncle, TV Chosun
Poster Kdrama Uncle, TV Chosun

Sesuai dengan judulnya, drama berjudul Uncle alias Paman ini akan bercerita tentang kehidupan seorang paman Wang Joon Hyuk (diperankan oleh Oh Jung Se) yang mengasuh keponakannya Min Ji Hoo (Lee Kyung Hoon).

Setelah menjadi ranger di Jirisan, kali ini Oh Jung See, aktor sejuta karakter akan menjadi seorang musisi gagal. Dia tidak akur dengan kakaknya Joon He (Jeon Hye Jin), tapi dia bersedia mengasuh keponakannya yang mengalami gangguan kecemasan dan OCD akibat perceraian orangtuanya.

Drama bergenre musikal dan sitcom yang berjumlah 16 episode ini diadaptasi dari sebuah sitcom keluaran Inggris dengan judul sama. Kabarnya drama ini bisa ditonton dari Rakuten Viki secara gratis loh mulai 11 Desember 2021 setiap Sabtu dan Minggu.


Bad And Crazy, Jumat dan Sabtu Mulai 17 Desember 2021 di iQiyi/ tvN

Poster Bad and Crazy (tvN)
Poster Bad and Crazy (tvN)

Drama Bad and Crazy ini hanya akan berjumlah 12 episode dan bisa ditonton setiap hari Jumat dan Sabtu mulai 17 Desember 2021 di Iqiyi. Buat yang menantikan Lee Dong Wook dan Wi Ha Joon, pastinya menantikan drama ini.

Sinopsis Bad and Crazy

Ceritanya seperti kisah pahlawan yang selama hidupnya menjadi polisi korup dan ambisius dan berubah menjadi orang baik yang berjuang untuk kebenaran dan kebaikan. Bagaimana dia tiba-tiba berubah? Tentunya ada yang menjadi penyebabnya.

Lee Dong Wook akan memerankan tokoh utama bernama Ryu Soo-yeol yang memiliki kepribadian tersembunyi bernama K. Kepribadian tersembunyi ini akan diperankan oleh Wi Ha Joon, yang selalu berusaha untuk adil dan akan menghadapi ketidakadilan dengan kekerasan dan agak membabi buta.

Han Ji Eun juga akan ikut berperan di drama ini menjadi Lee Hee Gyeom, seorang letnan polisi pada divisi narkoba yang juga seorang yang adil dan menguasai bidangnya. Hee Gyeom pernah menjadi kekasih Soo-yeol, dan setelah putus selalu saja ribut dengan Soo-yeol. Hee Gyeom ini berasal dari keluarga kaya dan latar pendidikan yang baik akan tetapi selalu menjadi kambing hitam dalam keluarganya.

Trailer Bad and Crazy

Trailer Bad and Crazy (Iqiyi)

Siapa yang berharap drama bergenre aksi, thriller, misteri dan fantasi ini akan ada kisah cintanya? Misalnya saja antara Lee Hee Gyeom balik lagi dengan Soo-Yeol? Tapi kalau mengingat drama Life di mana Lee Dong Wook pernah ikut main, kemungkinan drama ini tidak cocok buat penonton romcom.

Bulgasal: Immortal Souls, Sabtu dan Minggu Mulai 18 Desember 2021 di Netflix/ tvN

Kali ini drama reinkarnasi dan umur abadi nih, mengingatkan hawa drama Goblin gak sih?

Sinopsis Bulgasal: Immortal Souls

Serial fantasi thriller tentang seorang wanita Min Sang-Woon (diperankan oleh Kwon Na-Ra) yang berulang kali mati dan berinkarnasi dalam rentang waktu 600 tahun dan mengingat semua kehidupannya di masa sebelumnya dan seorang lelaki bernama Dan Hwal (diperankan oleh Lee Jin Wook) yang tidak dapat mati dan hidup abadi selama 600 tahun.

Dan Hwal ini menjadi tidak bisa mati sejak salah satu misinya sebagai perwira militer sejak Korea masih dalam bentuk kerajaan. Min Sang Woon juga sebelumnya tidak dapat mati, tapi ketika dia mati, dia bereinkarnasi menjadi manusia biasa. Akan ada beberapa tokoh immortal lainnya dalam drama ini, tapi cerita utamanya sih tentang pembalasan dendam.

Trailer Bulgasal

Teaser Bulgasal (tvN)

Belum ada trailer dengan bahasa Inggris nih, tapi ya teaser sangat pendek ini memang belum ada percakapan di dalamnya.

Snowdrop, Sabtu dan Minggu 18 Desember 2021 di Disney Hotstar/jtbc

Poster SnowDrop (jtbc/disney plus)

Drama Snowdrop produksi jTBC yang dibintangi Jung Hae In, Jisoo Blackpink, Yoo In-na dan Jang Seung Jo ini akan menjadi drama Korea pertama yang ditayangkan di Disney Plus. 

Nambah deh tempat yang harus kita langganan nih  buat bisa mengikuti tayangan drama Korea.

Sinopsis Snowdrop

Ceritanya diadaptasi dari catatan tulisan tangan oleh seorang yang berhasil kabur dari tahanan politik di Korea Utara dan mengambil tempat di tahun 1987, di masa Korea Selatan masih memiliki pemerintah yang diktator. Pergerakan demokrasi di tahun tersebut akan menjadi latar belakang cerita drama ini.

Im Soo-ho (diperankan oleh Jung Hae-in) adalah seorang mahasiswa yang dibesarkan di Jerman dan memiliki rahasia. Setelah mengikuti kegiatan demonstrasi mendukung demokrasi, dengan tubuh berlumuran darah dia melarikan diri ke sebuah asrama mahasiswi di sebuah Universitas Wanita.

Eun Young-Ro (diperankan oleh Jisoo) adalah mahasiswi jurusan literasi Bahasa Inggris yang pernah kencan buta dengan Im Soo-Ho dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Ketika melihat Im Soo-ho yang berlumuran darah, dia tentu saja membantu Im Soo-ho termasuk menyembunyikannya dari siapapun  yang mencarinya.

Kang Chung-ya (diperankan oleh Yoo In-na) menjadi seorang ahli bedah yang bekerja di sebuah rumah sakit pemerintah.

Lee Kang-mo (diperankan oleh Jang Seung-jo) seorang pemimpin Agensi untuk Perencanaan Keamanan Nasional) yang selalu mengikuti aturan dan kemungkinan yang akan mengejar-ngejar Im Soo-ho.

Trailer Snowdrop

Drama dengan kisah cinta pada pandangan pertama yang mengambil latar belakang politik  yang merupakan kejadian nyata di Korea Selatan ini sempat menuai kontroversi karena dianggap terlalu pro ke salah satu pihak. Akan tetapi, pihak jTBC mengeluarkan pernyataan kalau drama ini bukan kisah politik tapi kisah cinta yang terjadi di masa pergolakan politik. Duh kok jadi teringat Youth of May ya, apakah kisah cintanya juga akan berakhir seperti di drama tersebut?

Direncanakan akan ada 16 episode dan bisa ditonton setiap hari Sabtu dan Minggu mulai 18 Desember 2021. Jelas ya genre romantis, melodrama dan politik. Sepertinya kalau kamu suka kisah cinta vintage ala Youth of May, kamu akan menyukai drama ini. Tapi, kalau saya sepertinya… belum tau deh bakal nonton atau tidak.

When Flowers Bloom, I think of the Moon, Setiap Selasa dan Rabu mulai 21 Desember 2021 di Viu

Kali ini drama sageuk dengan genre romcom nih. Yoo Seung Ho, Lee Hye Ri dan Byeon Woo Seok akan menemani kita sebanyak 16 episode di KBS2 setiap Senin dan Selasa mulai 20 Desember 2021, akan tetapi kalau nontonnya di Viu, kita bisa melihatnya hari Selasa dan Rabu mulai 21 Desember 2021 ya Chingu.

Sinopsis When Flowers Bloom, I Think of the Moon

Ceritanya berlangsung di jaman Joseon di masa ada banyak sekali larangan yang sangat ketat.

Yoo Seung-Ho akan menjadi petugas yang menghukum orang yang melanggar larangan untuk minum minuman beralkohol. Hyeri akan menjadi Kan Ro-seo yang berasal dari keluarga bangsawan tapi terlilit hutang dan bekerja menjual anggur yang padahal dilarang.

Byeon Woo Seok akan menjadi putra mahkota Lee Pyo yang suka kabur dari istana demi bisa mendapatkan minuman beralkohol. 

Bisa dibayangkan ya kalau yang mencari, dan menyediakan pasti akan bertemu, tapi yang menjadi penegak hukum apakah akan menangkap penjual dan pembeli?

Trailer When Flower Bloom, I think of the Moon

Trailer When Flowers Bloom I Think of the Moon (KBS)

Kalau dari trailernya, kira-kira apakah Hyaeri akan menjadi tokoh yang tidak jaga image lagi seperti di drama-dramanya sebelumnya?

The Silent Sea, Jumat 24 Desember 2021 di Netflix

Drama The Silent Sea (Korean: 고요의 바다; RR: Goyo-eui bada) yang dibintangi Gong Yoo, Bae Doona dan Lee Joon ini akan menjadi hadiah Natal buat penggemar film sci-fi misteri dan thriller. Netflix akan menayangkan serial yang memiliki 8 episode dengan durasi 50 menit setiap episodenya pada 24 Desember 2021. Serial ini diadaptasi dari film pendek tahun 2014 berjudul “The Sea of Tranquility” yang  disutradarai oleh Choi Hang-yong yang juga akan menjadi sutradara serial ini.

Sinopsis The Silent Sea

Dalam drama ini, diceritakan bumi di masa depan mengalami kekeringan tentunya kekurangan makanan karena beberapa tempat menjadi seperti gurun. Sebuah tim khusus akan dikirim untuk mengamankan hasil penelitian dari pusat penelitian Balhae Base yang berada di bulan.

Gong Yoo memerankan Han Yoon-jae, seorang militer dari agensi ruang angkasa. Dia akan menjadi pimpinan tim yang menjalankan misi berbahaya dengan informasi sangat terbatas ini. 

Bae Doona menjadi Doctor Song Ji-an, seorang ilmuwan/astrobiologis. Doctor ini bergabung dengan tim untuk menemukan misteri penyebab kecelakaan yang membuat dia kehilangan saudara perempuannya yang terjadi pada pusat penelitian di bulan. 

Selain mereka berdua, akan ada Lee Joon yang akan berperan sebagai Captain Ryoo Tae-seok, seorang kepala engineer, yang juga anggota elit dari Kementerian Pertahanan Nasional.

Trailer The Silent Sea 

Membaca ringkasan cerita dan para pemainnya, sepertinya drama ini akan menjadi drama Netflix ke sekian dalam beberapa waktu belakangan ini yang jadi pembicaraan para penonton Internasional.

Jadwal Tontonan Drakor Desember 2021

Jadwal nonton K-drama Desember 2021
Jadwal nonton K-drama Desember 2021

Beberapa drama yang masih ongoing dan bisa diikuti berbagai layanan streaming di bulan Desember 2021. Yang jelas jadwal tontonan akhir pekan padat merayap, dan kalau dari obrolan teman-teman di Drakor Class sampai bingung mau nonton yang mana dulu, hehehe.

  • The King’s Affection, setiap Senin dan Selasa di Netflix, masih ada tersisa 4 episode dari total 20 episode.
  • Idol: the Coup, setiap Senin dan Selasa di Iqiyi, masih ada tersisa 4 episode dari total 12 episode.
  • Secret Royal Inspector Joyi, setiap Selasa dan Rabu di Viu dan Iqiyi, masih akan ada 8 episode dari total 16 episode.
  • Reflection of You, tersisa 2 episode,akan tayang di Netflix hari Selasa dan Rabu ini.
  • Melancholia, setiap Kamis dan Jumat di Viu dan Iqiyi, masih akan ada 10 episode dari total 16 episode.
  • Now We are Breaking Up, setiap Jumat dan Sabtu di Viu, masih tersisa 10 episode dari 16 episode.
  • One Ordinary Day, setiap Jumat dan Sabtu di Viu. Drama ini baru ada 2 episode, pastinya masih akan tayang setiap Jumat dan Sabtu sepanjang Desember.
  • Happiness, setiap Sabtu dan Minggu di Viu dan Iqiyi, masih tersisa 4 episode dari total 11 episode.
  • The Red Sleeve Cuff, setiap Sabtu dan Minggu di Viu, masih tersisa 10 Episode dari total 16 episode.
  • Jirisan, setiap Sabtu dan Minggu di Iqiyi, masih tersisa 4 episode dari total 16 episode.
  • Chimera, setiap Minggu dan Senin di Viu, masih tersisa 6 episode dari total 16 episode.
  • Let Me Be Your Knight, setiap Minggu di Iqiyi, masih tersisa 8 episode dari total 12 episode.

Catat Jadwalnya!

Selamat memilih tontonan bulan Desember, selamat menjelang akhir tahun. Jangan lupa, kalau kamu ingin tulisan kamu ditayangkan di Drakorclass, kami menerima dengan senang hati asalkan memenuhi ketentuan yang diberikan.

Yuk kirimkan tulisan kamu ke drakorclass

Jangan lupakan prioritas juga gara-gara nonton drakor ya Chingu! Kalau kamu punya permintaan untuk membahas drama tertentu juga boleh loh tinggalkan pesan di kolom komentar. Pastinya akan selalu ada tulisan terbaru di Drakor Class seputar drama, film, dan terkait kekoreaan lainnya. Selamat menikmati suguhan tontonan drama Korea bulan Desember 2021 ini chingu!

2 pemikiran pada “Jadwal Nonton K-Drama Desember 2021”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: